Kim Seon-ho, the Prince Dimple

kim seon ho

Tulisan ini hadir untuk mengimbangi tulisan tentang Nam Joo Hyuk di awal pemutaran drama Start Up yang merupakan first lead male drama tersebut. Menjelang ending-nya dua hari ini, mari kita tengok Kim Seon-ho, si second lead yang berhasil mencuri hati penonton.

Kim Seon-ho untuk Arena

Disclaimer yang sama akan saya terapkan juga di tulisan ini, bahwa paparan di bawah mungkin mengandung bucin maksimal dari saya, yang auto ikut tersenyum ketika Seon-ho menyunggingkan senyum menawannya 🙂

Nama Kim Seon-ho (@seonho__kim) mendadak hits di mana-mana selama dua bulanan ini karena perannya sebagai Han Ji Pyeong dalam drakor Start Up, seiring dengan kepopuleran dramanya sendiri. Feed Instagram saya hampir selalu memunculkan foto-foto dia, baik dalam karakternya sebagai Pak Han, maupun pose-pose lain yang mengekspos senyum gulali-nya. Saya sampai membuat folder khusus berisi foto dan video Kim Seon-ho supaya nggak susah kalau mau cari pemanis tambahan saat menyeruput asamnya perasan lemon tiap pagi.

Seakan nggak cukup jadi oppa idola baru, penonton Start Up malah sampai menciptakan war sendiri, antara #TimNamDoSan vs #TimHanJiPyeong. Kalau saya sih, konsisten aja, termasuk pada golongan #TimDoSanUntukDalMi, tapi #JiPyeongUntukSaya.

Uhuk, bucin mah bebas yaaa.

Pesona Han Ji Pyeong yang Meroket

Menjadi seorang yatim piatu sedari remaja, Han Ji Pyeong kecil (Nam Da Reum) telah memikat hati pemirsa sejak episode pertama. Hidupnya penuh perjuangan, mulai tinggal menumpang di tokonya halmeoni, tekun belajar manajemen investasi, lalu pergi kuliah dengan biaya sendiri. Selanjutnya ia tumbuh menjadi seorang pebisnis sukses, menjabat manager senior di VH Ventures yang berkantor di Sandbox, digital city-nya Korea.

Hidupnya kini sudah nyaman dengan gaji 1,5M per bulan, tinggal di apartemen mewah menghadap Sungai Han, dan mengendarai mobil canggih seharga 250 juta. Sikapnya tetap sama, ia bertangan dingin dalam urusan pekerjaan sehingga sebagian orang mungkin saja salah paham terhadapnya.

han ji pyeong
Han Ji Pyeong. Start Up TvN.

Karakter Ji Pyeong hampir memenuhi semua syarat sebagai first lead: baik hati, kaya raya, cerdas, tampan, punya senyum memikat, dan selalu melindungi lead female dari kesusahan.

Pada umumnya, kita terbiasa melihat first lead male di drakor sebagai sosok sempurna nyaris tanpa cela. Sehingga, ketika alur drama ini memunculkan second lead duluan di awal penayangan, jelas sangat menentukan ke mana arah kecenderungan penonton.

Sosok Han Ji Pyeong yang begitu mengawang-awang ini mampu mengangkat nama Kim Seon-ho jadi salah satu aktor yang paling banyak dibicarakan di tahun ini. Pengikut Instagramnya pun melonjak drastis dari ratusan ribu hingga per hari ini sudah mencapai 3 juta followers!

Dalam beberapa sesi wawancara, Seon-ho sendiri merendah atas meroketnya dirinya di tangga kepopuleran. Dia bilang, ini (laju pertambahan fans) karena orang-orang sudah duluan follow Suzy (@Skuukzky) dan Nam Joo Hyuk (@skawngur), dirinya hanya ikut terangkat bareng mereka saja. Sebuah kalimat rendah hati dari seseorang yang sudah menggeluti dunia teater selama 12 tahun dan pernah menyabet gelar Best New Actor MBC Awards tahun 2017 berkat perannya di “Two Cops”.

Kim Seon Ho si Anak Baik

Kim Seon-ho (김선호) lahir di Seoul, 8 Mei 1986. Ia adalah anak tunggal dari keluarga sederhana. Berakting di teater adalah passionnya sejak kuliah di Seoul Institute of Arts (Department of Broadcasting) — kampus yang sama yang meluluskan aktris dan aktor terkenal seperti Son Ye Jin, Kim Ha Neul, Jang Hyuk, Park Seo Joon, dan Kim Joo Hun.

Dari latar belakang ini saja sudah cukup menjamin talenta akting yang disodorkan Kim Seon-ho nggak bakal kaleng-kaleng. Secara personal, oppa satu ini juga tidak suka minum alkohol dan rutin jalan kaki tidak kurang dari 2 jam, nilai plus lain yang membuat check list idola saya terpenuhi.

Seon-ho bergabung dengan manajemen SALT Entertainment, bareng aktor lain seperti Park Shin Hye, Kim Ji Won, dan Kim Joo Hoon. Baru-baru ini, dia mendapatkan anugerah Actor Emotive Award dalam acara Asia Artist Awards 2020.

Alasan dia memulai langkah di drama televisi adalah supaya orang tuanya tidak khawatir dengan karirnya yang ‘hanya’ seorang aktor teater. Menurutnya, dia sudah cukup menghasilkan banyak uang dari bermain teater, tetapi dia ingin membuat orang tuanya senang dengan melihatnya berakting di layar televisi.

Duh, Anak Baik memang nggak jauh-jauh dari usaha nyenengin orang tua, mantu-able banget, deh.

Peran yang Terus Berkembang

Lama berakting di teater sejak tahun 2009, Kim Seon-ho melakukan debut di layar kaca pada usia 31 tahun dalam drama “Good Manager” besutan stasiun tv KBS. Di situ dia memerankan Sun Sang Tae, seorang karyawan baru di sebuah perusahaan yang berpenampilan nerd dengan kacamata bulat dan rambut mangkok. Meski hanya pemeran pendukung, namanya sudah diperhitungkan untuk membintangi drama-drama selanjutnya.

Kim Seon-ho dalam Strongest Deliveryman

Selanjutnya, porsi peran lebih besar dimainkan dalam “Strongest Deliveryman” sebagai Oh Jin Gyu. Memerankan seseorang dengan sikap arogan dan tidak begitu nice, Seon-ho melakukan aktingnya dengan sangat baik hingga pemirsa ikut geregetan. Best scene menurut saya adalah waktu dia dan Choi Kang Soo (Go Kyung Po) mengupas bawang sementara dia mengusap air matanya yang berurai dengan tangan yang sedari tadi dipakai mengupas bawang. Ekspresi nelangsa karena nggak terbiasanya dapet banget. He completely stole the show.

Seon-ho juga sempat berakting dalam mini seri “You Drive Me Crazy” yang sebetulnya jarang diekspos, tapi karena disebut-sebut dalam variety show 2D1N, tayangan YouTube-nya kini diakses sampai 11 ribu penonton untuk melihat kissing scene Seon-ho dengan Lee Yoo Young yang menurutnya ini adalah adegan popo terbaiknya (padahal nggak ada apa-apanya, deh…). Sejujurnya saya patah hati di sini karena ceweknya tampak agresif, aahh, mianhae … nggak sanggup.

Kemudian ada “Two Cops”, yang mana adalah titik Seon-ho menancapkan karirnya di layar kaca. Bermain bersama aktor senior, Jo Jung Suk, dalam drama bertema cerita ‘one body, two soul’, dia berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan memerankan seorang penipu bernama Kong Soo Chang dan membuatnya diakui di jajaran aktor Kdrama. Sejumlah reviu yang saya temukan untuk drama ini, mereka rata-rata memuji chemistry kedua aktor utama yang menakjubkan. ‘Siapa itu Kim Seon Ho? Aku tidak pernah mendengar namanya, tapi aktingnya sangat memukau..’ begitu salah satu bunyi reviunya.

Dalam perkembangan karirnya di Kdrama, Seon-ho telah memerankan berbagai macam karakter, dari yang disebutkan di atas, hingga mendapat kesempatan bermain dalam sageuk, 100 Days My Prince (2018) bersama D.O Kyungsoo EXO dan Nam Ji Hyun. Tidak seperti Han Ji Pyeong yang membuat geger jagat perdrakoran karena punya chance yang sama kuat, nasib second lead di sini hampir nggak ada harapan sama sekali, malah cenderung sad boy.

Lucu juga kok pake baju begini

Jung Je Yoon yang diperankan Seon-ho, merupakan anak selir, yang mana dia harus legowo tidak bisa bersaing mencintai perempuan yang sama dengan rajanya (D.O Kyungsoo). Berapa kalipun kesempatan ada di depan mata, nggak ada satupun dukungan semesta untuk bersatu dengan lead female, apalagi Yoon Yi Suh (Nam Ji Hyuk) sama sekali nggak punya perasaan buat dia.

Meskipun begitu, Je Yoon tetap memberikan kesetiaannya pada raja sebagai sahabat yang baik dan melaksanakan jabatannya sebagai hakim yang adil dan pintar.

Drama 100 Days My Prince sukses mendapat rating sampai 15% di seluruh dunia, dan oleh karena itu para pemain menuntaskan janjinya untuk perform nge-dance Growl – EXO yang dilatih sendiri oleh D.O.

Kim Seon-ho beserta aktor 100 Days My Prince

Kalau soal akting, saya yakin Seon-ho jauh mengungguli D.O yang masih belum lama terjun ke dunia drama. Tetapi atittude-nya yang rendah hati membuat dia nggak sungkan bermain bersama para pendatang baru.

Satu yang selalu melekat dari karakter peran Seon-ho adalah nuansa lawak dan berlagak. Betapapun seriusnya peran yang dibawakan, selalu ada celah dia menampakkan sisi humoris dan banyak ketawanya. Kalau di drama “Waikiki 2” di mana dia berpasangan dengan Moon Ga Young mungkin wajar, karena genrenya memang komedi romantis, tapi bagaimana dengan “Catch The Ghost” yang sejatinya adalah drama bergenre kriminal?

Kim Seon Ho
Kim Seon Ho dalam drama “Catch The Ghost” (sumber: woke.id)

Memerankan polisi subway bernama Ko Ji Seok, lagi-lagi aura si Anak Baik terpancar, ketika seorang lulusan terbaik akademi polisi memilih menjadi polisi stasiun bawah tanah ketimbang berkarir di kepolisian ibu kota. Alasannya tak lain supaya lebih banyak waktu untuk merawat ibunya yang tinggal seorang diri dan menderita demensia. Adakah yang lebih manis, ketika detektif yang habis bertarung dengan berani melawan penjahat, turns out to be babeh-babeh tahun 70an dengan kacamata besar dan celana cutbray, datang membawakan bunga untuk ‘kekasihnya’. Aarrggh, biar kata babang ini sedikit konyol, sosoknya yang penuh perhatian sukses membuat penonton simpatik.

Sebenarnya saya lebih suka dia balikan sama Letnan Ha Ma Ri yang mencintai dia dengan tulus, tapi karena harga diri, dia memilih Yoo Ryung yang lebih sederhana untuk dicintai. Ji Pyeong banget, kan, gengsinya tingkat dewa?

Pesona Kim Seon-ho di Catch The Ghost memang luber-luber, tidak hanya dari sisi karakter perannya, tapi juga eksplorasi adegan action yang dimainkan.

Apa Istimewanya Kim Seon Ho?

Setelah panjang lebar paparan di atas, masihkah ini jadi sebuah pertanyaan?

Saya memutuskan fix ngefans pada Kim Seon Ho setelah melihat sisi lain aktingnya di 100 DMP, di mana dia bisa membawakan peran dalam drama sejarah dengan baik. Seringkali saya jatuh cinta duluan pada karater perannya, baru pada aktornya. Karena peran menunjukkan kualitas akting, sedangkan aktor adalah individu personal. Dia tuh, hanya dengan gerakan mata atau raut muka saja penonton sudah tahu gimana suasana hati dan pesan yang disampaikan. Hal ini tentu saja membutuhkan jam terbang akting yang nggak sedikit!

Kim Seon-ho jelas bukan orang baru di dunia seni peran, dia bahkan bagai seorang idol di teater, di mana setiap dirinya show, tiket penontonnya selalu sold out. Kepopuleran ini jelas nggak dadakan, hanya saja publik secara umum baru ‘menemukannya’, makanya Seon-ho bisa tetap stay humble dan fokus berakting dengan baik.

Atas aktingnya yang memukau, dan pesona yang memikat jutaan penonton, Drakor Class memasukkan Seon-ho dalam deretan Kim-oppa yang berkilau di tahun 2020 ini.

Masih butuh alasan lagi kenapa Kim Seon-ho istimewa?

Re Ra

Blogger.
Drakorians since 2018. Menulis review dan knowledge Korean drama-based. Meet me at www.dailyrella.com. Tidak fanatik aktor, genre, rating, lawas, atau baru.

Baca Juga

4 Komentar

  1. Hatiku dugeun dugeun baca artikel ini. sugohaesseo ❤️

  2. […] Kim Seon Ho adalah satu-satunya cast yang belum pernah saya saksikan aktingnya. Teman-teman sekelas saya di Drakor Class sudah menuliskan beberapa perannya di dalam drama “100 Days My Prince” (2018) dan “Catch the Ghost” (2019). Chingudeul bisa baca sendiri, ya. Yang jelas saya mengambil kesimpulan kesan yang positif akan kepribadian dan kemampuan akting Kim Seon Ho oppa, sehingga saya pun antusias untuk menyaksikannya pertama kali di dalam “Start-Up”. […]

  3. […] ada Kim Seon-ho si Anak Baik dalam drama Start Up, yang sukses bikin penonton porak-poranda terkubu-kubu menjadi […]

  4. […] sekian banyak tulisan tentang para oppa, pilihan oppa favorit jatuh pada Kim Seon Ho si anak baik. Tulisan tentang Kim Seon Ho baru ditayangkan di bulan Desember, tapi jumlah pembacanya bisa […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: