Cha Eun Woo, Antara Gangnam Beauty dan True Beauty

cha eun woo

Annyeong Chingudeul,

Siapa yang mampir ke tulisan ini karena sedang menonton True Beauty dan terpikat Cha Eun Woo. Siapa yang mencari-cari tontonan lain dan sedang mempertimbangkan menonton My ID is Gangnam Beauty atau sering disingkat menjadi Gangam Beauty karena Cha Eun Woo juga berperan di dalamnya?

Drama Gangnam Beauty ini sebenarnya drama lama yang tayang tahun 2018, tapi wira wiri di Netflix saya karena sepertinya banyak yang mencari darma-drama Eun Woo. Karena judulnya mirip dengan True Beauty, saya pun iseng menontonnya sambil menunggu lanjutan True Beauty yang masih sampai episode 10 dan ending-nya kemarin bikin penasaran.

Kalau kamu termasuk yang sedang mempertimbangkan menonton Gangnam Beauty atau tidak, atau sedang penasaran apa sih cerita Gangnam Beauty selain masalah operasi plastiknya, yuk mari terusin aja baca tulisan ini.

Cha Eun Woo

Saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai profil Cha Eun Woo yang punya nama asli Lee Dong Min ini, karena semuanya sudah pernah dituliskan oleh teman saya Cha Ree. Dari gambar di atas bisa dilihat bagaimana visualisasi Cha Eun Woo menjadi pemeran utama di Gangnam Beauty dan True Beauty.

Baca tentang Cha Eun Woo di tulisan teman saya ini

Drama My ID is Gangnam Beauty dan True Beauty ini memiliki banyak kesamaan. Sama-sama membahas bagaimana di dunia ini banyak orang yang masih mementingkan fisik/visual dan menyebabkan terjadinya bully di masa sekolah. Pendekatan penyelesaiannya saja yang berbeda, tapi entah bagaimana, Cha Eun Woo sama-sama terpilih memerankan tokoh utama pria yang karakter tokohnya pun ada kemiripan dalam dua drama yang sama-sama diangkat dari webtoon ini.

Sinopsis “Gangnam Beauty”

Drama tahun 2018 ini baru mulai populer di Jepang di tahun 2020, sehingga bulan Desember 2020 lalu teman kami bisa mengikuti Virtual Fan Meeting Cha Eun Woo di Jepang terkait drama My ID is Gangnam Beauty.

Drama ini diangkat dari webtoon dengan judul yang sama. Istilah Gangnam beauty merupakan sebutan untuk kecantikan hasil operasi plastik yang banyak dilakukan di daerah Gangnam di Korea Selatan.

Poster My ID is Gangnam Beauty

Kisah drama ini tentu saja sesuai judul, menceritakan tentang seorang remaja putri (diperankan oleh  Im Soo-hyang) yang semasa sekolahnya merasa dirinya jelek dan sering diolok-olok oleh semua orang. Walaupun dia pintar dan punya fisik yang langsing, tapi wajahnya diceritakan sangat jelek. Jeleknya bukan cuma masalah jerawat seperti di kisah True Beauty.

Wajah jelek nya tidak pernah diperlihatkan secara utuh sih, tapi hanya diperlihatkan dalam bentuk kata-kata. Ibunya yang merasa kasihan dengan anak perempuannya yang merasa tidak pernah bisa punya teman apalagi cinta, akhirnya mengajak anaknya untuk operasi plastik keseluruhan wajahnya. Hasilnya tentu saja jadi cantik, tapi kecantikannya sudah seperti sangat umum dan banyak yang memiliki wajah mirip dia.

Awalnya, sebelum mulai menonton, saya termasuk yang agak malas menonton karena ceritanya seperti pembenaran operasi plastik. Tapi, ternyata ceritanya bukan sekedar kisah cinta remaja yang baru kuliah dan sekedar pembenaran operasi plastik. Drakor Gangnam Beauty juga bercerita dari sisi orang berwajah cantik yang tidak bahagia. Atau, setelah cantik pun (dengan oplas) hidupnya tetap tidak bahagia karena terlalu mendengarkan apa kata orang yang nyinyir dan selalu merasa insecure dan tetap dengan pola pikir visual adalah segalanya.

Sinopsis “True Beauty”

Drakor True Beauty yang sejauh ini tayang 10 episode sudah ada beberapa kali dibahas di Drakor Class. Persoalan utama di True Beauty ini tidak jauh berbeda dengan Gangnam Beauty. Seorang remaja wanita yang jelek lalu menjadi bulan-bulanan di sekolahnya, lalu ketika dia pindah sekolah, dia menemukan kalau dengan memakai make-up, dia bisa terlihat lebih cantik.

True Beauty menyelesaikan masalah dengan make up

Antara Gangnam Beauty dan True Beauty

Sebagian besar pembaca mungkin berpendapat lebih baik True Beauty yang menyelesaikan persoalan wajah cantik dengan make-up, daripada dengan operasi plastik. Sebagian dari teman saya bahkan tidak suka dengan aktor atau aktris yang terlihat cantik karena oplas dan lebih menyukai yang natural. Di drakor Gangnam Beauty digambarkan kalau wajahnya gak bisa dibantu dengan make up saja, makanya perlu merombak total wajahnya. Tapi ternyata setelah dia oplas menjadi cantik, masalah hidupnya tidak berhenti di situ saja, karena berikutnya dia tetap saja dibully karena dianggap palsu.

Tuduhan tentang orang yang melakukan oplas terhadap fisik sering disambung menjadi tuduhan terhadap karakter dan karyanya dianggap plastik semua, nah drakor Gangnam Beauty selain menggambarkan tentang penerimaan diri dari orang yang melakukan oplas, juga berusaha menceritakan sisi lain pergumulan orang yang memang cantik tapi tidak bahagia karena salah membuat keputusan hidup.

Kesamaan Gangnam Beauty dan True Beauty

Sampai di sini, sudah jelas ya banyak sekali persamaan antara Gangnam Beauty dan True Beauty, antara lain:

  • Cha Eun Woo sebagai pemeran utama pria, dengan karakter yang walaupun wajah ganteng sempurna tapi tidak menyukai cewek berdasarkan kecantikan. Dia tertarik dengan cewek yang lucu dan kepribadiannya baik.
  • Tokoh yang diperankan Cha Eun Woo sama-sama sebagai anak orang kaya, dibesarkan tanpa kehadiran ibunya, walaupun alasannya berbeda. Ayahnya juga tokoh terkenal dan tentunya sibuk.
  • Cha Eun Woo yang digambarkan biasanya tidak bersosialisasi dengan siapapun dan terkesan cuek, tiba-tiba bisa berkomunikasi banyak dan menjadi lebih sosial setelah sering bertemu si tokoh wanita.
  • Tokoh utama wanitanya sama-sama jelek dan sering jadi korban bully di sekolah, tapi berbeda dengan tokoh utama pria, si wanita ini berasal dari keluarga biasa-biasa saja dan kedua orangtuanya masih ada.
  • Orangtua si cewek pastinya sangat bahagia waktu mengetahui anak gadisnya punya temen dengan visual Eun Woo, waktu tahu kalau itu pacarnya gimana lagi ya ntar. Di Gangnam Beauty sih ortunya bahagia banget, di True Beauty belum ditunjukkan, tapi kemungkinan gak jauh beda.
  • Ada beberapa scene yang mirip, ada beberapa scene di halte bis, atau Eun Woo main basket dan main piano.
  • Walaupun setting Gangnam beauty itu mereka sudah kuliah tingkat 1, ada scene di mana Eun Woo mengenakan seragam SMA.
  • Sama-sama ada cinta segitiga walaupun bukan dengan sahabatnya.
  • Sedikit spoiler, waktu si cewek dan cowok jadian, si cewek meminta hubungannya dirahasiakan dari teman-teman sekolahnya karena merasa takut mendengar apa kata orang, dan tokoh cowoknya selalu mengikut maunya si cewek. Sudah segitunya cowoknya ngikutin, si cewek tetep aja merasa insecure.
  • Pacaran masa remaja selalu deh ada bumbu salah paham, kurang komunikasi dan hanya penonton yang tahu fakta semuanya. Tapi memang begitulah konflik cerita masa remaja, dan hanya yang sudah lewat masa itu mengetahui kalau kelakuan masa remajanya terkadang lebay gara-gara cinta.

Perbedaan Gangnam Beauty dan True Beauty

Walau ada banyak kesamaan, sebenarnya ada lebih banyak lagi perbedaan antara kedua drama ini, antara lain:

  • Gangnam Beauty bercerita kehidupan anak kuliah, sedangkan di True Beauty bercerita tentang kehidupan SMA.
  • Gangnam Beauty, si cewe operasi plastik karena wajahnya sangat jelek, di True Beauty pemeran wanitanya bisa menggunakan makeup untuk menyembunyikan wajah jerawatannya dan bisa terlihat cantik.
  • Gangnam Beauty ceritanya banyak yang terlalu lambat, True Beauty ceritanya lebih banyak scene lucu dan menghibur dan tidak selalu lambat.
  • Gangnam Beauty menceritakan kalau orang cantik juga banyak yang tidak bahagia, True Beauty lebih banyak membahas konflik antara memilih sahabat dan cinta.
  • Gangnam Beauty ceweknya dan cowoknya pintar, True Beauty si ceweknya terlalu jomplang kepintarannya dibandingkan cowoknya, tapi sangat jarang ditunjukkan belajar bareng.
  • Di Gangnam Beauty, si cowok sering di foto karena bapaknya orang politik dan dia sering harus ikut untuk pencitraan kegiatan bapaknya, di True Beauty si cowok tidak suka di foto karena waktu kecil sudah terlalu sering di expose karena popularitas bapaknya.
  • Masih banyak sih perbedaan lainnya, tapi terkadang saya merasa cerita True Beauty agak terlalu dewasa dibandingkan Gangnam Beauty padahal secara settingnya Gangnam Beauty itu buat anak kuliah dibandingkan True Beauty yagn anak SMA, misalnya saja sedikit spoiler: First kiss di Gangnam Beauty terjadi setelah mereka jadian, sedangkan first kiss di True Beauty terjadi sebelom nembak.

Penutup

Sejauh ini cerita True Beauty yang mengambil setting anak SMA terasa ada ganjalan di sana sini, terutama karena saya yakin tidak ada makeup yang bisa benar-benar terlihat natural untuk menutupi jerawat. Jadi, saya tuh agak sedikit protes dengan cerita True Beauty di mana si tokoh cewek bisa terlihat natural ke sekolah dengan makeup tebal dan tidak ada yang menyadarinya,agak-agak mustahil gitu loh. Tapi ya tetap saja, saya masih betah menontonnya, hehehe.

Karena saya tidak sedang mencari drama yang terlalu banyak konflik menonton Gangnam Beauty cukup bisa dinikmati. Saya suka karena di Gangnam Beauty tokoh ceweknya itu pintar dan punya passion. Tokoh cowoknya juga walau anak orang kaya, tapi digambarkan bisa mandiri tanpa mengandalkan kekayaan orang tua.

Saya merekomendasikan menonton drama My ID is Gangnam Beauty ini untuk ditonton sambil menunggu episode lanjutan dari True Beauty. Siapa tau jadi bisa tidak terlalu menghakimi aktor/aktris yang memilih melakukan operasi plastik untuk membuat dirinya jadi cantik, tapi bisa melihat karyanya dan bukan bungkus plastiknya.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters, Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. lendyagasshi berkata:

    Iya,
    Kalau sudah culturenya siih…orang lain mau menghakimi bagaimanapun, ya… gimana?
    Harus paham dulu kalau di Korea pasti punya culture dan value berbeda degan Indonesya.
    Dan terbukti, setelah melakukan banyak perubahan, Korea bisa mengembangkan industri entertainment nya hingga ke seluruh galaksi.
    ((GALAXY men…))

  1. Januari 29, 2021

    […] Bunda Intan Roosmadewi, Risna, Cho Sweeney, Asri, dan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: