Tiga Drakor Pertukaran Gender

Drakor Pertukaran Gender

Halo Sahabat Drakorclass.
Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Berbicara tentang Kartini, tentu erat kaitannya dengan perempuan. Sebelumnya Drakorclass sendiri sudah pernah membahas tentang Female Lead Terkuat. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas karakter perempuan di drakor pertukaran gender.

Drakor pertukaran gender yang dimaksud merupakan drakor yang menceritakan karakter utamanya mengalami pertukaran identitas. Seorang perempuan yang menyamar menjadi seorang laki-laki begitu pula sebaliknya.

Penggunaan kata ‘gender’ disini dipilih agar cakupan maknanya sendiri lebih luas. Jika hanya berbicara tentang seks, maka kita akan berbicara pada jenis kelamin perempuan dan laki-laki saja.

Namun berbicara tentang gender, maka pembahasan pun menjadi lebih meluas kepada sifat perempuan dan laki-laki dari hasil konstruksi sosial budaya, yaitu feminim dan maskulin.

Cofee Prince (2007) – Drakor Pertukaran Gender 1

Drakor Cofee Prince menjadi drakor pertama dengan cerita pertukaran gender yang saya tonton. Drama ini cukup populer pada masanya. Drama yang diperankan oleh Yoon Eun Hye, Gong Yoo, Lee Sun Kyun, Chae Jung An serta beberapa aktor pendukung lainnya.

Bahkan para aktor pendukung dalam drama Coffee Prince ini, sekarang sudah menjadi aktor utama pada dramanya masing-masing.

Cofee Prince Cast
(Sumber gambar: Viki)
Cofee Prince Cast
(Sumber gambar: Viki)

Cofee Prince bercerita tentang seorang perempuan tomboy yang menutupi identitas diri aslinya sebagai seorang perempuan. Ia pun berpura-pura menjadi laki-laki dan bekerja di kedai Cofee Prince.

Konflik semakin memanas, ketika perempuan tomboy tersebut mulai menaruh perasaan pada bosnya. Bosnya pun memiliki perasaan yang sama, namun ia bingung karena yang ia tahu pegawainya itu adalah seorang laki-laki.

Perempuan Tomboy Yang Dikira Laki-Laki

Karakter utama pada drama Coffe Prince ini bernama Go Eun Chan yang diperankan oleh Yoon Eun Hye. Go Eun Chan memiliki rambut pendek, berbadan kecil namun memiliki tenaga yang kuat. Terbukti dengan adanya adegan ia menggendong seorang laki-laki.

Go Eun Chan pun memiliki nafsu makan yang banyak seperti laki-laki, ia pun lebih sering mengenakan pakaian yang tidak menunjukkan sisi feminim dirinya.

Jika kita telusuri lebih dalam pada karakternya, maka kita tahu bahwa Go Eun Chan memang tomboy sejak kecil. Ia merupakan tulang punggug keluarga. Karena itulah ia pun melakukan pekerjaan apa saja demi membantu perekonomian keluarganya.

Go Eun Chan yang tomboy
(Sumber gambar: dramabeans)
Go Eun Chan yang tomboy
(Sumber gambar: dramabeans)

Ia bekerja menjadi guru taekwondo. Bahkan ia bekerja menjadi pengantar makanan yang identik dengan pekerjaan laki-laki. Hal ini pun disinggung pada salah satu adegan yang mempermasalahkan identitas dirinya sebagai seorang perempuan. Padahal Go Eun Chan sendiri tidak masalah bekerja mengantar makanan dengan mengendarai motor seperti laki-laki.

Dalam drama diceritakan bahwa Eun Chan terpaksa membiarkan bosnya berpikir bahwa dia seorang laki-laki. Karena ia membutuhkan pekerjaan di kedai Cofee Prince. Ia terpaksa melakukannya karena sangat membutuhkan pekerjaan. Sejak awal ia berniat suatu saat akan memberitahukan identitas aslinya kepada bosnya.

Plus Minus Drakor Cofee Prince

Jika kita mencermati lebih dalam, maka dalam drama ini akan ditemukan beberapa adegan yang menyingung ke permasalahan gender. Eun Chan adalah seorang perempuan kuat yang memiliki prinsip. Karakter Go Eun Chan yang menarik inilah yang menjadi kelebihan drama ini.

Eun Chan menyadari betul bahwa dirinya tomboy, tapi ia tetap menerima dan menyadari bahwa dirinya tetaplah seorang perempuan. Dalam drama pun diceritakan bahwa ada beberapa karakter yang memang mengetahui identitas aslinya. Hal ini memperkaya cerita dan menyakinkan penonton juga bahwa Eun Chan adalah seorang perempuan.

Go Eun Chan setelah kembali dari luar negeri
(Sumber gambar: Pinterest)
Go Eun Chan setelah kembali dari luar negeri
(Sumber gambar: Pinterest)

Salah satu hal yang agak mengusik saya pada drama ini adalah momen ketika karakter Choi Han Kyul yang diperankan oleh Gong Yoo mulai mempertanyakan dirinya apakah ia menyukai sesama jenis. Untung saja konfilik ini tidak berlangsung lebih lama, karena dikhawatirkan akan mengarahkan cerita ke hal lain.

Sungkyunkwan Scandal (2010) – Drakor Pertukaran Gender 2

Drakor Sungkyunkwan Scandal merupakan drakor fiksi sageuk. Drama ini diperankan oleh Park Min Young, Park Yoo Chun, Yoo Ah In dan Song Jong Ki. Cerita drama ini berpusat pada Sungkyunkwan yang merupakan salah satu institusi pendidikan bergengsi yang terkenal. Drama ini menceritakan bagaimana kehidupan para pelajar selama belajar disana.

Sungkyunkwan Scandal Cast
(Sumber gambar: Dramabeans)
Sungkyunkwan Scandal Cast
(Sumber gambar: Dramabeans)

Kakak Perempuan Yang Meminjam Identitas Adik Laki-Lakinya

Karakter utama dalam Sungkyunkwan Scandal adalah seorang perempuan muda yang bernama Kim Yoon Hee. Karakter ini diperankan oleh Park Min Young. Kim Yoon Hee memiliki seorang adik laki-laki yang sakit bernama Kim Yoon Sik.

Untuk membantu perekonomian keluarga dan membeli obat untuk adiknya, Kim Yoon Hee pun menyamar menjadi seorang laki-laki. Dengan kepandaiannya menulis dan membaca, ia sering berkeliaran di toko buku dan menghasilkan uang.

Suatu hari kesempatan lain datang kepadanya, ketika ia dibayar untuk menjadi peserta pengganti di seleksi ujian masuk Sungkyunkwan. Sebuah insiden ilegal yang ternyata mengantarkannya untuk benar-benar menjadi pelajar di Sungkyunkwan.

Dengan masuk di Sungkyunkwan, ia dapat belajar terlebih lagi dapat memenuhi kebutuhan obat untuk adiknya yang sakit. Maka ia pun meneruskan penyamarannya menjadi seorang laki-laki dengan meminjam identitas adiknya, Kim Yoon Sik.

Kim Yoon Hee yang menyamar dalam drakor pertukaran gender
(Sumber gambar: Dramabeans)
Kim Yoon Hee yang menyamar menjadi adiknya, Kim Yoon Sik
(Sumber gambar: Dramabeans)

Plus Minus Drakor Sungkyunkwan Scandal

Dari drama Sungkyunkwan Scandal, kita dapat melihat bagaimana seorang perempuan korea pada jaman dahulu. Yang sepertinya tidak jauh berbeda dengan perempuan Indonesia. Perempuan Korea pun tidak diperkenankan untuk belajar dan memiliki pekerjaan di pemerintahan. Namun sosok Kim Yoon Hee mendobrak kebiasaan itu. Meskipun ia harus menyamar sebagai seorang laki-laki.

Dalam drama kita dapat melihat bahwa sosok Kim Yoon Hee adalah sosok terpelajar yang cerdas. Hal itu pun membuktikkan bahwa sosok perempuan mampu belajar dan berprestasi layaknya laki-laki.

Kim Yoon Hee bersama raja
(Sumber gambar: Dramabeans)
Kim Yoon Hee bersama raja
(Sumber gambar: Dramabeans)

Kekurangan drama ini masih sama dengan drama Cofee Prince yaitu ketika mulai menjurus kepada konflik percintaan yang mempertanyakan tentang identitas gender. Nampaknya poin ini memang harus sangat hati-hati dikemas agar tidak melenceng.

Secret Garden (2010) – Drakor Pertukaran Gender 3

Drakor Secret Garden merupakan drama fantasy romance yang diperankan oleh Ha Ji Won dan Hyun Bin. Cerita drama ini berpusat pada romance diantara keduanya yang dibumbui dengan fantasi pertukaran jiwa diantara keduanya.

Poster Secret Garden
(Sumber gambar: Forum Soompi)
Poster Secret Garden
(Sumber gambar: Forum Soompi)

Cerita Fantasi Drakor Pertukaran Gender

Karakter utama dalam drama ini adalah Gil Ra Im yang diperankan oleh Ha Ji Won. Ia adalah seorang perempuan yang memiliki profesi tak biasa, yaitu stuntwoman. Gil Ra Im digambarkan sebagai seorang perempuan tomboy, dengan rambutnya yang pendek dan keahliannya dalam bela diri. Gil Ra Im merupakan sosok perempuan kuat yang bekerja keras.

Karakter Utama Secret Garden
(Sumber gambar: Dramabeans)
Karakter Utama Secret Garden
(Sumber gambar: Dramabeans)

Plus Minus Drakor Secret Garden (2010)

Drama ini berbeda dengan dua drama yang telah dibahas sebelumnya. Karena pada drama ini pertukaran gender terjadi secara fantasi pada kedua karakter utama. Kita pun disuguhkan dengan raga perempuan yang berjiwa laki-laki begitu pun sebaliknya. Dari pertukaran jiwa tersebut, kita dapat mempelajari banyak hal, terutama terkait sudut pandang yang berbeda akan sesuatu hal dilihat dari gender yang berbeda.

Gil Ra Im
(Sumber gambar: Dramabeans)
Gil Ra Im
(Sumber gambar: Dramabeans)

Jika kedua drama sebelumnya, kekurangannya terletak ketika romance dimulai. Dimana terjadi konfilik akibat kebingungan identitas gender. Tapi pada drama Secret Garden, kekurangan tersebut tidak terlihat, karena pertukaran terjadi pada kedua karakter utamanya.

Drakor Pertukaran Gender

Itulah tiga drakor pertukaran gender yang dipilih untuk dibahas. Namun sebenarnya masih banyak lagi drakor lainnya yang bertema sama. Seperti drakor You’re Beautiful (2009) dan To The Beautiful You (2012).

Jika diperhatikan dari setiap drama yang mengangkat tema ini, setiap karakter perempuan yang memutuskan menyamar sebagai seorang laki-laki, memiliki alasannya masing-masing untuk melakukan hal tersebut.

Drama berlatar sejarah (sageuk) lainnya yang mengangkat tema ini adalah Love In The Moonlight (2016). Jika diperhatikan beberapa drama sageuk sering menampilkan karakter perempuan yang menyamar dan berpenampilan seperti laki-laki, meskipun tidak sepanjang cerita. Seperti pada drama Gu Family Book (2013).

Suzy berperan sebagai Dam Yeo Wool dalam Gu Family Book 
(Sumber gambar: Soompi)
Suzy berperan sebagai Dam Yeo Wool dalam Gu Family Book
(Sumber gambar: Soompi)

Bahkan makin kesini muncul drama pertukaran gender yang menceritakan seorang laki-laki yang menyamar menjadi seorang perempuan (janda), yaitu The Tale Of Nokdu (2019).

Demikianlah tiga drakor pertukaran gender yang dibahas pada kesempatan kali ini. Manakah drama favoritmu? Atau ada rekomendasi drama lainnya?

Nasvely

Seorang em(b)ak yang suka Korea dan mengambil pelajaran dari drakor. Belajar menulis tentang keluarga di blog https://saenasauqi.wordpress.com/
dan hiburan (drakor) di https://kupunyapedia.wordpress.com/

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: