5 OST Drakor “Moon Lovers” yang Bikin ter-Wang So-Hae Soo

Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Menonton drama Korea rasanya hampa tanpa kehadiran Original Soundtrack (OST) yang dengannya kita bisa lebih menghayati dan merasakan emosi dari cerita yang kita tonton, iya apa iya? Tak jarang kemudian banyak penonton drama Korea yang tidak hanya susah move on dari dramanya tapi juga gagal move on dari original soundtrack-nya.

Selain visual pemain dan jalan cerita dari drama yang ditonton, alunan lagu dari original soundtrack yang disajikan juga merupakan salah satu faktor pembius penonton untuk senantiasa menikmati sebuah drama Korea dari episode pertama hingga tamat.

Salah satu original soundtrack yang paling membuat saya gagal move on adalah lagu-lagu dari drama sageuk “Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo”. Drama yang dibintangi Lee Joon Gi dan IU ini diyakini banyak membuat penontonnya tidak bisa move on karena kelewat baper. Sampai-sampai ada istilah setelah menonton “Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo” bersiaplah karena kalian akan “ter-Wang So-Wang-So”. Haha.

Drama yang tayang pada tahun 2016 ini bukanlah genre drama favorit saya, tapi mampu membuat saya baper berat karena “ter-Wang So-Wang-So” tadi, lol! Drama ini bukan drama yang setelah tamat saya tonton kembali berulang-ulang, namun ceritanya begitu membekas di hati sampai hari ini.

Salah satu yang membuat saya begitu terkesan oleh drama ini adalah karena original soundtrack-nya yang bukan sekedar enak untuk didengarkan tapi juga ngena banget di hati, sampai ketika mendengarkan lagu-lagunya, masih terbayang potongan adegan dari drama “Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo” terutama saat adegan Wang So dan Hae Soo.

Cerita Romance Dalam “Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo”

Moon Lovers
Wang So dan Hae Soo (SBS)

Drama “Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo” ini adalah drama yang diadaptasi dari novel China berjudul “Bu Bu Jing Xin”. Drama ini berjumlah total 20 episode dan ditayangkan pada bulan Agustus hingga November tahun 2016.

“Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo” berkisah tentang seorang wanita di abad ke-21 yaitu Go Ha Jin (IU) yang tenggelam di dalam danau pada saat berusaha menyelamatkan seorang anak yang dilihatnya akan tenggelam. Saat tersadar, ia ternyata melakukan perjalanan waktu hingga ke abad 9 tepatnya ke zaman dinasti Goryeo. Ommo!

Go Ha Jin kemudian hidup sebagai Hae Soo dan hidup sebagai salah satu anggota keluarga istana. Di istana, Hae Soo bertemu dengan pangeran-pangeran tampan yang nantinya sebagian besar akan memperebutkan cintanya.

Hae Soo sendiri hanya melabuhkan hatinya pada pangeran ke-4 yaitu Wang So (Lee Joon Gi), seorang pangeran berhati dingin dan berwatak keras yang dikucilkan oleh anggota keluarga kerajaan. Wang So pun hanya mencintai Hae Soo hingga akhir hayatnya, meskipun kisah cinta mereka nggak cuma manis-manis aja tapi juga penuh liku, berdarah-darah dan berderai air mata. Haish!

umbrella scene moon lovers
Salah satu scene terpopuler dalam drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (soompi)

Baca juga : Mengenang Momen Dalam Umbrella Scene

Kisah cinta Hae Soo dan Wang So ini betul-betul membuat emosi dan perasaan penonton seperti dibawa naik roller coaster yang memiliki lintasan sangat panjang dengan puncak serta lembah lintasan yang tak habis-habis.

5 OST “Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo” Terfavorit

Sekarang, masuk ke bagian inti tulisan yaitu 5 original soundtrack dari drama “Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo” yang sukses bikin saya gagal move on selama bertahun-tahun dan sampai sekarang pun masih sering didengarkan :

For You by EXO-CBX (Chen, Baekhyun, Xiumin)

Lagu pertama adalah “For You” yang dinyanyikan oleh EXO-CBX (Chen, Baekhyun dan Xiumin). Salah satu lagu ter-ear catching dalam drama ini dan menyenangkan untuk didengarkan karena musiknya bernuansa ceria.

Meski lagu ini tidak mendayu-dayu dan menyayat hati, lagu ini mengandung makna yang cukup dalam yaitu tentang seseorang yang tetap menunggu dan setia mencintai kekasihnya yang sudah tidak lagi bersamanya atau bahkan sudah melupakan dirinya? Hiks!

Say Yes by Loco and Punch

Selanjutnya ada lagu dari Loco and Punch berjudul “Say Yes”, lagu yang cocok untuk chingudeul yang sedang berbunga-bunga karena jatuh cinta. Uhuy! Lagunya terdengar menyenangkan dan bercerita tentang seseorang yang ingin mendapatkan pengakuan cinta dari pasangannya, yakin banget doi bakalan bilang “yes”!

I Love You, I Remember You by I.O.I

Berikutnya adalah lagu berjudul “I Love You, I Remember You” yang dinyanyikan oleh I.O.I. Arti dari salah satu bagian liriknya adalah sebagai berikut :

Day by day, I can’t sleep at thoughts of you
Day by day, it’s only you
Can you hear the sound of my trembling heart?
I love you, I love you, I love you

Duh! Langsung kepikiran Wang So dan Hae Soo yang selalu saling merindukan ketika mereka berdua harus terpisah. Chingudeul yang lagi LDR-an pasti baper nih kalau dengar lagunya plus membaca terjemahan artinya.

Can You Hear My Heart by Epik High (feat. Lee Hi)

“Can You Hear My Heart” yang dinyanyikan oleh Epik High (feat. Lee He) ini juga salah satu lagu yang membuat penonton drama “Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo” akan selalu kembali ke dinasti Goryeo dan mengenang kisah Wang So dan Hae Soo.

Intinya bercerita tentang kerinduan sepasang kekasih yang meskipun sudah berpisah namun tetap tidak bisa saling melupakan dan tetap kepikiran sama yang di sana. Ya ampun, susah move on itu namanya!

My Love by Lee Hi

I was looking for you from afar always, you seemed like you were my love
I thought we felt the same way, although you were looking elsewhere
Like wind like dust, I can’t catch you, I can’t see you

So sad banget ya lirik lagu “My Love” yang dibawakan oleh Lee Hi ini. Menceritakan seseorang yang tidak bisa memiliki dia yang dicintainya namun tidak bisa pula melupakannya. Wang So, Hae Soo, kisah kalian itu lho tergambar jelas di lagu ini!

Rekomendasi

Itulah tadi 5 lagu yang paling membuat saya selalu terkenang-kenang kisah Wang So dan Hae Soo dari drama “Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo”. Untuk chingudeul yang belum menonton, drama ini boleh dikatakan sebagai drama yang cukup recommended!

Meskipun saya sendiri hanya menonton drama ini satu kali dan tidak berniat untuk menonton ulang karena terlalu tidak sanggup, namun drama ini termasuk yang meninggalkan kesan mendalam bagi saya dan banyak penonton lainnya.

Jika chingudeul tidak menyukai cerita romance, chingudeul akan menemukan berbagai konflik dan pertikaian di dalam drama ini, khas drama sageuk yang konfliknya tidak berujung. Mungkin beberapa episode awal terasa ringan dan bercanda, tapi akan terasa lebih berat dan kelam di episode-episode selanjutnya.

Tapi, pastinya chingudeul akan selalu terhibur karena ditemani oleh lagu-lagu dari original soundtrack-nya yang membuat chingudeul semakin menikmati drama ini.

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Baca Juga

43 Komentar

  1. pas banget nih, hari ni playlist pas nyetir ya lagu-lagu ost dari moonlovers ini

    1. Bagus2 kan kakak? hihi..

      1. Salah satu drama yg bikin mewek, OSTnya memang yahud sih. Bisa mainin emosi. Endingnya bener2 bikin galau. Semoga nasib Mr.Queen ngga sedramatis Wang So. Mengingat dua drama itu berasal dr rumah produksi ya sama, bikin ketar ketir 😆

  2. Baekhyuniiiee…
    Aku selalu muter EXO CBX “For You”. Bahkan aku nyimpen yang Lee Joong Gi version.
    Suka pake banget-banget semua OST Moon Lovers.
    Ter-ter-ter-DA BEST ini drama.

    1. hooyaa? Lee Joon Gi yg nyanyi? Aku baru tau, Mbak. Haha, drama yang bikin ter-gagal move on ya?

  3. Buata daku mah lagu yg say yes yg masih terkenang. Apalagi skr di nyanyikan ulang sama penyanyi lainnya.

    1. itu lagu terkenal bgt ya, adekku aja loh sampe tau. padahal dy nggak nonton dramanya tp lagu say yes ada di playlist-nya. wkwk..

  4. Kenapa.yaaa, drakor itu ost nya kok selalu ngenaaa
    Padahal, daku ga paham liriknya, tapi pas denger OST dan adegannya tuh kayak auto harmonisasi gitu lhooo
    Keren!!

    1. itu tandanya iringan antara musik dan scene pas kena ke hati, makanya bisa ga paham lirik tapi penontonnya bisa aja baper hehehe… keren memang OST si drakor ini

  5. Bagi pencinta drakor, yang baper dan susah move on, mengindikasikan bahwa meeka mengapresiasi seni sangat mendalam. He he ….

    1. Hehe terlalu mendalami cerita ya Mba. Ampe kebawa perasaan banget nontonnya..

  6. Moon Lover memang beneran keren dramanya. Aku aja baper habis nonton dan masih suka terngiang-ngiang sama ost-nya. Dalem.

    1. Wahh menemukan satu orang lagi yang baper berkelanjutan dgn drama ini. Hihi..

  7. Kayaknya bagus dan penuh kebaperan nih drakor Moon Lover. Apalagi ceritanya pada zaman dulu ya mbak, jadi penasaran pengin nonton juga nih. Bisa di lihat dimana ini mbak?

    1. Iya Mba, memang ceritanya rumit dan ribet, apalagi masalah perebutan tahtanya tapi justru itu yg bikin keinget terus. Bisa nonton di VIU, Mbak..

  8. Wah, sampai ga bisa move on dari soundtracknya ya mba, pastinya sangat berkesan dan mendalam nih.
    Kisah Moon Lovers juga keren ya. Bisa gitu mundur sampai abad ke 9 gitu ya hidupnya.

    1. Hehe iya betul, bisaan ya Mba ceritanya mengangkat tema berabad2 yg lalu tapi visualisasinya tetap modern dan menarik untuk ditonton

  9. Aku belum nonton drakor yang ini. Biasanya agar ngindar sama yang background sejarah. Thanks mba sudah sharing soundtracknya

    1. Saya juga sebetulnya bukan penggemar drama sejarah banget, cuma ini banyak direkomendasikan dan akhirnya nonton juga..

  10. Aku engga pernah nonton drakor euy, maaf. Satu-satunya yang kutonton duluuuu Jewels in the Palace itu, tentang Jang Gheum yang cantik. Baru tahu aku ada film lain yang tentang sejarah dan istana kerajaan, aku suka kalau drakor yang itu.
    Tapi tadi ku klik satu-satu link soundtracknya, enak-enak semua iiih lagunya.

    1. Ya gak papa Mbak, selera kan beda2 ya. Hihi.. Nah, kayak si OST Moon Lovers ini biarpun org gak ntn drama’y kadang tau aja lagu2’y, karena sering diputar dimana2. Hehe..

  11. OST drakor itu emang sering ngena ya, dan kita jadi ingat filmnya malah dari OSTnya.. dan seringnya bikin masygul meski sebenarnya tidak tahu juga artinya apa, dan tidak berminat nyari tahu juga… Hihi

    1. Iya bener mba. Saya cari2 makna dari lagu ini pas lagi nulis artikel ini, sebelum2’y cuma menikmati aja tanpa tau meaning’y. Haha..

  12. aku baru nonton ini di tahun 2020, dan langsung jatuh cinta sama iu. lucu dan talented bgt ya. paling suka soundtracknya yg say yes kak. riang bgt nadanya

    1. Wahh baru taun lalu banget ya Mba nonton’y, masih lumayan fresh nih berarti. Kaan pasti sukak sama OST2’y. Hihi..

  13. Waduh aku bukan penggemar drakor haha. So far baru nonton sky castle, itaewon class sama start up

    1. Hehe saya malah belum nonton semua drama yg disebutkan sama Mba 🤭

  14. aku belum nonton drama ini lho
    padahal banyak yg merekomendasikan, haruskah ku tomton
    hehe

    1. Cuss Mba, ada di VIU. Haha..

  15. Aku belum pernah nonton drakor scarlett heart ryo ini. rame ya mba ceritanya? bener ya kenapa kalo OST drama korea itu nempel di kuping jadi terngiang ngiang terus

    1. Rame Mba dan banyak yg rekomendasiin drama ini juga, banyak yg susah move on salah satunya ya saya. Hahaha. Mungkin karena suasana pas nonton drama tsb jd lebih hidup gara2 ost, jd ost’y keinget terus krna berkesan pas d drama’y. Hehe..

  16. Meskipun udah 4 tahunan berlalu, drakor ini tuh tetep nggak bisa terlupakan. Berkesan banget emang sosok Wang So… aku kalau lihat Lee Jun Ki, meski udah ganti-ganti banyak peran sampai hari ini, tetap saja Wang So yang terkenang hehehe. Lagunya juga bagus2 banget.

    1. Hahaha betul liat Lee Joon Gi jadi kebayang2’y Wang So, tapi akhir’y saya move on dr Wang So setelah ntn drama’y taun lalu Flower of Evil, Mbak..

  17. Moon lovers ini bagus ya mba? hehee sy blm prnh nonton soalnya

    1. Menurut saya bagus dan banyak juga yang merekomendasikan drama ini. Boleh mba sekali2 nyicip nonton, siapa tau jd inspirasi buat tulisan juga. Hehe..

  18. Saya nonton drakor ini, tapi enggak selesai. Wkwkwk. Habis menurut saya ceritanya merana banget, saya lebih suka drakor yang lucu-lucu gembira,hihi. Tapi lumayan segar ya nonton ini, pemerannya ganteng-ganteng.

    1. Iyaa emang hidup pemeran utamanya menderita teruuss tiada akhiirr. Hehe. Pemain2’y sekarang udh pda jd 1st male lead semua 😂

  19. Paket komplit pokoknya Moin Lovers ini: pemainnya udah jadi bintang besar semua, kisah cintanya tak terlupakan sekaligus bikin nyesek, dan OST nya juga wenak-wenak, hehe.

    Dua lagi nih OST-nya Moon Lovers yg suka saya dengerin sambil nyeterika baju: “All With You”-nya Taeyeon dan ” Forgetting You”-nya Davichi.
    Yaah… Baper lagi deh!

    1. Hahaha ya mba, saya juga waktu nulis ini kan mau nggak mau dengerin ulang lagi lagu2’y buat nangkep yg paling bikin terngiang2 ceritanya lagi yg mana (versi saya). Sebener’y semua lagunya baguuuss dan ngena bangeeett tapi hayati sanggup nulis 5 dulu aja deh. Wkwk.

  20. saya belum pernah nonton drama ini nih tapi katanya banyak banget yang gagal move on sama endingnya yang gantung yaa

    1. Iyaaa hahaha endingnya bikin nyesek penonton yang udah menantikan drama’y tayang tiap minggu Mbak. Bikin penonton berteriak WHAAATT dalam hati 😅

  21. […] yang terlihat pada hanbok yang dikenakan oleh IU dalam drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, pita lebar yang mengikat di pinggangnya menjadi identitas tersendiri pada hanbok di zaman Goryeo. […]

  22. […] episode di awal sebelum berhenti menonton karena kuatir akhir ceritanya bernasib sama dengan Moon Lovers. Tapi sebenarnya ada rasa penasaran juga dengan drama yang satu ini. Sesekali saya melihat klip […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: