Poster Kdrama Secret Garden

Review K-Drama Lawas: Secret Garden (2010)

Annyeong Chingudeul,

Hari ini mau menulis drama Korea tahun 2010 yang sering disebut-sebut sebagai referensi dalam berbagai drama Korea romcom lainnya. Drama pertama di mana Son Ye Jin menjadi cameo di dramanya Hyun Bin.

Drama yang bikin banyak gosip dan selalu disebut-sebut kalau lagi gosip tentang masa lalu Hyun Bin.

Tapi, karena Drakor Class bukan situs gosip, saya tidak akan menuliskan hal-hal yang disebutkan, walaupun katanya gosip adalah fakta yang tertunda.

Sebelum nonton drama Hyde Jekyll and Me, sebenarnya drama ini sudah sering terlihat ditawarkan Netflix untuk saya tonton. Akan tetapi ringkasan cerita yang ada di Netflix, tidak membuat saya tertarik menontonnya.

Setelah selesai menonton Hyde Jekyll and Me dan melihat akting dari Hyun Bin, barulah saya mencoba untuk menonton episode pertama dari drama Secret Garden ini.

hyunbin
Capt Ri (CLOY, 2020) – Mr Goo Seo Jin(Hyde Jekyll and Me, 2016)- Kim Jo Woon (Secret Garden, 2010)
(Sumber Soompi)

Di drama Secret Garden, Capt Ri eh Hyun Bin masih sangat kurus dan bahu nya belum seluas samudera seperti sekarang. Jadi mungkin buat para fans Binnie yang baru menonton Crash Landing on You, bakal tidak menyangka kalau dia yang menjadi pemeran utama Secret Garden.

Tentang Kdrama Secret Garden

Drama produksi SBS yang berjumlah 20 episode ini berhasil membuat Hyun Bin dan Ha Ji won mendapat berbagai penghargaan baik perorangan maupun sebagai pasangan terbaik karena chemistry keduanya yang sangat meyakinkan.

Secara keseluruhan drama ini juga mendapat berbagai penghargaan, bahkan mendapat Grand Prize (Daesang) baik di tahun 2010 maupun di tahun 2011.

Drama fantasi dengan cerita pertukaran jiwa sudah pasti tidak masuk akal ya, dan biasanya cerita begini memang tidak menarik buat saya, tapi ternyata akting dari Ha Ji won si tokoh wanita yang pekerjaan karakternya menjadi stuntwoman membuat saya berubah pikiran.

Salah satu yang bikin saya tertarik dengan sebuah drama adalah bila digambarkan wanitanya sebagai wanita yang kuat dan berpendirian. Suka malas duluan kalau melihat penggambaran tokoh wanita menye-menye. Dan seorang stuntwoman sudah pasti harus kuat, kalau tidak kuat sudah pasti dia tidak bisa jadi stuntwoman.

Cerita Secret Garden ini sebenarnya sangat klise seperti hampir semua cerita romcom Korea. Tapi, ceritanya bukan model tinggal serumah begitu, ini lebih ke tukar tempat tinggal karena mereka bertukar tubuh.

Dengan bertukar tubuh mereka semakin mengenal satu sama lain, dan hubungan yang awalnya seperti anjing dan kucing, jadi seperti sepasang merpati.

Pemeran dan Karakter drama Secret Garden

review kdrama Secret Garden
Kim Joo-won, Gil Ra-im dan Oska (Netflix)

Pemeran utama ini seperti halnya semua drama Korea klasik, akan saling terkait dan menyukai orang yang salah. Tapi kisah cinta bersegi ini tentu saja untuk menjadi pemanis cerita dan mengembalikan semua pada pasangan masing-masing.

Hyun Bin sebagai Kim Joo-won

Tokoh pria yang diperankan oleh Hyun Bin, adalah anak orang kaya yang menjadi presiden dari sebuah shopping center. Sebuah insiden terperangkap di lift sebuah gedung yang terbakar di saat dia berumur 19 tahun membuat dia menjadi takut berada di ruangan sempit.

Ternyata, insiden kecelakaan tersebut juga membuat dia sempat seperti kehilangan sebagian ingatannya, dan keluarganya semua berusaha menutupi fakta kecelakaan itu dari dirinya.

Seperti halnya pria kaya yang memang lahir dalam keluarga kaya dalam drama Korea, tingkahnya sangat arogan terhadap siapa saja. Karena masih saja belum punya pasangan, ibunya berusaha menyuruh anaknya ini bertemu dengan wanita cantik anak orang kaya lainnya dalam kencan buta.

Akan tetapi, Joo-won tidak tertarik dengan wanita manapun. Setiap kencan buta, dia dengan arogan akan menolak wanita secantik apapun.

Ha Ji-won sebagai Gil Ra-im

Tokoh wanita yang diperankan oleh Ha Ji-won adalah seorang miskin yang tidak punya orangtua lagi. Ibunya meninggal ketika dia lahir, dan ayahnya seorang kepala pemadam kebaran yang meninggal dalam tugasnya. Gil Ra-im bekerja sebagai seorang stuntwoman untuk film aksi.

Si wanita tinggal berdua dengan sahabatnya Ah Young(Yoo In Na) mengontrak sebuah kamar sangat sederhana yang pintunya saja diplester lakban karena ada bagian yang retak. Sahabatnya ini bekerja sebagai pegawai di shopping center kepunyaan keluarga Joo-won.

Yoon Sang-hyun sebagai Oska atau Choi Woo-young

Sepupu dari Kim Joo-won, adalah seorang penyanyi ternama yang bahkan sudah terkenal sampai ke Jepang. Oska menjadi brand ambassador dari shopping center milik keluarga Joo-won.

Bisa dibilang Oska akan memegang peranan penting untuk pertemuan antara Kim Joo-won dan Gil Ra-im, dan juga memegang peranan di beberapa kejadian sampai pada akhirnya.

Oh ya, Gil Ra Im adalah salah seorang fans berat Oska. Jadi, bisa dibayangkan ya akan ada bagian di mana Joo-won akan merasa cemburu dengan sepupu sendiri.

Kim Sa-rang sebagai Yoon Seul

Wanita cantik anak orang kaya ini adalah cinta pertama Oska. Dia juga merupakan wanita yang menjadi salah satu kandidat kencan buta untuk menjadi pasangan Joo-won.

Bukan hanya cantik, Yoon Seul juga seorang wanita yang punya kemampuan menjadi sutradara video musik.

Bisa ditebak, nantinya dia akan ditunjuk menjadi direktor video musik Oska. Tapi karena masa lalunya, dia justru mempersulit hidup Oska dan malah bertekat mendekati Joo-won.

Sinopsis Secret Garden

Cerita dimulai dengan kesalahpahaman. Seperti biasa, formula dari pertemuan pertama tokoh dalam drama Korea itu kalau bukan karena salah paham, ya kebetulan atau ketidaksengajaan.

Oska, sang artis punya skandal dengan artis wanita. Karena Oska adalah brand dari shopping centernya, mau tak mau Joo-won harus turun tangan membantu.

Oska minta tolong Joo-won untuk membawa si artis wanita yang digosipkan dengnanya menemuinya. Nah, ternyata alih-alih membawa si artis wanita, si tokoh pria membawa stuntwoman dari si artis karena salah paham.

Gil Ra-Im yang merupakan fans berat Oska, tentu saja nurut aja gitu diajak ikut menemui Oska.

Dari pertemuan pertama tanpa sengaja, Joo-won bertemu lagi dan melihat Gil Ra-im sebagai wanita yang aneh karena tidak memperhatikan penampilan dan malah jagoan berantam. Dia tambah merasa aneh lagi karena malah jadi sering terbayang-bayang wajah Gil Ra-im.

Karena penasaran, dia malah jadi mencari tahu lebih banyak tentang Gil Ra-Im daaan tentu saja bkin Gil Ra-im kesal dengan tingkah arogan Joo-won.

Dalam kisahnya, si tokoh pria punya karakter pemuda kaya dan serba ada pada umumnya, dia juga tidak pernah mengerti ada yang namanya kemiskinan. Cara Gil Ra-im yang selalu menolaknya malah membuat dia tanpa menyadari seperti mengejar-ngejar Gil Ra-im.

Gil Ra-im awalnya tidak tertarik sama sekali dengan Joo-won sampai kemudian kejadian di pulau Jeju terjadi.

Pertukaran Jiwa (atau pertukaran Tubuh?)

review kdrama Secret Garden
Mau balapan nih ceritanya (Netflix)

Singkat cerita, dalam sebuah acara syuting video klip untuk Oska, Gil Ra-im sebenarnya ingin ikut menjadi pengisinya akan tetapi dilarang oleh direktur sekolah akting. Eh ternyata, Gil Ra-im mendapat hadiah dari struk belanja di departemen store atas namanya untuk pergi ke pulau Jeju, kencan dengan Oska.

Oska yang baru lepas dari skandal menunjukkan ketertarikan pada GIl Ra-im juga. Lalu, bisa ditebak, 2 pria arogan mau lomba untuk menentukan siapa yang berhak mengejar wanita yang padahal bukan hak mereka.

Gil Ra-im yang mengetahui kalau 2 lelaki tersebut sedang mau balapan dengan motocross bike malah pengen ikutan juga dengan harapan Oska akan mengijinkannya ikut syuting video klipnya jika dia menang balapan.

Tak sengaja Gil Ra-im nyasar. Joo-won. yang bersikeras menyusul kembali akhirnya menemukan Gil Ra-im, di sebuah tempat makan aneh bernama Secret Garden.

Di restoran Secret Garden itu mereka diberikan 2 botol minuman yang berasal dari bunga-bunga hutan. Sepertinya sih minuman beralkohol gitu. Ketika mereka akhirnya kembali ke penginapan, malam itu hujan turun.

Untuk menghangatkan badan, Joo-won dan Gil Ra-im minum ramuan tersebut (masing-masing ya, bukan barengan karena mereka kan ribut melulu) tanpa menyadari konsekuensi dari apa isi racikan tersebut.

Keesokan harinya ketika mereka bangun, di situlah awal dari perjalanan pertukaran tubuh Joo-won dan Ra-im.

Awalnya saya sempat terpikir, bagaimana mereka akan menyelesaikan permasalahan kalau mereka tetap tertukar jiwa sampai akhir episode?

review Kdrama Secret Garden
Penyebab pertukaran (Netflix)

Ternyata ada aturan tertentu yang bisa membuat mereka kembali lagi ke dirinya semula dan kemudian tertukar lagi beberapa kali.

Spoiler? Nggak usah lah ya, tonton saja sampai habis. Cerita genre fantasi ini cukup menarik, dengan sedikit melodrama yang bikin penonton terbawa perasaan.

Tapi overall saya sih suka melihat Hyun Bin berperan dengan karakter Gil Ra Im dan Ha Ji-won yang berperan sebagai karakter Kim Joo-won.

Hal yang berkesan dari Secret Garden

Ada beberapa hal yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk meneruskan menonton drama ini selain karakter dari tokoh wanita yang diperankan Ha Ji Won yang menjadi stuntwoman, antara lain:

  • Pekerjaan stuntwoman jarang diangkat dalam drama.
  • Karakter wanita dalam drama ini semuanya digambarkan cukup kuat. Mulai dari Gil Ra-im, sahabatnya Ah Young, Yoon Seul, bahkan ibu dari Joo-won digambarkan sebagai wanita berkarakter kuat.
  • Karakter pria yang mengejar-ngejar wanita walau dia tidak mengerti dengan perasaannya. Saya suka dengan cerita cinta di mana tokohnya tau apa maunya, daripada yang plin plan karena tidak tau maunya apa.
  • Walaupun terkesan akan ada kisah cinta bersegi-segi, tapi menurut saya sih tidak ada kisah cinta segi tiga dalam drama ini.
  • Bisa melihat akting Ha Ji Won memerankan tokoh wanita dan tokoh pria dan akting Hyun Bin sebagai tokoh pria dan tokoh wanita. Saya selalu kagum dengan kemampuan akting dari aktor dan aktris yang dalam 1 drama bisa memerankan 2 karakter yang berbeda seperti di Hyde Jekyll and Me juga.
  • Tokoh dalam drama ini suka membaca buku, termasuk dongeng putri duyung. Mereka juga berusaha menarasikan kembali akhir dari cerita putri duyung menjadi bagian dari cerita.
  • Hyun Bin mengisi salah satu OST nya yang berjudul That Man. Bisa dibilang ini satu-satunya drama, di mana Hyun Bin bernyanyi untuk OST nya.
  • Jalan ceritanya sepertinya klise, tapi penyajiannya cukup menarik dan tidak semudah itu ditebak.
  • Ada perubahan karakter dari masing-masing tokoh setelah mengenal satu sama lain. Perubahan ini menuju ke arah yang lebih baik ya.
  • Kisah cintanya tidak pakai tarik ulur, setelah mereka memang saling menyukai, mereka tetap teguh. Walaupun ya… untuk membuat jalan cerita menjadi 20 episode, akan ada bagian yang terasa dragging. Karena walaupun genrenya romcom, ternyata ada bagian yang agak melodrama dalam drama ini, jadi roller coaster emosi selalu ada dalam drama ini.

Klasik dan wajib nonton

Buat kamu pecinta drakor yang mencari cerita klasik drakor yang belum dibumbui dengan cerita Hollywood, drama yang satu ini wajib kamu tonton! Biar bisa lihat Capt. Ri sewaktu masih muda seperti apa, hehehe…

Atau, kalau mau melihat Hyun Bin ketika lebih muda dalam drama lebih lawas lagi, coba deh tonton My Lovely Kim Sam Soon.

Siapa yang suka juga dengan drama Secret Garden ini? Kalau kalian berkesan dengan bagian mana?


Posted

in

, ,

by


Comments

6 tanggapan untuk “Review K-Drama Lawas: Secret Garden (2010)”

  1. Avatar Vicky Laurentina

    Secret Garden adalah dramanya Hyun Bin yang ke-2 yang saya tonton. Nonton ini setelah menyelesaikan Crash Landing on You, membuat saya yang terpesona kepada Hyun Bin versi Kapten Ri langsung mules melihat Joo-won.

    Adegan favorit saya kayaknya waktu Ra-im sedang di dalam badannya Joo-won, lalu dipaksa Oska melihatnya telanjang di tempat spa. Ra-im langsung pingsan. Tapi yang membuat saya ketawa jelas lihat ekspresinya Hyun Bin yang pucat pasi melihat Oska telanjang.. :))

    1. Avatar rhin

      hahha iyaa, hyun bin belum terlihat berkilau seperti capt Ri, tapi aktingnya bisa banget bikin tertawa bahagia dan menangis ikut baper di eps tertentu dan merasa kesal melihat kesombongan nya yg tidak pernah liat orang susah. Tapi semua jadi berkesan dan ga bosan mengulang nya beberapa kali.

  2. Avatar Dian

    wah ini zaman hyun bin masih unyu unyu ya kak
    btw ha ji won itu yg main di the king 2 hearts g sih?

    1. Avatar rhin

      iyess king 2 hearts itu drama ha ji won setelah secret garden, makanya pas dia ke Korsel ceritanya dia kagum liat foto Hyun bin di tvtron gedee, hehehe

  3. Avatar lendyagassi

    Fans Hyun Bin kudu nonton drama ini.
    HB paling bersinar di sini.
    Tantangan akting yang liar biasa untuk seorang aktor HB dan HJW.

  4. […] lama sih pada tahun 2010, tapi kalau ngomongin hujan nggak mungkin ngelewatin drama romantis “Secret Garden“. Karena hujan adalah kunci dari drama ini jadi feel-nya pasti bakal dapet banget. Dramanya […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park