Drakor Search: Kisah Pencarian di DMZ

review drama search

Annyeong Chingudeul!

Ayo, siapa yang menonton drama Search ini karena visualisasi yang bening? Atau mengharapkan kisah cinta Korea Utara dan Korea Selatan karena masih terbayang drakor Crash Landing on You? Yang jelas, saya tidak menontonnya. Walau begitu, saya mendapatkan dongeng cerita ini dari obrolan dengan teman sekelas saya Manchin yang sudah pernah menuliskan tentang visualisasi para prajurit di drakor ini yang katanya sebening embun pagi.

Baca juga tulisan sebelumnya tentang drakor Search ini

Nah, buat yang sedang mempertimbangkan apakah mau menonton drama ini, atau sekedar penasaran ceritanya tentang apa, simak saja obrolan kami di podcast Drakor Class. Tentunya dengan pesan, jangan lupa subscribe ya, karena akan ada episode-episode baru tentang drama-drama lainnya di podcastnya Drakor Class.

Podcast Review Drama Search, jangan lupa follow ya!

Buat yang belum sempat dengerin, yuk terusin baca aja tulisan saya ini.

Tentang drakor Search

Drama ini hanya 10 episode, jadi cukup singkat buat hiburan ya. Drakor ini sesuai judulnya, berfokus pada misi pencarian oleh 2 kelompok prajurit Korea Selatan dan Korea Utara. Sepertinya setelah kesuksesan Crash Landing on You, para pembuat drakor jadi makin terinspirasi untuk membuat cerita di area demilitarized zone (DMZ) Korea, yang melibatkan dua negara tetangga yang mudah-mudahan saja bisa segera rukun ya.

Tapi, karena genre drakor ini bukan romantis komedi melainkan, fantasi, misteri dan thriller yang merupakan genre khas OCN tempat drakor ini ditayangkan, tentunya ceritanya lebih banyak mengisahkan intrik-intrik pencarian dan misteri dibalik apa yang mereka cari. Ada sih kisah romantis sedikit, tapi ya jangan berharap seperti CLOY.

Para Pelaku Pencarian

Kalau dari cerita Manchin, ada 2 pihak yang sama-sama sedang melakukan pencarian. Masing-masing punya misi yang berbeda dalam pencariannya. Tapi pelaku pencariannya sama-sama prajurit militer, karena yang boleh dengan bebas ke daerah DMZ itu biasanya ya militer. Mana bisa rakyat biasa keliaran di sana, bisa-bisa diduga sedang berniat pindah negara.

Karena drakor ini dari Korea Selatan, maka prajurit bening yang jadi tokoh utama tentunya prajurit Korea Selatan.

Ada beberapa orang, mulai dari Jang Dong Yoon yang tampil beda dibandingkan perannya sebagai janda lenjeh di Tale of Nokdu. Di drakor Search ini Jang Dong Yoon menjadi bagian dari grup prajurit yang termuda sekaligus sebagai orang yang memegang anjing pelacak dari grup tersebut. Perannya sebagai seorang dokter hewan yang sedang menjalankan wajib militer dan mendapat tugas bergabung dengan misi khusus pencarian di DMZ ini.

Jang Dong Yoon sebelum jadi prajurit militer

Dalam drama ini ada bagian Jang Dong Yoon bertemu dengan ayahnya, tapi sudah bukan dalam wujud aslinya lagi. Mendengar cerita bagian ini sebenarnya saya jadi penasaran juga pengen menonton drakor ini.

Selain Jang Dong Yoon, pemeran dalam drakor Search ini ada Krystal Jung, yang ternyata karakternya pernah ada hubungan dengan karakter yang diperankan Jang Dong Yoon di masa lalunya. Krystal Jung berperan sebagai prajurit elit bagian penelitian dan mendapat tugas khusus menjadi bagian dari kelompok prajurit militer dalam rangka melakukan misi pencarian di DMZ tersebut. Siapa sangka ketemu mantan dan rahasia masa lalunya dalam misi tersebut.

Ada yang unik dengan tokoh yang diperankan Krystal Jung ini, karena ternyata, dia aslinya warga negara Korea Utara dan merupakan anak dari ilmuwan yang menciptakan zat ajaib yang membuat terjadinya mutasi genetik. Aduh ini agak susah menjelaskannya. Tapi sejak bayi dia dibesarkan oleh salah seorang yang pernah tugas di DMZ juga dan kemudian dia dibesarkan sebagai orang Korea Selatan.

Tokoh yang diperankan Krystal Jung ini bahkan tidak tahu kalau orang tua kandungnya ternyata orang Korea Utara. Ada adegan Krystal Jung menemukan kerangka manusia berseragam prajurit Korea Utara di dalam bangunan tua, yang akhirnya diketahui adalah tubuh ayahnya.

Yang tidak ketinggalan, dalam drakor Search ini ada Yoon Park juga yang dalam drama ini katanya sih agak ngeselin banget kelakuannya. Lalu, karena dia juga berperan di Birthcare Center sebagai ayah muda, muncullah pendapat yang bilang, “pantesan dia di drakor Search jadi ngeselin, soalnya dia stress ninggalin istri dan anak yang masih bayi”, hahahha. Ada juga yang bilang: “dia kurang tidur karena malam-malam begadang nungguin bayi yang masih terbalik jam tidurnya”, hahaha. Komentar Netizen mah bisa aja kemana-mana ya.

Baca tentang peran Yoon Park di drakor BirthCare Center

Selain tokoh militer dari Korea Selatan, tentunya ada tokoh militer dari Korea Utara juga. Tapi karena tidak ada Capt. Ri di sana, jadi saya juga tidak bertanya lebih lanjut tentang tokoh prajurit dari Korea Utara, sehingga saya tidak bisa menceritakannya di sini, hehehe.

Lokasi Pencarian

Lokasi misi pencarian ini di daerah Demilitarized Zone (DMZ). Jadi masing-masing pihak militer Korea Utara dan Korea Selatan ini sama-sama punya misi mencari sesuatu. Yang dicarinya itu berbeda tapi bersumber dari hal yang sama dan terkait dengan orang tua dari Krystal Jung.

Namanya juga drama, tentu saja semua harus saling terkait, kalau tidak terkait, jadi kurang menarik rasanya, ya toh!

Drakor Search: Apa sih yang dicari?

Jadi, dari hasil obrolan dengan Manchin, yang dicari itu terkait dengan zat kimia hasil penelitian orang tuanya Krystal Jung. Tapi kalau Korea Utara mencari zat kimia nya, Korea Selatan mencari apapun yang dihasilkan oleh zat tersebut.

Ternyata, zat tersebut bisa menyebabkan mutasi terhadap manusia ataupun hewan yang terkena zat itu. Hasil mutasinya juga berbeda-beda dan tidak selalu sama sifatnya.

Awal mula timbulnya misi ini ada kaitannya dengan penugasan beberapa orang yang saat ini memegang jabatan di bangku politik dan ingin menutupi jejak mereka di masa lalu. Tapi tentu saja prajurit yang ditugaskan ini tidak tahu cerita sebenarnya ketika menerima penugasan. Mereka tahunya disuruh mencari dan pergilah mereka mencari.

Ada banyak misteri pembunuhan juga yang ternyata diakibatkan oleh mahluk yang mutasi akibat terkena zat ini. Maka dari itu, zatnya harus ditemukan dan juga mahluk mutasi jadi-jadiannya juga perlu di musnahkan supaya tidak memakan lebih banyak korban lagi.

Jadi ini kayak fantasi yang agak absurd sebenarnya, atau mungkin butuh konsentrasi tinggi dalam menontonnya untuk mengerti sifat-sifat yang terjadi akibat zat kimia tersebut. Saya rasa, akan lebih jelas kalau ditonton sendiri sih.

Akhir drama Search

Akhirnya sih sesuai prediksi Manchin, semua misi berhasil dilaksanakan. Tapi ada korban juga alias tidak semua selamat dalam menjalankan misi ini. Nah ini detailnya silahkan langsung tonton sendiri saja ya supaya spoilernya gak terlalu banyak.

Penutup

Ceritanya mungkin gak seheboh CLOY, apalagi kisah cintanya super tipis kering lebih tipis dari martabak tipis kering, hahaha. Tapi ya kalau kalian ingin melihat visual prajurit bening yang tidak pernah dekil walau sedang bertempur sekalipun, bolehlah  drama ini jadi pilihan hiburan. Sesekali biar membawa fantasi ke area DMZ, siapa tau suatu hari nanti bisa wisata ke DMZ, yekan!

Eh sudah baca belum ada apa saja di tempat wisata DMZ terutama di area Korea Selatan? Kalau belum, yuk langsung baca dulu tulisan di Drakor Class dari seorang teman sekelas yang tertantang ingin liburan ke sana. Mudah-mudahan saja pandemi cepat berlalu, jadi kita bisa jalan-jalan lagi yaaaa.

Baca juga tulisan tentang tempat wisata di DMZ, Korea Selatan

Nah kalau sebagai yang menonton, Manchin kasih rating drama ini gak gitu tinggi. Karena motivasi nontonnya cuma mau liat Jang Dong Yoon dan Krystal Jung yang sangat bening. Kira-kira pembaca bakal tertarik gak menonton drakor ini? Saya sih mungkin kalau iseng mau nonton juga, toh cuma 10 episode inilah. Tapi, ya entah kapan, mungkin setelah kehabisan tontonan, hehehehe…

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://risna.info

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: