Review K-Drama Lawas: My Lovely Kim Sam Soon (2005)

sam soon staircase

Annyeong Chingudeul!

Tahukah kamu drama apa yang pertama kali membuat nama Hyun Bin terangkat popularitasnya? Drama di saat Hyun Bin masih sangat muda dan bahunya mungkin belum seluas samudera, eh maksudnya sebesar saat menjadi Capt. Ri di Crash Landing on You.

Drama tahun 2005 berjudul My Lovely Kim Sam Soon ini lah yang membuat nama Hyun Bin mulai dikenal sebagai aktor Hallyu di Korea Selatan.

Selain mendapatkan rating sampai di atas 50 persen, Drama ini juga menyabet Grand Prize for TV di Baeksang Art Awards 2006 dan hampir semua nominasi di MBC Awards 2005.

Sebenarnya setelah menonton drakor Hyde Jekyll and Me, berikutnya saya menonton Secret Garden sebelum akhirnya menonton My Lovely Kim Sam Soon.

Saya memilh menuliskan drama ini lebih dulu dibandingkan Secret Garden, karena saya lebih suka drakor My Lovely Kim Sam Soon ini. Ceritanya lebih ringan, alurnya cepat dan menghibur.

pemain utama my lovely kim sam soon
Kim Sun-a, Jung Ryeo-won, Daniel Henney dan Hyun Bin (MBC)

Salah satu pemeran pendukung dalam drakor ini Daniel Henney dikabarkan akan main bareng Hyun Bin lagi dalam film Confidential Assingnment 2.

Sinopsis My Lovely Samsoon

Drama tahun 2005 ini merupakan drama yang membuat popularitas Hyun Bin melambung dengan rating drama yang tinggi, padahal ceritanya agak tak biasa pada masa itu, karena wanitanya lebih tua dari pria nya alias noona romance

Hyun Bin sebagai Hyun Jin Heon

review my lovely kim sam soon
Hyun bin dan Kim Sun-a (MBC)

Kisah dalam drama ini tentang seorang anak pengusaha hotel dan restoran Hyun Jin Heon berumur sekitar 27 tahun (diperankan oleh Hyun Bin) yang memilih mandiri dengan membuka bisnis restoran Perancis dan bukannya meneruskan bisnis hotel seperti ibunya.

Ayahnya sudah tidak ada, kakaknya dan istrinya juga sudah meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di mana Jin Heon yang menyetir mobil.

Kecelakaan itu menyebabkan dia sempat dirawat cukup lama di rumah sakit karena kakinya mengalami luka serius. Sejak itu dia juga trauma menyetir mobil walaupun kakinya bisa pulih.

Pacarnya yang dia kenal sejak SMA (dan cinta pertamanya) pergi meninggalkannya saat dia masih belum pulih dari kecelakaan. Keponakannya yang masih belum usia sekolah juga tidak mau bicara sejak kecelakaan tersebut.

Beberapa tahun berlalu sejak kecelakaan, tapi hatinya belum pulih ditinggal pacar walau sudah didesak ibunya untuk mencari pasangan karena sudah mendekati umur 30 tahun. Tapi dengan karakternya yang sombong dan belum move on dari kisah cinta lama, ya mau dikenalin dengan cewek sebanyak dan secantik apa juga ya tetap tidak ada yang cocok. Klise ya!

Kim Sun-a sebagai Kim Sam Soon

Tokoh wanita dalam cerita ini merupakan sumber dari judul drama ini: Kim Sam Soon (yang diperankan oleh Kim Sun-a).

Kim Sam Soon berumur 29 tahun dan merupakan seorang pastry Chef yang sedang mencari pekerjaan karena baru di pecat dari tempat kerjanya. Dia juga baru diputuskan oleh pacarnya setelah pacaran beberapa tahun.

Sejak lama, Kim Sam Soon tidak suka dengan namanya namanya, karena namanya itu secara literal artinya anak perempuan ke-3. Dan dia sering ditertawakan setiap kali mengenalkan namanya.

Jadi bayangkan seorang perempuan berumur 29 tahun, chubby karena makan mulu sejak ditinggal pacar, tidak punya pekerjaan dan merasa namanya aneh. Kim Sam Soon merasa dunia sangat tidak adil padanya. Dia juga jauh dari kata feminim, malah cenderung galak.

Pertemuan pertama Jin Heon dan Sam Soon

Peristiwa Sam Soon putus pacar ini menjadi awal dari drakor ini. Kim Sam Soon membuntuti pacarnya di malam Natal, di sebuah hotel yang mana merupakan salah satu hotel milik orangtuanya Jin Heon. Saat itu Jin Hoen juga sedang dalam acara blind date yang dikenalkan oleh ibunya.

Jin Heon tak sengaja mendengar obrolan antara Sam Soon dengan pacarnya ketika putus. Sam Soon yang sedang kalut setelah diputus pacar yang selingkuh salah masuk ke toilet pria.

Kim Sun-a dalam my lovely sam soon
Kim Sun-a sebagai Kim Sam Soon

Kebetulan (disuruh sutradara sih), Jiin Hoen juga sedang di toilet dan mengetuk pintu bilik tempat Sam Soon sedang nangis bombay dan maskaranya pun luntur.

Scene ini tuh antara mau sedih tapi jadi lucu. Yang cewek sedang nangis sedih, yang cowok sedang mengingatkan karena si cewek salah masuk toilet, tapi ya kejadian pertemuan pertama itu ternyata jadi tetap diingat saat mereka bertemu lagi beberapa bulan kemudian.

Pertemuan berikutnya…

Pertemuan antara Sam Soon dan Jin Heon berikutnya terjadi ketika Jin Heon sedang mencari pastry chef untuk restorannya. Jin Heon sedang berusaha merekrut pastry chef dari restoran hotel milik ibunya, pada saat yang sama Kim Sam Soon sedang melamar pekerjaan ke tempat tersebut.

Sam Soon ditolak karena kualifikasinya dianggap ketinggian dengan lowongan yang dibutuhkan. Padahal dia datang menyiapkan kue buatannya. Jarang-jarang kan ada orang ditolak karena over kualifikasi.

Karena penasaran, Sam Soon mengintip dapur restoran hotel, eh ketahuan sama Jin Heon yang sedang berjalan ke arah dapur hotel. Tak sengaja, ketika Sam Soon berbalik arah karena kaget, rambutnya Sam Soon nyangkut di kancing jas Jin Heon.

Jin Heon ga pakai mikir, minta diambilkan gunting dan menggunting rambut Sam Soon. Sam Soon jadi emosi dan melempar kue yang dia bawa ke muka Jin Heon.

Hyun Bin dalam my lovely kim sam soon
Kue pembawa keberuntungan buat Sam Soon (MBC)

Walaupun itu adegan kategorinya tak baik untuk ditiru, tapi saya bisa mengerti kenapa seorang Sam Soon emosi rambutnya digunting begitu saja tanpa permintaan maaf pula.

Peristiwa lemparan kue itu ternyata membawa hikmah, karena Jin Heon jadi mencicipi kue buatan Sam Soon itu enak. Berhubung dia butuh pastry chef, Jin Heon mengejar Sam Soon untuk menjadi pastry chef di restorannya dan menyuruhnya datang membawa contoh-contoh masakannya.

Drakor Romcom Penuh Kisah Klise

Singkat cerita karena Sam Soon butuh pekerjaan, dia datang membawa kue-kue buatannya dan diterima bekerja di restoran milik Jin Heon.

Klise yang sering terjadi dalam drakor. Hyun Bin jadi bos, dan Kim Sun-a jadi anak buahnya.

review my lovely kim sam soon
Salah satu scene di mana Jin Heon membujuk Sam Soon menjadi pastry chef di restorannya

Sam Soon tadinya tidak ingat kalau pria yang menjadi bos nya itu adalah pria yang melihat dia menangis di toilet pria di malam Natal di saat dia putus cinta. Dia berharap kalau Jin Heon tidak mengingat fakta itu.

Karena Sam Soon tidak suka namanya, dia juga meminta namanya diganti menjadi Kim Hee Jin sebagai syarat untuk bekerja di restoran tersebut.

Awalnya Jin Heon menolak, karena Hee Jin adalah nama mantannya, cinta pertama yang belum dia lupakan. Tapi karena dia butuh pastry chef, dan Sam Soon bersikeras untuk dipanggil Hee Jin dan tidak mau nama lain. Akhirnya Jin Heon menyerah dan menerima persyaratan dari Sam Soon.

review my lovely kim sam soon
Photo Shoot untuk promosi Kim Sam Soon (MBC)

Cerita My Lovely Sam Soon ini berlanjut dengan dikenalkannya Sam Soon sebagai calon istrinya ke ibu Jin Heon, karena dia didesak terus menerus untuk punya pacar. Sam Soon menyetujui menjadi pacar pura-pura, karena dia butuh pinjaman duit sekitar 50 juta won untuk mencegah rumah ibunya disita. Ide ini sebenarnya ide dadakan yang ditemukan Jin Heon supaya Sam Soon tetap bekerja di restorannya.

Ini tuh kayak resep klise drakor yang masih sering dipakai. Pura-pura diakui sebagai pasangan, lalu lama-lama karena sering bertemu mulai saling mengenal dan ternyata saling menyukai tanpa menyadarinya.

review my lovely kim sam soon
Boneka babi yang lucu menjadi bagian dari cerita (iMBC)

Eh kalau dibilang mereka denial aja sih awalnya, tapi tak kuasa menolak rasa yang hadir. Witing tresna jalaran saka kulina kalau kata orang Jawa. 

Hal yang berkesan dari My Lovely Sam Soon

review my lovely kim sam soon
Kim Sam Soon dan Kim Sam-shik (MBC)

Hal yang berkesan buat saya itu karakter Sam Soon nya. Terlepas dari ketidaksukaanya terhadap namanya, dia digambarkan sangat passionate dengan pekerjaannya menjadi pastry chef.

Kalau ditunjukkan dia sedang masak, aduh rasanya saya pengen bisa mencicipi kue buatannya. Dia juga punya pengetahuan yang banyak tentang pastry.

Setiap pembicaraan, dia suka sekali menjelaskan berbagai kue dari Perancis. Ceritanya dia pernah ke Perancis untuk belajar nonformal. Jadi dia bukan bersekolah, hanya bekerja langsung di restoran untuk mendapat pengalamannya. 

Walaupun Sam Soon dikisahkan jauh dari feminim, tapi dia juga tidak tomboy. Dia selalu menyatakan apa yang dia pikirkan secara terang-terangan.

Ketika dia menyadari kalau dia suka dengan bos nya, dia juga berusaha menahan diri dan memilih untuk membatalkan kontrak dengan menyerahkan surat rumahnya daripada terus menerus merasa berhutang.

Bisa dibilang, Sam Soon cukup tahu diri dan memilih berhenti kerja daripada dia sering salah paham memaknai kelakuan Jin Heon. 

review my lovely kim sam soon
So cute.. bonekanya! (MBC)

Dari episode pertama saya merasa terhibur menonton drama ini. Akting Kim Sun-a yang lebih senior cukup bisa membuat akting Hyun Bin yang masih tergolong aktor baru jadi terlihat menarik juga.

Adegan-adegan seperti rambut tersangkut kancing baju, atau kue yang dilempar ke muka bisa membuat terasa lucu walau agak kasian.

Scene yang paling saya ingat juga adalah ketika Jin Heon membuntuti Sam Soon naik tangga untuk naik cable car di Namsan Tower. Bagaimana Jin Hoen membujuk Sam Soon untuk tetap bekerja dengannya.

Tangga menuju ke cable car di Namsan Park sekarang ini dikenal dengan Nama Sam Soon Steps.

(SPOILER)

Ada bagian yang kurang menyenangkan dari drama ini, dan bagian ini tidak bisa disebutkan tanpa menceritakan berupa spoiler.

Ketika hubungan antara Jin Heon dan Sam Soon sudah mulai terlihat hampir jadi, mantan Jin Heon datang ke Korea  dan Jin Heon seperti melupakan Sam Soon.

Lalu setelah Sam Soon menyerah dan memilih move on dari Jin Heon, eh ternyata Jin Heon sadar kalau hatinya sudah tertambat di Sam Soon tanpa dia sadari.

Jin Heon mengejar Kim Sam Soon sampai ke Gunung Hallasan di Jeju Island. Tak lupa membawakan sup hangat hadiah ulang tahun Kim Sam Soon. So sweet.

Udah nih, saya pikir setelah itu masalah selesai. Tapi jumlah episodenya belum habis dong.

review my lovely kim sam soon
Hallasan Mountain (MBC)

Ternyata sampai episode terakhir, Jin Heon masih bikin tingkah dengan mengantar mantan pacarnya ke Amerika dan tidak ada kabar selama beberapa bulan. Untungnya ada penjelasan akhir sih, walaupun saya sempat merasa kesal dengan karakter Jin Heon.

Kekesalan terbayar ketika Jin Heon tetap memilih Sam Soon walau ibunya tidak setuju dan diancam tidak diberikan warisan. Cerita di mana pria memperjuangkan wanitanya dibandingkan harta itu selalu lebih berkesan buat saya.

Penutup

Sekarang ini ada banyak sekali drama ongoing yang ceritanya mulai mengambil style produksi Hollywood. Buat saya yang lebih suka cerita ringan tapi disajikan dengan alur yang cepat dengan genre romcom, drama model Kim Sam Soon ini bisa jadi hiburan untuk ditonton berkali-kali.

Kalau kamu penggemar romcom, coba deh tonton drakor ini. Klise tapi tetap menarik dan lebih menghibur. No monster, no blood, ga pake senjata api.

Nah buat yang sudah menonton drakor ini, yuk bagikan komentarnya.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: