Love Forecast (2015), Kapan Cinta Bisa Diprediksi?

Love Forecast (2015)

Annyeonghaseyo chingu ya!

Di penghujung tahun 2020 ini, secara tidak sengaja saya menonton film Korea tahun 2015 yang diputar di salah satu stasiun TV nasional, judulnya “Love Forecast“. Berawal dari sedang mengganti-ganti channel dan tiba-tiba melihat Lee Seung Gi dan Moon Chae Won di televisi, langsung parkir deh buat menonton.

Tema yang diangkat dalam film ini sebenarnya klasik dan klise, persahabatan yang berubah menjadi cinta (friendzone). Sudah sering banget ya drama Korea mengangkat cerita seperti ini. Tapi, namanya penggemar cerita romance ya tetap saya tonton sampai habis. Hehe!

Ternyata, film ringan berdurasi 2 jam 1 menit ini masih menarik untuk ditonton dan tentunya relate dengan kehidupan anak muda, terlebih yang naksir sama sahabatnya sendiri. Langsung baca review-nya yuk sebelum kepikiran gebetan, eh?!

Sinopsis Film “Love Forecast” (2015)

Poster film Love Forecast
Poster Film Love Forecast (2015) (hancinema.com)

Film ini bercerita tentang sepasang sahabat yaitu Kang Joon Soo (Lee Seung Gi) dan Kim Hyun Woo (Moon Chae Won). Mereka menjalin pertemanan dalam kurun waktu yang sangat lama, sekitar 18 tahun. Pertemanan mereka dimulai sejak masih kanak-kanak hingga keduanya sudah berkarir di bidang masing-masing, Kang Joon Soo merupakan guru di sekolah dasar dan Kim Hyun Woo adalah seorang pembawa berita cuaca.

Joon Soo sudah sejak lama menyimpan perasaan pada Hyun Woo, saat masih kecil Joon Soo pernah ingin membuktikan cintanya pada Hyun Woo dengan menaiki wahana ekstrim di taman bermain yang membuatnya phobia terhadap ketinggian hingga pingsan dan mengompol. Sayangnya, Hyun Woo tidak menganggap tindakan tersebut serius dan mengabaikan perasaan Joon Soo.

Saat dewasa, Joon Soo tidak pernah lagi mengungkapkan perasaannya pada Hyun Woo. Ia memilih untuk mendampingi Hyun Woo sebagai sahabat, Hyun Woo sendiri tidak pernah merasa Joon Soo lebih dari sekedar sahabat baik. Ia yang terkenal sebagai pembawa berita cuaca karena paras cantik serta tubuh seksinya punya banyak penggemar, tak terkecuali produser tempat ia bekerja yaitu Dong Jin (Lee Seo Jin).

Salahnya, Hyun Woo menjalin hubungan dengan Dong Jin yang sudah beristri dan memiliki anak. Joon Soo yang sebenarnya patah hati, tetap berusaha menjadi sahabat yang profesional untuk Hyun Woo. Menasihatinya namun tidak menyudutkan cinta pertamanya yang berbuat hal fatal tersebut.

Joon Soo sendiri sempat mencoba untuk move on dengan mengencani beberapa wanita cantik, sayangnya cintanya selalu kandas di tengah jalan sebab Joon Soo selalu membandingkan pacarnya dengan Hyun Woo. Gagal move on gitu si Oppa!

Joon Soo akhirnya menyadari bahwa perasaannya pada Hyun Woo tidak lagi bisa ia pendam. Lama banget 18 tahun diam-diam suka, capek gue! Begitu batin Joon Soo dan akhirnya ia mengungkapkan perasaannya pada sahabatnya tersebut. Namun, Joon Soo ditolak habis-habisan oleh Hyun Woo yang berkata tidak pernah merasakan hal yang sama dengan Joon Soo.

kang joon soo, mencintai dari belakang selama 18 tahun
“18 tahun aku selalu melihatmu dari belakang,” -Kang Joon Soo (hancinema.com)

Puncaknya adalah saat skandal Hyun Woo dengan Dong Jin terbongkar. Karir Hyun Woo tentu saja amblas, menjadi pembicaraan di semua lini media masa karena ‘Sang Ratu Cuaca’ ternyata wanita simpanan dari produsernya sendiri. Hyun Woo pun pergi untuk mengasingkan diri dan mulai menyadari siapa yang sebenarnya selalu ada untuk dirinya.

Hemm hemm… Kira-kira sudah bisa menebak lah ya akhirnya seperti apa? Happy ending untuk Joon Soo dan Hyun Woo wah ada spoiler!

Review Jujur tentang “Love Forecast”

Saya termasuk orang yang jarang menonton film Korea. Entah mengapa, lebih suka nonton drama daripada film. Namun, pemeran utamanya lah yang membuat saya menonton film Love Forecast ini.

Moon Chae Won, sebelumnya saya kenal lewat drama “The Innocent Man” dan yang terbaru “Flower of Evil“. Aktingnya terutama dalam drama “Flower of Evil” membuat saya salut karena bisa memerankan tokoh wanita yang tidak hanya lemah lembut tapi juga tangguh.

Totalitas Moon Chae Won dan Lee Seung Gi

Dalam film “Love Forecast”, Moon Chae Won berperan sangat baik sebagai Kim Hyun Woo. Seorang pembawa acara berita cuaca yang memiliki citra manis dan periang, padahal di luar pekerjaannya ia adalah seorang perempuan yang suka mabuk dan melontarkan kata-kata kasar.

Love Forecast Hyun Woo
Sang Ratu Cuaca (hancinema.com)

Ia juga tidak pernah menghargai perasaan sahabatnya, Kang Joon Soo dan selalu semena-mena pada dirinya. Meskipun Hyun Woo tahu perasaan Joon Soon, tanpa rasa bersalah ia terus berpacaran dengan lelaki lain dan saat ada masalah ia akan selalu meminta Joon Soo untuk menemaninya.

Lee Seung Gi, nggak usah ditanya lagi bagaimana aktingnya dalam berbagai drama yang selalu mendapatkan pujian karena totalitasnya. Begitu pula dalam film “Love Forecast” ini, ia dapat membangun chemistry dengan Moon Chae Won dengan baik dan membuat drama ini terasa lebih hidup dan tidak membosankan.

Lee Seung Gi berperan sebagai Kang Joon Soon, seorang guru sekolah dasar yang sering curcol pada murid-muridnya di tengah jam pelajaran. Murid-muridnya pun sering iseng memancing pertanyaan seputar kehidupan pribadi Pak Gurunya. Bertolak belakang dengan Kim Hyun Woo, pencitraan Kang Joon Soon di sekolah dan kehidupan nyata tidak jauh berbeda. Ia merupakan seorang lelaki yang hangat serta baik hati pada semua orang.

Love Fore Cast Joon Soon
Bapak guru yang senang curhat pada muridnya (hancinema.com)

Joon Soo ini tipe lelaki yang setia banget sama satu perempuan. Buktinya, selama 18 tahun dia nggak pernah goyah dan tetap bucin sama Kim Hyun Woo, men! Meskipun menerima berbagai penolakan dan tindakan semena-mena dari Hyun Woo, Joon Soo tetap peduli dan perhatian pada pujaan hatinya tersebut. Ia bahkan rela berlutut dan memohon pada Dong Jin untuk menjauhi Hyun Woo agar skandal Hyun Woo dengan dirinya tidak tercium oleh publik.

Sejauh mata menonton, kekuatan dari film ini tidak lain dan tidak bukan adalah nama besar dan akting kedua pemeran utamanya. Lee Seung Gi sukses bikin saya baper dan kasihan secara bersamaan, sementara Moon Chae Won juga sukses membuat saya kesal dengan karakternya dalam film tersebut.

Ceritanya Bikin Baper

Overall, ceritanya ringan dan mudah ditebak. Di beberapa bagian terasa membosankan karena cerita cinta Hyun Woo yang pindah dari satu lelaki ke lelaki lain. Butuh waktu lama sekali sampai akhirnya ia sadar kalau jauh di dalam lubuk hatinya, hanya ada Joon Soo seorang. Mbak, where have you been?!

Tapi, saya tetap suka dengan kemampuan akting Lee Seung Gi yang sampai membuat saya terharu saat adegan Joon Soo berlari mengejar Hyun Woo untuk mencegahnya pergi keluar negeri. Juga saat Joon Soo kembali membuktikan cintanya pada Hyun Woo dengan mencoba lagi naik wahana ekstrim di taman bermain meski ia tahu dirinya phobia terhadap ketinggian. It was like ‘tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan cinta’, hiyaaa!

Friendzone is Real

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan film “Love Forecast” ini, nyatanya banyak juga manusia-manusia di muka bumi ini yang mengalami friendzone seperti Joon Soo dan Hyun Woo. Entah itu di masa pertemanan sekolah atau ruang lingkup teman kerja. Ayolah ngaku aja, yang senyam senyum baca ini pasti juga pernah mengalaminya kan? Hehe.

Friendzone sendiri adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi dimana dua orang (laki-laki dan perempuan) yang bersahabat baik kemudian salah satu diantaranya memiliki perasaan yang lebih dari sekedar sahabat pada sahabatnya.

Film ini seolah menegaskan bahwa kalimat “tidak akan pernah seorang laki-laki bisa bersahabat dengan wanita” ini benar. Fenomena friendzone ini tidak habis ditelan zaman, sebut saja drama “Hospital Playlist” yang tayang di tahun 2020 dimana diceritakan Lee Ik Joon juga terjebak friendzone dengan sahabatnya Chae Song Hwa. Terdengar klasik dan klise, tapi ya gitu deh kenyataannya. Haha.

Cinta Bukan Cuaca

Nggak seperti cuaca, cinta memang sulit diprediksi. Kita tidak pernah tahu pada siapa cinta kita akan berlabuh, seperti saya yang melabuhkan hati pada suami saya dan Hyun Bin oppa. Bisa jadi kita jatuh cinta pada orang yang baru dikenal dalam hitungan hari, bisa jadi terjebak friendzone selama belasan tahun seperti Joon Soo.

Untuk yang masih terjebak friendzone, satu-satunya cara yang bisa dilakukan agar terbebas dari zona tidak nyaman tersebut adalah dengan mengutarakan perasaan. Bisa jadi ternyata sahabatmu juga merasakan dugeun-dugeun yang sama atau buruknya ya persahabatan kalian akan merenggang karena harus menetralkan perasaan masing-masing.

Aduh! Sebelum Noona terlihat sebagai pakar friendzone, kita sudahi dulu tulisan ini. Intinya, meskipun film “Love Forecast” ini film lawas tapi ceritanya masih relate dengan kehidupan percintaan banyak orang sampai saat ini. Menghibur kok filmnya apalagi ditambah akting pemerannya yang ciamik.

Selamat menonton!

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Mungkin Anda juga menyukai

7 Respon

  1. Cho Rijo berkata:

    Coba ya, kenapa itu hyun bin oppa dicoret? Wakakakaka🤣🤣🤣

  1. Februari 14, 2021

    […] Love Forecast (2015), Kapan Cinta Bisa Diprediksi? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: