Soo Ah “Gangnam Beauty” VS Soo Jin “True Beauty”

soo ah vs soo jin

Kemarin saya membaca pertanyaan di Twitter, Siapa lebih jahat antara Soo Ah di Gangnam Beauty atau Soo Jin di True Beauty? Banyak yang beranggapan kalau mereka sama saja jahatnya. Soo Ah dan Soo Jin merupakan tokoh wanita cantik yang sama-sama menyukai tokoh pria utama yang diperankan Cha Eun Woo dan sama-sama tidak terpilih dan menjadi jahat terhadap tokoh utama wanita.

Yang mereka lakukan memang sama-sama tindakan tidak terpuji, selalu terlihat ramah dan bersahabat dengan tokoh wanita utama tapi ternyata palsu. Mereka memanipulasi kata-kata dan main halus biar tidak ketahuan aslinya. Tapi menurut saya, Soo Jin lebih jahat dibandingkan Soo Ah.

Beberapa waktu lalu, saya baru menyelesaikan menonton Gangnam Beauty selagi menunggu kelanjutan dari True Beauty, jadi saya masih cukup ingat dengan penjelasan kenapa Soo Ah menjadi jahat. Sekilas memang 2 drakor Cha Eun Woo tersebut mirip, tapi ada beberapa hal yang berbeda dan sudah pernah saya tuliskan tentang Chan Eun Woo, Antara Gangnam Beauty dan True Beauty.

Soo Ah di “My ID is Gangnam Beauty”

Dalam episode 15 drakor My ID is Gangnam Beauty, diceritakan kalau Soo Ah punya masa kecil yang tidak bahagia, dia sangat dekil dan diabaikan oleh ibunya dan tentunya karena dia dekil tidak ada yang mau menjadi temannya. Sampai suatu ketika, ibunya memandikannya dan memberinya makan lalu meninggalkannya lagi. Dia menjadi lebih bersih dan terlihat cantik. Soo Ah mulai mendapatkan teman karena terlihat bersih dan cantik. Setiap anak senang padanya dan tidak menjauhinya lagi.

Masa kecil yang diabaikan

Soo Ah merasakan bedanya ketika dia kotor dan terlihat bersih dan cantik, hal ini membuat dia memiliki konsep diri yang salah untuk mendapatkan cinta dan perhatian. Dia merasa untuk membuat orang memperhatikanya, dia harus cantik, tapi pada saat yang bersamaan tetap tidak menonjolkan kecantikannya. Dia merasa perlu untuk membuat semua orang senang dengan cara berusaha mengikuti apa saja yang diminta oleh teman-temannya, dia berushaa untuk selalu setuju dengan pendapat orang lain, selalu tersenyum, baik hati dan ramah. Dia juga merasa tidak boleh terlalu pintar di mata orang lain.

Sebenarnya, tidak ada yang salah menjadi orang yang selalu ramah, baik hati, suka senyum dan rendah hati dengan tidak menyombongkan kecantikan ataupun kepintaran, tapi ketika itu akhirnya dilakukan dengan tujuan memanipulasi orang lain akhirnya kelakuannya ini menjadikan hubungan pertemanannya tidak ada yang benar-benar dia lakukan secara tulus. Pertemanan terjadi penuh dengan kepalsuan, dia juga tidak ragu untuk berbohong demi untuk tetap disukai oleh teman-temannya.

Konsep diri yang salah membuat gangguan mental

Karena sudah diabaikan oleh ibunya sejak kecil, Soo Ah merasa perhatian dari teman-temannya adalah segalanya, dia menjadi selalu haus perhatian dan merasa semua orang hanya boleh memperhatikan dia. Lama-lama kelakuannya sudah menjadi seperti penyakit kejiwaan, dia akan melakukan segala cara termasuk memuntahkan kembali makanannya supaya bisa terlihat tetap langsing dan cantik, lalu dia berbohong dan mengatakan kalau dia tidak pernah gemuk walau sebanyak apapun makanan dia makan. 

Bibir tersenyum dan ramah terhadap semua orang, tapi hati tidak terima kalau ada orang lain yang lebih cantik, lebih pintar, lebih disenangi banyak orang. Setiap ada wanita lain yang disukai oleh seorang pria, dia tidak terima dan berusaha membuat pria itu suka padanya juga. Kecantikannya sudah menjadi senjata buatnya mendapatkan perhatian dan cinta dari sekitarnya, dan dia tidak ingin membaginya dengan orang lain.

Soo Jin di True Beauty

Soo Jin adalah gadis yang cantik alami, ramah, selalu bela teman dan pintar. Tapi karena sekelas dengan Suho, pria yang lebih pintar, dia selalu dapat ranking 2. Orangtuanya tidak terima kalau putrinya hanya menjadi ranking 2, papanya sering memukulnya karena tidak menjadi nomor 1 di kelasnya. Tuntutan dari orangtuanya untuk menjadi nomor 1 membuatnya stress dan mempunyai kebiasaan mencucitangannya sampai terluka ketika merasa tekanan.

Karakter yang tadinya baik

Karakter Soo Jin aslinya baik hati dan tulus dalam berteman. Bukan sekali dua dia membela teman-temannya. Pokoknya dia sempurna di mata teman-temannya kecuali di mata ayahnya yang tidak terima kalau anaknya bukan nomor 1. Soo Jin juga bersahabata dengan Ju Kyung. Dia mau mendengarkan keluhan dari Ju Kyung dan bahkan membantu Ju Kyung supaya tidak ketahuan wajah aslinya dalam acara camp sekolah (True Beauty episode 9).

Tapi di True Beauty episode 11 dan 12, diceritakan perlahan Soo Jin menjadi jahat kepada Ju Kyung, apalagi sejak dia tahu kalau Ju Kyung dan Suho saling suka dan pacaran. Soo Jin merasa dia lebih berhak menjadi pasangan Suho dibandingkan Ju Kyung. Soo Jin merasa dia sudah lebih dahulu mengenal Suho sejak kecil, selama 10 tahun, jadi Suho (diperankan oleh Cha Eun Woo) harusnya menjadi pacarnya dan bukan malahan jatuh hati pada Ju Kyung. 

Jadi jahat karena cinta?

Dengan alasan kecewa karena Suho tidak memilihnya, Soo Jin menjadi jahat dan dengan sangat terencana membuka rahasia yang dipercayakan Ju Kyung kepadanya. Dia malah memanfaatkan teman sekolah Ju Kyung dari sekolah yang lama.

Soo Jin tahu persis apa ketakutan Ju Kyung, Soo jin juga bilang kalau orang yang memusuhi Ju Kyung karena wajah aslinya jelek itulah yang pecundang. Soo jin juga tahu kalau apa yang dia lakukan itu tidak berbeda dengan tindakan bully dan seharusnya tidak dilakukan, tapi dia tetap memilih melakukannya. Dia merencanakan kejahatannya dengan sangat baik, dan di depan Ju Kyung dia tetap berpura-pura baik.

Siapa lebih jahat Soo Ah atau Soo Jin?

Soo Ah di Gangnam Beauty menjadi jahat karena trauma masa kecilnya. Dia punya konsep diri yang salah. Dia punya rasa haus perhatian dan sudah mengarah ke gangguan mental. Dia sudah tidak menyadari lagi kalau yang dia lakukan itu jahat, dia hanya ingin dicintai. Dia tidak terima ketika ada orang yang menjadi cantik dengan operasi plastik menjadi populer, disukai banyak orang, dan disukai oleh cowok paling populer di kampus. Pokoknya dia tidak mau ada yang lebih populer dan dicintai dibandingkan dirinya.

Soo Jin juga ingin dicintai oleh Suho (selain ingin dicintai orangtuanya dengan prestasi di sekolah), tapi dia jadi melupakan kalau sebenarnya teman-temannya yang lain termasuk Ju Kyung itu sayang sama dia. Ju Kyung sampai tidak berani menceritakan dia sudah jadian dengan Suho demi menjaga perasaan Soo Jin. Soo Jin malah dengan sengaja membuat kesan Suho juga suka padanya dan membuat Ju Kyung sempat salah paham dengan Suho.

Mungkin ini pelarian dari rasa frustasi Soo jin karena tuntutan ayahnya, tapi menurut saya, Soo Jin melakukan dengan sadar kejahatan pada Ju Kyung, padahal sebelumnya dia baik-baik saja berteman dengan Ju Kyung. Cemburu sih sah-sah saja, tapi kemudian melakukan hal yang dilakukan pecundang dan bully ini namanya jahat banget banget.

Menurut pembaca, antara orang yang melakukan kejahatan karena konsep diri yang salah dan kecenderungan sakit mental dengan orang pintar yang merencanakan kejahatan dengan sangat terencana, siapa yang lebih jahat?

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. http://blog.compactbyte.com

Baca Juga

3 Komentar

  1. Kata saya sih, lebih jahat yg dg sadar melakukan kejahatan itu. Tp kasian sama Soo ah dan soo jin sebetulnya, mereka tu korban.

    1. iyaaa, mereka korban tuntutan lingkungan dan haus kasih sayang dan perhatian, jadilah kesimpulan emang harus punya konsep diri yang benar ya, cantik bukanlah segalanya, lebih penting karakter budi pekerti

  2. […] Soo Ah “Gangnam Beauty” VS Soo Jin “True Beauty” Baca Juga Tulisan Tentang Soo Ah vs Soo Jin ini. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: