Review K-Drama : Innocent Defendant (2017)

Innocent Defendant Cover

Annyeonghaseyo semuanya!

Di akhir bulan Februari nanti, tepatnya tanggal 27, uri Ji Sung oppa bertambah usia! Beliau adalah salah satu aktor yang saya kagumi karena kepiawaian aktingnya yang selalu bikin geleng-geleng sebab kelewat daebak!

Dalam tulisan ini, saya ingin mengulas salah satu drama yang dibintangi Ji Sung yaitu “Innocent Defendant”. Drama yang tayang pada tahun 2017 ini adalah drama Ji Sung terfavorit versi saya.

Baca juga : Dear Cha Yo Han Gyosunim

Meskipun saya adalah seorang romance junkie dan memegang prinsip nonton drakor tanpa romance bagaikan sayur tanpa garam alias hambar, namun “Innocent Defendant” mampu membuat saya menikmati sayuran yang sangat lezat meskipun tanpa tambahan bumbu romance di dalamnya.

Sinopsis Innocent Defendant

Kisah Park Jung Woo

Episode pertama dalam drama ini dibuka dengan mengisahkan kehidupan pemeran utama dalam drama ini yaitu Park Jung Woo (Ji Sung), merupakan seorang jaksa yang sangat terkenal karena kredibilitas serta integritasnya menegakan kebenaran. Ia sangat banyak berjasa menjebloskan penjahat-penjahat kelas kakap ke dalam penjara di Seoul.

Ji Sung - Innocent Defendant
Ji Sung sebagai Park Jung Woo (namooactors)

Kehidupan sempurnanya sebagai seorang jaksa yang dikagumi sekaligus disegani oleh orang-orang sekitarnya berbanding lurus dengan kehidupan sempurnanya sebagai seorang suami dan ayah. Park Jung Woo memiliki istri cantik bernama Yoon Ji Soo (Son Yeo Eun) dan anak perempuan bernama Park Ha Yeon (Shin Rin Ah). Hari itu, dikisahkan bagaimana Park Jung Woo dan istrinya berbahagia merayakan hari ulang tahun puteri mereka.

Bak drama fantasi, Park Jung Woo yang sebelumnya tertidur di kasur rumahnya yang nyaman mendapati dirinya terbangun di dalam ruang tahanan. Ia tidak percaya saat melihat dirinya sendiri menggunakan baju tahanan bernomor 3866. Ia tidak ingat kejahatan apa yang sudah ia lakukan hingga harus mendekam di balik jeruji sel. Park Jung Woo semakin tidak percaya setelah dirinya tahu bahwa yang membuatnya berada di dalam penjara adalah karena tuduhan pembunuhan terhadap istri dan anaknya sendiri. WHAT?!

Ternyata, Park Jung Woo mengalami hilang ingatan. Setiap ia terbangun di pagi hari, memorinya yang tersisa hanyalah saat malam perayaan ulang tahun puterinya. Padahal, ia sudah mendekam di dalam penjara selama 4 bulan lamanya. Park Jung Woo pun dianggap memiliki gangguan kejiwaan.

Kisah Cha Min Ho

Sampai di sini siapa yang penasaraaan?! Haha. Berbeda dengan kebanyakan drama yang lain, di episode pertama ini penonton sudah disuguhkan dengan cerita tokoh antagonis yang juga merupakan tokoh utama dan inti cerita di “Innocent Defendant”. Ia adalah Cha Min Ho (Um Ki Joon), saudara kembar dari Cha Seon Ho yang merupakan pengusaha kaya raya sekaligus pewaris perusahaan besar di Korea Selatan.

Um Ki Joon - Innocent Defendant
Um Ki Joon sebagai Cha Min Ho (SBS)

Berbeda dengan Cha Seon Ho, Cha Min Ho kerap membuat masalah yang menyebabkan keluarganya, terutama ayah mereka, antipati pada dirinya. Suatu waktu, Cha Min Ho dengan sadar dan sengaja melakukan pembunuhan sadis terhadap seorang wanita. Park Jung Woo pun mengendus perbuatannya tersebut sehingga melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Park Jung Woo kemudian meminta kerjasama dari Cha Seon Ho untuk memberitahu keberadaan saudara kembarnya untuk membantu kepolisian menangani kasus ini. Cha Seon Ho akhirnya mencoba membujuk saudara kembarnya untuk menyerahkan diri ke pihak kepolisian, namun Cha Min Ho menolaknya dan dengan sengaja melakukan percobaan pembunuhan pada kakaknya sendiri, kemudian ia berakting seolah-olah dirinya adalah Cha Seon Ho.

Cha Seon Ho lalu meninggal sebagai Cha Min Ho, hal ini hanya diketahui oleh Park Jung Woo yang sempat berbicara untuk terakhir kalinya dengan korban. Kira-kira sudah tahu kan ya siapa dalang yang menjebloskan Park Jung Woo ke dalam penjara?

Akting Pemain yang Memukau

Seperti yang saya bilang di awal kalau sebenarnya saya kurang menyukai drama non-romance apalagi thriller semacam ini. Akan tetapi, akting memukau dari kedua pemain utamanya ini membuat saya ketagihan untuk terus melanjutkan episode demi episode hingga tamat.

Ji Sung Sebagai Park Jung Woo

Park Jung Woo - Innocent Defendant
Park Jung Woo sebagai tahanan (SBS)

Saya tidak tahu lagi bagaimana mendeskripsikan akting pria kelahiran 27 Februari 1977 ini, saking keterlaluan daebak-nya! Haha. Saya sudah kadung kepincut dengan aktingnya sejak ia membintangi drama “Kill Me Heal Me” tahun 2015 silam.

Saat mengetahui ia kembali bermain-main dengan kepribadian di drama “Innocent Defendant” ini, saya tidak ragu untuk langsung menonton drama yang sebenarnya kalau dari genre nggak gue banget ini. Apakah saya menyesal setelah menonton drama ini? Ya jelas, tidak!

Saat berakting sebagai Park Jung Woo, penonton (saya salah satunya) bisa ikut merasakan perubahan emosi yang dialami oleh tokoh utama drama ini. Bisa bayangkan, bagaimana frustasinya seseorang saat menemukan dirinya mendekam sebagai tahanan dan dituduh membunuh anak serta istri yang yang jelas-jelas sangat dicintainya? Ji Sung bisa membawakan karakter seseorang yang merasa kebingungan, tidak percaya, frustasi dan tidak berdaya dengan sangat baik.

Di pertengahan episode, kita akan melihat Park Jung Woo sudah lebih menerima kondisinya dan mulai bisa berpikir jernih untuk mengungkap kebenaran. Namun, berbagai usaha dan upaya yang ia lakukan selalu digagalkan oleh Cha Min Ho sehingga membuat Park Jung Woo bolak balik stress, down dan putus asa baru kemudian mencoba untuk bangkit kembali.

Beruntung Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan makhluknya, sehingga Park Jung Woo bisa melewati itu semua hingga akhir episode. Hehe..

Um Ki Joon Sebagai Cha Min Ho

Cha Min Ho - Innocent Defendant
Cha Min Ho mengambil peran Cha Seon Ho (SBS)

Peran Cha Min Ho yang sukses memporak-porandakan kehidupan seorang jaksa handal tentu tidak lepas dari kemampuan akting Um Ki Joon sebagai psikopat dalam drama “Innocent Defendant” ini. Sumprita, saya gereget banget sama tokoh Cha Min Ho ini!

Setelah membunuh saudara kembarnya, Cha Seon Ho, Cha Min Ho mengambil alih semua yang dimiliki oleh almarhum kakaknya. Ia mengancam istri Cha Seon Ho agar bungkam, karena sejak awal mengetahui bahwa suaminya bukanlah suami sebenarnya. Cha Min Ho pun berakting menjadi anak kesayangan dari ayahnya yang sebenarnya ia benci sejak lama.

Untuk menutupi kejahatan yang ia lakukan, Cha Min Ho tidak segan-segan membayar orang dan menyuap berbagai pihak demi melancarkan jalannya. Ia pun dengan keji melakukan pembunuhan demi pembunuhan pada orang-orang yang berupaya membantu Park Jung Woo mengungkap kebenaran.

Seriously, drama ini membuat gemas penonton yang harus menyaksikan Cha Min Ho dengan lengang berbuat serangkaian kejahatan sementara Park Jung Woo harus menjadi seorang tahanan di dalam penjara. Ketika menonton drama ini, dijamin ingin ikut mengutuk nasibnya di kemudian hari!

Kwon Yuri Sebagai Seo Eun Hye

Seo Eun Hye - Innocent Defendant
Seo Eun Hye sepakat menangani kasus Park Jung Woo (SBS)

Sebenarnya kehadiran perempuan manis salah satu anggota SNSD ini hanya pemanis dalam drama “Innocent Defendant” ini, semacam nggak seru aja kalau nggak ada karakter wanita yang ditampilkan. Walapun, sebenarnya tanpa kehadiran Yuri, drama ini akan tetap sukses merebut hati banyak penonton.

Saya tuliskan di sini juga sebagai pemanis tambahan adanya karakter wanita dalam review drama ini. Heheh..

Seo Eun Hye adalah seorang pengacara yang mendapatkan label ‘pengacara gagal’ karena kemampuan analisanya yang jauh di bawah rekan-rekan pengacara lain sehingga ia sering kali gagal memenangkan kliennya dalam persidangan.

Akting Yuri dalam drama ini, sorry to say, masih jauh dari akting tokoh-tokoh lain apalagi pemeran utamanya. Maklum aja lah ya, biasanya nyanyi sama nge-dance di atas panggung jadi masih kurang luwes saat beradu akting dengan aktor senior macam Ji Sung.

Seo Eun Hye kemudian menangani kasus pembunuhan yang dituduhkan pada jaksa Park Jung Woo. Ia bertekad memenangkan kasus ini dan membebaskan Park Jung Woo dari hukuman mati. Seo Eun Hye juga berperan dalam upaya kaburnya Park Jung Woo dari penjara.

Rekomendasi Bagi Para Pecinta Thriller

Buat chingudeul para pecinta drama thriller terutama penggemar Ji Sung yang belum menonton drama ini, “Innocent Defendant” ini wajib banget ada dalam watch list kalian. Sepanjang 18 episode, chingudeul akan dibawa ke dalam ketegangan petualangan Park Jung Woo dan teman-teman satu selnya yang berusaha kabur dari penjara.

Chingudeul juga akan ikut merasakan bergidik alias ‘merinding disco’ setiap melihat Cha Min Ho melancarkan aksi kejahatannya dengan segala intrik yang nggak kaleng-kaleng.

Drama ini juga tidak hanya berkisah tentang upaya Park Jung Woo mengungkap kebenaran dan membersihkan namanya saja, tetap ada cerita lain seputar persahabatan serta kekeluargaan di dalamnya yang membuat chingudeul ikutan terhibur sekaligus terharu.

Boleh dikatakan, “Innocent Defendant” ini adalah salah satu drama terbaik versi saya dan drama Ji Sung yang paling saya sukai. Kalau chingudeul, drama Ji Sung mana yang paling favorit?

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Baca Juga

2 Komentar

  1. wah ji sung jafi pengacara!
    pasti seru ceritanya
    boleh kali ya nonton ini dulu buat yg uda kangen sama ji sung..

  2. […] banyak sekali drakor bertema hukum dan kriminal yang berkesan bagi kami. Salah satunya adalah “Innocent Defendant” (2017) yang pernah diulas oleh classmate Drakor Class […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: