6 Drama Korea dengan Obsessive Love Disorder

6 Obsessive love disorder (OLD) di Drakor

Anyeong chingu

Orang jatuh cinta terkadang memang sejuta rasanya, tapi pernah tidak kepikiran kalau mungkin saja, saat orang sudah sulit membedakan antara cinta dan obsesi.

Soalnya noona pernah dibilangin sama si mamas mantan kalau yang aku rasakan dulu bukanlah rasa cinta, tapi obsesi. Wait? Memangnya noona nih kena penyakit mental? Zzz..

Syukurlah, sejak saat itu, noona akhirnya putus dan bisa move on dari si mamas mantan.

Obsesi dan posesif memang kayaknya susah dipisahkan, karena keduanya memang mirip-mirip sih ya. Obsesi cinta bisa disebut sebagai obsessive love disorder.

Obsessive love disorder (OLD) merupakan sebuah kondisi saat orang menjadi sangat terobsesi terhadap orang yang sangat dicintainya. Di dalam drama Korea seringkali yang dikaitkan adalah saat psikopat jatuh cinta dan mereka akhirnya menderita obsessive love disorder.

Berikut 6 Drama Korea yang Mendapat Obsessive Love Disorder.

1| Dinner Mate

Dinner Mate merupakan drama ngehits yang membahas tentang seorang dokter pskikiater Kim Hae Kyung yang diperankan oleh Song Seung Hoon. Kisah romantisnya bersama PD nim bernama Woo Do Hee (Seo Ji Hye), sangat apik, romantis dan tidak berlebihan.

Dokter Kim Hae Kyung menyembuhkan penyakit pasiennya juga sangat unik yaitu melalui makanan.

Beragam penyakit mental juga dibahas di Dinner Mate, akan tetapi cerita si mamas mantan Jung Jae Hyuk (Lee Ji Hoon) yang terobsesi dengan Woo Do Hee juga bisa menjadikan pelajaran.

Tapi untunglah Jung Jae Hyuk bisa disembuhkan dengan terapi rutin di psikiater.

2| the Flower of Evil

Bercerita tentang psikopat yang jatuh cinta, drama apik yang diperankan oleh pasangan Lee Joon Gi dan Moon Chae Won berhasil merebut banyak perhatian pemirsa.

Padahal sebenarnya, alih-alih psikopat, tokoh yang diperankan oleh Lee Joon Gi sebenarnya memilki kelainan alexthymia yaitu kelainan yang membuatnya tidak bisa merasakan emosi.

Sepertinya karena itulah, Baek Hee Sung (Lee Joon Gi) hanya jatuh cinta pada Cha Ji Won (Moon Chae Won). Untunglah obsesi yang dirasakan oleh Hee Sung terbalas juga oleh Ji Won dan berakhir happy ending. Mungkin saja kalau Cha Ji Won bukan istri yang tangguh dan mencintai suaminya dengan setulus hati, apakah dramanya juga tidak akan seindah drama Korea pada umumnya?

3| Poong, the Joseon Psychiatrist

Se Poong merupakan tabib muda mantan ahli medis dari kerajaan, mungkin adalah dokter psikiater pertama dari masa Joseon yang bisa mengobati orang dengan penyakit mental. Meskipun nama aslinya adalah Yoo Se Yeob, tetapi sejak berada di desa Sorak, mendedikasikan dirinya adalah Se Poong.

Seperti yang dikatakan oleh tabib Gye, hanya tabib Yoo yang bisa mengobati orang dengan penyakit mental – Ep 11.

Menariknya, di episode 4, muncul Hyo Yeon (Jang Hye Ryung) yang datang ke klinik Gyesoo dengan sebuah tremor di tangan ternyata juga mengangkat kasus obsessive dissorder love. Cinta calon suaminya pada Hyo Yeon agasshi, mampu membuat dirinya membunuh satu-satunya teman dan pelayan Hyo Yeon.

4| He is Psychometric

Hampir mirip dengan the Flower of Evil yang ternyata mengangkat juga penyakit alexthymia, di sini diceritakan bahwa Kang Sung Mo (diperankan oleh Kim Kwon), menderita alexthymia juga. Hanya saja, yang menderita obsessive dissorder love adalah Kang Geun Tak (Lee Seung Joon) yang merupakan ayah Kang Sung Mo (Kim Kwon) yang sangat terobsesi dengan Jo Eun Joo (Jeon Mi Seon).

Drama ini cringe banget memang di bagian yang menceritakan obsessive dissorder love sebab si ayah mengurung wanita yang dicintainya di penjara bawah tanah miliknya, sampai memiliki anak yang dikurung juga. Hingga suatu hari anak dan pasangannya berhasil melarikan diri.

Meskipun ayahnya memiliki penyakit obsessive dissorder love, tetapi rupa-rupanya, Kang Sung Mo hanya mewarisi gejala alexthymia.

5| Age of Youth season 1

Drama yang memiliki nama lain dari Hello, My Twenties juga mengangkat cerita tentang obsessive dissorder love yang dialami oleh Jung Ye Eun (diperankan Han Seongyeon). Pacarnya yaitu Go Doo Young (Ji Ill Jo) pada awalnya memiliki sifat yang sangat manis dan memanjakan Jung Ye Eun.

Tapi rupanya, obsessive dissorder love muncul saat Ye Eun mencoba meminta putus darinya. Terburuknya Ye Eun malah dikurung oleh Doo Young dan disiksa juga.

6| Link: Eat, Love, Kill

Drama yang katanya romantis tapi aku noona lebih suka menyebutnya drama cringe! Gimana nggak? Sejak awal, Lee Jin Geun (diperankan oleh Shin Jae Hwi) terus membuntuti Dahyun (diperankan oleh Moon Ga Young). Senyuman Jin Geun yang emang creepy abis tuh nggak bisa ditandingi.

Awalnya noona mengira kalau dia tuh yang jadi psikopat di Hello My Tweenties, tapi rupanya beda orang, bok! Soalnya senyumannya juga sama-sama creepy.

Sebelum membuntuti Dahyun, rupa-rupanya Jin Geun ini tuh udah pernah membunuh pacarnya sendiri. Mungkin pacarnya juga sempat disekap gitu ya? Entahlah, noona juga baru nonton sampai episode 9! Wkwkk.

Emang drama-drama yang creepy abis gini tuh aslinya bukan seleranya noona. Jadi ya gitulah.

Kira-kira gitu ya chingu. Sebenarnya banyak sekali drama yang membahas tentang obsessive dissorder love. Semoga aja sih ya, kita bisa mencintai seseorang dengan tulus, dan juga dicintai dengan tulus, tapi bukan dengan cara obsesi.

Sebab ya, jadi ingat kata Mama Dedeh, “Jangan mencintai manusia secara berlebihan melebihi cintamu pada Allah.”

Sekian wejangan dari asistennya mama Dedeh. Mumpung hari Jumat berkah kan ya? Xixixii. Sampai jumpa di bahasan berikutnya.


Posted

in

Tags:


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park