3 Hal yang Berkesan dari K-drama “Hyde, Jekyll, and Me”

Hyde Jekyll and Me

Annyeong Chingudeul,

Siapa yang sampai ke tulisan ini karena sedang mencari drama lain yang diperankan oleh Hyun Bin akibat terpapar drakor ataupun masih belum bisa move on dari drama Crash Landing on You?

Daripada nonton ulang drama yang sama berkali-kali, mari sini baca rekomendasi saya tentang salah satu drama yang dibintangi Hyun Bin dan cukup berkesan karakternya. Ga tangung-tanggung, Hyun Bin memerankan 2 karakter dalam drama ini.

Tentang K-Drama Hyde, Jekyll, and Me

poster kdrama Hyde Jekyll, Me
Poster K-drama Hyde Jekyll, Me tahun 2015 (SBS)
  • Judul: Hyde Jekyll, Me (Korean: 하이드 지킬, 나; RR: Haideu Jikil, Na
  • Adaptasi dari Webtoon “Dr. Jekyll is Mr.Hyde” oleh Lee Choong-ho
  • Ditayangkan oleh Seoul Broadcasting System (SBS) dari 21 Januari sampai 26 Maret 2015 (setiap rabu dan kamis)
  • Jumlah Episode: 20 Episode (60 menit per episode)
  • Genre: romantis, komedi, dan drama
  • Penulis: Kim Ji-woon
  • Sutradara: Jo Young-kwang
  • Pemain utama: Hyun Bin, Han Ji-min, Sung Joon dan Lee Hye-ri

Drama ini bisa ditonton di Netflix atau VIU, jadi jangan membajak ya!

Sinopsis “Hyde. Jekyll, and Me”

robin atau mr gu?
Ayo tebak, ini Jang Hana dengan Robin atau Mr. Gu?

Drama ini merupakan drama pertama Hyun Bin setelah menyelesaikan wajib militernya. Bercerita tentang seorang presiden dari taman hiburan seperti Disneyland yang bernama Wonderland di Korea Selatan.

Mr. Gu dan Robin

Mr. Gu, presiden dari Wonderland memiliki penyakit kepribadian ganda. Kalau biasanya pribadi alternatif itu adalah pagi jadi orang baik malam jadi orang jahat, di drama ini justru pribadi yang utama itu Mr. Gu orangnya dingin dan kaku, sedangkan pribadi alternatifnya Robin adalah orang yang ramah, murah senyum, dan suka membantu. 

Alkisah Robin dan Mr. Gu jatuh cinta dengan wanita yang sama, Jang Hana (diperankan oleh Han Ji Min), seorang pemimpin sirkus yang baru kembali dari Amerika untuk meneruskan pekerjaan ayahnya di Wonderland.

Jadi sebenarnya drama ini banyak kisah klise ya, hubungan bos dan anak buah yang awalnya penuh perdebatan sengit karena Mr. Gu berencana menutup sirkusnya, sedangkan Jang Hana berupaya supaya sirkusnya tidak ditutup.

Kisah Penculikan psikiater yang menangani penyakit Mr.Gu

Dalam upaya Jang Hana meyakinkan Mr.Gu supaya tidak menutup sirkusnya, dia mengikuti Mr. Gu ke rumah sakit untuk menemui psikiaternya dr. Kang, eh ternyata Jang Hana malah menjadi saksi dari penculikan dr. Kang yang menangani penyakit Mr.Gu tersebut.

Di saat yang sama dengan kehadiran Jang Hana di Wonderland, Robin muncul lagi kepermukaan setelah beberapa tahun bisa ditekan ke bawah sadarnya Mr. Gu.

Hyde Jekyll and Me
Jang Hana dan Robin (SBS)

Robin yang pribadinya baik, ramah, murah senyum dan muncul di malam hari memikat dan terpikat dengan Hana. Robin mengaku sebagai saudara kembar dari Mr. Gu. Saya termasuk yang awalnya tidak langsung menyadari kalau Robin dan Mr.Gu itu diperankan oleh aktor yang sama. 

Dalam upaya mencari tahu siapa yang menculik Dr.Kang, Mr. Gu meminta Jang Hana untuk tinggal dirumahnya, dan ya klise selanjutnya tentu saja Mr.Gu pun kemudian jadi ikutan menyukai Hana.

Persaingan antara 2 kepribadian membuat Hana pun dihadapkan pada pilihan antara Robin dan Mr. Gu. 

Hal yang berkesan dari drakor “Hyde, Jekyll, and Me”

hyde jekyll and me
Siapa yang jadi Jekyll and siapa yang jadi Hyde? (SBS)

Drama Hyde, Jekyll, and Me ini merupakan drama pertama yang saya tonton  yang mengusung tema kepribadian ganda. Saya menonton drama ini di Netflix dan bukan pada saat masih masa penayangannya. Drama ini merupakan salah satu drama pertama yang saya tonton di awal perjalanan menjadi penonton drakor. 

Banyak yang bilang drama ini kurang sukses dibandingkan Kill Me, Heal Me nya Ji Sung yang kebetulan tayang pada saat yang bersamaan di stasiun TV yang berbeda.

Tapi buat saya, drama ini lebih menarik dari awal sampai akhir dibanding Kill Me, Heal Me. Tulisan saya tentang 2 drama bertema kepribadian ganda ini bisa dibaca di blog saya.

1| Memperkenalkan penyakit kepribadian ganda

Drama Hyde Jekyll and Me ini berkesan karena walaupun banyak plot klise seperti umumnya pada drakor, tapi topik penyakit kepribadian ganda membuat nilai tambah dari drama ini. Isu mental ilness memang sering dibahas dalam drama Korea.

Metode yang digunakan untuk terapinya menggunakan hipnotis sebenarnya agak berlebihan, dan penyelesaian akhirnya juga terasa too good to be true. Tapi saya belum pernah mencari tahu apakah memang ada yang menyembuhkan penyakit kepribadian ganda ini dengan hipnotis. 

Terlepas dari penyelesaiannya masalah kepribadian ganda (yang rasanya belum ada yang berhasil menyembuhkannya), drama ini tetap menarik karena prosesnya tidak terburu-buru.

Ada konflik lain yang terjadi selain masalah penyembuhan kepribadian ganda, dan perebutan cinta antara 2 kepribadian yang mendiami 1 orang ini.

Proses  yang mengupas trauma masa kecil menunjukkan sebab munculnya kepribadian ganda, penyelesaian konflik penyebab trauma itu diselesaikan dengan tuntas sebelum kembali fokus pada proses penyembuhan kepribadian ganda.

2| Hyun Bin memerankan 2 karakter yang berbeda

Biasanya dalam drama Korea ada 2 pria menyukai wanita yang sama, atau 2 wanita menyukai pria yang sama. Kali ini, Hyun Bin menjadi 2 karakter yang menyukai wanita yang sama, sedangkan wanitanya hanya menyukai salah satu karakternya saja tanpa menyadari kalau 2 karakter itu adalah orang yang sama.

hyunbin sebagai robin dan mr. gu
Hyun Bin sebagai Robin dan Mr. Gu (SBS)

Proses kisah cintanya bagaimana? Ada kisah cinta pada pandangan pertama, dan ada kisah cinta ternyata mereka pernah bertemu di masa remaja.

Siapa yang bertemu dengan siapa pada masa yang mana? Hehehe, kalimatnya jadi muter-muter.

Ya ini lagi nilai plus buat Hyun Bin. Selain menjadi 2 orang dengan karakter yang berbeda Robin dan Mr. Gu, terkadang dia harus berperan sebagai Robin yang sedang menyamar menjadi Mr. Gu dan sebaliknya.

Sebagai penonton, kalau tidak mengikuti cerita dengan seksama, kita pasti tidak bisa membedakan dia sedang jadi siapa.

Paling susah itu pastinya memerankan tokoh yang dingin harus menjadi orang ramah, karena aslinya dia kan gak bisa humor, gak gampang senyum, dan tidak biasa bersosialisasi. Lalu dia juga harus menjadi orang yang dingin padahal aslinya ramah terhadap semua orang.

Kebayang kan kalau orang yang biasanya selalu ramah menyapa siapapun dan gampang tersenyum, harus pura-pura tidak kenal supaya bisa menjadi karakter yang dingin.

Saya suka juga dengan drama ini karena baik sebagai Robin maupun sebagai Mr. Gu, masing-masing karakter pria tau apa yang dia mau.

Antara Robin dan Mr.Gu (SBS)

Perebutan antara 2 karakter dilakukan dengan berkomunikasi lewat pesan video, jadi mereka punya ruang khusus dan perjanjian yang harus dipenuhi untuk menjaga 2 karakter sama-sama eksis pada jam nya masing-masing.

Komunikasi ini bisa dilakukan atas saran dr. Kang sang psikiater dan juga karena mereka selalu muncul pada jam tertentu.

3| Semua konflik diselesaikan dengan tuntas

Secara keseluruhan 20 episode berlalu dengan cepat dan setiap masalah yang timbul dikupas tuntas tanpa ada kesan terburu-buru dalam menyelesaikannya. Ada sih bagian drama ini yang terasa jadi lambat, terutama ketika salah satu karakter mulai galau. 

Han Ji Min dan Hyunbin dalam Hyde Jekyll Me
Jang Hana dan Mr.Gu (SBS)

Pertanyaan-pertanyaan in semua dijawab dan dikupas satu demi satu sampai tuntas. 

  • Apakah Hana akhirnya mengetahui bahwa Robin dan Mr. Gu orang yang sama? 
  • Siapakah yang menculik psikiaternya dan apa alasannya? 
  • Dan siapa akhirnya yang dipilih Hana? 
  • Apakah Mr.Gu atau Robin akan sembuh? 

Itu semua akan menjadi spoiler kalau saya tuliskan. Beberapa orang merasa 20 episode terlalu banyak, tapi menurut saya memang dibutuhkan 20 episode untuk menyelesaikan drama ini.

Bahkan kalau dilebihkan 1 atau 2 episode lagi asal diberi cerita bahagianya saya tidak keberatan, hahaha…

Bagaimana dengan chingudeul, apakah sudah menonton drama ini? menurut kalian apa hal yang berkesan dari drama “Hyde, Jekyll, and Me” ini?

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Baca Juga

2 Komentar

  1. Di Secret Garden peran ganda jd cewek sama cowok, di drama ini jd penderita DID. Selalu bikin pusing memang tiap liat si Mas main drama 😂

    1. pusing atau kagum? hehehe, ntar deh tunggu ya, bakal ada tulisan tentang secret garden juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: