Lee Jae Wook, Rookie yang Berprestasi

lee jae wook
Lee jae wook

Oktober ini pecinta drama Korea dimanjakan dengan beberapa drama baru yang menampilkan jajaran bintang-bintang, para artis Korea kenamaan. Sebut saja Lee Dong Wook dan Kim Beom dalam drama “Tale of The Nine Tails”. Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, dan Kim Seon Ho dalam drama “Start-Up”, dan tak ketinggalan Lee Jae Wook dan Go Ara dalam drama “DoDoSolSolLaLaSol”. 

Drama yang paling aku tunggu-tunggu adalah “DoDoSolSolLaLaSol”. Beribet gak baca judulnya? Hahaha. Membacanya membuatku auto-nyanyi, dan judul yang catchy ini merupakan penggalan tujuh nada pertama dari lagu “Twinkle Twinkle Little Star”. Drama ini dijadwalkan tayang pada bulan Juli 2020, namun karena situasi Covid19, jadwal tersebut mengalami kemunduran, dan akhirnya episode pertama ditayangkan pada tanggal 7 Oktober 2020 yang lalu, 

Aku sudah menanti-nantikan drama ini sejak “first script reading”nya dilakukan pada Mei 2020 yang lalu. Ketika itu aku melihat postingan di akun Instagramnya @jxxvvxxk, yaitu buku script drama terbarunya ini. Aku pun mencari tahu lebih lanjut. Wah, ternyata Lee akan menjadi pemeran utama dalam drama ini. Ini adalah yang pertama dalam sejarah karier Lee. YAY!!

Siapa sih Lee Jae Wook ini, sampai segitu amat bahagia dan ternanti-nanti. Begini ceritanya…. 

Berkenalan dengan Lee Jae Wook

lee jae wook
Lee Jae Wook ( Sumber: Esquire)

Pertama kali aku jatuh cinta pada (akting) Lee Jae Wook adalah pada drama “Search: WWW”. Lee berperan sebagai Seol Ji Hwan, seorang aktor underrated yang tidak punya agensi. Nasib mempertemukannya dengan Cha Hyun a.k.a. Scarlett, yang diperankan oleh Lee Da Hee. 

Kisah cinta Seol Ji Hwan dan Cha Hyun sebenarnya bukanlah kisah utama dalam drama tersebut. Namun banyak penonton, termasuk aku, yang justru lebih menyukai manisnya kisah mereka daripada kisah tokoh utama. Ji Hwan yang malu-malu, sederhana, selalu bersikap manis dan berusaha menuruti kemauan Cha Hyun. Cha Hyun, yang ekspresif, emosional, wanita bermental baja dan jagoan berantem, tapi di depan Ji Hwan jadi manja dan imut-imut. Penonton seakan menjadi saksi tumbuhnya cinta mereka sejak awal pertemuan. Ketika mempersiapkan tulisan ini, aku mencari dan menonton kompilasi video di YouTube tentang kisah Seol Ji Hwan – Cha Hyun (dan ini ada banyak), and I can’t help falling in love all over again with him

Pada salah satu scene dalam drama “Search: WWW”, Ji Hwan mengajak Cha Hyun untuk bertemu dan mengabarkan bahwa dirinya sudah direkrut oleh sebuah agensi manajemen artis.

“Agensi mana?” tanya Cha Hyun.

“Agensi yang sama dengan Hyun Bin”, jawab Ji Hwan.

Penasaran, aku pun mencari tahu Lee tergabung dalam agensi mana. Ternyata Lee memang ada di bawah manajemen VAST Entertainment, dimana Hyun Bin adalah CEO nya. 

Ah, bisaan ya writer-nim…. ^^

Pada scene lain, kita bisa melihat kemampuan akting Seol Ji Hwan, yang artinya kemampuan akting Lee Jae Wook juga. Dalam scene itu, Ji Hwan meminta bantuan Cha Hyun untuk bersiap sebelum shooting dengan berlatih dialog. Dalam sekejap, perubahan mimik wajah dan sorot mata dan cara bicara membuat Seol Ji Hwan bertransformasi menjadi Cho Min Hyuk, suami yang kasar dan jahat. Daebak!!

Latar Belakang dan Debut Karier

Aktor pendatang baru kelahiran 10 Mei 1998 ini sempat mengenyam pendidikan di Universitas Chung-Ang, Jurusan Teater. Sebelum memulai karier sebagai aktor, Lee Jae Wook berprofesi sebagai foto model. Ketika namanya semakin dikenal sebagai aktor drama, para penggemar pun mencari foto-foto Lee dari masa pre-debutnya. Salah satunya adalah foto-foto yang tampak seperti prewedding. Chemistry antara Lee dan pasangannya dalam foto-foto tersebut terlihat sangat meyakinkan, sehingga penggemar pun bertanya-tanya, apakah ini foto prewedding sungguhan atau hanya akting.

foto lee jae wook pre debut
Foto-foto Lee Jae Wook pre-debut (sumber: KStarLive)

Drama pertama yang menandai awal karier Lee di dunia akting adalah “Memories of The Alhambra” (2018). Lee berperan sebagai Marco Han, seorang hacker-programmer. Peran kecil, namun berkesan dan cukup membuat Hyun Bin dan tim VAST Entertainment langsung merekrut Lee untuk bergabung. 

Tampaknya VAST tidak setengah-setengah dalam mempopulerkan artis mereka. Setelah drama “Memories of The Alhambra”, Lee tampil dalam satu film dan beberapa drama, dan semua perannya mendapatkan tempat di hati pecinta film dan drama Korea. Hari-harinya disibukkan dengan jadwal shooting dari satu drama ke drama yang lain. Bahkan, dalam sebuah wawancara dikatakan bahwa Lee sempat harus melakukan shooting untuk drama “Search: WWW” dan “Extraordinary You” pada masa bersamaan. Jadi setiap hari Lee berganti-ganti peran; hari ini menjadi Seol Ji Hwan, aktor underrated yang berbakat, pemalu, dan sederhana; besoknya menjadi Baek Hyung, anak SMA yang populer, kasar, dingin, namun sebenarnya kesepian. Begitulah bergantian setiap hari selama kurang lebih satu bulan.

Wah, bagaimana ya caranya bisa memerankan dua karakter yang bertolak belakang seperti itu pada masa bersamaan? Dalam wawancara dengan High Cut, Lee berkata yang pertama dilakukannya adalah mengganti nada suaranya, lalu mind set-nya, sehingga ia dapat secara utuh membalik karakter yang diperankannya. Penasaran, pernah tertukar gak ya? Hahaha

beberapa karakter yang diperankan lee jae wook
Berbagai Karakter yang Diperankan Lee Jae Wook.
Marco – Gae Tae – Ji Hwan – Baek Kyung
(sumber: KStarLive)

Filmografi

Drama “Memories of The Alhambra” (2018)

poster memories of the alhambra
Poster Drama “Memories of The Alhambra” (sumber: hipwee)

Drama ini mengisahkan tentang Yoo Jin Woo (Hyun Bin), seorang CEO perusahaan investasi, pergi ke Granada, Spanyol, untuk bertemu dengan seorang pencipta game, Jung Se Joo (Park Chan Yeol). Namun, Se Joo menghilang, dan dalam pencariannya, Yoo Jin Woo bertemu dengan kakak Se Joo, yaitu Jung Hee Joo (Park Shin Hye). Hee Joo adalah pemilik hostel tempat Jin Woo menginap, dan dulunya adalah seorang gitaris. Keduanya terlibat dalam berbagai kejadian misterius, di mana batas antara dunia nyata dengan dunia game yang dibangun oleh Se Joo semakin hablur. Ulasan tentang drama ini bisa dibaca di sini.

Marco Han (Lee Jae Wook) adalah seorang programmer dan hacker, yang tadinya merupakan partner Se Joo. Namun kemudian Marco membelot dan hendak menjual game yang mereka ciptakan untuk keuntungannya sendiri. Marco Han adalah sosok yang licik, dan sadis.  

Walaupun ‘screen time’nya tidak panjang, namun Lee berhasil menunjukkan kemampuan aktingnya. Adegan Marco mengejar Se Joo berhasil ditampilkan dan meninggalkan kesan intens dan menakutkan.Tidak heran Hyun Bin pun segera merekrutnya menjadi anak didik dalam VAST Entertainment.

Film “The Battle of Jangsari” (2019)

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata perjuangan tentara pelajar dalam Peperangan Jangsari, yang terjadi pada tanggal 14 – 15  September 1950. Sejumlah 772 tentara pelajar, yang masih berusia sekitar 17 tahun, menjalankan misi yang berat, dengan dipimpin oleh Kapten Lee Myung Joon (Kim Myung Min). Padahal mereka hanya mendapatkan pelatihan selama dua minggu. 

Misi mereka adalah mengecoh pasukan Korea Utara sehingga mengalihkan invasinya ke Jangsari, sementara pasukan Korea Selatan yang lain bergerak ke Incheon untuk melakukan serangan yang sebenarnya. Misi ini menjadi penentu kemenangan Korea Selatan di Incheon. 

Salah satu tentara pelajar itu bernama Lee Gae Tae (Lee Jae Wook). Ia adalah anak seorang pemburu, dan di antara rekan-rekannya, Gae Tae paling mahir dalam menembak. Gae Tae selalu tenang dalam menghadapi berbagai situasi kritis. Gae Tae juga berperan besar dalam menjaga kekompakan dan kesolidan tim mereka. 

lee jae wook dalam film battle of jangsari
sumber: HanCimena

Kwak Gyeong Taek, sutradara film ini, memuji penampilan Lee. Kekuatan akting Lee sebagai Lee Gae Tae mampu menunjukkan perasaan seorang tentara pelajar, yang takut karena masih muda dan kurang berpengalaman, namun bertekad kuat untuk berjuang bagi negara. 

Berhasilkah para tentara pelajar ini menjalankan misi mereka? Ulasan selengkapnya bisa dibaca di sini.

Drama “Search WWW” (2019)

Drama ini mengisahkan tentang tiga wanita karier, masing-masing dengan karakternya yang kuat. Mereka bekerja di dua perusahaan web portal terbesar di Korea Selatan, yaitu Unicon dan Barro. Mereka adalah Bae Tami/Tammy (Lim Soo Jung), Cha Hyun/Scarlett (Lee Da Hee), dan Song Ga Kyung (Jeon Hye Jin). Mereka sangat kompetitif dan ambisius, sehingga sering kali mengabaikan kehidupan pribadi dan pasangan mereka.

Seol Ji Hwan (Lee Jae Wook) adalah seorang aktor baru yang tidak diperhitungkan, tidak punya agensi, dan tidak punya manager. Sementara Cha Hyun, walaupun ambisius, kompetitif, dan jago bela diri, namun salah satu kesukaannya adalah menonton drama yang dibintangi Seol Ji Hwan. Bisa dikatakan Cha Hyun adalah salah satu penggemar Ji Hwan. 

Nasib mempertemukan mereka. Selanjutnya, dari penggemar, Cha Hyun kemudian menjadi managernya, dan membuat Ji Hwan mendapatkan kembali peran pada drama yang mendepak dirinya, bahkan dengan screen time yang hampir sama banyaknya dengan pemeran utama. Ji Hwan berkata pertemuannya dengan Cha Hyun adalah hal terbaik yang terjadi padanya tahun itu. 

scene dalam drama search www
sumber: Soompi

Bagaimana kelanjutan perjuangan karier dan kehidupan percintaan ketiga wanita hebat ini? Ulasannya bisa dibaca di sini.

Drama “Extraordinary You” (2019)

Drama ini mengisahkan kehidupan para karakter, dengan latar sebuah sekolah SMA yang bergengsi, dalam sebuah komik berjudul “Secret”.

Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) kemudian menyadari bahwa mereka hanyalah tokoh dalam komik. Karakter Dan Oh diciptakan sebagai wanita yang lemah, menderita penyakit jantung sejak kecil, dan akan meninggal dalam operasi jantung yang dijalaninya. Tidak terima dengan nasibnya dalam komik, Dan Oh berusaha mengubah jalan cerita dengan berbagai cara.

Baek Kyung (Lee Jae Wook) adalah tunangan Dan Oh. Keluarga mereka telah saling mengenal sejak mereka kecil, dan Dan Oh telah mencintai Baek Kyung semenjak mereka masih anak-anak. Baek Kyung adalah murid yang populer, pemimpin dari kelompok A3. Kaya dan berpenampilan keren. Baek Kyung selalu bersikap kasar dan dingin terhadap tunangannya, Dan Oh. Padahal sesungguhnya, ketika kecil dia mengalami trauma kehilangan ibu, dan sejak itu selalu merasa kesepian. Dan Oh lah yang tetap setia menemaninya. 

pemeran utama dalam extraordinary you
Karakter Dalam Drama “Extraordinary You” : Ha Ru, Dan Oh, Baek Kyung (sumber: Pinterest)

Akting Lee sebagai Baek Kyung sukses membuat sebagian penonton terpapar “second lead syndrome”. Ulasannya bisa dibaca di sini.

Drama “When The Weather is Fine” (2020)

Drama ini mengisahkan seorang wanita pemain cello, Mok Hae Won (Park Min Young), yang berhenti dari pekerjaannya, meninggalkan Seoul, dan pindah ke desa tempat dia pernah bersekolah dulu, Desa Bookhyun. Di sana Hae Won bertemu dengan Im Eun Seob (Seo Kang Joon), teman sekolahnya dulu, yang sekarang adalah pemilik sebuah toko buku. Kemudian Hae Won dan Eun Seob jatuh cinta, dan saling menyembuhkan luka dan trauma masa lalu mereka. 

Lee Jang Woo (Lee Jae Wook) adalah teman sekolah dan sahabat Eun Seob. Jang Woo adalah pemuda yang pintar dan sederhana. Pernah menjadi ketua OSIS di sekolah dan selalu jadi murid berprestasi. Setelah menamatkan pendidikan dari Universitas Nasional Seoul, Jang Woo memilih untuk mengabdikan diri menjadi PNS di Desa Bookhyun. Sejak SMA, ia jatuh cinta dengan Ji Eun Sil (Yang Hye Ji), dan Jang Woo selalu salah tingkah apabila berdekatan dengan Eun Sil.

lee jae wook scene stealer
Lee Jae Wook sebagai Lee Jang Woo (sumber: IDNtimes)

Dalam drama ini, peran Lee sebagai Lee Jang Woo berhasil menjadi “scene stealer”. Akting dan visualnya telah mencuri perhatian sebagian penonton, yang menonton drama ini untuk menyaksikan kemampuan Lee. Ulasannya bisa dibaca di sini

Drama “DoDoSolSolLaLaSol” (2020)

poster dodosolsollalasol
Poster drama “Do Do Sol Sol La La Sol”

Drama ini mengisahkan seorang pianis, Go Ra Ra (Go Ara), yang tadinya hidup senang bagai di istana dan dimanjakan oleh ayahnya bak putri raja, tiba-tiba harus kehilangan ayahnya lalu bankrut dan jatuh miskin. 

Setelah ditipu oleh seorang agen ril estat, Go Ra Ra memutuskan untuk pergi ke sebuah kota terpencil untuk bertemu dengan seseorang, yang selalu memberikan semangat baginya melalui pesan di media sosial. Ra Ra tidak mengenal orang ini, yang menggunakan nama Dodosolsollalasol. 

Dalam perjalanan Goo Ra Ra bertemu dengan Sun Woo Joon (Lee Jae Wook). Yang tadinya menjadi korban karena ditabrak oleh mobil Ra Ra, Joon akhirnya menjadi dewa penyelamat bagi Ra Ra. Setelah beberapa lama, Ra Ra menyadari bahwa Joon ternyata menyimpan banyak rahasia dan kesedihan. 

go ara dan lee jae wook
Goo Ra Ra & Sun Woo Joon (sumber: AllKPop)

Drama “DoDoSolSolLaLaSol” ini bisa disaksikan setiap hari Rabu dan Kamis di Netflix. Ulasan kesan pertama dan prediksinya bisa dibaca di sini.  

Prestasi

Meskipun belum lama berkarier dalam dunia akting, sebagai rookie atau pendatang baru, Lee telah mengukir prestasi, khususnya untuk perannya sebagai Baek Kyung dalam drama “Extraordinary You”, yaitu:

  1. MBC Drama Awards 2019, bersama-sama dengan Ro Woon, sebagai pemenang penghargaan “Aktor Pendatang Baru Terbaik”.
  2. 56th Baeksang Arts Awards 2020, sebagai nominasi “Aktor Pendatang Baru Terbaik”.
  3. Brand of The Year Awards 2020, sebagai pemenang “Aktor Pendatang Baru Terbaik”

Cute Awkwardness

Mungkin pertanyaannya, apa sih yang istimewa dari Lee Jae Wook? Bahkan tidak jarang warganet mengkritik penampilan fisiknya, wajahnya, yang tampak jauh lebih dewasa daripada umurnya. Well, ketampanan itu relatif, ya gak sih? Masalah selera tidak perlu diperdebatkan.

Secara kemampuan akting, Lee Jae Wook tidak perlu diragukan lagi. Karier dan kepopulerannya terus meningkat, dan karakter yang diperankannya pun semakin beragam. Dia sudah berlaga akting dengan berbagai aktor dan aktris yang lebih senior, seperti Jang Ki Yong, Seo Kang Joon, Park Min Young, Lee Da Hee, dan Go Ara. 

Di samping segala kelebihan akting dan visual, yang paling bikin gemas dari Lee Jae Wook adalah ke-awkwardness-annya. Apa ya bahasa Indonesia nya? Canggung bisa jadi kata yang tepat.

lee jae wook
sumber: IDNtimes

Dalam berbagai wawancara dan rekaman “behind the scene”, Lee sering kali terlihat malu-malu dengan wajah memerah ketika harus berakting romantis, atau ketika membaca surat dan komentar dari fans, yang tentunya memuji akting, tubuhnya yang tinggi, dan visualnya. Meskipun banyak penonton drakor yang berkomentar bahwa Lee Jae Wook tidak setampan para oppa para umumnya, namun perpaduan sorot mata, senyum yang manis dan malu-malu, serta kemampuan aktingnya, aaahhh… dan jiwa bucinku pun meronta! 

sweeney

Natural born romance junkie with introverted sensing and extroverted thinking. Setelah lama vakum, kembali rutin menulis di blog http://dwitobing.blogspot.com/ . Penggemar makanan enak, pecandu kisah cinta, dan pengagum para oppa tampan.

Mungkin Anda juga menyukai

11 Respon

  1. Nita berkata:

    Lee Jae Wook Selalu jadi scene stealer.. bisa berubah2 gitu mukanyaaaa….

  2. Riris desy rieni berkata:

    Lee jae wook selain visualnya yg bikin deg²serr, dia bisa membangun karakter yg kuat dalam setiap perannya

  1. November 1, 2020

    […] sudah mencuri hatiku sejadi-jadinya. Tidak hanya karena pemeran utamanya adalah Lee Jae Wook, uri beloved dongsaeng, dimana ini adalah drama pertama Lee, si Rookie yang berprestasi, menjadi […]

  2. November 18, 2020

    […] saya dan teman saya Sweeney, yang sudah banyak mengupas tuntas tentang pemeran pria di drakor ini Lee Jae Wook dan tulisan tentang musik klasik dan drama Do Do Sol Sol La La Sol ini, membuat podcast memprediksi […]

  3. November 26, 2020

    […] Class, cerita komedi romantis ini diperankan oleh Lee Jae Wook (22 tahun) dan Go-Ara (30 tahun). Lee Jae Wook memang aktor rookie yang masih muda tapi sangat bisa memerankan karakter dewasa. Semoga sih gak […]

  4. Desember 31, 2020

    […] Drakor Class untuk dongsaeng favorit jatuh pada Lee Jae Wook sang rokkie berprestasi, yang paling muda dari semuanya tapi bisa menyamar jadi oppa, […]

  5. Januari 23, 2021

    […] di tanjakan’ alias gak dilanjutkan menonton. Ah, ternyata segitunya, ya, pesona Lee Jae Wook buatku […]

  6. Januari 24, 2021

    […] pria lebih muda selanjutnya adalah Cha Hyeon dan seorang aktor pendatang baru bernama Seol Ji Hwan (Lee Jae Wook). Menurut saya kisah cinta mereka lebih manis daripada Bae Ta Mi dan Park Morgan, bahkan saya […]

  7. Februari 11, 2021

    […] Lee Jae Wook, Rookie yang Berprestasi Baca profil Lee Jae Wook di sini […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: