2020 Drakor Class Awards

2020 drakorclass awards

Annyeong Chingudeul!

Hari terakhir di tahun 2020, saatnya untuk menutup tahun ini dengan bagi-bagi award ala Drakor Class. Sebenarnya ada perasaan maju mundur buat bagi-bagi award ini, apalagi Drakor Class baru mulai di bulan Oktober 2020. Banyak sekali drakor bagus di tahun 2020 ini yang tidak mungkin untuk dituliskan semuanya, belum lagi selera dari tiap kami itu tidak sama. Bahkan dalam Kaleidoskop Drama 2020 saja, kami tidak berhasil menuliskan semua drama keren yang tayang di 2020.

Baca di sini untuk melihat kaleidoskop drakor 2020 ala Drakor Class

Kategori Drakor Class Award

Terlepas dari penilaian ini mungkin tidak akan sama dengan pilihan pembaca, kami membuat kategori sendiri dan menilainya dari statistik berapa banyak tulisan tentang drama itu dibaca. Namanya juga Drakor Class ini kumpulan tulisan dan literasi, tentunya semua kembali ke literasi. Jadi hasilnya pasti berbeda dengan MBC Drama Awards yang diumumkan kemarin ataupun KBS Drama Awards yang sedang berlangsung di hari terakhir tahun 2020 ini atau award dari stasiun TV Korea lainnya.

Kalau mengikuti keinginan hati, semua drakor akan kami beri award dengan kategori masing-masing, karena setiap drakor merupakan karya seni yang berasal dari karya literasi (naskah ceritanya). Setiap karya seni tentunya memiliki kelebihannya masing-masing dan kelompok penggemarnya masing-masing. Tapi tentunya kami harus memlih.

Yuk langsung saja ikuti drakor mana saja yang menjadi pilihan kami, dan apakah pembaca sepakat dengan pilihan kami ini.

Drakor Class membagikan award untuk 6 kategori berikut:

1. Kategori Oppa Favorit

Bukan rahasia, kalau drakor itu semakin digemari karena aktor dan aktrisnya bukan hanya jago akting, tapi juga indah visualnya. Sejak bulan Oktober ada beberapa tulisan mengenai oppa di Drakor Class, ada Lee Dong Wook, Lee Min Ho, Nam Joo Hyuk, Hyun Bin dan termasuk tulisan deretan Kim Oppa yang berkilau dan Lee Oppa yang indah bagai plum.

kim seon ho, oppa favorit drakorclass
Kim Seon Ho, Oppa Favorit Drakor Class

Dari sekian banyak tulisan tentang para oppa, pilihan oppa favorit jatuh pada Kim Seon Ho si anak baik. Tulisan tentang Kim Seon Ho baru ditayangkan di bulan Desember, tapi jumlah pembacanya bisa menyaingi tulisan dari para oppa lainnya.

Walaupun dia perannya sebagai second lead di startup, tapi dia berhasil mencuri hati lebih dari setengah penonton Start Up. Semoga saja akting Kim Seon Ho di Start up menjadi titik awal keberhasilannya selanjutnya ya.

2. Kategori Dongsaeng Favorit

Ada Oppa ada Dongsaeng, seharusnya ada Onnie juga. Tapi maafkan kami, betapapun sebuah drama tidak lengkap tanpa Onnie, sejauh ini kami belum membuat tulisan tentang Onnie. Jadi award berikutnya kita pilih untuk Dongsaeng saja ya.

Ada beberapa tulisan tentang nam-dongsaeng di Drakor Class, mulai dari Lee Jae Wook, Ji Soo the sad boy, Lee Do Hyun yang tiba-tiba jadi papa muda di 18 Again dan Cha Eun Woo the real true beauty. Mungkin akan ada yang bertanya-tanya apa parameter mereka dipanggil dongsaeng? Yang jelas, mereka semua belum berumur 30 tahun, jadi masih bisalah dianggap dongsaeng ya.

lee jae wook, dongsaeng favorit drakorclass
Lee Jae Wook, Dongsaeng Favorit Drakor Class

Pilihan Drakor Class untuk dongsaeng favorit jatuh pada Lee Jae Wook sang rokkie berprestasi, yang paling muda dari semuanya tapi bisa menyamar jadi oppa, hehehe.

3. Kategori Couple Favorit

Kebanyakan drama Korea yang ratingnya tinggi selalu karena ada pasangan dengan chemistry yang bikin penonton baperan. Untuk kategori ini sebenarnya agak sulit menentukannya, karena tulisan tentang drakor romcom CLOY tidak banyak, dan tulisan tentang IOTNBO juga baru tayang kemarin, jadi kami tidak bisa membandingkan dari jumlah view.

kim soo hyun dan seo yea ji, couple favorit drakorclass
Moon Moon Couple, Couple Favorit Drakor Class

Akhirnya, teman sekelas di Drakor Class harus vote, dan pilihan couple favorit jatuh pada pasangan Moon-Moon couple alias Moon Gang-tae dan Ko Moon-young dalam drama It’s Okay to Not be Okay.

Pssst, buat penggemar binjin, jangan kecewa ya, award khusus dari penulis sih tentunya Ri Ri Couple dalam CLOY tetap terbaik, hehehe…

4. Kategori Drakor Favorit

Nah setelah ngomongin oppa, dongsaeng dan couple, waktunya memilih drakor favorit pembaca Drakor Class. Dari sekian banyak tulisan tentang drama, film dan kpop di Drakor Class, tulisan yang paling banyak dicari itu ternyata tulisan tentang Kesan pertama dan prediksi Do Do Sol Sol La La Sol dan tulisan tentag Prediksi Ending Do Do Sol Sol La La Sol dari hasil podcast kami.

do do sol sol la la sol, drama favorit drakor class
Do Do Sol Sol La La Sol, Drama Favorit Drakor Class

Maka, tentu saja tidak sulit mencari drakor favorit versi pembaca Drakor Class adalah drakor Do Do Sol Sol La La Sol yang dibintangi uri dongsaeng favorit Lee Jae Wook. Ternyata ya, noona romance semakin jadi inspirasi sampai sekarang.

5. Kategori Most Inspiring Drama

Mungkin sudah mulai ada yang protes, kenapa drama Start Up tidak ada disebut-sebut sebagai pemenangnya, padahal Kim Seon Ho oppa menjadi favorit pembaca. Nah ini jawabannya, drakor Startup mendapat kategori khusus sebagai drakor yang paling menginspirasi buat kami.

Most Inspiring drama 2020 drakorclass: Startup
Start Up, Most Inspiring Drama 2020

Drakor ini membuat banyak sekali tulisan yang bukan hanya bahas drakor di berbagai media, termasuk di Drakor Class. Drakor Start Up ini premisnya memang sangat unik dan bukan cuma cerita yang bikin ribut netizen ala pemilihan presiden, tapi juga mengenalkan dunia bisnis dan investasi, tips jadi CEO, dan tentunya machine learning.

6. Kategori Mom’s Must Watch

Kategori ini spesial karena teman-teman penulis di Drakor Class ini semuanya wanita (kalau tulisan tamu tidak dibatasi harus wanita). Tahun 2020 ini ada drama yang sangat berbeda dengan drama Korea pada umumnya.

Birthcare Center, Mom's Must Watch Drama ala Drakor Class
Birthcare Center, Mom’s Must Watch Drama ala Drakor Class

Drama Birthcare Center ini menceritakan kehidupan seorang calon Ibu mulai persiapan melahirkan, perjuangan melahirkan ketika menjadi ibu sampai harus membuat keputusan kembali bekerja atau tetap tinggal di rumah untuk mengurus anak.

Setiap ibu punya pertimbangan dan pilihan masing-masing, dan drama ini lebih banyak mengedukasi tanpa menghakimi pilihan dari setiap ibu. Kami merekomendasikan sekali drama yang hanya 10 episode ini untuk ditonton oleh setiap ibu (dan ajak suami nonton juga).

Penutup

Demikianlah Drakor Class Awards versi 2020, semoga tahun 2021 akan diisi dengan drama-drama yang tak kalah dengan tahun ini. Kagum deh dengan industri drama Korea yang sepertinya tidak terpengaruh dengan pandemi. Sesekali terjadi pengunduran tayangan karean ada kasus positif, tapi dengan cepat mereka menyelesaikan dramanya untuk menghibur kita yang sedang di rumah saja.

Tulisan kali ini menjadi penutup tahun 2020 dari Drakor Class, sampai bertemu di tahun 2021 dengan tulisan terinspirasi drama Korea lainnya ya Chingudeul.

Stay safe, stay healthy and stay at home.

Happy New Year 2021.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Baca Juga

7 Komentar

  1. woowww ada pak Han….

    yes awardnya pas bgt,, couplenya kece

    1. pembaca drakorclass yang memilih, kita hanya menyajikan berdasarkan data, tapi emang setuju juga tentunya, hehehe

  2. Horee… uri Seon-ho oppa masuk list..
    Semangat nunggu drakor 2021!

    1. Yess, semoga 2021 gak jadi second lead dan ada happy ending buat kim seon ho yaa

  3. […] Center dan Seputar Dunia Ibu Baru”. Drama ini merupakan salah satu drama yang Mendapat 2020 Drakor Class Awards kategori Mom’s must watch menurut Drakor […]

  4. […] blog Drakor Class yang terinspirasi dari drama ini. Drama ini juga mendapatkan tempat khusus dalam 2020 Drakor Class Awards, yaitu Kategori “Mom’s Must […]

  5. […] terinsipirasi untuk membuat kaleidoskop drama Korea di tahun 2020 dan juga membuat tulisan  Drakor Class Awards di tahun 2020. Ide ada banyak, tapi karena masing-masing punya prioritas utama selain Drakor Class, kami juga […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: