Dear Cha Yo Han Gyosunim…

doctor john

Dear Cha Yo Han Gyosunim, apa kabarmu hari ini? Rasanya baru kemarin aku melihatmu di layar tetapi ternyata sudah 2 tahun berlalu. Dua tahun tidak membuatku melupakan betapa spesialnya dirimu sebagai dokter rekaan di dunia K-Drama.

Tidak sama sekali…

Cha Yo Han dengan seragam narapidana

Dear Cha Yo Han Gyosunim, pertama melihatmu kau masih memakai seragam narapidana di episode pertama. Aku pun terhenyak, bagaimana bisa tokoh dokter berseragam narapidana? Tapi ternyata kau masuk penjara bukan karena kesalahan.

Tidak sama sekali…

Dear Cha Yo Han Gyosunim, apa yang kau rasakan selama mendekam di dalam penjara? Pastilah berat. Pastilah tidak nyaman. Namun itu semua tidak menghalangimu untuk tetap menjunjung tinggi kode etik kedokteran : menolong semua orang yang membutuhkan pertolongan medis. Bahkan untuk rekan narapidana lain yang memusuhimu, kau juga selalu memberikan pertolongan. Ternyata penjara tidak bisa membuatmu menjadi jahat.

Cha Yo Han dan Si Young bertemu pertama kali di penjara

Tidak sama sekali…

Dear Cha Yo Han Gyosunim, apa yang kau rasakan ketika akhirnya keluar dari penjara? Tiga tahun bukan waktu yang sebentar. Tiga tahun adalah waktu yang begitu panjang untuk dihabiskan di dalam penjara. Tiga tahun adalah waktu begitu lama dalam memisahkan seorang professor anestesi dari para pasien-pasiennya. Namun kau selalu menjaga asa seorang dokter di dalam dirimu. Tidak ada yang berubah dari seorang Cha Yo Han ketika keluar dari penjara.

Tidak sama sekali…

Cast dr John: Lee Kyu Hyung , Ji Sung , Lee Se Young

Dear Cha Yo Han Gyosunim, kau begitu cerdas, tidak ada rumah sakit yang tidak ingin kembali mempekerjakanmu. Namun bagaimanapun kau begitu rendah hati. Kau langsung menerima tawaran kerja pertama yang datang kepadamu selepas kau keluar dari penjara. Padahal masuknya dirimu ke dalam penjara bukan sama sekali karena kriminalitas atau rendahnya integritasmu.

Bukan sama sekali…

Dear Cha Yo Han Gyosunim, setiap tatapanmu adalah tatapan sedingin es. Kau hampir tidak pernah terlihat senyum. Setiap detik yang kau habiskan di rumah sakit adalah dedikasi tanpa tepi untuk para pasien-pasienmu. Bahkan kau tidak sungkan untuk terus menggali dan menggali saat ada diagnosis pasienmu yang belum tegak. Padahal dirimu sendiri (ironisnya) adalah seorang pasien. Namun kau sama sekali bukan seseorang yang terpenjara dalam penyakitnya.

Bukan sama sekali….

Dear Cha Yo Han Gyosunim, kehidupanmu adalah sebuah tragedi paling indah di dunia kedokteran K-Drama. Setidaknya itulah yang kurasakan…. Setidaknya itulah yang kupikirkan…. Bagaimana bisa seorang professor anestesi yang setiap hari berkutat dengan rasa sakit para pasiennya ternyata tidak bisa merasakan rasa sakit itu sendiri? Oh, hatiku serasa hancur berkeping-keping. Namun ketegaranmu menjalaninya begitu menginspirasi. Kau tidak pernah mengeluh atas kondisi penyakitmu sendiri.

Tidak sama sekali…

Dear Cha Yo Han Gyosunim, perjalanan kisah cintamu mungkin bukan prioritas dalam kehidupanmu. Fokusmu selalu kepada para pasien-pasienmu. Kau ingin mereka mendapatkan diagnosis yang tepat. Kau ingin mereka mendapatkan perawatan paling terbaik. Kau ingin mereka berada di jalur kesembuhan, meskipun dia seorang criminal sekalipun. Kau selalu melihat seorang pasien sebagai pasien. Tidak ada yang dapat membuatmu menurunkan jiwa luhur kedokteranmu meskipun yang terbujur di hadapanmu seorang criminal. Dia tetap berhak mendapatkan perawatan hingga sembuh. Namun, bukan itu yang diharapkan oleh sebagian orang yang lain.

Bukan sama sekali…

Kang Si Young merawat Dr Cha Yo Han

Dear Cha Yo Han Gyosunim, apakah hari ini Seoul tengah turun salju? Kuharap Kang Si Young masih menemanimu dalam suka maupun duka, dalam hari yang cerah maupun bersalju. Jika ada yang mengatakan pasangan haruslah sejiwa dalam intelektualitas, maka kalian adalah contoh nyatanya. Kau sama sekali tidak bisa mengusir pengaruh kehangatan seorang Kang Si Young. Tidak saat yang dilakukan Kang Si Young hanyalah satu : mempercayaimu dengan segala yang kau lakukan selama ini. Kau tidak mampu menahannya. Kau tidak mampu menahan debar aneh yang kau kira hanyalah efek fisik semata. Itu bukan hanya efek fisik semata, Gyosunim

Bukan sama sekali…

Itulah cinta. Itulah kehangatan. Itulah kepercayaan. Itulah keyakinan. Itulah kesabaran. Itulah semua yang dilakukan oleh Kang Si Young untuk seorang Cha Yo Han.

Terima kasih banyak Cha Yo Han Gyosunim…

Untuk satu profil dokter di dunia K-Drama yang begitu membekas buatku.

Terima kasih banyak sudah mengajarkan apa makna filosofis di balik rasa sakit dan kehidupan.

Dan teruntuk kalian yang belum menonton K-Drama berjudul Doctor John di mana Cha Yo Han adalah pemeran utama di sana, KALIAN HARUS MENONTONNYAAAAA

😉

Kim De-ya

Seorang sarjana psikologi yang hobi nonton drakor untuk menemukan teori psikologi yang tersembunyi (atau sekadar memuaskan hasrat bucin, wkwkwk) Ibu 2 anak lelaki ini adalah penggemar akting Kim Soo Hyun, Park Bo Gum & Ji Sung. Blognya www.jampasirunik.blogspot.com sering terisi cerpen-cerpennya dan kokoriyaan tentu saja.

Baca Juga

5 Komentar

  1. Ending tulisannya sangat to the point: NONTON YA, GAESSSS. Wkwkwkk

  2. Jangan lupa nonton ya gaees, drama yang luar biasaah dari Ji Sung!

  3. Belum nonton emang yang satu ini, udah sketpis sama judulnya. hahhaa ternyata bagus ya?

  4. duh iya
    kangen ji sung ya….
    sabar katanya tahun ini doi ada drama baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: