Yoon Park Jadi Ayah ASI di Drakor Birthcare Center

Kim Do Yoon Birthcare Center

Annyeong…!

Hallo, masih ingat dengan VIP_Ahin_Jisung, kan? Membaca dari nama yang saya kenakan, sudah tahulah ya, kalau saya suka sama siapa, hehehe. Selamat menikmati tulisan-tulisan saya dan rekan-rekan Drakor Class di web ini, ya.

Yoon Park Birthcare Center
Kim Do Yoon (dibintangi oleh Yoon Park). Gambar dari instagram tvN.

 Meme Yoon Park yang lagi jadi perbincangan

Tulisan Yoon Park jadi Ayah ASI di drakor Birthcare Center ini tercetus karena ada sebuah meme berikut ini,

Meme ini muncul, karena ada dua drama Korea (drakor) yang dibintangi oleh Yoon Park masih ongoing atau sedang tayang di Negeri Gingseng sana. Dua drakor Yoon Park yang sedang jadi bahan perbincangan itu adalah Search dan Birthcare Center.

Tokoh karakter yang dimainkan oleh Yoon Park di dua drakor itu sangatlah berbeda. Bila di drakor Search, ia menjadi Kapten Song Min Gyu yang sikapnya menyebalkan. Sementara di drakor Birthcare Center, Yoon Park berperan sebagai Kim Do Yoon, tipikal suami yang takut dan nurut kepada istrinya.

Berakting dengan dua karakter yang berbeda jauh, tentu saja membuktikan kalau Yoon Park adalah aktor yang luar biasa. Oleh karena itu, VIP_Ahin_Jisung mau mencoba membahas salah satu karakter Yoon Park saat di Birthcare Center, yang belajar menjadi Ayah ASI.

Weits, kok tiba-tiba membahas soal Ayah ASI? Iya perlu dibahas dong, soalnya peran ayah dalam memberikan ASI juga penting, lo. Apalagi tanggal 12 November itu adalah hari Ayah Nasional. Boleh dong, kalau kita ngobrol sosok yang biasanya kurang bisa menyatakan perasaannya ini.

Sinopsis Birthcare Center

Sebelum saya berbicara tentang pentingnya peran ayah dalam proses mengASIhi, boleh kita kenalan dulu sama drakor Birthcare Center. Drakor ini bercerita tentang bagaimana kehidupan perempuan paska melahirkan.

Inilah alasan mengapa saya suka nonton drakor, sebab selalu ada ilmu baru dan hikmah terhadap kehidupan. Dari cerita Birthcare Center ini, saya ikut merasakan kembali ke masa-masa setelah saya melahirkan trio krucil saya dulu.

Uhm Ji Won Birthcare Center
Oh Hyun Jin (dibintangi oleh Uhm Ji Won. Gambar dari instagram tvN

Diceritakan tentang seorang wanita karir bernama Oh Hyun Jin (dibintangi oleh Uhm Ji Won), yang karena kesuksesan karirnya membuat dia terlambat menikah dan hamil di usia yang tak lagi muda. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata terhadap dirinya ketika menjadi ibu.

Ternyata di Korea Selatan sudah memiliki sebuah fasilitas yang membantu para ibu paska melahirkan. Di fasilitas itulah para ibu nantinya akan beradaptasi dengan kehidupan barunya sebagai ibu.

Fasilitas itulah yang akhirnya dipilih oleh Oh Hyun Jin (Hyun Jin) dan suaminya Kim Do Yoon (dibintangi oleh Yoon Park), paska melahirkan buah hatinya. Tentu saja, harapannya agar mereka, khususnya Hyun Jin, bisa beradaptasi dengan peran barunya sebagai ibu.

Dari fasilitas ini para ibu diberikan pengetahuan tentang menyusui, bagaimana melihat anak sehat dari warna serta tekstur fesesnya, dan hal-hal pengasuhan lainnya. Di mana di fasilitas ini para ibu pun saling dukung mendukung dalam memberikan yang terbaik bagi anak-anak.

Tentu saja versi memberikan terbaik bagi anak-anak juga beragam, sebab di fasilitas yang dinamakan Serenity ini memiliki pengelompokkan terhadap ibu-ibu yang dinyatakan sukses sebagai seorang ibu (untuk ini akan dibahas sendiri lain waktu).

Dari pengelompokkan tersebut membuat Hyun Jin stres. Kira-kira, berhasilkan Hyun Jin beradaptasi dengan peran barunya sebagai ibu? Silakan sobat drakor simak sendiri drakor Birthcare Center. Saya kasih bocoran cuplikannya sedikit,

Yoon Park jadi Ayah ASI di Drakor Birthcare Center

Di tulisan kali ini, saya ingin membahas sedikit tentang karakter yang dimainkan oleh Yoon Park dalam drakor Birthcare Center. Dikisahkan kalau Yoon Park adalah suami yang peduli terhadap istrinya yang sedang hamil.

Kim Do Yoon Birthcare Center
Kim Do Yoon (diperankan Yoon Park). Gambar dari instagram tvN.

Dikarenakan istrinya seorang wanita karir yang pekerja keras, jadilah Kim Do Yoon (nama tokoh yang dimainkan oleh Yoon Park) yang mengikuti senam hamil dan belajar cara pernapasan saat melahirkan nanti.

Harapannya, ia bisa memberitahukan dan belajar bersama istrinya, Hyun Jin. Akan tetapi, rencana tinggal rencana, sebab kenyataan lebih sering tidak sesuai harapan. Rasa sakit ketika mau melahirkan membuat Hyun Jin tidak ingin mendengar saran dari suaminya, Kim Do Yoon.

Dengan kehebohan, akhirnya Hyun Jin berhasil melahirkan dan tiba dengan selamat di fasilitas paska melahirkan. Kemudian konflik lain pun terjadi yaitu bagaimana agar Hyun Jin bisa menyusui dengan lancar.

Semenjak melahirkan Hyun Jin menjadi lebih sensitif dan masih enggan berbagi dengan Kim Do Yoon. Apapun yang dilakukan Kim Do Yoon selalu salah di mata Hyun Jin.

Padahal Kim Do Yoon diam-diam belajar menjadi Ayah ASI. Beginilah gaya Yoon Park saat menjadi Kim Do Yoon dan belajar tentang Ayah ASI,

Indonesia juga punya komunitas Ayah ASI

geng ayahasi ernest prakasa
Geng Ayah ASI Indonesia yang digawangi Ernest Prakasa. Gambar dari ayahasi.org

Melihat bagaimana perjuangan Yoon Park belajar menjadi Ayah ASI, saya pun menjadi napak tilas tentang awal pembelajaran saya dan suami ketika menjadi orang tua. Suami sampai berinisiatif mencari bacaan tentang ASI ketemulah buku Catatan Ayah ASI, Kami Bukan Ahli, Cuma Mau Berbagi, karya Ernest Prakasa dan kawan-kawan.

Di buku ini diceritakan pengalaman para Ayah ASI Indonesia, yaitu Ernest Prakasa, Sogi Indra Dhuaja, dan 6 rekannya. Mereka bercerita tentang cara beradaptasi terhadap peran barunya juga sebagai ayah.

Bagaimana harus bergantian dalam mengganti popok ataupun bangun malam di kala bayi menangis dan tentu saja, menjaga emosional para istri agar tetap bahagia, sehingga ASInya bisa lancar.

Bukunya tidak kebanyakan teori dan lebih ke cerita soal pengalaman, sehingga enak sekali untuk dibaca. Silakan buat sobat drakor, jika ingin ikutan membaca buku ini, sebab di buku ini juga dijelaskan soal cara-cara menyiapkan ASIP (Air Susu Ibu Perahan).

Buku ini cocok buat para orang tua baru maupun orang tua yang sedang menambah momongan. Bagaimana kerjasama yang baik antara ayah dan ibu, agar proses mengASIhi bisa lancar.

Dari buku itulah akhirnya saya mengetahui kalau Indonesia juga punya komunitas Ayah ASI, yang memang diprakarsai oleh penulis-penulis buku Catatan Ayah ASI.

Buku Lelaki Terbaik

Buku Lelaki Terbaik
Buku Rumedia Lelaki Terbaik. Gambar dari dokumentasi Pribadi.

Selain buku catatan Ayah ASI, ada satu buku lagi yang juga cocok buat kita baca, yaitu buku Lelaki Terbaik. Buku ini adalah buku antologi yang menceritakan tentang laki-laki terbaik dalam kehidupan 18 orang wanita.

Mulai dari sosok ayah, suami, kakek, guru, bahkan sahabat. Pokoknya buku Lelaki Terbaik didedikasikan untuk para Lelaki Terbaik di seluruh dunia. Di balik sosoknya yang terkadang garang, tak bisa mengutarakan perasaan, sebenarnya pria-pria tersebut, memiliki banyak cinta untuk orang terkasih.

Selamat hari ayah! Semoga semua lelahmu dalam memberikan yang terbaik bagi keluarga, mendapatkan surga terbaik, aamiin.

Itulah cerita saya tentang Yoon Park yang menjadi Ayah ASI di drakor terbarunya. Ternyata lewat drakor, kita juga bisa menemukan sisi positif, kok. Mari kita ambil sisi positifnya dan saring saja sisi negatifnya, agar dijadikan pelajaran untuk tidak melakukan perbuatan yang salah.

Bagaimana sobat drakor, mau mencoba menonton drakor ini atau malah sudah menontonnya? Bagi yang ingin menonton drakor Birthcare Center ini bisa ditonton di VIU dan IQIYI.

Silakan ditunggu tanggapannya, ya. Kali saja, sobat drakor juga punya cerita seru soal pengalaman mengASIhi, boleh banget untuk sharing ceritanya di kolom komentar. Terima kasih.

VIP_Ahin_Jisung

Seorang IRT, cinta menulis dan sedang belajar menggambar. Sudah 14 tahun mengenal kpop dan Kdrama. Suka dengan Bigbang, Yoo Ah In, Ji Sung.

Baca Juga

9 Komentar

  1. aihh kece tulisannya.
    ah benar, ayah asi itu keren bgt

    1. Setuju mbak Dian. Ayah ASI itu hebat dan keren. Selamat hari ayah! (n_n)

  2. […] VIP_Ahin_Jisung: Buku Lelaki Terbaik […]

  3. Setuju sama mbak DK, tulisannya kece sekali. Mari lestarikan Ayah2 ASI..

    1. Ayo kita lestarikan, hahahahaha.

  4. […] satu hal yang saya suka dalam drama Birthcare Centre ini adalah bagaimana Yoon Park memainkan peran ayah ASI dengan baik. Yoon Park berperan sebagai Do Yoon, suami dari Hyun […]

  5. […] Birthcare Center adalah drama Korea (drakor) yang cukup sering dibahas di whatsapp drakorclass. Mengapa? Sebab, drakor ini membahas masalah-masalah yang cukup sering dialami oleh para ibu paska melahirkan. […]

  6. […] Ayah Nasional, yang diperingati setiap tanggal 12 November. Kalau kemarin sudah ngomongin sosok Yoon Park, maka kali ini yang akan dibahas adalah drama Korea (drakor) 18 […]

  7. […] Yoon Park Jadi Ayah ASI di Drakor Birthcare Center Baca Juga: Yoon Park Jadi Ayah ASI di Drama Birthcare Center […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: