Review Drama “Extraordinary You” (2019)

extraordinary you

Setelah menyelesaikan drama “Start-Up” yang booming di akhir tahun 2020, saya jadi paham kenapa banyak penonton yang mengalami second lead syndrome. Saya pun hampir terjebak pada pesona Han Ji Pyeong yang terasa begitu sempurna. Sayangnya Han Ji Pyeong belum bisa menggantikan pesona Baek Kyung dalam drama “Extraordinary You” (2019).

Ya, benar! Kali ini saya tidak akan membahas tentang “Start-Up” karena teman-teman saya sudah beberapa kali membahasnya dalam tulisan sebelumnya. Saya akan mengulas tentang drama “Extraordinary You” yang sukses membuat saya mengalami second lead syndrome tak berkesudahan.

“Extraordinary You” (2019) diangkat dari sebuah webtoon dengan judul “July Found by Chance”. Drama bergenre romance-fantasy ini terdiri dari 32 episode, dan setiap episodenya berdurasi sekitar 30 menit, jadi setara dengan drama 16 episode.

Pemeran Utama Drama Extraordinary You

“Extraordinary You” banyak menghadirkan pemain-pemain muda berbakat yang sebagian besar baru saya tahu lewat drama ini. Siapa saja mereka? Yuk, kita simak bersama.

Kim Hye Yoon

kim hye yoon
Kim Hye Yoon (Sumber: soompi.com)

Aktris yang satu ini pertama saya kenal dalam drama “Sky Castle” (2018). Sama seperti drama sebelumnya, dalam drama ini dia juga berperan sebagai seorang siswa SMA bernama Eun Dan Oh. Tokoh utama wanita dalam drama ini.

Kim Ro Woon

kim ro woon
Kim Ro Woon (Sumber: idntimes.com)

Aktor muda ini sukses membuat saya terpesona pada wajah tampannya sejak pandangan pertama. Dalam drama ini Ro Woon berperan sebagai Haru, tokoh utama pria yang membantu Dan Oh.

Lee Jae Wook

lee jae wook
Lee Jae Wook (Sumber: kapanlagi.com)

Sejak melihatnya dalam drama Search: WWW, saya sudah kagum dengan aktingnya. Meskipun bagi saya dia tidak setampan Ro Woon, namun tetap memiliki pesona tersendiri. Disini Lee Jae Wook berperan sebagai Baek Kyung, tunangan Eun Dan Oh yang kasar dan sombong.

Ulasan tentang Lee Jae Wook bisa dilihat di tulisan ini

Selain mereka bertiga, ada beberapa aktor dan aktris lain yang mendukung alur cerita dalam drama ini:

  • Lee Na Eun sebagai Yeo Jo Da (Teman sekelas Eun Dan Oh)
  • Jung Gun Joo sebagai Lee Do Hwa (Teman Baek Kyung)
  • Kim Young Dae sebagai Oh Nam Jo (Teman Baek Kyung)
  • Lee Tae Ri sebagai Jinmichae atau peri cumi-cumi kering (Juru masak kantin sekolah)

Sinopsis Drama Extraordinary You

Eun Dan Oh adalah seorang siswi di sebuah SMA elit, yang menderita penyakit jantung semenjak kecil. Dia bertunangan dengan teman sekelasnya, Baek Kyung. Namun meskipun telah bertunangan, ternyata Baek Kyung tidak menaruh hati pada Dan Oh.

Pada suatu hari, Dan Oh menyadari ada yang aneh dalam hidupnya. Dia bisa tiba-tiba berpindah lokasi di luar kendalinya. Keanehan itu membawanya pada sebuah fakta bahwa dirinya, dan semua orang yang ada disekitarnya, adalah tokoh dalam sebuah komik romance remaja berjudul “Secret”.

tokoh utama dalam Extraordinary You
Para Tokoh Utama (Sumber: soompi.com)

Awalnya dia berpikir bahwa dirinya adalah tokoh utama dalam drama tersebut. Namun kenyataan menghantamnya dengan fakta lain. Ternyata dia hanya seorang tokoh tambahan yang keberadaanya hanya sebagai pendukung kisah cinta Yeo Joo Da dan Oh Nam Joo, teman sekelasnya.

Fakta bahwa dia hanya seorang tokoh pendukung berpenyakit jantung yang selalu mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari tunangannya membuatnya kecewa, marah, dan tidak puas. Dia bertekad akan merubah “takdir” yang dituliskan oleh penulis komik tersebut. 

Saat itulah ada tokoh baru yang tiba-tiba muncul dan membuat adegan yang telah dirancang penulis berubah. Dari sinilah Dan Oh mendapat secercah harapan. Dia berusaha keras menemukan siapa tokoh tersebut. Ternyata tokoh tersebut adalah seorang siswa laki-laki di kelasnya yang tidak memiliki identitas.

Dan Oh terus mendekatinya dan meminta tolong padanya untuk membantunya merubah adegan-adegan selanjutnya. Usaha Dan Oh untuk merubah takdirnya membuat mereka menjadi dekat, bahkan Dan Oh memberi nama pada siswa itu. Haru, begitulah nama yang diberikan untuknya. Kedekatan itu membawa mereka pada fakta-fakta yang lebih mengejutkan.

Kesan Terhadap Drama “Extraordinary You”

Sesungguhnya drama ini menarik. Ceritanya unik. Tidak ada tokoh yang benar-benar jahat dan tidak ada yang benar-benar baik. Semua terasa samar, Malah saya pribadi menilai semua tokoh dalam drama ini baik. 

Akan tetapi entah kenapa saya kurang suka dengan kisah cinta kedua tokoh utama, Dan Oh dan Haru. Awalnya saya tertarik dengan kisah mereka, namun semakin cerita berjalan, saya lebih mendukung Dan Oh bersama dengan Baek Kyung daripada Haru.

Di awal cerita saya memang tidak suka terhadap Baek Kyung yang selalu bersikap kasar kepada Dan Oh. Padahal Dan Oh begitu baik dan sangat memuja Kyung. Ternyata itu terjadi bukan atas kehendak Kyung. Semua itu adalah hasil karya sang penulis yang membuat hubungan Dan Oh dan Kyung menjadi seperti itu.

cinta segitiga dalam extraordinary you
Cinta Segitiga (Sumber: idntimes.com)

Begitu mereka sadar bahwa mereka hanya tokoh dalam komik, perasaan mereka pun berubah. Dan Oh merasa tidak mencintai Kyung dan jatuh cinta kepada Haru. Di sisi lain, Kyung malah menyadari perasaan dia yang sesungguhnya kepada Dan Oh. Berbeda dengan tokoh yang digambarkan sang penulis komik, Kyung sadar bahwa dia menyayangi dan peduli pada Dan Oh. Akan tetapi semua sudah terlambat. Ironis, ya.

Itulah yang membuat saya simpati dan berakhir mengalami second lead syndrome tak berkesudahan (Sampai menelurkan sebuah fanfiction dan memberikan akhir bahagia bagi Baek Kyung). Adakah yang bernasib sama seperti saya?

Secara keseluruhan “Extraordinary You” layak ditonton. Terutama bagi kalian yang menyukai genre fantasi. Meskipun saya sempat merasa sedikit bosan di pertengahan karena konflik yang terasa diulur-ulur, namun drama ini berhasil mempertahankan rasa penasaran saya hingga akhirnya saya menontonnya sampai akhir episode. Sayangnya ending drama ini juga kurang memuaskan bagi saya.

Bagaimana dengan kalian? Sudah adakah yang menontonnya? Silahkan berbagi pendapat dengan saya di kolom komentar, ya.

Asri

Ibu muda yang suka membaca, menulis, menonton, makan, dan jalan-jalan.
Cerita jalan-jalan saya bisa dibaca di http://www.asrilestari.com sedangkan tulisan lainnya bisa diintip di https://catatansangpemimpikecil.blogspot.com

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] tingkahnya menyebalkan selalu termaafkan, hoho. Di drama ini, feelnya beda banget dengan Ro woon di Extraordinary You yang jadi anak […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: