5 Drakor Bertema Alexithymia

drakor dengan tema alexithymia

Pada tahun 1970, alexithymia dilaporkan pertama kali sebagai penyakit kejiwaan. Meskipun unik dan langka ternyata tidak sedikit drama Korea yang menyinggung tentang alexithymia.

Alexithymia merupakan penyakit kejiwaan di mana penderitanya tidak bisa membedakan rasa senang, sedih, bahkan takut sekalipun. Oleh sebab itu, kebanyakan penderita alexithymia tidak memiliki empati.

Berikut 5 drama Korea yang menginggung soal alexithymia

1| Stranger atau Secret of Forest (2017)

Drama yang tayang di tvN ini dibintangi oleh Cho Seung Woo dan Bae Doona.

secret of forest (tvN)
Secret of Forest (tvN)

Entah mengapa kalau teringat Cho Seung Woo dan Bae Doona, ingatanku jadi teringat salah satu classmate Drakor Class yang ngefans keduanya. Belakangan Cho Seung Woo juga menjadi lead actor di Sisypus the Myth.

Baca Juga: Stranger Season 1: Dilema Kejujuran di Tengah Pusaran Korupsi Moral
Baca Juga: Episode 1 “Sisyphus: The Myth”

Menceritakan tentang Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo), seorang jaksa yang menderita alexithymia pasca bedah otak sewaktu masih anak-anak. Bersama-sama dengan Han Yeo Jin (Bae Doona), mereka berusaha mengungkap korupsi yang melibatkan kejaksaan.

Stranger session 1 berhasil penghargaan Grand Prize di Baeksang Arts Awards ke-54, lho.

2| He Is Psychometric (2019)

Berawal dari kebakaran bangunan apartemen yang menyebabkan banyak orang terbunuh, Lee Ahn (Park Jin Young) hidup bersama dengan Kang Seung Mo (Kim Kwon), seorang jaksa yang ternyata mengidap alexithymia yang ternyata merupakan turunan gen dari ayahnya.

Melalui ibu Kang Seung Mo (alm Jeon Mi  Seon) berusaha untuk mengajarkannya beragam emosi lewat buku.

he is psychometric
He is Psychometric

He Is Psychometric sebenarnya unik, karena Lee Ahn memiliki kemampuan khusus untuk membaca ingatan seseorang melalui sentuhan. Tetapi tidak berlaku untuk Kang Seung Mo, karena hyung nya ini satu-satunya orang yang tidak bisa dibaca ingatannya.

Bersama dengan Yoon Jae In (Shin Ye Eun), Kang Sung Mo (Kim Kwon), dan Eun Ji Soo (Kim Da Som), mereka berusaha menyelesaikan beragam kasus kriminal dan pembunuhan. 

3| Flower of Evil (2020)

Drama kedua yang mempertemukan Lee Joon Gi dan Moon Chae Won. Kali ini mereka berdua harus menjalankan peran sebagai suami istri yang memiliki satu anak perempuan manis.

flower of evil
Keluarga Bahagia dalam Flower of Evil

Cha Ji Won (Moon Chae Won) merupakan seorang detektif kepolisian. Suatu hari, dia harus memecahkan kembali kasus pembunuhan mandor desa beberapa tahun silam yang melibatkan Do Hyun Su, anak Do Min Seok seorang pembunuh berantai. Semua bukti mengarah ke suaminya. Suaminya Baek Hae Sung ternyata menyembunyikan identitas aslinya sebagai Do Hyun Su.

Baca Juga : Drama Battle, Flower of Evil VS Two Week

Do Hyun Su sejak kecil sering disia-siakan orang karena dianggap memiliki wajah stagnan. Konon ceritanya, Do Hyun Su ternyata memiliki penyakit alexithymia di mana dia sendiri tidak tahu perasaan bahagia, sedih, termasuk jatuh cinta.

Karakter Cha Ji Won di sini menurutku super briliant. Bagaimana cara dia menghadapi suaminya yang ternyata telah berbohong besar padanya. Makanya, aku tuliskan juga Cha Ji Won, istri solekhah dari Flower of Evil.

4| Stranger 2 (2020)

Setelah sukses dengan Stranger (2017), tvN kembali menayangkan musim kedua dari drama Stranger. Masih berkutat dengan jaksa Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo) dan Han Yeo Jin (Bae Doona).

Baca tentang Cho Seung Woo oppa juga di sini ya

Tentu saja, alexithymia yang dimiliki oleh jaksa Hwang masih ikut serta 😀

Hanya saja, ada beberapa karakter tambahan yang dimasukkan dalam drama ini.

Di dalam Stranger 2, Hwang Shi Mok dan Han Yeo Jin harus berhadapan dengan kepolisian dan kejaksaan yang bersitegang untuk memperebutkan hak investigasi. Stranger 2 juga wajib ditonton karena sama serunya dengan Stranger session 1.

5| Alice (2020)

Drama teruwet yang ditayangkan oleh SBS. Selain tidak masuk akal, banyak yang menyayangkan plot cerita Alice ini.

Bila Alice in Wonderland tersesat di dunia khayalan, Park Jin Gyeom di drama Korea Alice tersesat dan tidak menemukan jalan rimba untuk pulang.

kdrama alice
Kdrama Alice (SBS)

Mengusung genre fiksi ilmiah yang menceritakan tentang perjalanan waktu. Detektif Park Jin Gyeom (Joo Won) merupakan detektif polisi yang mengidap alexithymia sejak usia 6 tahun (baru terdetect saat usianya 6 tahun). Hal ini disebabkan perjalanan ibunya selama melakukan perjalanan waktu dan menyebabkan anaknya terkena paparan sinar radiasi.

Wah ngeri juga ya sinar radiasi itu!

Terus dari cerita di atas, kira-kira apa ya yang bisa menyebabkan alexithymia? Ada yang mengatakan karena paparan sinar radiasi, ada yang juga karena faktor keturunan, ada juga yang karena pengaruh operasi pasca bedah otak.

Berbeda lagi dengan cerita Yoon Jae dalam novel Almond. Di novel tersebut, tidak dijelaskan penyebab Yoon Jae menderita alexithymia, hanya saja disebutkan dia memiliki amigdala kecil seperti buah almond sehingga menyebabkan otaknya kesulitan mengembangkan rasa emosionalnya.

Untuk itu, kita sebagai orang tua sangat penting untuk mengajarkan anak-anak mengenal emosi.

Kira-kira chingudeul sudah menonton drama yang mana saja nih?

Rani Noona

Penghuni kdramaland yang hobi makan, dandan, dan jalan-jalan. Masih suka curhat dan ngejurnal di https://www.ranirtyas.com dan sering ngebashing juga ngebucin di https://www.bulletsarasvati.com

Baca Juga

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: