Selamat Hari Literasi Internasional! Mau Berkarir di Dunia Kepenulisan? Tonton Dulu 13 Drakor Ini!

Annyeong haseo sobat Drakor Class!!

Tahu nggak, hari ini diperingati sebagai Hari Literasi Internasional. Pas banget kalau kita bahas drama Korea tentang dunia kepenulisan. Ottoke?

Hari Literasi Internasional

Sebelum bahas drakor tentang dunia kepenulisan, kita bahas sedikit tentang Hari Literasi Internasional. Hari Literasi Internasional ini diprakarsai oleh UNESCO, sejak tahun 1967. Penetapan ini berangkat dari fakta di lapangan, bahwa tingkat buta huruf di dunia masih sangat tinggi.

Hari Literasi Internasional ini diharapkan menjadi momen yang tepat untuk memberantas angka buta huruf sekaligus meningkatkan kemampuan literasi. Hmm, sebenarnya literasi itu apa sih?

Literasi sendiri diartikan sebagai seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

Tema Hari Literasi Internasional tahun ini adalah “Transforming Literacy Learning Spaces“. Peringatan tahun ini menjadi kesempatan untuk memikirkan kembali pentingnya ruang belajar literasi untuk membangun ketahanan dan memastikan pendidikan yang berkualitas, adil, dan inklusif untuk semua.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Menonton Drama Korea Bisa Membuat Kamu Kreatif Menulis

Bicara tentang literasi, tak bisa lepas dari profesi kepenulisan. Sudah banyak drama Korea yang mengangkat kisah pekerjaan di bidang kepenulisan sebagai ide cerita. Mulai dari penulis, editor buku, hingga seniman Webtoon.

13 Drama Korea Kepenulisan

Berikut 13 drama Korea yang mengangkat cerita tentang pekerjaan di bidang kepenulisan. Mulai dari drama lama hingga drama baru yang masih on going.

Full House (2004)

Siapa yang nggak tahu drama Korea legend ini. Drama Korea pertama yang jadi awal mula Korean wave di Indonesia.

Drama ini dibintangi oleh Song Hye-kyo dan Rain. Song Hye-kyo berperan sebagai Han Ji-eun. Han Ji-eun adalah seorang penulis novel. Novelnya banyak ditolak oleh beberapa penerbit. Namun, dia tidak putus asa. Dia terus menulis.

Kegigihan Han Ji-eun berbuah manis. Novelnya pun diterbitkan. Tak hanya itu, cerita dalam novelnya pun diangkat ke layar lebar.

Wah, dari penulis novel beralih ke penulis naskah (script writer)! Keren!

Pinocchio (2014)

Jangan lupa, wartawan juga salah satu profesi di bidang kepenulisan. Buat yang suka nulis dan pengen jadi wartawan, harus nih nonton drakor lawasnya Lee Jong Suk.

Dalam drama ini Lee Jong Suk beradu akting dengan Park Shin-hye. Keduanya menjadi seorang wartawan di sebuah TV swasta. Berkat kegigihannya dalam mencari berita, Lee Jong Suk yang memerankan tokoh Dal Po berhasil menemukan fakta bahwa ayahnya tidak bersalah atas fitnah yang telah dituduhkan seorang reporter televisi.

Menjadi wartawan ataupun reporter itu harus penuh kegigihan. Mencari tahu fakta yang sebenarnya, baru diberitakan kepada masyarakat. Pinocchio menggambarkan perjuangan wartawan ataupun reporter dengan baik.

This My Love (2015)

Drama ini dibintangi oleh Joo Jin Moo sebagai Ji Eun Ho dan Kim Sa Rang sebagai Eun Dong. Ji Eun Ho adalah aktor terkenal yang ingin menulis biografi dirinya. Dia tak hanya ingin menulis biografi tetapi juga ingin menemukan cinta pertamanya.

Sedangkan Eun Dong adalah seorang ghost writer yang bertugas menulis biografi Ji Eun Ho. Siapa sangka ternyata, Eun Dong lah cinta pertama yang dicari oleh Ji Eun Ho.

Dalam drama ini kita bisa belajar bagaimana caranya menulis biografi. Sekaligus berkenalan dengan profesi ghost writer, salah satu profesi di bidang kepenulisan yang cukup menjanjikan.

Radio Romance (2018)

Drama Korea tentang dunia kepenulisan
Drama Radio Romance

Suka dengerin radio nggak? Suksesnya acara radio nggak bisa dilepaskan dari peran penulis program radio. Drama Korea Radio Romance bercerita tentang asisten penulis program radio dengan keterampilan pas-pasan berhasil menjaring aktor terkenal untuk tampil di acara radionya.

Wah, ternyata menjadi penulis program radio itu cukup menantang. Harus bisa menghasilkan script yang membuat acara radio lebih berwarna.

Buat kamu yang pengen jadi penulis program radio, jangan lupa nonton drama Radio Romance ini ya. Drama yang dibintangi oleh Kim So-Hyun dan Yoon Doo-Joon.

Romance is A Bonus Book (2019)

Satu lagi drama Lee Jong Suk yang bercerita tentang dunia kepenulisan. Dalam drama Romance is A Bonus Book ini Lee Jong Suk berperan sebagai dosen, penulis buku sekaligus editor muda berbakat dari sebuah perusahaan penerbitan.

Kalau menonton drama Romance is A Bonus Book ini, nggak hanya belajar bagaimana seorang penulis buku berjuang menyelesaikan naskahnya, tapi juga bagaimana editor dan perusahaan penerbitan punya peran besar dalam kesuksesan sebuah buku.

Bisa dibilang drama ini paket lengkap buat yang mau jadi penulis buku. Belajar bagaimana menyelesaikan naskah, berkomunikasi dengan editor, sampai bekerjasama dengan penerbit untuk mempromosikan buku.

It’s Okay To Not Be Okay (2020)

Drama It’s Okay To Not Be Okay menjadi drama yang paling banyak dibicarakan pada saat penayangannya. Drama yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji ini punya cerita yang unik.

Tak hanya mengangkat isu kesehatan mental dan autisme, drama ini juga bercerita tentang bagaimana seorang penulis dongeng anak membuat bukunya.

Baca Juga : Review Drama Korea It’s Okay to Not Be Okay, Cinta yang Menyembuhkan

Seo Ye Ji berperan sebagai Ko Moon Young. Penulis dongeng anak best seller di Korea Selatan. Cerita dongeng yang diangkatnya berbeda dengan biasanya. Meski terkesan punya sisi gelap, dongeng-dongeng Ko Moon Young selalu dinanti.

Dalam drama ini juga diangkat kisah illustrator buku. Oh Jung Se berperan sebagai Moon Sang Tae, penderita autisme yang berbakat menggambar.

Kemampuan menggambarnya membuat dia diangkat menjadi ilustrator buku dongeng terbaru Ko Moon Young.

Doom At Your Service (2020)

Drama Korea tentang dunia kepenulisan
Drama Doom At Your Service

Doom At Your Service adalah drama fantasi yang dibintangi oleh Park No Young dan Seo In Guk. Drama yang bercerita tentang kisah asmara manusia dengan utusan dewa.

Uniknya, latar cerita drama ini adalah kantor Webtoon. Park Bo Young berperan sebagai Tak Dong Kyung yang berprofesi sebagai editor.

Disini bisa belajar bagaimana seorang editor Webtoon bekerja. Tak hanya memeriksa naskah, tapi juga memastikan penulis Webtoon bisa bekerja tepat waktu.

Cheat On Me If You Can (2020)

Mau menulis novel thriller yang sukses? Wajib banget nonton drama Cheat On Me If You Can. Drama ini dibintangi oleh Go Joon, Cho Yeon Jeong, Kim Young Dae, dan Yeon Woo. Drama ini bercerita tentang Cho Yeon Jeong yang berperan sebagai Kang Yeo Joo.

Kang Yeo Joo ini seorang penulis novel thriller best seller. Kesuksesan novelnya tidak lepas dari riset yang dilakukannya. Saat akan menulis novel, Kang Yeo Joo selalu total melakukan riset. Dia dibantu oleh asistennya, Kim Young Dae yang berperan sebagai Cha Soo Ho.

Baca Juga : Belajar Riset Menulis Fiksi dari Drama Korea ‘Cheat on Me If You Can’

Kalau menonton drama ini, kita akan tahu betapa riset adalah bagian penting dalam sebuah penulisan, termasuk menulis fiksi. Drama ini bisa membuat kita belajar tentang bagaimana melakukan riset untuk menulis fiksi.

Oh! Master (2021)

Drama Korea tentang dunia kepenulisan
Drama Oh! Master!

Oh! Master adalah drama komedi romantis yang dibintangi oleh Lee Min Ki dan Oh Joo In. Drama ini bercerita tentang Lee Min Ki yang memerankan tokoh Han Bi Soo.

Han Bi Soo adalah seorang penulis naskah drama thriller. Dalam drama ini kita bisa belajar bagaimana seorang penulis naskah drama berusaha mati-matian agar naskahnya bisa diperankan dengan baik. Juga bagaimana harus bersikap kepada sutradara dan pemain dari naskah drama yang ditulis.

Pastinya, setiap penulis naskah drama ingin dramanya menjadi sukses dan pemain drama bisa menghidupkan cerita yang telah ditulis.

Woori the Virgin (2022)

Woori the Virgin adalah drama Korea hasil remake dari serial Amerika berjudul Jane the Virgin. Drama ini dibintangi oleh Im Soo Hyang, yang berperan sebagai Oh Woo Ri.

Oh Woo Ri adakah seorang asisten penulis. Dia bertanggung jawab untuk membuat catatan ketika kepala penulis dan anggota tim produksi melakukan brainstorming, mendiskusikan ide, dan membuat keputusan penting.

Menonton drama ini membuat kita jadi tahu bagaimana menjadi seorang asisten penulis. Asisten penulis yang bertugas mendukung penulis dan tim produksi harus siap melakukan hal apa saja. Mulai dari mengetik naskah, melakukan tugas administrasi, hingga mencetak dan memfotokopi naskah.

Soundtrack #1

Soundtrack #1 adalah drama yang dibintangi oleh si cantik Han So Hee dan Park Hyung Sik. Han So Hee berperan sebagai Lee Eun So. Lee Eun So adalah seorang penulis lirik.

Menjadi penulis lirik juga merupakan pekerjaan di bidang kepenulisan. Buat yang suka menulis dan mendengarkan lagu, pekerjaan ini bisa jadi pilihan.

Seorang penulis lagu juga mencari inspirasinya di jalanan. Melihat sekitar ataupun dengan menonton drama.

Adamas (2022)

Drama Korea tentang dunia kepenulisan
Drama Adamas

Adamas adalah drama terbaru yang dibintangi oleh Ji Sung. Dalam drama ini Ji Sung memerankan dua karakter. Pertama, sebagai Song Soo Hyun seorang jaksa yang tegas dan berprestasi. Kedua, sebagai Ha Woo Sin, penulis novel best seller.

Adamas membuat kita jadi tahu beragam pekerjaan di bidang kepenulisan. Mulai dari novelis, ghost writer, editor, hingga asisten penulis.

Dalam drama ini kita pun belajar bagaimana seorang penulis novel harus punya pikiran yang mampu menganalisa. Selain itu, penulis juga harus punya imajinasi tinggi dan bersungguh-sungguh saat melakukan riset.

Today’s Webtoon (2022)

Webtoon makin banyak diminati. Bahkan sudah banyak cerita Webtoon yang diangkat menjadi drama.

Drama Today’s Webtoon ini bercerita tentang bagaimana perusahaan Webtoon harus survive ditengah persaingan yang semakin sengit. Produsen webtoon punya peran penting dalam suksesnya cerita webtoon. Mulai dari mendampingi seniman webtoon untuk menulis tepat waktu, hingga mencari bibit-bibit baru seniman webtoon.

Dalam drama ini juga diceritakan bahwa menjadi penulis webtoon itu juga penuh tantangan. Drama ini dibintangi oleh Kim Se Jeong, Nam Yoon Soo, Choi Daniel, dan Kim Do Hoon.

Buat pecinta webtoon atau yang mau jadi penulis webtoon, wajib nonton drama ini.

Penutup

Dari 13 drama Korea tentang dunia kepenulisan ini, kita jadi tahu bahwa begitu banyak pekerjaan kepenulisan. Mulai dari penulis novel, naskah drama, ghost writer, wartawan, editor, hingga seniman webtoon.

Suksesnya produk kepenulisan tak hanya tanggung jawab penulis semata. Namun, hasil kerjasama semua tim terkait.

Jadikan, sobat Drakor Class mau jadi penulis apa nih? Atau mana pekerjaan di bidang kepenulisan yang ingin dicoba? Yuk, cerita di kolom komentar.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: