Kesan Pertama dan Prediksi: “Do Do Sol Sol La La Sol”

Review Do Do Sol Sol La La Sol

Annyeong Chingudeul!

Tulisan pertama mereview drama di blog drakorclass.com, tentunya lebih seru kalau menuliskan tentang drama yang masih baru banget tayangnya.

Drama ini hadir setiap hari Rabu dan Kamis di KBS dan Netflix sejak 7 Oktober 2020. Saya termasuk yang menantikan drama ini sejak Agustus, tapi karena Covid-19, mereka sempat menunda syutingnya yang hasilnya menunda penayangannya juga.

Saya belum melihat trailernya sama sekali sebelum mulai menontonnya. Memang sih, kadang-kadang saya itu menunggu-nunggu tapi bukan karena sudah baca atau melihat trailer. Saya menunggu-nunggu karena judulnya itu merupakan nada awal dari lagu Twinkle-twinkle Little Star, atau lagu ABC. Lagu pertama yang bisa dimainkan di piano oleh anak saya yang kecil sejak dia berumur 3 tahun.

Official trailer “Do Do Sol Sol La La Sol” dari Netflix Asia

Kesimpulan

Sebelum kepanjangan, kesimpulannya, saya suka dengan drama ini. Alasannya sederhana: saya bisa merasakan emosi yang ingin mereka sampaikan. Iya, saya sih kalau nonton, salah satu faktor yang paling penting untuk membuat saya bertahan adalah apakah para aktornya bisa membuat saya merasakan apa emosi mereka.

Saya suka dengan cara berceritanya yang cukup cepat. Saya suka dengan akting pemainnya yang bisa membuat saya merasakan kesedihan ataupun kebingungan mereka. Saya juga bisa tertawa ketika ada adegan yang memang sepertinya disengaja untuk menimbulkan kelucuan.

Namanya drama komedi romantis, mana seru kalau ceritanya tidak ada romantisnya ataupun tidak ada lucunya. Nah, sejak episode pertama (dan kedua) saya bisa merasakan adanya nuansa romantis dan komedi di dalam drama ini.

Eh..apa-apaan sih ini tulisan baru mulai udah kesimpulan saja. Iya, niruin cara bercerita si drama 1155665 (dibaca: do do sol sol la la sol). Dalam drama ini ada banyak klise-klise yang biasanya muncul di akhir drama, tapi malah di tampilkan di episode pertama. Ini salah satu daya tarik yang bikin saya betah nontonnya.

Cerita dan Pemerannya

Drama ini bercerita tentang seorang gadis yang sejak kecil yang tumbuh besar tanpa ibu dan memiliki ayah kaya raya dan sangat sayang padanya. Ayahnya menginginkan dia menjadi pianist. Sejak kecil, dia sudah dikursuskan piano. Ayahnya berusaha mendukung anaknya senantiasa, walaupun sebenarnya anaknya tidak terlalu menyukai piano.

Anaknya berusaha menyenangkan papanya, belajar piano selama 20 tahun, sampai dinyatakan lulus lalu kemudian memutuskan berhenti bermain piano setelah berhasil mencapai tujuan utama di ujian kelulusannya memainkan lagu Twinkle-twinkle Litle Star versi gubahan Mozart.

Gadis ini bernama Go Ra-ra (diperankan oleh Go-Ara). Pemilihan nama ini sepertinya karena penulis memang membayangkan Go-Ara yang akan menjadi pemeran dari tokohnya. Saya tidak bisa membayangkan aktris lain memerankan Go Ra-ra.

Go-Ara sangat bisa menampilkan kesan gadis berusia 24 tahun yang dimanja oleh ayahnya, yang terlihat polos, lugu, hobi belanja dan kurang pintar berhitung matematika. Dia juga bisa gampang keluar air mata sehingga membuat orang jatuh kasian.

Hidupnya seperti tidak pernah ada masalah, semua tersedia. Dia juga menuruti saja apa keinginan papanya ketika memintanya menikah dengan seorang dokter yang menyukainya (walaupun dia tidak ada perasaan cinta terhadap si pria). Tapi pernikahan itu hanya pengaturan bisnis semata, karena ibu si pria masih sangat menentukan kehidupan anaknya.

Tokoh pria Jun (diperankan oleh Lae Jae-wook), seorang pemuda berusia 24 tahun yang punya banyak pekerjaan paruh waktu dan mengerjakan segala jenis pekerjaan. Dia agak misterius dan sepertinya dikejar-kejar oleh sekelompok orang bayaran. Tebakan saya, tokoh pria ini kabur dari rumah karena tidak suka diatur oleh ibunya, lalu dia bekerja apa saja dan berusaha mandiri. Dia juga selalu berpindah tempat untuk menghilangkan jejak dari kejaran ibunya. Bagian ini masih tebakan, saya bisa saja salah.

Tokoh pria lainya seorang dokter orthopedic yang baru saja bercerai dari istrinya. Dokter Cha Eun-sook (diperankan oleh Kim Joo-hun) bekerja sebagai seorang dokter yang nantinya merawat Go Ra-ra. Dia pernah menjadi pianist juga dan menaruh perhatian terhadap Go Ra-ra, tapi Go Ra-ra sepertinya tidak pernah mengenalnya.

Kemalangan yang Beruntun

Berbagai adegan klise yang disuguhkan di 2 episode pertama ini seperti serangkaian hal yang tidak menyenangkan untuk si gadis pianist. Kejadian-kejadian itu juga yang membuat dia bertemu tanpa sengaja dengan si tokoh pria. Mungkin ini yang namanya a series of unfortunate events.

Bunga Pengantin yang Tertinggal

Kejadian pertama yang membuat tokoh utama bertemu itu di hari pernikahan si wanita. Jarang-jarang ada adegan pernikahan di awal drama, tapi di drama ini pemeran wanita mengenakan baju pengantin di episode pertama.

Toko bunga yang menyediakan bunga pesanan ternyata ketinggalan dalam pengiriman bunga tangan untuk pengantin wanita. Kurir yang membawa bunga tangan sedang terburu-buru, eh malah mengalami kecelakaan. Si kurir bertemu dengan Jun yang baru pulang dari kerja part time yang membuat dia sangat dekil dan kotor. Tapi walau dekil, Jun bersedia membantu si kurir untuk membawakan bunga tangan itu ke lokasi pesta. Jun memang pria yang gampang merasa kasihan dan suka membantu orang lain.

Go Ra-ra tentu saja kaget melihat ada pria dekil bawa bunga tangannya dan menyuruh si pria itu untuk tidak mendekat. Tapi Jun malah seperti tersihir dengan kecantikan Go Ra-ra yang mengenakan gaun pengantin dan ingin melihat lebih dekat. Go Ra-ra reflek memukul muka Jun yang mengakibatkan hidung Jun berdarah.

Review Do Do Sol Sol La La Sol
Go Ra-ra dalam busana pengantin dan Jun yang terkesima oleh kecantikannya (sceencap dari Episode 1 – Netflix)

Darah dari hidung Jun terkena ke baju pengantin Go Ra-ra yang putih. Tapi Jun sangat sigap mengakali supaya noda darahnya tidak terlihat dan Go Ra-ra tetap bisa tampil cantik menuju altar.

Pertemuan pertama yang berkesan buat si pria. Terutama karena dia mengetahui nasib berikutnya dari si tokoh wanita.

Calon Pengantin Pria dibawa Kabur Ibunya

Kejadian tidak menyenangkan berikutnya buat Go Ra-ra adalah ketika dia sedang berjalan menuju altar, tiba-tiba ibu pengantin pria menarik tangan calon suaminya dan kabur dari acara pernikahannya tanpa penjelasan. Setelah kejadian itu, si cowok itu tetap tidak bisa dihubungi karena cowok itu takut pada ibunya.

Kalau menurut saya, Go Ra-ra beruntung tidak jadi menikah dengan pria yang masih sangat patuh dengan ibunya dan tidak punya pendirian, hehehe. Kalau sudah menikah, waduh repotlah berurusan dengan pria yang masih jadi anak mami.

Kehilangan Ayah

Kejadian tidak menyenangkan di hari yang seharusnya menjadi hari pernikahan si gadis pianist masih berkelanjutan. Ayahnya yang sangat disayangi dan selalu memanjakannya terkena serangan jantung ketika mendapat kabar tentang usahanya.

Kaburnya sang calon suami juga ternyata ada kaitannya dengan usaha ayahnya yang mengalami kebangkrutan. Ibu dari calon suaminya memang seorang wanita materialistis, ketika mengetahui usaha ayah si gadis bangkrut, dia langsung membawa kabur anaknya untuk membatalkan pernikahan.

Karena usaha ayahnya yang bangkrut dan semua isi rumahnya disita, si gadis pianist Go Ra-ra disarankan untuk mencari tempat untuk tinggal dan menyembunyikan diri. Go Ra-ra bahkan tidak bisa menghadiri acara pemakaman ayahnya.

Tertipu Agen Sewa Rumah

Dengan bermodalkan uang yang diterima dari sekretaris ayahnya, Go Ra-ra mendapatkan sebuah unit apartemen untuk ditempati. Untuk mendapatkan harga yang lebih menguntungkan, dia membayar langsung untuk jangka waktu panjang.

Apa daya, baru sebulan tinggal di rumah tersebut, ternyata dia ditipu oleh agen penyewaan rumah. Akibatnya? dia harus mencari tempat tinggal lain, padahal uangnya sudah semakin menipis.

Cerita ditipu agen sewa rumah ini sering terjadi dalam beberapa drakor yang saya tonton belakangan ini. Drama Backstreet Rookie maupun Record of Youth merupakan 2 contoh drama Korea yang juga menjadikan tertipu agen sewa rumah sebagai salah satu bagian dari cerita. Mungkinkah memang kasus ini sedang banyak terjadi di Korea Selatan sana?

Sahabatnya Tidak Mau Mendengarkan Keluh Kesahnya

Memang ya, teman tertawa lebih mudah dicari daripada teman menangis. Ketika Go Ra-ra curhat ke temannya, eh si teman malah bilang kalau dia ga mau ikut terbeban dengan permasalah Go Ra-ra. Si teman ini bukan teman yang baik, sepertinya dia udah kebanyakan masalah juga? Entahlah.

Ada benarnya memang kalau kita menceritakan masalah kita ke orang lain, terkadang masalah kita bisa membuat orang yag mendengarnya jadi kepikiran dan tidak nyaman. Tapi, buat saya terkadang melihat masalah orang lain kita bisa berpikir lebih jernih dan melatih diri berempati.

Kecelakaan dan Pertemuan Kembali

Go Ra-ra yang kehilangan tempat tinggal nekat ingin menemui seorang yang meninggalkan komentar di akun sosial medianya dengan nama dodosolsollalasol ke sebuah kota satelit. Saya sebut nekat, karena dia bahkan tidak tau siapa orang tersebut.

Dia datang ke kota yang jauh dari Seoul tanpa rencana, hanya karena nama akun sosial media yang meninggalkan komentar itu merupakan nada awal dari lagu yang sering dia mainkan. Naif sekali ya Go Ra-ra ini.

Tapi ternyata, di kota tujuannya, tanpa sengaja dia menabrak seseorang yang naik sepeda dan ternyata pria itu adalah Jun, pria yang hidungnya berdarah karena dia pukul mukanya di pertemuan pertama mereka.

Jun yang tadinya mau menuntut kerugian material dan mental akibat kecelakan, jadi kasihan dengan Go Ra-ra. Kasihan karena Go Ra-ra mengalami luka lebih parah sebagai yang menabrak. Kasihan karena dia ingat dengan pertemuan pertama mereka dan bagaimana Go Ra-ra ditinggalkan di altar oleh calon suaminya tanpa penjelasan.

Klise Berikutnya

Setelah rangkaian kemalangan yang mempertemukan mereka kembali, selanjutnya yang terjadi adalah scene klise yang juga sering terjadi di drakor. Bibit-bibit romantisme sudah mulai terasa di episode ke-2. Jarang-jarang kan begini.

Tidur Bersebelahan

Dengan alasan menuntut ganti rugi materi, Jun malah jadi menunggu dan merawat Go Ra-ra yang tangannya keduanya diperban dan tidak bisa melakukan banyak hal sendiri.

Hari pertama kecelakaan, Jun sudah harus tidur menemani Go Ra-ra untuk membantunya melakukan berbagai hal mulai dari membuka tirai jendela sampai mengambilkan minuman. Klise ya, merawat dikala sakit dan kemudian jadi suka?

Review Do Do Sol Sol La La Sol
Jun merawat Go Ra-ra dan menemaninya di Rumah Sakit pasca kecelakaan (screencap episode 2 – Netflix)

Alih-alih mendapatkan ganti rugi, Jun malah dipinjami uang oleh Go Ra-ra untuk membayar tagihan rumah sakitnya dan biaya operasi anjing kecil peliharaan Go Ra-ra. Untuk bisa memberi pinjaman ke Go Ra-ra, Jun malah harus bekerja lebih banyak lagi, karena pada dasarnya uangnya juga tidak banyak.

Saya pengen bilang ke Jun, “Kamu itu sadar gak sih sedang dimanfaatkan oleh Go Ra-ra?” atau begitulah kalau namanya mulai suka ya? Go Ra-ra juga mulai terlihat agak flirty asal dapat pinjaman. Go Ra-ra memang tidak pernah susah dalam hidupnya, jadi ya dia tidak tahu malu ketika ada orang yang mau membantu, malah dia bebani terus menerus.

Review Do Do Sol Sol La La Sol
Jun sudah tahu kalau Go Ra-ra menggantungkan diri padanya, tapi dia malah membiarkan saja, tanda-tanda mulai suka yaaaa (screncapture episode 2 – Netflix)

Tinggal Bersama Karena Terpaksa

Pulang dari rumah sakit, Go Ra-ra tetap belum punya tempat tinggal. Pemilik akun sosial media yang dia ingin temui malah kasih pesan kalau dia harus pergi selama sebulan meninggalkan kota tersebut.

Jadi, untuk sebulan mendatang, Go Ra-ra berencana menunggu si dodosolsollalasol kembali ke kota tersebut, sambil tetap menyusahkan Jun. Go Ra-ra tinggal di rumah Jun dong sudah pasti, lagi-lagi klise ya.

Kisah Cinta Segitiga?

Pak dokter Cha Eun-sook, si duda yang juga dokter orthopedic merupakan dokter yang merawat Go Ra-ra ketika kecelakaan. Dia tahu kalau Go Ra-ra seorang pianist, dan dia menghadiri recital maupun pernikahan yang dibatalkan. Pak dokter ini juga berteman baik dengan mantan calon suami Go Ra-ra.

Kalau dari prediksi saya, pak dokter ini akan menjadi cerita tambahan kisah cinta Go Ra-ra dan Jun. Kalau ga ada orang ketiga, ga seru memang ya. Mungkin bahkan jadi segi banyak kalau mantan calon suami masih masuk lagi dalam cerita cinta Go Ra-ra.

Prediksi

Sejauh ini masih 2 episode yang ditayangkan, tapi ceritanya sudah panjang saja ya. Bagaimana prediksi kelanjutan kisahnya? Nah, sebenarnya enaknya nonton drama yang masih ditayangkan itu kita bisa bebas berteori. Kira-kira apakah si mantan calon suami akan bertemu lagi dengan Go Ra-ra.

Misteri lainnya adalah, apakah Go Ra-ra bisa membayar hutang-hutangnya ke Jun? Lalu siapakah yang mengejar-ngejar Jun, kenapa dia harus sering melarikan diri dan berpindah kota. Pertanyaan berikutnya, siapakah yang memakai nama akun dodosolsollalasol yang berkomentar di sosial media Go Ra-ra?

Salah satu yang membuat sebuah drama itu menarik tentu saja karena kita penasaran akan kelanjutannya. Yuk, buat yang udah ikut penasaran, nonton saja 2 episode yang sudah ada di Netflix dan nantikan kelanjutannya setiap hari Rabu dan Kamis.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. http://blog.compactbyte.com

Recommended Articles

5 Comments

  1. Slot Rabu-Kamis ((Sold Out))
    Hehehe..mantengin Jae-uck Junior memang pas.

    1. asik, ada temennya nonton do do sol sol, jadi slot jumat-sabtu-minggu yg masih kosong ya sekarang ini

  2. […] Do do Sol Sol La La Sol bercerita tentang seorang pianis wanita bernama Gu Ra Ra (dibintangi oleh Go Ara), yang gagal menikah karena ayahnya meninggal dan meninggalkan hutang yang banyak, karena perusahaannya bangkrut. […]

  3. Wahh drama baru ya…
    Hmm Go Ara ya,
    Ini sama kyk brhams juga ya, ttg pianist jugs

  4. […] satu alasan kenapa saya langsung menyukai drama Do Do Sol Sol La La Sol adalah karena memenuhi semua syarat di atas. Visualisasinya menarik dan terkadang komikal, tokohnya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
%d bloggers like this: