Drakor Class Awards 2021

Happy New Year 2022!

Tahun 2021 ada banyak sekali drama Korea yang sudah menemani kita saat masih harus di rumah saja. Seperti tahun 2020 yang lalu, kami membuat Drakor Class Awards 2021.

Sesungguhnya sangat sulit untuk menentukan siapa dan drama mana yang masuk nominasi, terutama karena terbatas 5 yang bisa dijadikan nominasi. Ada begitu banyak oppa dan drama yang berkesan sepanjang 2021.

Baca juga Review Drama Korea 2021

Setelah para teman sekelas di Drakor Class berembuk berhari-hari untuk menentukan nominasi, kami meminta para sahabat Drakor Class untuk ikut memilih favoritnya. Dari hasil perhitungan suara di IG Story Drakor Class, akhirnya terpilihlah yang menjadi pemenang Drakor Class Awards 2021 ini.

Udah ga sabaran? Yuk teruskan baca, dan kalau kamu kurang setuju dengan hasil pilihan sahabat Drakor Class, silakan saja tinggalkan komentar, dan pastikan di tahun 2022 kamu ikut memilih, supaya favorit kamu yang terpilih.

Baca dulu yang dapat 2020 Drakor Class Awards kalau penasaran

Kategori di tahun ini tidak semuanya persis sama dengan tahun 2020. Tapi tentunya kategori ditentukan berdasarkan drama apa saja yang di tahun 2021. Langsung saja kita baca setiap kategorinya ya.

Fave Romantic Comedy

Walaupun sepanjang tahun 2021 ada banyak drama Korea yang sepertinya berbeda dan tidak memiliki ciri khas drama Korea, tapi masih ada banyak drama bergenre romantis komedi yang bisa membuat penonton genre romcom seperti saya cukup terhibur.

Dari sekian banyak romcom yang ada, terpilihlah 5 drama yang banyak dibicarakan oleh teman sekelas Drakor Class. Drama-drama ini menarik hati, khas drama Korea, tapi tiap drama punya kelebihan dan menarik untuk ditonton. Penonton genre kriminal atau action sekalipun, bisa tertarik dengan drama romcom yang menjadi nominasi ini.

Nominasi K-drama Romcom

Nominasi Fave RomCom Drakor Class Awards 2021
Nominasi Fave RomCom Drakor Class Awards 2021
  1. Hometown Cha-Cha-Cha, drama ini sejak episode pertama saja sudah memberi banyak alasan kenapa perlu ditonton. Semakin ditonton semakin banyak pastinya pelajarannya.
  2. Dali and the Cocky Prince, drama ini romcom banget dan endingnya selalu bikin penasaran. Menonton drama ini bikin susah berhenti karena penasaran menantikan kelanjutannya.
  3. One the Woman, drama di mana Lee Honey kembali ke layar tv dan tak tanggung-tanggung memerankan 2 karakter sekaligus ini mendapat rating tinggi di Korea, cerita penuh intrik tapi juga tidak kehilangan sentuhan komedi romantisnya.
  4. Police University, drama kepolisian dengan genre romcom, ini dia jawabannya. Walaupun judulnya tentang sekolah polisi dan membahas mencari penjahat, tapi ya garis besarnya tentang kisah cinta sang hacker dengan wanita pujaannya yang jago taekwondo.
  5. Monthly Magazine Home, drama ini banyak tips buat yang pingin beli rumah sendiri. Aura romcomnya sudah terasa dari episode pertama. Khas romcom tapi juga punya hal unik yang bikin berbeda dengan romcom lainnya.

K-drama Romcom Favorit Drakor Class

Dari persaingan ketat yang ada melalui obrolan di grup maupun hasil perhitungan suara di igstory @drakorclass, akhirnya memang hanya ada satu drama yang terpilih menjadi favorit semua orang. Drama romcom terbaik di 2021 dan favorit Drakor Class jatuh pada Hometown Cha-cha-cha.

Yang terpilih Fave RomCom Drakor Class Awards 2021
Yang terpilih Fave RomCom Drakor Class Awards 2021

Sepertinya saya tidak perlu menuliskan terlalu panjang lagi tentang drama ini di sini, karena saya sudah menuliskan panjang lebar juga sebelumnya kenapa drama Hometown Cha-cha-cha ini menjadi romcom terbaik 2021.

Terlepas dari skandal yang beredar di hari terakhir penayangan drama ini, kisah dalam drama ini memang sungguh bikin merasa kangen pantai terobati sedikit.

Fave Sageuk

Tahun 2021 ada banyak drama sageuk juga. Mulai dari cerita yang memang ada sedikit bagian sejarahnya, sampai yang murni fiksi belaka dan romantis komedi juga ada. Tapi, semua drama di mana oppa menggunakan hanbok akan dimasukkan dalam kategori sageuk ya.

Nominasi K-drama Sageuk

Nominasi Fave Sageuk Drakor Class Awards 2021
Nominasi Fave Sageuk Drakor Class Awards 2021
  1. River Where the Moon Rises, drama yang mengambil latar jaman Goguryeo, sangat berbeda dengan sageuk lainnya yang umumnya mengambil setting jaman Joseon.
  2. Lovers of the Red Sky, drama yang diadaptasi dari novel populer. Walaupun tidak sama persis ceritanya, tapi cukuplah buat penggemar sageuk menikmati peri sageuk main sageuk lagi.
  3. Secret Royal Inspector Joy, drama yang tayang di bulan November ini mampu menghibur penonton sageuk dengan kisah komedi dan investigasinya loh.
  4. The King’s Affection, kisah putra mahkota dalam sageuk sudah biasa tapi cerita drama ini putra mahkotanya ternyata adalah perempuan loh.
  5. The Red Sleeve, salah satu sageuk yang juga tayang di bulan November dengan kisah cinta lintas kasta khas sageuk.

K-drama Sageuk Favorit Drakor Class

Dari sekian banyak sageuk yang tayang di 2021, yang terpilih menjadi favorit adalaaaaaah… Lee Jun Ho, eh maksudnya Red Sleeve, di mana Lee Jun Ho menjadi pemeran utama prianya (padahal dia idol loh).

Yang Terpilih Fave Sageuk Drakor Class Awards 2021
Yang Terpilih Fave Sageuk Drakor Class Awards 2021

Fave Webtoon Adaptation

Tahukah kamu, setidaknya ada 13 drama yang diadaptasi dari Webtoon tayang di 2021. Dan dari sekian banyak itu, kami harus memilih 5 nominasi. Sungguh pilihan yang tidak mudah.

Drama Korea adaptasi webtoon yang tayang di tahun 2021

Nominasi K-drama adaptasi dari webtoon

Nominasi Fave Webtoon Adaptation Drakor Class Awards 2021
Nominasi Fave Webtoon Adaptation Drakor Class Awards 2021
  1. Yumi’s Cells
  2. Taxi Driver
  3. My Roommate is a Gumiho
  4. Nevertheless
  5. So I Married an Anti-Fan

K-drama Adaptasi dari Webtoon Favorit Drakor Class

Dari nominasi yang ada, pilihan jatuh pada drama Taxi Driver yang mengisahkan balas dendam yang manis dari seorang supir taksi.

Yang Terpilih Fave Webtoon Adaptation Drakor Class Awards 2021
Yang Terpilih Fave Webtoon Adaptation Drakor Class Awards 2021

Pssst… sudah tau belum, drama ini bakal ada season 2 nya loh! Walaupun belum diketahui kapan Taxi Driver season 2 tayang, tapi ada harapan kita bisa menyaksikannya di tahun 2022 ini, so excited ya!

Fave Young Actor (Dongsaeng)

Siapakah dongsaeng itu? Sebenarnya ini oppa buat sebagian orang, tapi buat teman sekelas di Drakor Class, para aktor muda dan berbakat ini kami kategorikan sebagai dongsaeng. Padahal alasan sesungguhnya, karena sulit untuk memilih hanya 1 oppa, hehehe.

Nominasi Dongsaeng jadi Lead di Kdrama

Nominasi Fave Young Actor (Dongsaeng) Drakor Class Awards 2021
Nominasi Fave Young Actor (Dongsaeng) Drakor Class Awards 2021
  1. Kim Min Jae sebagai Jin Moo Hak di Dali and the Cocky Prince, berhasil membuat beberapa teman sekelas jadi terminjae-minjae.
  2. Song Kang sebagai Chae Rok yang bisa menari ballet di Navillera, membuat para penonton terkesima dengan kemampuannya menari yang dipelajari dalam waktu singkat.
  3. Ro Woon sebagai guru dari putra mahkota yang sebenarnya wanita di The King’s Affection, berhasil membuat seorang teman sekelas jadi berdebar melihat aktingnya.
  4. Ahn Hyeo Seop sebagai Ha Ram di Lovers of the Red Sky yang kalau menurut novelnya memiliki ketampanan surgawi.
  5. Lee Do Hyun sebagai Baek Seung Yoo, seorang matematikawan berbakat di Melancholia.

Dongsaeng Favorit Drakor Class

Dan yang terpilih menjadi dongsaeng favorit dari sekian banyak dongsaeng yang ada adalah Song Kang. Bukan, bukan karena dia bermain menjadi playboy cap kupu-kupu di Nevertheless dia terpilih. Tapi justru aktingnya sebagai penari ballet pria yang baik hati terhadap seorang kakek tua yang ingin menjadi penari balet juga membuat dia terpilih jadi dongsaeng favorit di 2021.

Yang terpilih Fave Young Actor (Dongsaeng) Drakor Class Awards 2021
Yang terpilih Fave Young Actor (Dongsaeng) Drakor Class Awards 2021

Psst… sudah tahu belum kalau di 2022 ini, Song Kang akan bermain melodrama romantis bareng Park Min Young dengan judul The Office Romance Cruelty?

Fave Eonni

Bukan hanya oppa yang jadi pembicaraan di Drakor Class, ada eonni yang juga aktingnya cukup dinantikan. Setiap drama biasanya butuh female lead juga kan.

Dan dari sekian banyak eonni yang bermain drama di 2021, berikut ini 5 eonni yang terpilih jadi nominasi. Beberapa dari para eonni ini baru kembali berakting di drama tahun 2021 setelah beberapa tahun loh.

Nominasi Eonni di K-drama

Nominasi Fave Eonni Drakor Class Awards 2021
Nominasi Fave Eonni Drakor Class Awards 2021
  1. Shin Min Ah sebagai dokter gigi Hye Jin di Hometown Cha-cha-cha.
  2. Song Hye Kyo sebagai desainer Ha Young Eun di Now We Are Breaking Up.
  3. Han Hyo Joo sebagai polisi khusus antiteroris Sae Bom di Happiness.
  4. Jun Ji Hyun sebagai jagawana Seo Yi Gang di Jirisan.
  5. Shin Hye Sun sebagai MAMA di Mr.Queen yang sempat kontroversial tapi juga ratingnya tinggi.

Eonni Favorit Drakor Class

Sebenarnya dari hasil polling, ada 2 eonni yang jumlahnya sama banyak di posisi tertinggi. Akan tetapi, karena hanya bisa memilih satu, akhirnya teman sekelas di Drakor Class memilih Shin Min Ah sebagai eonni favorit di tahun 2021 ini.

Yang terpilih Fave Eonni Drakor Class Awards 2021
Yang terpilih Fave Eonni Drakor Class Awards 2021

Siapakah eonni yang bersaing dengan Shin Min Ah? Kalau ada yang menjadi pilihan kamu, naaah itu lah jawabannya, hehehe.

Fave Oppa

Pemilihan nominasi oppa favorit ini sungguh sulit. Bahkan dari teman sekelas sendiri kalau harus milih hanya 1, rasanya sulit sekali. Semua oppa yang berakting di tahun 2021 menunjukkan kemampuan aktingnya masing-masing.

Setelah beberapa kali seleksi, akhirnya berhasil juga mengajukan 5 oppa untuk jadi nominasi.

Nominasi Oppa di K-drama

Nominasi Fave Oppa Drakor Class Awards 2021
  1. Song Jong Ki sebagai mafia Vincenzo Cassano di Vincenzo
  2. Jang Ki Young sebagai fotografer Yoo Jae Guk di Now We are Breaking Up
  3. Lee Je Hoon sebagai Do-gi, seorang supir taksi yang membalaskan dendam di Taxi Driver
  4. Kim Soo Hyun sebagai mahasiswa bernama Hyun Soo di One Ordinary Day yang ternyata bukan hari biasa.
  5. Lee Seung Gi sebagai psikopat Ba Reum di Mouse drama Korea anti mainstream yang wajib ditonton penggemar thriller.

Oppa Favorit Drakor Class

Dari hasil polling, yang terpilih menjadi oppa favorit di tahun 2021 adalah Lee Je Hoon yang memerankan seorang supir taksi mewah yang bisa banget menyamar jadi berbagai peran dalam rangka membalaskan dendam dari pelanggan layanan taksi mewah ini.

Yang Terpilih Fave Oppa Drakor Class Awards 2021
Yang Terpilih Fave Oppa Drakor Class Awards 2021

Kalau belum pernah menonton akting Lee Je Hoon oppa, naah langsung deh tonton drama Taxi Driver ini, apalagi sekarang drama yang diadaptasi dari webtoon ini sudah ada di Netflix loh!

Fave Couple Leads

Salah satu ciri khas drama Korea adalah, adanya pasangan yang bikin penonton ikut merasakan dugun-dugun alias baperan. Jangan pikir hanya drama genre romantis atau romcom saja yang ada pasangan unyu-unyunya, drama bertema zombie dan mafia juga ada loh pasangan unyu-unyunya.

Nominasi Pasangan Unyu-unyu di K-drama

Nominasi Fave Couple Leads Drakor Class Awards 2021
Nominasi Fave Couple Leads Drakor Class Awards 2021
  1. Sae Bom dan Yi Hyun di Happiness
  2. Hye Jin dan Dusik di Hometown Cha-cha-cha
  3. Young Won dan Ja Sung di Monthly Magazine Home
  4. Ik Jun dan Song Hwa di Hospital Playlist
  5. Vincenzo dan Cha Young di Vincenzo

Pasangan K-drama Favorit Drakor Class

Hye Jin dan Dusik memang unyu-unyu, tapi Young Won dan Ja Sung juga tak kalah unyu. Ik jun dan Song Hwa butuh 2 season untuk akhirnya gayung bersambut. Pasangan pengacara badass Vincenzo dan Cha Young, yang dimulai dari lawan jadi kawan juga unyu. Semua unyu abisssss.

Mereka membuat drama Korea mendapat ciri khas bikin banyak orang halu, padahal yang bilang begitu pasti karena belum banyak atau bahkan belum pernah nonton drama Korea.

Siapa yang sangka, kalau pasangan terpilih yang paling unyu diantara yang unyu-unyu adalah pasangan polisi wanita dan detektif yang cintanya bersemi di saat ada wabah zombie dan mereka terperangkap dalam ikatan kawin kontrak demi sebuah unit apartment.

Yang Terpilih Fave Couple Leads Drakor Class Awards 2021
Yang Terpilih Fave Couple Leads Drakor Class Awards 2021

Our Special Hearts

Semua Oppa ini spesial di hati teman sekelas Drakor Class
Semua Oppa ini spesial di hati teman sekelas Drakor Class
  1. Kim Seon Ho, the prince dimple
  2. Park Hyung Sik, suami bucin yang bikin terhyungsik hyungsik
  3. Ju Ji Hoon, sang pangeran mahkota
  4. Jo Jung Suk, ahli bedah hati(mu)
  5. Ji Sung, the Devil Judge

Kategori ini sebenarnya kategori tambahan dari oppa favorit. Niatnya tidak untuk dipilih, karena semua nama-nama di atas, sangat berkesan aktingnya di drama yang mereka perankan di tahun 2021. Siapa sangka, ketika ditayangkan di igstory @drakorclass, ada banyak yang memilih salah satu dari 5 nama tersebut.

Ternyata, terlepas dari berita miring yang ada, Kim Seon Ho oppa menjadi oppa paling istimewa di hati sahabat Drakor Class. Dan ini artinya tahun ke-2 Kim Seon Ho mendapatkan Drakor Class Awards.

Yang paling spesial di hati sahabat Drakor Class di 2021
Yang paling spesial di hati sahabat Drakor Class di 2021

Penutup

Siapa yang sudah menonton semua K-drama yang masuk nominasi dan terpilih di atas? Siapa yang masih belum mengenal nama-nama aktor dan aktris yang disebutkan dalam nominasi di atas? Yuk coba dibaca-baca lagi, karena semua tentang mereka sudah banyak dituliskan oleh teman-teman di Drakor Class.

Bagaimana, apakah sudah siap dengan drama-drama terbaru di bulan Januari 2022 ini? Ada drama tertentu yang kalian tunggu di tahun 2022 ini? Kalau ada yang punya permintaan khusus membahas drama baru maupun lama, silakan tinggalkan di komentar saja.

Oh ya, untuk drama baru di bulan Januari 2022, nantikan saja ya!

4 pemikiran pada “Drakor Class Awards 2021”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: