5 Alasan The Devil Judge Seru Untuk Ditonton

cover the devil judge

Annyeonghaseyo, chingudeul…

Siapa yang sampai pekan ini masih mengikuti drama Korea “The Devil Judge”? Lalu, siapa yang tidak emosi dan geregetan melihat akhir dari setiap episode dalam drama ini? Gini deh ya, menderitanya penonton on-going, setiap bersambung harus inhale dan exhale kemudian bersabar menanti episode berikutnya di hari lain.

Menonton drama “The Devil Judge” ini mengingatkan saya pada drama lawas yang juga dibintangi oleh Ji Sung yaitu “Innocent Defendant“, di mana setiap episodenya juga menyisakan rasa penasaran yang membuat penonton susah tidur untuk menonton episode berikutnya.

Meskipun awalnya saya menonton drama ini hanya karena Ji Sung yang menjadi pemeran utamanya, ternyata cerita dan konfliknya menarik juga untuk diikuti. Ditambah dengan akting pemain protagonis dan antagonis yang dapat membawa emosi penonton hingga ke dalam cerita.

Baca dulu tentang Ji Sung di sini

Sebelum saya membahas mengenai alasan kenapa drama ini menarik dan seru untuk ditonton, tentu chingudeul harus tahu dulu dong ya berkisah tentang apa drama bergenre hukum dan misteri ini.

Profil Drama Korea “The Devil Judge”

cover the devil judge
Cover The Devil Judge (TvN)

Judul : The Devil Judge

Hangeul : 악마판사

Sutradara : Choi Jung Kyu

Penulis Naskah : Moon Yoo Seok

Ditayangkan di : TvN, VIU

Jumlah Episode : 16

Pemain :

Ji Sung sebagai Kang Yo Han

Park Jin Young sebagai Kim Ga On

Kim Min Jung sebagai Jeong Seon A

Park Gyu Young sebagai Yoon Soo Hyun

Sinopsis Drama Korea “The Devil Judge”

Bercerita mengenai keadaan di Korea Selatan yang sedang mengalami distopia, yaitu kondisi di mana terjadi kekacauan, kerusuhan dan ketidakpercayaan masyarakat Korea Selatan terhadap pemerintahnya sendiri.

Dalam kondisi seperti ini, live court yang dipimpin oleh seorang hakim bernama Kang Yo Han (Ji Sung) diselenggarakan.

Acara persidangan yang disiarkan secara langsung ini diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap hukum yang ditegakkan dan berlaku di Korea Selatan.

Tidak hanya dapat menonton sidang secara langsung, masyarakat pun dapat turut serta mengambil bagian dalam memutuskan apakah tersangka dalam sidang tersebut bersalah atau tidak?

live court the devil judge
Persidangan langsung yang dipimpin oleh Kang Yo Han (TvN)

Kang Yo Han, merupakan seorang hakim yang diberikan julukan sebagai ‘hakim iblis’ yang tidak segan menghukum seseorang dengan seberat-beratnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Akan tetapi, banyak yang mempertanyakan sikap Kang Yo Han tersebut, salah satunya adalah Kim Ga On (Park Jin Young) yang kepo parah nggak ketulungan sama kehidupan Kang Yo Han.

Kim Ga On sendiri bertindak sebagai hakim pembantu dalam persidangan langsung yang diselenggarakan. Setelah menelusuri kehidupan Kang Yo Han (sampai sebegitunya), akhirnya Ga On menyadari dan mengerti setiap tindakan yang dilakukan oleh partner-nya tersebut.

yo han ga on the devil judge
Kang Yo Han – Kim Ga On (TvN)

Pada akhirnya, Kim Ga On bekerja sama dengan Kang Yo Han untuk menumpas kejahatan mencoba melawan tirani yang dilakukan oleh petinggi negara, dengan cara mereka Kang Yo Han sendiri.

5 Alasan “The Devil Judge” Tidak Boleh Terlewatkan

Setelah menonton belasan episode dari “The Devil Judge”, kira-kira di bawah inilah beberapa hal menarik yang membuat drama ini berbeda dan seru untuk ditonton :

Tidak Ada Manusia yang Sempurna

Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan.

Sesempurna apapun karakter dalam sebuah drama Korea, pasti ada saja celahnya. Sama halnya dengan semua tokoh yang ada dalam drama “The Devil Judge”.

Baca tentang : K-Drama Review : Doctor John (2019)

Mengapa Kang Yo Han disebut sebagai Hakim Iblis? Sebab dirinya tidak segan untuk menjatuhkan hukuman terberat bagi terdakwa yang terbukti bersalah. Lantas, apakah ia yang dielu-elukan masyarakat sebagai simbol keadilan merupakan sosok yang sempurna? Big no banget!

Intinya, setiap manusia pasti memiliki sisi baik dan sisi evil-nya dalam porsinya masing-masing. Nggak hanya Kang Yo Han, hampir semua karakter dalam drama ini menampakan kedua sisi tersebut.

Pertunjukan Live Court yang Selalu Dinantikan

Seumur-umur, kayaknya baru kali ini saya menyaksikan sidang yang disiarkan secara langsung dan keputusan hukuman yang diberikan kepada terdakwa melibatkan rakyat dalam suatu negara.

Satu hal lagi yang membuat sidang live ini semakin menarik adalah hukuman yang diberikan untuk para terdakwanya benar-benar fair dan memuaskan masyarakat luas.

Sebut saja kasus pertama sebagai pembuka dalam drama ini, kasus tentang perusahaan JU Chemical. Pemiliknya dijatuhkan hukuman 235 tahun penjara setelah terbukti bersalah membuang limbah pabrik ke sungai, hingga mencemari lingkungan dan merugikan masyarakat setempat. Uwow banget kaaan?!

Bisa dikatakan sidang terbuka seperti ini hanya ada di dufan ya alias dunia fantasi. Meskipun hanya dalam cerita, saya selalu tertarik dengan kasus-kasus yang disajikan dalam pertunjukan live court di The Devil Judge.

Wanita-Wanita Penuh Ambisi

Berbeda dengan banyak drama yang biasa kita temui, dalam “The Devil Judge” tokoh utama wanitanya justru digambarkan sebagai karakter yang antagonis dan penuh ambisi. Tidak hanya tokoh utamanya saja, beberapa tokoh wanita dalam drama ini juga memiliki ambisinya masing-masing.

Jung Sun Ah, Sekertaris Yayasan Tanggung Jawab Sosial

kim min jung the devil judge
Sung Jung Ah (TvN)

Tokoh yang diperankan oleh Kim Min Jung ini sukses bikin saya gedeg dan muales banget kalau sudah melihat scene beliau ini. Sebagai seorang Sekertaris Yayasan Tanggung Jawab Sosial, Jung Sun Ah memiliki misi dan ambisi tersendiri yang ia wajibkan untuk tercapai dengan cara apapun.

Karakter Jung Sun Ah ini menurut saya bagaikan serigala berbulu domba, untungnya Kang Yo Han yang sudah mengenal Sun Ah sejak lama tidak mudah termakan tipu-tipu perempuan licik ini.

Cha Kyung Hee, Menteri Kehakiman

jang young nam the devil judge
Cha Kyung Hee (asianwiki)

Cha Kyung Hee (Jang Young Nam), adalah satu-satunya wanita dalam geng koruptor di “The Devil Judge” yang menjabat sebagai menteri. Untuk mendapatkan posisinya sebagai Menteri Kehakiman, Cha Kyung Hee tidak segan menggunakan cara-cara kotor dan menyingkirkan nyawa orang lain yang tidak bersalah.

Ambisinya untuk menguasai Korea Selatan sebagai Presiden semakin terlihat manakala ia dihadapkan pada sebuah pilihan, puteranya atau jabatannya yang terhormat?

Oh Jin Joo, Hakim Pembantu dalam Pertunjukan Live Court

kim jae kyung the devil judge
Hakim Oh Jin Joo (TvN)

Pada awalnya, Oh Jin Joo (Kim Jae Kyung) ini adalah sosok yang manis, ceria dan selalu bersemangat untuk tampil bersama Kang Yo Han dan Kim Ga On dalam tiap persidangan live. Namun, setelah bergaul dengan Jung Sun Ah, Oh Jin Joo terus menerus dibisiki untuk dapat mencapai lebih dari apa yang ia raih saat ini.

Ternyata, ambisi Oh Jin Joo untuk bisa meraih kesuksesan sebagai hakim juga cukup besar. Sayangnya, keinginannya ini justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang ingin mengambil keuntungan dari kerja kerasnya.

Yoon Soo Hyun, Detektif Kepolisian

park gyu young the devil judge
Yoon Soo Hyun (TvN)

Yoon Soo Hyun ( Park Gyu Young) merupakan detektif wanita yang sangat berambisi untuk mencari tahu mengenai kasus kebakaran yang terjadi di gereja bertahun lalu dan menewaskan kakak dari Kang Yo Han beserta istrinya.

Kekeuh banget ingin membuktikan siapa Kang Yo Han sesungguhnya karena ia kurang suka kalau Kim Ga On berhubungan dekat dengannya. Saking sayangnya dengan Ga On, ia tidak ingin hal buruk yang disebabkan oleh Kang Yo Han menimpa kekasihnya sahabatnya tersebut.

Pembalasan Dendam yang Fantastis

Awalnya, saya pikir drama ini merupakan drama hukum yang berat untuk diikuti. Ternyata, segala tindakan yang dilakukan oleh Kang Yo Han adalah upaya untuk membalaskan dendam pribadinya di masa lampau.

Menonton aksi balas dendam yang sebegininya membuat saya terpukau sendiri. Bisa-bisanya loh ya satu orang melancarakan upaya balas dendam hingga mengguncang negaranya sendiri.

Baca juga : Selain Devil Judge, Inilah 6 Drakor Ji Sung yang Bikin Jatuh Cinta

Love Story Setipis Kertas

Reason terakhir ini sebenarnya ‘nggak gue banget’, lol. Khususon untuk penonton yang anti drama percintaan dan kisah kasih sayang-sayangan, cocok banget ni buat nonton “The Devil Judge”.

Satu-satunya cerita cinta yang menarik untuk diikuti adalah kisah pasangan second lead-nya yaitu Kim Ga On dan Yoon Soo Hyun (Park Gyu Young) seperti yang pernah dituliskan dalam tulisan “Membedah Second-Lead Drama Terbaru Ji Sung : The Devil Judge“.

kim ga on yoon soo hyun the devil judge
Ga On dan Soo Hyun

Cerita mereka berdua klasik, teman masa kecil yang saling menyukai satu sama lain namun enggan untuk mengungkapkan perasaannya sebab takut merusak hubungan pertemanan yang sudah terjalin sekian lama.

Hmm.. Jadi ingat film Lee Seung Gi dan Moon Chae Won yang berjudul “Love Forecast“. Akankah Kim Ga On dan Yoon Soo Hyun berakhir bersama? Siapkan hati kalian ya, chingudeul~

Prediksi dan Harapan Untuk Ending “The Devil Judge”

Chingudeul~ drama “The Devil Judge” ini akan berakhir di minggu ini. Rasanya nggak percaya ni, nanti malam drama ini akan memasuki episodenya yang ke-15. Bagi yang sudah menonton akhir episode 14 kemarin, rasanya ingin melakukan gerakan yoga yang bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Penuh emosi banget, cuy!

Di dua episode terakhir ini, nampaknya kebobrokan dari pemerintahan sudah mulai terkuak ke masyarakat setelah aksi yang dilakukan oleh trio judges di kawasan yang katanya sedang terjangkit wabah padahal … hmm.

Posisi Presiden dan antek-anteknya tentu semakin terpojok. Sepertinya, satu per satu dari mereka akan segera menjadi terdakwa dalam siaran langsung persidangan yang dipimpin oleh Kang Yo Han. Semoga ya, SEMUANYA mendapatkan hukuman yang benar-benar setimpal dengan perbuatan mereka.

Last but not least, prediksi saya Kang Yo Han akan dapat memberi pelajaran pada Sung Jung Ah dengan merealisasikan sumpah yang pernah ia ucapkan sebelumnya untuk membunuh (kok merinding ya nulisnya) Sung Jung Ah dengan cara yang paling tepat untuk dirinya dan membuatnya sengsara dalam kesepian.

Harapan saya sebagai penonton yang menginginkan perdamaian dan kebahagiaan untuk semua, Kang Yo Han bisa menjalin hubungan paman dan keponakan yang lebih hangat lagi dengan Elijah serta Bibi pengasuhnya.

Semoga nggak ada lagi tokoh yang nggak bersalah menjadi korban. Happy ending untuk semua yang berjuang demi keadilan.

Rekomendasi

Membaca tulisan saya yang menggebu-gebu bersemangat menceritakan alasan-alasan saya menonton drama “The Devil Judge” sudah pasti drama ini saya rekomendasikan sebagai drama yang harus dimasukkan dalam daftar tontonan chingudeul.

Baca juga : Sisi Asyik dari Tegangnya Drakor “Thriller”

Apalagi kalau chingu nggak suka drama yang penuh romansa dan lebih suka drama berbau action serta bertema hukum. Wah, cocok banget nih buat ditonton. Happy watching semuanya…

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Baca Juga

6 Komentar

  1. Oh jadi gadis yang duduk di kursi roda itu keponakan Kang Yo Han? Wah aku kudu nonton nih

  2. AKu nonton The devil Judge ini bareng suamik.
    Tapi dia lebih kuat melek daripada aku, hahha… Alhasil, aku di dongengin yang ujung-ujungnya “Nonton ndiri, Mi….”
    Seru banget banget.
    Pokoknya kalau genrenya hukum begini, please jangan dinodai sama romance.
    Hahhaa..takut ditusuk akutu…

  3. udah mau abis aja ya, aku belum pun mulai. eh tapi kayaknya nunggu mood dulu deh baru ntn ini. waktu itu liat beberapa menit awalnya, aku ga kuat euy keriuhramaiannya

  4. […] Drama terbaru apa yang sedang atau baru selesai diikuti oleh Chingu-deul saat ini? Nevertheless? The Devil Judge? You are My Spring? Atau ada yang lain? Silakan jawab dengan lantang ya, tapi di dalam hati aja […]

  5. aku nonton ini tuh skip ski gitu
    klo lagi banyak adegan jahat atau sedih langsung skip
    hehe
    tapi asli lho, akting ji sung dalam drama ini kece banget
    makin mature ya aktingnya

  6. […] Baca tentang : 5 Alasan The Devil Judge Seru Untuk Ditonton […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: