Review Drama Korea 2021

Halo, Sahabat Drakor Class, apa kabarnya di penghujung bulan Desember ini? Masih menikmati waktu istirahat dan liburan yang nggak pergi ke mana-mana? Jangan khawatir, selalu ada drama (dan film) Korea yang siap menemanimu di berbagai aplikasi streaming.

Dalam tulisan ini saya akan membahas drama-drama Korea yang hits sepanjang tahun 2021. Hits bukan hanya dari segi temanya yang tidak biasa, atau bahkan sudah mirip serial Hollywood, tapi juga dari berbagai kontroversi yang ditimbulkannya.

Benarkah Drama Korea Sekarang Rasa Hollywood?

Pada awal tahun 2021 Cho Rijo dan Cho Sweeney, si kembar lain ibu dan lain ayah dari Drakor Class, membahas hal ini.

Podcast yang membahas pergeseran kiblat tema drama Korea.

Apa pasal? Drama “Vincenzo” yang sangat permisif dengan kebrutalan dan balas dendam, drama “Sisyphus: The Myth” yang mengusung tema time travel dan keberadaan organisasi rahasia, dan drama “Vagabond” yang menggadang teori konspirasi.

Tiga sampai lima tahun lalu tema-tema seperti ini sangat jarang ditemukan di drama Korea, tapi lain dulu lain sekarang.

Drama Korea ditawarkan secara masif di berbagai aplikasi streaming, mulai dari pemain besar seperti Netflix sampai ke pemain pemula seperti Iqiyi, sehingga mau tak mau drama-drama itu mengusung nilai-nilai kehidupan yang sekiranya sesuai dengan pangsa pasar yang ditargetkan.

Drama Korea tidak lagi melulu soal mengupas tuntas sebuah profesi (juru masak, reporter, penulis, dokter, semua ada), cerita cinta, dan dinamika keluarga. Tema yang disajikan oleh drama Korea menjadi sangat bervariasi, dan apa boleh buat terlihat mengarah ke industri Hollywood yang lebih matang dan mapan.

Kalau kamu, lebih suka drama Korea dengan tema klasik atau tema beragam seperti sekarang?

Drama Korea dan Kontroversi

Masih ingat dengan Ji Soo, our forever sad boy? Tahun 2021 dipandang optimis oleh para pecinta sageuk dan pecinta si Pangeran ke-14 dari drama “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo” ini karena akhirnya our sad boy mendapat peran sebaga male lead dalam drama “River Where the Moon Rises” bersama Kim So Hyun.

Poster awal drama “River Where the Moon Rises”.

Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, baru beberapa episode ditayangkan Ji Soo diterpa gosip tak sedap terkait perundungan dan pelecehan seksual yang disinyalir dia lakukan semasa sekolah.

Meskipun Ji Soo telah meminta maaf, KBS segera bertindak cepat untuk mengatasi skandal dan meredakan amukan K-Netizen dengan mengganti Ji Soo sebagai On Dal dengan Na In Woo, si abang sepupu ganteng di drama hits “Mr Queen”.

Kalau kamu lebih suka On Dal diperankan siapa?

Tidak hanya perkara penggantian On Dal yang bikin patah hati, pembatalan drama sageuk lain berjudul “Joseon Exorcist” juga menjadi salah satu highlight dari tahun ini: jangan anggap enteng pendapat K-Netizen publik!

Petisi yang diajukan ke Blue House, kantor kepresidenan Korea Selatan, dan satu per satu sponsor yang menarik support-nya membuat drama ini dihentikan oleh SBS setelah tayang dua episode saja. Hiks.

Jangan khawatir, Sahabat Drakor Class, masih ada drama sageuk yang sukses dengan selamat ditayangkan komplit di tahun ini. Sebut saja “Lovers of the Red Sky”, “The King’s Affection”, dan “Red Sleeve” yang berhasil membuat kami ter-junho-junho. Apakah kamu juga?

Jun Ho yang sangat matang sebagai raja dalam “Red Sleeve”.

Drama Korea dan Kejahatan

Tahun ini tahunnya drama Korea bertema kriminal dan thriller sepertinya. Drama-drama dengan tema ini mendapat rating tinggi, meraih berbagai penghargaan, dan diperbincangkan di mana-mana.

Favorit saya tahun ini adalah “Jirisan” yang diperankan oleh Ju Ji Hoon dan Jun Ji Hyun. Cerita pembunuhan di kota (Seoul) sudah ada di banyak drama, tapi cerita pembunuhan dengan setting di gunung yang misterius? Baru “Jirisan” yang menghadirkannya.

Kalau kamu sudah sangat menanti-nantikan “Kingdom” Season 3 yang akan menghadirkan dua JJH, boleh lho menonton “Jirisan” dan “Kingdom: Ashin of the North” sebagai sidequel dari keseluruhan semesta “Kingdom”. Kamu juga bisa dengerin keseruan siaran radio Drakor Class di RPK 96.30 FM Jakarta yang membahas sidequel ini.

Jun Ji Hyun sebagai Ashin membuktikan diri sebagai aktris kawakan dengan peran lintas-genre.

Dua drama kriminal dan thriller lainnya yang membuat Drakor Class main tebak-tebakan siapa penjahatnya adalah “Mouse” (Lee Seung Gi, Lee Hee Joon) dan “Beyond Evil” (Shin Ha Kyun, Yeo Jin Goo). Podcast-nya bisa kamu dengerin di Spotify (akun: Drakor Class), siapa tahu tebakan kita sama, hehehe.

Selain itu, ada dua drama kriminal dan thriller yang membuat penonton sesak napas karena kekejaman yang disajikan, yaitu “Vincenzo” dan “Taxi Driver”. Eits, jangan tertipu oleh wajah tampan nan polos ala Vincenzo (Song Joong Ki) dan Kim Do Ki (Lee Je Hoon). Di balik pembawaan mereka yang cool ada kemarahan yang begitu membara.

Untungnya Drakor Class melihat ada hal lain yang bisa dipelajari dari drama “Vincenzo”, yaitu berkenalan dengan hukum properti di Korea Selatan sana. Penasaran ‘kan? Meluncur yuk ke rekaman IG Live di Instagram kami @drakorclass bersama dosen hukum di UMSU, Kak Nurhilmiyah.

Ketahui lebih banyak tentang seal stamp dan hukum properti lewat tulisan ini.

Drama Korea yang Menghangatkan Hati

Bukan drama Korea namanya kalau nggak bikin baper. Ada dua drama komedi-romantis yang manis dan sukses mendulang banyak penonton.

Setelah berperan sebagai Han Ji Pyeong yang dijadikan tumbal oleh tvN dalam drama “Start-Up”, akhirnya Kim Seon Ho dipercaya menjadi male lead dalam drama “Hometown Cha-Cha-Cha”.

Sungguh, ini drama yang ringan, tapi nggak ringan. Karakternya banyak, permasalahannya kompleks, tapi semuanya bisa diselesaikan dengan baik, tanpa meninggalkan pertanyaan yang tak terjawab. Drama ini meninggalkan jejak khas Shin Ha Eun yang juga menulis drama “The Crowned Clown” (Yeo Jin Goo, 2019).

Tak salah jika “Hometown Cha-Cha-Cha” kami nobatkan sebagai drama romcom terbaik di tahun ini.

Duo dimple yang gemesin. Chemistry keduanya sampai tumpah-tumpah dan bikin penggemar Kim Woo Bin sedikit khawatir.

Selain itu ada juga “Darli and the Cocky Prince” yang sukses menghadirkan korelasi antara cinta dan seni. Ini adalah drama pertama Park Gyu Young sebagai female lead dan ia tidak mengecewakan. Kim Min Jae juga semakin unjuk gigi sebagai aktor muda yang patut diperhitungkan.

Jalinan kisah antara dua mantan suster di dalam drama-drama sebelumnya ini asyik banget buat diobrolin. Simak yuk!

Sebelas-dua belas dengan “Homcha”, permasalahan dalam hidup Dalri tidaklah sesederhana yang terlihat. Ada banyak sekali kalimat mutiara nan bijak yang kami kutip dari drama ini.

Drama Korea dan Rising Stars

Tahun 2021 juga ditandai dengan malang melintangnya beberapa orang aktor muda dengan proyek drama/film mereka yang sangat beragam tema dan genre-nya.

Saya sendiri melihat tahun 2021 sebagai tahunnya Song Kang dan Jang Ki Yong. Tak tanggung-tanggung, tahun ini Song Kang bermain dalam 3 buah drama yang ditayangkan di Netflix, dan Jang Ki Yong bermain dalam 2 buah drama dan 1 buah film yang juga menyedot perhatian.

Setelah selesai bermain dalam “Love Alarm” Season 2 yang seharusnya ditayangkan pada bulan Agustus tahun 2020 lalu, Song Kang mengambil peran sebagai balerino dalam “Navillera” dan playboy cap kupu-kupu dalam “Nevertheless”. Sungguh, Song Kang sebagai playboy itu sangat meresahkan, sampai-sampai dibahas rame-rame oleh 4 orang ahjumma dari Drakor Class.

Drama “Navillera” ditulis sebagai Nabillera, dimana nabi berarti kupu-kupu. Di dalam “Nevertheless”, Song Kang memiliki tato kupu-kupu di tengkuknya. Ha Ram dalam “Lovers of the Red Sky” juga memiliki tato berbentuk sama di tempat yang sama. Ada apa dengan tahun 2021 dan kupu-kupu?

Jang Ki Yong yang sudah pergi wajib militer memastikan dia tidak dilupakan publik dan penggemarnya dengan menyelesaikan 3 proyek sepanjang tahun 2021. Dalam film “Sweet and Sour” Ki Yong menjadi pria yang berselingkuh yang ternyata dikadalin duluan sama pacarnya (Chae Su Bin).

Selain itu, Jang Ki Yong juga beradu akting dengan Hyeri dalam “My Roommate is A Gumiho”, sebelum terjebak cerita serendipity dengan Song Hye Kyo eonni yang sudah 3 tahun tidak menghiasi layar kaca. Apakah kamu masih mengikuti drama ini?

Satu lagi cerita cinta antara noona dan dongsaeng. Kabarnya setelah ini Song Hye Kyo akan beradu akting dengan si papah muda Lee Do Hyun. Hmmm hmmm.

Penutup

Sebagai bagian dari Hallyu, Korean Wave, drama Korea belum menunjukkan tanda-tanda menyurut. Sponsorship setiap drama masih gencar. Seorang aktor bisa disponsori berkaitan dengan sebuah drama, atau akibat sebuah drama

Contohnya adalah Ju Ji Hoon yang menjadi brand ambassador mobil mewah AMG Mercedes-Benz dan Kim Seon Ho yang tiba-tiba laris di mana-mana karena micro acting-nya yang sangat menggetarkan jiwa sebagai Kim Du Shik.

Apa pendapatmu tentang drama Korea sepanjang tahun 2021? Bagikan yuk perjalananmu di drakor wonderland pada tahun ini di kolom komentar.

Akhir kata,

Selamat Tahun Baru 2022!

Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalani masa depan.

Salam hangat,

Drakor Class

2 pemikiran pada “Review Drama Korea 2021”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: