11 Drama Korea ala Noona Romance nan Romantis

noona-romance-with-dongsaeng

Apa jadinya bila noona mengalami romance?

Apa saja yang melandasi seorang laki-laki menyukai perempuan yang lebih dewasa? Bagaimana cara menyikapi perbedaan umur? Daripada itu, sebenarnya yang lebih menarik adalah apakah hubungan dengan perempuan lebih dewasa akan berlangsung indah seperti cinta indah lainnya?

Sementara itu, di drama Korea juga banyak kisah-kisah yang menceritakan wanitanya lebih tua dibandingkan tokoh pria. Kita menyebutnya Noona Romance.

Noona (dibaca nuna) sendiri merupakan panggilan kakak perempuan oleh adik laki-laki. Tidak harus adik kandung laki-laki sih yang memanggil noona, semua laki-laki yang lebih muda harus memanggil noona kepada perempuan yang lebih dewasa.

Dalam bahasa Jawanya noona itu Mbakyu, sedangkan dalam bahasa Sunda noona its mean Teteh. Sementara dalam pecinan Indonesia, noona dipanggil cicik.

Berikut 11 drama Korea ala Noona Romance nan romantis

1| Flower Boy Next Door

Drama yang tayang pada tahun 2013 merupakan drama yang dibintangi oleh Park Shin-hye dan Yoon Shi-yoon.

Bercerita tentang Go Dok-mi (Park Shin-hye) merupakan seorang novelis yang tertutup dari siapapun. Dia tinggal di sebuah apartemen berseberangan dengan Enrique Geum (Yoon Shi-yoon).

poster flower boy next door
Poster Flower Boy Next Door (sumber: tvN)

Dari jendela apartemen Go Dok-mi, dia bisa melihat keberadaan Enrique dengan menggunakan teleskop. Diam-diam Go Dok-mi sering meneropong tetangganya yang unik itu. Akhirnya ketahuanlah Go Dok-mi oleh Enrique, hingga akhirnya Enrique pun penasaran dengan kehidupan Go Dok-mi yang ternyata Go Dok-mi lebih dewasa daripada Enrique.

Mereka saling menyapa lewat jendela apartemen masing-masing.

Enrique yang berkepribadian riang sering menyapa Dok-mi sehingga Dok-mi yang awalnya introvert, lama kelamaan semakin penasaran dengan sosok Enrique.

Drama ini menceritakan Enrique yang lebih muda daripada Dok-mi. Padahal di kehidupan nyata, Yoon Shi-yoon lebih tua 4 tahun daripada Park Shin-hye.

Entah mengapa, sebelum aku Googling, aku melihat memang Enrique lebih muda daripada Dok-mi.

Karakter Enrique yang selalu manja pada Dok-mi tetapi tiba-tiba menjadi dewasa saat diperlukan, itu lucu menurutku.

2| Flower Boy Ramyun Shop

Sebelum drama Flower Boy Next Door, sebenarnya Jung Jung-hwa telah menyutradarai Flower Boy Ramyun Shop terlebih dahulu.

Tayang pada tahun 2011, Flower Boy Ramyun Shop juga menceritakan percintaan noona dan dongsaeng. Hanya saja, selisih umurnya dijelaskan beda 6 tahun.

flower boy ramen shop
Poster Flower Boy Ramen Shop (Sumber: DramaFever.com)

Bercerita tentang Yang Eun-bi (Lee Chung-ah) merupakan mahasiswa usia pertengahan 20 tahun. Eun-bi sedang menyiapkan ujian sipil negara untuk menjadi guru sekolah menengah ke atas. Eun-bi akhirnya diterima di SMA milik keluarga Cha Chi-soo.

Takdir menceritakan bahwa Eun-bi harus berhadapan dengan Cha Chi-soo (Jung Il-woo), chaebol sebuah perusaan makanan terbesar di Korea Selatan.

Awalnya Eun-bi tertarik dengan Chi-soo tetapi setelah dia menyadari bahwa Chi-soo ternyata masih anak SMA dan lebih muda 6 tahun, dia mulai menghindarinya secara perlahan.

Cha Chi-soo yang memiliki sifat badung ternyata malah membuat Eun-bi harus keluar dari pekerjaannya. Eun-bi yang putus asa, kembali pulang ke rumahnya karena dia sebenarnya merupakan pewaris kedai ramyun.

Malang tak dapat ditolak, ternyata kedai ramyun itu diwariskan kepada Kang-hyuk.

Bagaimana kisah kelanjutan Eun-bi dan Cha Chi-soo juga Kang-hyuk?

Ah sayangnya drama ini sudah tamat tahun 2011 silam.

Meskipun drama ini menurutku aneh karena perbedaan usia yang lumayan jauh, tetapi namanya bucin ya akhirnya bersatu juga. Eh malah spoiler!

3| Romance is a Bonus Book

Romance is a Bonus Book banyak dibicarakan orang. Mulai dari latar belakangnya yang menceritakan penerbit buku atau percintaan noona dan dongsaeng.

romance is a bonus book
Romance is a Bonus Book (sumber: tvN)

Diceritakan novelis terkenal Cha Eun-ho (Lee Jong-suk) yang bekerja di sebuah penerbitan. Noona cinta pertama Cha Eun-hoo yaitu Kang Dan-i (Lee Na-young) karena kesulitan hidup akhirnya melamar kerja di perusahaan Cha Eun-ho.

Nyang aku pelajari di kisah kedua insan ini, di mana-mana kalau ada brondong suka sama noona tidak akan dianggap serius. Entah ini karena faktor psikologis atau karena kebanyakan noona menganggap pernyataan cinta dari berondong dianggap bercanda. Eh malah curhat!

Butuh waktu buat Kang Dan-i menerima perasaan Cha Eun-ho.

4| Pretty Noona Who Buy Me Food

Atau biasa dikenal juga dengan Something in the Rain merupakan comeback drama Son Ye-jin setelah lima tahun. Tayang pertama kali pada 30 Maret 2018.

something in the rain
Pretty Noona Who Buy Me Food (Sumber JTBC)

Drama yang menceritakan Yoon Jin-ah (Son Ye-jin) yang berusia 35 tahun.

Jin-ah harus merasakan patah hati karena diputus oleh pacarnya.

Ini kalau di Indonesia, bisa dibully bener deh.

Sementara itu, Jin-ah memiliki sahabat Seo Kyun-sun. Namanya sahabat, dia selalu bisa menenangkan kita di saat kita sedang sedih.

Di saat patah hati inilah, muncul Seo Joon-hee (Jung Hae-in). Dari namanya udah ketahuan ya kalau kayaknya Joon-hee adik dari sahabatnya.

Sebetulnya Joon-hee udah lama tertarik sama temen kakaknya tapi demi kesejahteraan bersama, Joon-he memendam perasaannya sendiri. Lama kelamaan, mereka akhirnya sering makan malam bersama.

Satu lagi masalah bagi brondong saat menyukai noona. Pertama tidak akan dianggap serius. Kedua, ada perasaan takut akan ditolak.

5| Encounter

Satu-satunya drama yang mengisahkan perempuan sebagai CEO sukses di dunia perhotelan. Song Hye-kyo dengan anggun berperan sebagai Cha Soo-hyun sebagaimana layaknya CEO yang cerdas.

Encounter
Encounter (sumber: tvN)

Aku suka drama ini, meskipun alurnya terkesan lambat, tetapi banyak quote menarik yang sering dibaca oleh Kim Jin-hyuk (Park Bo-gum).

Sayangnya, saat drama ini tayang, hubungan Song Hye-kyo dan mantan suaminya (kala itu masih menjadi suaminya), Song Jong-ki dalam kondisi guncang-gancing.

Ditambah di dalam drama ada adegan dewasa antara Cha Soo-hyun dan Kim Jin-hyuk.

Tetapi di luar itu, aku suka dengan drama Encounter. Pemandangan Kuba nya bagus, quotenya bagus, gaya Kim Jin-hyuk sebagai seseorang yang mengerti dunia traveling juga bagus. Ditambah Cha Soo-hyun yang tetap tenang meskipun ada masalah menerpa.

6| Angry Mom

Berbeda dari drama noona romance kebanyakan, Angry Mom bercerita tentang Jo Kang-ja (Kim Hee-sun) yang dilirik oleh teman putrinya.

Karena suatu masalah, Jo Kang-ja menyamar menjadi murid di sekolah putrinya Oh Ah-ran (Kim Yoo-jung).

angry mom
Angry Mom (Sumber: MBC)

Di sekolah inilah, Jo Kang-ja bertemu dengan Go Bok-dong (Ji-soo) yang naksir sama Kang-ja. Agak aneh nggak sih, dilihat dari usia mereka yang jauh sangat.

Bila diperhatikan, karakter cowok-cowok yang menyukai wanita yang lebih cocok disandingkan sebagai tantenya karena mungkin saja cowok tersebut kekurangan kasih sayang seorang ibu.

Duh mas Ji-soo, nasibmu ya, nggak di Scarlet, nggak di The Doctors selalu jadi cowok yang tersakiti.

7| Rookie Historian

Drama Rookie Historian mengangkat tema tentang penulis sejarah. Mungkin lebih tepatnya mengangkat tentang emansipasi penulis sejarah wanita pertama di Korea.

Rookie Historian
Rookie Historian (Sumber: Netflix)

Sebagaimana kita tahu, bahwa di Korea jaman dulunya emansipasi juga awalnya berat dilakukan.

Drama Rookie Historian juga mengangkat cerita tentang noona romance. Tahunya noona romance dari mana?

Jadi saat Goo Hae-Ryung (Shin Se-kyung) kecil digendong oleh kaisar (ayah kandung) pangeran Dowon (Cha Eun-woo), pangeran Dowon masih dalam kandungan.

Uniknya, meskipun Hae-Ryung digambarkan lebih dewasa, tetapi Pangeran Dowon tidak memanggil noona sebagaimana mestinya. Mungkin karena kedudukan antara pangeran dan pegawai istana ya?

8| 18 Again

Drama yang baru saja menamatkan ceritanya ini banyak menarik perhatian. Pasalnya cerita yang fresh dan juga banyak menampilkan cogan ini juga mengandung pesan-pesan parenting.

Teman-teman Drakor Class juga sudah menuliskan tentang drama 18 Again ini. Silakan lihat di sini ya.

Drama 18 Again juga mengangkat cerita noona romance antara Jung Da-jung dan Ye Ji-hoon (Wi Ha-joon). Walaupun sebetulnya drama ini lebih fokus kepada hubungan Hong Dae-young dan Jung Da-jung sebagai suami istri, di mana Hong Dae-young kembali ke usia 18 tahun.

Tetapi agaknya cerita Ye Ji-hoon dan Jung Da-jung juga menarik bikin dugun-dugun pemirsa.

Meski Jung Da-jung lebih dewasa, inilah yang menarik bagi Ye Ji-hoon karena Jung Da-jung mampu menjaga dirinya sendiri.

Oh mungkin karena itulah Ye Ji-yoon jatuh cinta pada sosok Jung Da-jung ya.

18 again
18 Again (sumber: JTBC)

Bagi yang hapal, ternyata Wi Ha-joon juga pernah digambarkan sebagai dongsaeng yang menyukai noona di Romance is a Bonus Book. Wih sepertinya dia pakar brondong ya.

9| Alice

Drama teruwet yang pernah ada. Lagi-lagi menampilkan Kim Sun-hee yang jatuh cinta pada brondong. Bila di Angry Mom dia disukai oleh pemuda. Di Alice, prof Yoon Tae-yi (Kim Sun-hee) harus menyukai pemuda.

Drama yang mengisahkan perjalanan waktu. Suatu masa di tahun 1992, Yoon Tae-yi yang datang dari masa depan ternyata sedang mengandung seorang bayi. Karena perjalanan waktu yang dilaluinya dan harus melalui lubang cacing, Yoon Tae-yi memutuskan untuk menetap di tahun 1992 dan melahirkan anak di tahun tersebut.

Mengetahui bahwa di tahun tersebut ada another Yoon Tae-yi, Yoon Tae-yi mengubah nama menjadi Park Sun-young dan membesarkan anak seorang diri yang diberi nama Park Jin-gyeom.

Uniknya, karena radiasi yang dilalui saat masih dalam kandungan, Park Jin-gyeom mengalami alexythimia.

Suatu masa saat Park Jin-gyeom SMA, ibunya dibunuh oleh orang tak dikenal.

drakor Alice
Alice (Sumber SBS)

Park Jin-gyeom pun memutuskan untuk melamar menjadi detektif polisi untuk menuntaskan kasus tersebut. Hingga suatu hari, rahasia besar termasuk menyangkut tentang dirinya. Untuk memecahkan kasus tersebut, dia harus meminta tolong kepada prof Yoon Tae-yi yang sangat mirip dengan ibunya.

Akankah prof Yoon Tae-yi dan Park Jin-gyeom mengalami noona romance? Tonton sendiri aja ya.

10| 18 vs 29

Perempuan berusia 29 tahun bernama Yu Hye-chan (Park Sun-young) yang ingin bercerai dengan suaminya, seorang aktor bernama Kang Sang-yeong (Ryu Soo-young).

poster 18 vs 29
Poster 18 vs 29 (sumber: KBS2)

Suatu ketika, Hye-chan mengendarai mobilnya dan terjadi kecelakaan sehingga mengakibatkan hilang ingatan. Saat terbangun, Hye-chan hanya ingat bahwa dirinya berusia 18 tahun.

Karena hilang ingatan itulah, Hye-chan malah kembali ke sekolah dan bertemu dengan anak laki-laki SMA yang jatuh cinta padanya. Sayangnya, hanya ingatanya saja yang kembali remaja. Fisiknya tetap menjadi 29 tahun.

Drama lawas yang tayang pada tahun 2005 sempat ngehits saat ditayangkan di tv lokal kita yang punya ikan terbang.

11| DoDoSolSolLaLaSol

Drama yang sedang tayang dan akan berakhir hari ini, Kamis 26 November 2020, juga merupakan salah satu dari sekian banyak noona romance. Drakor DoDoSolSolLaLaSol ini bahkan bedanya cukup jauh, di mana prianya masih di bawah umur alias 19 tahun dan wanitanya sekitar 24 tahun. 

Drama ini menarik karena kemasan komedi romantis dan juga karakter wanita yang seorang pianist memberikan banyak sekali musik piano klasik diperdengarkan.

Baca di sini tentang musik klasik dalam drama dodosolsollalasol

Sudah ada banyak tulisan tentang drama dodosolsollalasol di Drakor Class, cerita komedi romantis ini diperankan oleh Lee Jae Wook (22 tahun) dan Go-Ara (30 tahun). Lee Jae Wook memang aktor rookie yang masih muda tapi sangat bisa memerankan karakter dewasa. Semoga sih gak kejadian cinta lokasi ya, kalau tidak bisa-bisa noona romance– nya terbawa ke dunia nyata.

Penutup

Nah itu dia 11 drama dari tahun lawas hingga terbaru yang menampilkan noona romance.

Kesimpulan di atas, seorang cowok yang lebih menyukai wanita yang lebih dewasa karena dia memang suka karakter yang dewasa, yang mampu menjaga dirinya sendiri, dan bisa saja karena si cowok kekurangan kasih sayang dari seorang perempuan sewaktu kecil.

Intinya, untuk menjadi pasangan, tidak melulu ditentukan oleh faktor usia, sebab yang merasakan kebahagiaan adalah pasangan itu sendiri.

Terima kasih sudah mampir, semoga berbahagia selalu ya <3.

Rani Noona

Penghuni kdramaland yang hobi makan, dandan, dan jalan-jalan. Masih suka curhat dan ngejurnal di https://www.ranirtyas.com dan sering ngebashing juga ngebucin di https://www.bulletsarasvati.com

Baca Juga

8 Komentar

  1. Uri Ji-soo yaa…
    Aku ikut bersedih atas predikatmu, sad boy.
    Apa memang kamu branding drimu sendiri seperti itu, uri dongsaengaa??

  2. ohhh aq baru nyadar, encounter itu pbg, haha
    aq ntn yg ljs aja tu…
    bagus romance is a bonus book

  3. kalau aku mah, segala jenis romance aku restui hahahaha

  4. […] Untuk pemirsa yang suka drama yang sudah completed mending sabar-sabar aja nonton drama ini sambil bacain teaser di grup obrolan, karena drama ini hanya tayang satu episode per minggunya. Kalau penulis, sih, karena lagi pengen nonton drama yang genre romcom aja. Plus, kayak yang penulis bilang di awal, ada perbedaan jauh pada umur antara pemeran utama wanita dan pria, jadinya bisa saja berubah menjadi noona romance.😆 […]

  5. Masih kurang nih lagi yg beneran keren banget noona romancenya : Www: search dan I can hear your voice.

    1. iya bener, nanti dibikin lagi tulisan berikut tentang drama dengan noona romance ya

    2. ini ada list noona romance yang baru lagi, sebenarnya tetap belum lengkap sih, nantikan saja tulisan-tulisan berikutnya ya https://drakorclass.com/2021/01/24/drama-korea-ala-noona-romance-yang-romantis-bagian-2/

  6. […] Encounter, adegan pertama dibuka dengan kilasan punggung Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo) di jalan raya di mana ia […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: