Jang Ki Yong

Jang Ki Yong, Bukan Sekadar Visual yang Bikin Doyong

์ƒ์ผ์ถ•ํ•˜ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค ์šฐ๋ฆฌ ์žฅ๊ธฐ์šฉ ์˜ค๋น ! HAPPY BIRTHDAY, OUR JANG KI YONG OPPA!

Bulan ini adalah bulan ulang tahun si pemeran Gumiho, rubah ekor sembilan yang berusia 999 tahun dalam drama โ€œMy Roommate is A Gumihoโ€

Penampilan Jang Ki Yong dalam drama bergenre romcom beraroma melodrama ini telah berhasil membuat hati para penonton ‘terkiyong-kiyong’. Penonton turut larut dalam kisah cinta manis antara Lee Dam (Hyeri), anak kuliahan nan urakan, dengan Shin Woo Yeo, Gumiho yang bijak dan cerdas. 

Karier Jang Ki Yong masih terbilang baru di dunia tipu-tipu industri perfilman Korea Selatan. Jang Ki Yong memulai kariernya sebagai model, yang kemudian merambah ke dunia akting. Yuk kita kenalan lebih jauh dengan the birthday oppa. 

PROFIL

Jang Ki Yong (sumber: IDN Times)
Jang Ki Yong (sumber: IDN Times)

Jang Ki Yong (JKY) lahir pada tanggal 7 Agustus 1992. Ia lahir dan tumbuh besar di Kota Ulsan, Korea Selatan. Di kota itu JKY tinggal bersama ayah, ibu, dan kakak laki-lakinya. 

Sejak remaja, JKY memiliki ketertarikan dan minat khusus pada bidang fashion dan fotografi. Ia menikmati setiap kali harus bergaya di depan kamera. 

Menjelang akhir masa SMA, impian dan minatnya di bidang ini pun semakin kuat. Apalagi ketika ia melihat video Lee Sun Hyuk, seorang model Korea Selatan. Melihat Lee Sun Hyuk dan model-model lainnya berjalan di catwalk dalam sebuah fashion show, impian menjadi model pun semakin menggebu. 

Awalnya kedua orang tua JKY ragu dan tidak merestui cita-citanya menjadi seorang model. Wajar saja; tidak ada seorangpun dalam keluarga mereka yang memiliki profesi di bidang ini. Namun melihat keinginan dan tekad JKY yang kuat, pada akhirnya mereka merestui dan mendorong JKY mewujudkan cita-citanya. 

PERJALANAN KARIER

Karier di Bidang Modelling

Untuk mengejar cita-citanya, JKY pun pindah ke Kota Seoul. Setelah dinyatakan lulus ujian, JKY pun pindah ke Seoul untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Yong In, jurusan akting musikal. 

JKY memulai karier di bidang modelling pada tahun 2012. Setahun sebelumnya, ia mendatangi sebuah agensi model, KPlus, dengan harapan bisa bergabung dengan mereka. Namun ia tidak serta merta diterima. JKY mencoba lagi di tahun berikutnya. Kali ini, ia diterima dan langsung direkrut menjadi model. 

Penampilan perdana JKY sebagai model adalah pada ajang Seoul Fashion Week 2012. Setelah itu, tawaran terus mengalir dan JKY tampil dalam berbagai ajang fashion. Selain menjadi model catwalk, JKY juga kerap tampil sebagai model majalah.  

Sampai saat ini, JKY tetap berprofesi sebagai seorang model di bawah agensi KPlus, yang sekarang berganti nama menjadi YGKPlus. Beberapa nama besar lain yang juga berada di bawah naungan agensi ini adalah Nam Joo Hyuk dan Hwang In Yeop.

Karier Bidang Akting

Tahun 2014, JKY mendapatkan kesempatan untuk menjajal kemampuannya di bidang akting. Tanpa audisi, JKY ditawari untuk tampil sebagai cameo dalam drama โ€œItโ€™s Okay, Thatโ€™s Loveโ€. Dalam drama tersebut, JKY berperan sebagai Sam, kekasih Oh So Nyeo (Lee Sung Kyung). 

Walaupun tanpa dialog, tapi penampilan sebagai โ€œCameo Satu Detikโ€ justru mencuri perhatian para penggemar drama Korea. Sejak itu, JKY pun lebih serius mendalami dunia akting. 

Jang Ki Yong dan Lee See Kyung dalam "It's Okay It's Love" (sumber: Journal Sociolla)
Jang Ki Yong dan Lee See Kyung dalam “It’s Okay It’s Love” (sumber: Journal Sociolla)

Pada tahun yang sama, JKY mengikuti audisi untuk drama โ€œThe Greatest Marriageโ€ (2014). Meskipun banyak aktor dengan kemampuan akting lebih yang juga mengikuti audisi tersebut, namun JKY lah yang mendapatkan peran. JKY terpilih karena profil dan penampilannya paling sesuai dengan karakter yang diperankan, Bae Deu Ro. 

Masih di tahun 2014, JKY bermain dalam drama โ€œSchoolgirl Detectivesโ€. Dalam drama tersebut JKY berperan sebagai Ahn Chae Joon, kakak dari Ahn Chae Yool (Jin Ji Hee). Ia juga tampil sebagai cameo dalam drama โ€œSurplus Princessโ€ yang dibintangi oleh Jo Bo Ah dan On Joo Wan. 

Wah laris manis nih oppa. Baru debut saja sudah tampil dalam 4 drama dalam satu tahun. 

Peran Utama Perdana

Tahun 2018 menjadi milestone dalam perjalanan karier akting JKY. Ia mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama โ€œCome and Hug Meโ€, berpasangan dengan Jin Ki Joo. 

Dua Poster Drama "Come and Hug Me", Sisi Gelap dan Terang (sumber: Soompi)
Dua Poster Drama “Come and Hug Me”, Sisi Gelap dan Terang (sumber: Soompi)

Dalam drama ini, JKY berperan sebagai Chae Do Jin. Do Jin adalah seorang detektif polisi yang cerdas; ranking satu di kelasnya. Jin Ki Joo berperan sebagai Han Jae Yi, seorang artis terkenal yang menderita trauma akibat kejadian di masa lalunya. 

Di masa remaja, mereka berdua jatuh cinta. Namun karena sebuah tragedi, mereka harus berpisah dan melupakan kisah cinta mereka. Ketika dewasa, jalan hidup membawa mereka bertemu lagi. Betapapun mereka ingin mengulang kebersamaan yang dulu, namun trauma masa lalu dan efeknya tetap menghantui keduanya. 

Semakin Bersinar

Kemampuan akting JKY semakin terasah. Tidak hanya bermain sebagai pria idaman dengan ketampanan paripurna, namun JKY juga menjajal kemampuan aktingnya dengan peran antagonis. 

Dalam drama โ€œMy Misterโ€ (2018), JKY bermain sebagai Lee Kwang Il, seorang lintah darat. Aktingnya dalam drama ini cukup mendatangkan kontroversi. Yuk simak cuplikannya dalam video berikut ini.ย 

Cuplikan Drama “My Mister” (sumber: Soumama YouTube)

Tahun 2019 juga menjadi milestone dalam perjalanan karier JKY. Ia mendapatkan kesempatan pertama sekali berakting dalam film layar lebar bergenre crime action berjudul โ€œBad Guysโ€. Film ini dibuat berdasarkan drama yang berjudul sama. 

Pada tahun yang sama JKY bermain dalam drama aksi bertajuk โ€œKill Itโ€, dimana ia berperan sebagai dokter hewan, yang malam harinya berubah jadi pembunuh berdarah dingin. Hmmโ€ฆ sepertinya oppa menikmati peran-peran antagonis nih. 

Untunglah kemudian ia kembali menyejukkan hati penggemar, kembali menjadi oppa manis nan menawan dalam drama โ€œSearch WWWโ€. Dalam drama sarat aroma noona romance tersebut, JKY berperan sebagai seorang CEO dan penulis lagu. 

Baca Juga: Drama Korea Ala Noona Romance yang Romantis

Selanjutnya, tahun 2020 ia bermain dalam drama mystery romance berjudul โ€œBorn Againโ€ bersama Lee Soo Hyuk dan Jin Se Yeon.

Tahun ini, JKY bermain dalam film โ€œSweet & Sourโ€ bersama Chae Soo Bin dan Krystal Jung. Dan tentu saja, yang paling anyar, JKY bermain sebagai Gumiho dalam drama berjudul โ€œMy Roommate is A Gumihoโ€. 

Sudah baca belum ulasan tentang bagian akhir drama terbaru JKY ini? Langsung saja klik tautan di bawah ini ya.

Baca Juga: Akhir Manis dari K-Drama “My Roommate is A Gumiho”

PRESTASI

Perjalanan karier JKY belum terlalu panjang. Namun ia telah menuai berbagai prestasi, baik di bidang modelling maupun akting. Melalui prestasi ini, JKY ingin mematahkan anggapan bahwa seorang model tidak mampu berakting. 

Berikut sebagian dari prestasi JKY:

  • Fashion Model Award pada Asian Model Awards 2014.
  • Best Dressed Model pada Koreaโ€™s Best Dresser Swan Awards 2015
  • Best New Actor pada APAN Star Awards 2018 dalam drama โ€œMy Misterโ€
  • Rookie Award pada Asia Artist Awards 2018 
  • Rising Star Award pada Korea Hallyu Awards 2018
  • Excellence Award, Actor in Wed-Thurs Drama dan Best Couple Award pada MBC Drama Awards 2018 dalam drama โ€œCome and Hug Meโ€
  • Best New Actor – Television pada Baeksang Arts Awards 2019 dalam drama โ€œCome and Hug Meโ€

PAKET LENGKAP

Jang Ki Yong bukan just another oppa dengan tubuh tinggi dada bidang dengan visual meresahkanmenawan. Ketika ia punya mimpi dan cita-cita, ia berusaha dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Penolakan tidak membuatnya mundur, namun terus berusaha. 

Soal kemampuan modelling dan akting, sudah tidak perlu diragukan lagi. Sederet prestasi turut menjadi bukti. 

Namun tidak hanya itu. Jang Ki Yong juga punya kemampuan bidang tarik suara. Ia menyanyikan beberapa lagu yang menjadi soundtrack drama. Salah satunya adalah lagu โ€œParadise Treeโ€ yang menjadi OST drama โ€œCome and Hug Meโ€. 

Sebagai penutup, mari kita dengarkan bersama kelembutan suara Gumiho-oppa dalam video berikut ini. 

“Paradise Tree” – OST Come and Hug Me (sumber: YouTube)

(dari berbagai sumber)


Comments

8 tanggapan untuk “Jang Ki Yong, Bukan Sekadar Visual yang Bikin Doyong”

  1. Avatar rijo

    Mari kita terkiyong-kiyong sambil terjingoo-jingoo๐Ÿ’œ

    1. Avatar sweeney

      aye aye, captain! <3

  2. […] menantikan drama terbarunya Song Hye kyo yang akan bermain dengan Jang Ki Yong yang bikin doyong “Now, We Are Breaking Up” yang akan tayang segera di tahun 2021 ini, bisalah menonton […]

  3. […] lagi dalam dunia per-drakor-an. Namun akhirnya bulan November 2021 nanti, drama barunya bersama Jang Ki Yong yang yang berjudul “Now, We Are Breaking Up” (2021), akan tayang mengobati kerinduan […]

  4. […] drama โ€œNow, We Are Breaking Upโ€ (2021) tayang, bulan lalu saya tergoda untuk menonton drama lama Jang Ki Yong yang berjudul โ€œCome and Hug Meโ€ (2018). Awalnya saya tidak tertarik karena sepertinya dilihat […]

  5. […] RPK FM berakhir dan akan diperbarui lagi, soon. Siaran terakhir, kami sepakat memilih drama Abang Jang Ki Yong dan Song Hye Kyo eonni untuk dibahas. Bagaimana keseruan menantikan drama dengan visual level dewa […]

  6. […] Jang Ki Young sebagai fotografer Yoo Jae Guk di Now We are Breaking Up […]

  7. […] ada 3 loh di Drakor Class. Selain Song Kang, aktor yang juga sangat produktif di tahun 2021 ada Jang Ki Yong yang bikin banyak onnie termasuk Song Hye Kyo ikut doyong […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park