Prediksi Birthcare Center, Menjadi IRT atau Kembali Bekerja?

prediksi birthcare center

Annyeong…!

Ada yang rindu tulisan dari VIP_Ahin_Jisung? Hehehehe. Membaca dari nama yang saya kenakan, sudah tahulah ya, kalau saya suka sama siapa, hehehe. Selamat menikmati tulisan-tulisan saya dan rekan-rekan drakorclass di web ini, ya.

Birthcare Center adalah drama Korea (drakor) yang cukup sering dibahas di whatsapp drakorclass. Mengapa? Sebab, drakor ini membahas masalah-masalah yang cukup sering dialami oleh para ibu paska melahirkan.

Menurut teman-teman di drakorclass, drakor yang ini punya lesson learn yang bisa dijadikan diskusi lebih jauh, khususnya buat para ibu baru. Buat ibu yang sudah berpengalaman, drakor Birthcare Center ini menjadi ajang membuka kenangan lama.

Membuka sebuah kenangan lama untuk kita telaah kembali saat mengalami suatu masalah, kira-kira bagaimana waktu itu cara kita menyelesaikannya? Ada yang penasaran kira-kira masalah-masalah apa saja sih, yang timbul setelah melahirkan? Ikutin terus ulasannya di sini.

Masalah-masalah para ibu paska melahirkan

Dirangkum dari beberapa sumber, ada 4 masalah yang biasanya dialami para ibu setelah melahirkan dan disajikan pula adegannya dalam drakor Birthcare Center ini yaitu,

1. Postpartum blues

Postpartum blues ini semacam perubahan suasana hati, depresi, kelesuan, lekas marah, frustasi, insomnia, menangis, dan gejala tertentu lainnya. Hal tersebut paling sering menimpa para ibu paska melahirkan.

Dikutip dari Boldsky (12/9), Hampir 75% wanita mengalami postpartum blues ini. Hal ini sebenarnya adalah sebuah kewajaran, yang mana disebabkan oleh hormon dan fluktuasi.

Postpartum Blues ini juga dialami oleh Oh Hyun Jin (dibintangi oleh Uhm Ji Won), karakter utama wanita dalam drakor Birthcare Center ini. Ini adalah salah satu adegan yang menunjukkan sisi Oh Hyun Jin yang mengalami postpartum blues,

Walaupun sebenarnya digambarkan sedikit berlebihan, tapi pesan kalau Oh Hyun Jin sedang merasa kelelahan, menangis, dan merasakan perubahan suasana hati yang tak menentu.

 

2. Inkontinensia urin

Masalah yang biasanya juga timbul setelah melahirkan adalah inkontinensia urin. Umumnya masalah inkontinensia urin ini terjadi pada ibu-ibu yang melahirkan secara normal.

Inkontinensia urin itu istilah dimana para ibu jadi kurang bisa mengontrol rasa untuk buang air kecil, paska melahirkan secara normal. Hal ini bisa terjadi ketika ibu tertawa, batuk, bersin, dan gerakan mendadak lainnya yang ‘mengocok’ perut.

Inkontinensia urin bisa terjadi karena otot dasar panggul yang menopang kandung kemih menjadi lemah. Namun jangan khawatir kawan, otot dasar panggul kita itu akan normal kembali kok, dalam beberapa waktu.

Namun apabila kita ingin otot dasar panggul bisa cepat pulih, kita juga bisa melakukan latihan dasar panggul seperti latihan kegel. Latihan tersebut dimaksudkan agar membantu memperkuat otot dasar panggul kembali.

Inilah adegan di Birthcare Center yang menunjukkan kalau para ibu bisa mengalami masalah ini paska melahirkan,

 

3. Kesulitan saat proses menyusui

Setiap ibu pasti ingin berusaha menyusui bayinya, tapi saat hendak melakukannya di awal-awal biasanya kita akan mengalami kesulitan. Hal ini sempat saya alami, ketika saya belum tahu kapan harus menyusui si sulung, akhirnya si sulung sempat dehidrasi.

Kesulitan menyusui juga bisa jadi karena terjadinya perubahan yang terjadi pada payudara yang tiba-tiba membesar, sehingga sering merasakan sakit atau nyeri. Kemudian puting menjadi sangat sensitif, jadilah butuh waktu untuk membiasakan diri ketika menyusui sang bayi.

Biasanya kesulitan dalam menyusui ini dialami oleh para ibu baru, seperti adegan dalam Birthcare Center berikut ini,

Mau tahu apa saja yang biasanya menyebabkan para ibu jadi gagal mengASIhi? Baca dulu ‘3 Sebab Kegagalan Ibu Mengasihi’.

 

4. Mastitis

Bila mengalami kesulitan dalam menyusui, biasanya masalah berikutnya yang dialami para ibu paska melahirkan adalah mastitis. Apa itu mastitis? Mastitis adalah peradangan pada payudara sehingga membuat payudara menjadi bengkak.

Mastitis ini disebabkan karena jaringan payudara luka atau terkena infeksi. Biasanya mastitis ini terjadi di dua bulan pertama setelah ibu melahirkan. Biasanya ini terjadi karena para ibu masih perlu beradaptasi dengan pola menyusui pada bayinya.

Dikarenakan masalah ini ibu-ibu bisa merasakan demam, mengigil, tidak enak badan, dan gejala lain seperti flu. Untuk mengurangi kebengkakan bisa dengan dikompres ataupun dikasih kembang kol.

Oh Hyun Jin (dibintangi oleh Uhm Ji Won), karakter utama wanita dalam drakor Birthcare Center juga sempat mengalami hal ini, jika ingin mengetahui adegannya silakan sobat drakor tonton episode 5.

Itulah beberapa masalah paska melahirkan yang bisa terjadi pada para ibu. Masih ingin tahu lebih banyak bagaimana perjuangan wanita setelah menjadi dan serba serbi menyusui, serta mitos dan fakta untuk ibu menyusui bisa mampir juga ke tulisan berikut ini,

Birthcare Center Perjuangan Menjadi Ibu

Serba Serbi Menyusui Drakor Birthcare Centre

Mitos dan Fakta Menyusui Drama Korea Birthcare Center

Kalau sobat drakor ingin mendengarkan keseruan kami membahas mitos dan fakta menyusui, kunjungi saja podcast kami di bawah ini,

 

Dilema para ibu bekerja setelah melahirkan

Selain masalah-masalah di atas, ada masalah lain yang biasanya membuat para ibu bekerja menjadi dilema. Sudah tahu kan, sobat drakor masalah apakah itu? Yaitu apakah diri ini bisa kembali bekerja atau harus menjadi ibu rumah tangga.

Dilema ini juga menimpa pemeran utama Oh Hyun Jin (dibintangi oleh Uhm Ji Won). Inilah kegalauannya,

Oleh karena itu, Oh Hyun Jin pun berusaha mencari pengasuh terbaik buat putranya. Ini ada adegan dimana Oh Hyun Jin memperebutkan seorang pengasuh bayi yang berpengalaman,

 

Dilematis yang dirasakan oleh Oh Hyun Jin ini juga pernah saya rasakan dan saya pun sudah memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. Sementara kalau untuk Oh Hyun Jin bagaimana?

 

Prediksi Birthcare Center, Menjadi IRT atau Kembali Bekerja?

Dikarenakan ibunya yang kurang sehat dan ia pun gagal dalam mendapatkan pengasuh bayi berpengalaman, Oh Hyun Jin pun harus berusaha berpikir keras agar ia bisa tetap bekerja sambil merawat putranya yang baru saja lahir.

Sementara pengganti Oh Hyun Jin di kantor menawarkan untuk memperpanjang cuti hingga 1 tahun, agar dirinya bisa fokus merawat putranya sambil memulihkan diri. Namun, Oh Hyun Jin merasa karirnya terancam dengan adanya tawaran itu.

Sementara sang suami, Kim Do Yoon (dibintangi Yoon Park), ingin mengambil jatah cuti ayah agar bisa bergantian menjaga si bayi, tapi Oh Hyun Jin masih ingin mendapatkan solusi yang lain dahulu.

Tiba-tiba angin segar didapatkan dari ibunda tersayang. Ibunda mengatakan kalau akan berusaha membantu mencarikan pengasuh bayi, sementara Oh Hyun Jin juga akan mencari lewat bantuan koneksi Ketua Birthcare Center.

Apapun pilihan Oh Hyun Jin nantinya, pastinya ia akan berusaha mengurus serta mendidik putranya dengan baik. Apakah dengan kembali bekerja maupun menjadi ibu rumah tangga.

VIP_Ahin_Jisung

Seorang IRT, cinta menulis dan sedang belajar menggambar. Sudah 14 tahun mengenal kpop dan Kdrama. Suka dengan Bigbang, Yoo Ah In, Ji Sung.

Baca Juga

2 Komentar

  1. iyaaa setelah melahirkan emang banyak dilema ya…
    apapu pilihan Oh Hyun Jin smg yg terbaik buat lem stik ya, hehe

    1. Betul mbak Dian, apapun pilihan Oh Hyun Jin, semoga yang terbaik. Pastinya dia juga akan menjaga dan merawat anaknya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: