Rekomendasi Drakor Sageuk Buat Pemula

rekomendasi sageuk untuk pemula

Annyeong chingudeul,

새해 복 많이 받고 건강해요!!

Siapa yang mengikuti pembahasan sageuk series selama bulan Januari 2021 di Drakor Class? Buat yang baru mulai nonton drakor, mungkin seperti saya tidak tahu sageuk itu apa sih?

Apakah sageuk itu selalu ceritanya terlalu serius dan penuh dengan intrik politik dan perebutan kekuasaan? Atau apakah pria di sageuk selalu dengan rambut bersanggul atau malah panjang dan dikuncir? Yang pasti, dalam drama sageuk ada baju-baju Hanbok nan indah yang dipakai oleh pemeran pria dan wanitanya. 

Sejak minggu ke-2 Januari, di acara live Drakor Class sudah ada pembahasan tentang sageuk mulai dari belajar sejarah lewat sageuk dan time travel lewat sageuk, yang dilakukan di Instagram.

Kemudian cerita Hanbok dari masa ke masa bareng teman-teman dari komunitas Korean Culture Club Pekanbaru dan akhirnya saya yang tadinya tidak nonton sageuk mulai mencoba nonton sageuk.

Hari Jumat, 29 Januari 2021 yang lalu, saya  dan beberapa teman sekelas ngobrolin rekomendasi sageuk untuk pemula ini.

Apa sih sageuk itu?

Sageuk itu drama berlatar sejarah Korea. Namanya sejarah, ada pembagian masanya. Dari tayangan yang ada, saya baru tau kalau ada beberapa dinasti dan penamaan dari kerajaan Korea.

Iya, sebelum jadi bentuk pemerintahan seperti sekarang, Korea itu dulunya berbentuk kerajaan, sama saja seperti Indonesia dulu ada Majapahit dan Sriwijaya yang berusaha mempersatukan Nusantara.

Tayangan sageuk ini selalu berusaha memasukan fakta sejarah, walau tentu saja namanya juga drama, pada akhirnya ceritanya fiksi walau ada namanya yang sama.

Sebut saja drakor Mr. Queen yang masih tayang dan ratingnya sangat tinggi. Jadi, dulunya memang ada Raja bernama Choljeong di Korea. Tapi tentang ratunya yang pernah kerasukan chef dari masa modern, tentu saja itu fiksi belaka. 

Obrolan rekomendasi Sageuk untuk pemula

Sekarang kembali ke pembahasan rekomendasi sageuk untuk pemula. Ada 5 drama yang kami bahas ketika Live di FB Jumat 29 Januari 2021 yang lalu. Yuk penasaran kan ada drama apa saja yang menarik dan bisa ditonton untuk pemula.

Rooftop Prince (2012)

Teman sekelas Asri merekomendasikan drama Rooftop prince. Drakor sageuk tahun 2012 berjumlah 20 episode dan bergenre fantasy romantic comedy ini dibintangi oleh Park Yuchun dan Han Jimin sebagai pemeran utamanya. 

poster sageuk rooftop prince (2012)
Poster Rooftop Prince

Ceritanya pangeran dari jaman Joseon tanpa sengaja mendarat di sebuah atap rumah di jaman modern setelah istrinya meninggal dengan tiba-tiba dan misterius.

Di jaman modern dia bertemu dengan wajah-wajah yang sama dengan yang dia temui di jaman Joseon termasuk seorang wanita yang memiliki wajah yang sama dengan istrinya. Pertemuannya dengan wanita yang mirip istrinya ini ternyata menjadi salah satu jalan memecahkan misteri kematian istrinya di masa Joseon

Buat yang senang dengan cerita fantasi perjalanan waktu, drama ini menarik untuk sekalian belajar nonton sageuk.

Untuk detail apakah ending ceritanya berakhir di masa modern atau masa Joseon, bisa ditonton saja dramanya ya Chingu. Pokoknya drakor ini pas lah untuk yang belum biasa dengan setting sageuk 100 persen, karena tentunya akan banyak suguhan visualiasi dunia modern.

100 Days My Prince (2018)

Drama tahun 2018 yang dibintangi D.O. EXO ini berkisah tentang seorang putra mahkota yang hendak disingkirkan dari istana.

sageuk 100 days my prince (2018)
Pemeran 100 Days My Prince

Setelah mengalami kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya, dia mengalami lupa ingatan. Orang yang menolongnya juga tidak tahu kalau dia adalah putra mahkota, maka setelah sembuh, dia hidup sebagai rakyat biasa.

Putra mahkota ini suka membaca dan menulis. Walau dia tidak mengingat siapa jati dirinya, kemampuannya menulis tidak hilang. Dari kesukaannya menulis, dia juga berkenalan dengan seorang wanita yang menyukai dunia literasi, dan tentu saja saling jatuh hati.

Kim Seon Ho yang juga berperan dalam drama ini dan tertarik dengan si wanita pecinta literasi menjadi kunci yang kemudian mengenalinya sebagai putra mahkota. Kim Seon Ho ini dikabarkan tidak bisa mengenali wajah orang, jadi awalnya dia tidak mengenali putra mahkota. Setelah beberapa lama dia mengenali putra mahkota melalui tulisannya.

Teman sekelas Ima tertarik menonton drama ini bukan hanya karena DO EXO yang baru selesai wajib militer, bukan juga karena Kim Seon Ho yang lagi-lagi mengalami nasib malang menjadi second lead. Drama ini menarik karena ada kisah kecintaan kepada dunia literasi yang menjadi kisah romantis.

Buat yang penasaran dengan dunia literasi di masa Joseon, pasti tertarik dengan drakor 100 Days My Prince ini.

Saimdang, Light’s Diaries (2017)

Kisah drama sageuk ini sangat melodrama. Poin menarik dari drama ini adalah dikisahkan dengan flashback maju mundur. Jadi seorang tokoh memerankan 2 karakter dalam dimensi waktu yang berbeda.

Saimdang di masa modern adalah seorang profesor yang mencari lukisan yang dilukis oleh saimdang di masa lalu.

poster saimdang (2017)
Poster Saimdang

Kisah Saimdang ini juga diangkat dari kisah nyata, tentang seorang wanita yang memiliki banyak anak, diselingkuhi oleh suami, dicintai oleh pria lain tapi tetap memilih untuk tidak mau menikah lagi. Dia juga aktif bekerja dan membuka perusahaan kertas. 

Wanita yang sangat menginspirasi sekali ya, walaupun tentunya saya rasa tidak ada seorangpun yang ingin mengalami nasib seperti dia.

Saimdang yang tayang di tahun 2017 ini memiliki 30 episode dan ada di Netflix. Jadi, kalau sedang mencari kisah melodramatis dengan tokoh seorang wanita yang menginspirasi, bisalah mencoba menonton dramanya. Sepanjang 30 episode, bisa melihat Song Seung Hoon oppa yang bucin ga bisa move on dari Saimdang.

Oh ya, Shin Saimdang ini menjadi tokoh yang tampil di mata uang 50.000 Won Korea loh. Nominal segitu termasuk pecahan terbesar di Korea. Sedangkan untuk mata uang 5.000 Won Korea adalah putera lelaki ke-2 dari Saimdang. Keren kan Saimdang ini, makanya sampai dibikin dramanya.

Drama ini menunjukkan Saimdang yang seorang pelukis, kaligrafer dan menjadi Ibu panutan dari Korea.

Rookie Historian Goo Hae Ryung (2019)

Drama sageuk yang satu ini saya temukan tidak sengaja. Dari judulnya saja menarik ya, karena tokohnya seorang wanita yang cerdas, suka membaca dan bercita-cita jadi sejarawan dan mengambil setting masa Joseon.

Sepertinya karena saya menonton Gangnam Beauty, dan beberapa episode awal Run On, Netflix jadinya merekomendasikan dramanya Cha Eun Woo dan Shin Se Kyung ini.

Cerita sageuk Rookie Historian Goo Hae Ryung ini fiktif belaka tentunya, karena pada nyatanya tidak pernah ada serajawan wanita dalam sejarah Korea. Tapi saya sungguh terpukau dengan penceritaan bagaimana tokoh-tokohnya sangat mencintai literasi.

Rookie Historian Goo Hae Ryung (2019)
Pemeran Rookie Historian Goo Hae Ryung

Si tokoh wanita, digambarkan menyukai membaca buku-buku dari barat. Wawasannya sudah mulai terbuka ya. Tapi si tokoh pria yang adalah pangeran di sebuah kerajaan suka menulis kisah romantis, padahal dia sendiri belum pernah mengalami kisah romantisnya. Awal pertemuan mereka juga digambarkan menarik.

Buku si pria menjadi best seller, bahkan dia sudah bikin seri ke-3 dan sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pembaca wanita. Tapi ketika si pria menyamar ke toko buku dan bertanya komentar si wanita apakah dia menyukai buku itu, dia mendapatkan jawaban yang tidak diharapkan, karena memang si wanita ini bukan penyuka genre romantis.

Ceritanya juga bergulir cukup cepat, sampai akhirnya si wanita bekerja di lingkungan kerajaan sebagai penulis sejarah.

Saya baru tahu, kalau dulu itu, dalam kerajaan, keluarga kerajaan itu selalu ada sejarawan  yang mendampingi dan menuliskan apa saja yang terjadi. Kaum sejarawan ini juga harus merahasiakan semua yang mereka ketahui dan tidak boleh memihak atau menunjukkan emosi terhadap apapun yang terjadi.

Dengan kata lain, mereka dilarang mencampuri walaupun yang terjadi itu tidak sesuai dengan kata hati mereka.

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Kalau drama sageuk 2016 ini sepertinya sudah banyak yang lebih tahu. Saya pertama nonton sageuk ya drama ini. Semua bilang, kalau mau lihat sageuk seperti apa, tontonlah drama ini.

Memang drama yang satu ini sudah paket lengkap, ada cerita romantisnya dan tentunya cerita perebutan tahta khas Sageuk. Aktor dan aktris yang berperan di drama ini juga sudah menjadi aktor terkenal saat ini. Sebut saja IU, Lee Joon Gi, Kang Haneul, Ji Soo (the sad boy) bahkan ada Nam Do San eh maksudnya Nam Joo Hyuk juga loh.

Moon Lovers (2016)
Poster Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo

Ide cerita ini juga sebenarnya menarik karena tokohnya kebanyakan memang ada di dunia nyata. Jadi dari menonton drama ini, sedikit banyak kita jadi berusaha mencari tahu sejarah kerajaan Korea.

OST dari drama ini juga masih membuat teman sekelas Ima gagal move on. Lagu-lagunya apa saja? Bisa langsung baca di tulisan yang ini ya.

Penutup

Dari hasil obrolan dengan teman-teman drakorclass, ternyata drama sageuk tidak melulu menyuguhkan tampilan masa kerajaan. Banyak juga yang mengangkat cerita dengan kilas balik ataupun perjalanan waktu seperti Rooftop Prince dan Saimdang.

Dari drama sageuk seperti 100 Days My Prince dan Rookie Historian, kita bisa juga melihat bagaimana kegiatan literasi di Korea di masa lampau.

Kalau mau cerita politis dan romantis rebutan wanita eh tahta, maka Moon Lovers bisa jadi pilihan.

Yuk dipilih, mau menonton drama siapa, eh yang mana duluan.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Baca Juga

4 Komentar

  1. […] saya tonton setelah mendapat ulasan positif dari Bunda Intan dalam acara Live Facebook bertajuk “Sageuk Buat Pemula”. Ternyata drama ini memang bagus dan layak untuk […]

  2. […] K-Drama “Rookie Historian Goo Hae Ryung” ini merupakan salah satu drakor yang saya sarankan menjadi tontonan untuk penonton drakor yang tidak biasa dengan sageuk. […]

  3. […] berlatar sejarah (sageuk) lainnya yang mengangkat tema ini adalah Love In The Moonlight (2016). Jika diperhatikan beberapa […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: