Akhir Manis dari K-Drama My Roommate Is a Gumiho

akhir my roommate is a gumiho

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Belum genap sebulan K-drama “My Roommate Is a Gumiho” menayangkan episode terakhirnya. Siapa di sini yang sudah menonton akhir dari cerita Shin Woo Yeo dan Lee Dam? Gimana menurut chingudeul akhir dan keseluruhan kisah dari drama fantasi, romantic-comedy ini?

Sebagai penonton drama yang selalu berpihak pada akhir bahagia, saya senang sekali melihat episode terakhir dari “My Roommate Is a Gumiho yang manis dan sempurna untuk (hampir) semua karakternya.

Drakorclass juga sudah pernah membahas tuntas di tayangan IG Live tanggal 17 Juli 2021 yang bertajuk “K-Drama Review : My Roommate Is a Gumiho” yang diisi oleh saya, i_maesha dan Nasvely.

Simak ulasan lengkap tentang drama My Roommate Is a Gumiho di sini

Dalam tulisan ini, saya ingin kembali sedikit mengulas mengenai kesan saya terhadap dua episode terakhir dari K-drama “My Roommate Is a Gumiho” dan kesan saya terhadap keseluruhan cerita dalam drama yang diadaptasi dari webtoon ini.

Sekilas Sinopsis “My Roommate Is a Gumiho”

Dalam tulisan First Impression “My Roommate Is a Gumiho”, chingudeul bisa membaca mengenai profil dari drama ini sekaligus sinopsis dan kesan pertama classmate Drakor Class terhadap drama yang cukup menghibur ini.

Mengulang sedikit tentang cerita utama dalam drama ini, Shin Woo Yeo (Jang Ki Yong) merupakan seekor gumiho yang sudah berumur 999 tahun. Ia sedang berusaha mengumpulkan energi manusia untuk berubah menjadi seorang manusia.

Energi yang dibutuhkannya tersimpan dalam sebuah kelereng gumiho yang berwarna merah, dan akan membiru jika energi untuk menjadi manusia sudah tercukupi.

Suatu ketika, kelereng gumiho milik Woo Yeo yang sangat berharga secara tidak sengaja tertelan oleh seorang mahasiswi jurusan Sejarah bernama Lee Dam (Hyeri) yang tidak sengaja ditemuinya.

first met shin woo yeo lee dam
Pertemuan pertama Shin Woo Yeo dan Lee Dam

Woo Yeo mengambil keputusan untuk mengajak Lee Dam tinggal serumah dengannya untuk menjaga kelereng gumihonya tetap aman sambil mencari solusi untuk mengeluarkan kelereng tersebut dari tubuh Lee Dam.

Di dunia modern yang saat ini mereka tinggali, Woo Yeo memiliki seorang teman bernama Yang Hye Sun (Kang Ha Na). Hye Sun merupakan mantan seekor gumiho yang telah berhasil menjadi seorang manusia sejak 4 tahun silam.

Lee Dam sendiri memiliki dua sahabat baik yaitu Do Jae Jin (Do Wan Kim) dan Choi Soo Kyung (Park Kyung Hye). Cerita dalam drama ini berkutat pada kehidupan mereka semua. Baik kehidupan pribadi masing-masing maupun kisah persahabatan mereka.

Drama ini juga diwarnai oleh kisah cinta segitiga antara Shin Woo Yeo, Lee Dam dan Gye Sun Woo (Bae In Hyuk), senior Lee Dam di kampus yang jatuh hati padanya meski awalnya mendekati Lee Dam karena taruhan.

Dua Episode Terakhir “My Roommae Is a Gumiho”

Jika banyak yang katanya “TerKiyong-Kiyong” sejak episode awal drama ini, jujur saya sendiri baru melihat manisnya Jang Ki Yong di dua episode terakhirnya. Terutama di episode 15, Shin Woo Yeo terlihat berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kebahagiaan pada Lee Dam.

Alasannya adalah sebab ia membaca sinyal bahwa keberadaannya di dunia tidak akan bertahan lebih lama lagi. Awalnya ia cukup optimis bahwa dirinya akan berubah menjadi manusia seperti yang diprediksi Hye Sun, akan tetapi harapannya buyar ketika melihat dirinya mulai menghilang sedikit demi sedikit.

Di sisi lain, episode ini juga memberikan kejutan kecil seperti siapa sebenarnya laki-laki yang disukai oleh Choi Soo Kyung. Sebelumnya, semua menebak bahwa senior yang selama ini dibenci oleh Soo Kyung lah pria yang ia sukai.

Hubungan antara Hye Sun dengan Jae Jin pun semakin berkembang di mana keduanya sudah mengutarakan perasaannya masing-masing.

Episode 15 dan 16 dari drama “My Roommate Is a Gumiho” cukup membuat penonton terbawa oleh roller coaster emosi. Terutama pada saat di mana seperti terlihat Woo Yeo tidak memiliki harapan untuk berhasil menjadi manusia.

last date shin woo yeo lee dam
Their “last” date (tvN)

Akhir cerita dari episode 15 membuat penonton ikut merasakan kesedihan Lee Dam saat melihat Woo Yeo menghilang sesaat setelah mencoba untuk menyelamatkan dirinya dari sebuah truk yang melaju kencang.

Meskipun rating kedua episode terakhir “My Roommate Is a Gumiho” tidak setinggi episode-episode awalnya, namun berhasil naik kembali setelah sempat turun di sekitar episode 7 hingga 9.

Kesan Episode Terakhir “My Roommate Is a Gumiho”

Manis… Manis… Bahagia! Itulah kesan saya terhadap episode terakhir dari drama “My Roommate Is a Gumiho”. Jauh sebelum episode terakhir drama ini tayang, classmates Drakor Class pernah membahas prediksi endingnya di podcast dan menuliskannya dalam artikel berjudul Jang Ki Yong, Hyeri dan Ending “My Roommate Is a Gumiho”.

Sebagai penggemar drama fantasi, romantic-comedy, saya cukup puas dengan keseluruhan cerita dalam drama ini. Dari awal hingga akhir. Hehe.

my roommate is a gumiho cast
Cast “My Roommate Is a Gumiho” (allkpop)

Pemilihan tokoh Shin Woo Yeo yang diperankan Jang Ki Yong dah cocok lah. Gumiho kan memang diceritakan sebagai rubah yang dapat menjelma menjadi sosok yang rupawan.

Aktingnya saat memerankan tokoh yang tidak dapat berpikir selayaknya manusia pun cukup baik. Seiring berjalannya waktu, karakternya berkembang menjadi sosok yang lebih humanis.

Hyeri yang memerankan Lee Dam saya acungi jempol terutama di episode awal-awal. Lucu liat aktingnya yang nggak jaim sama sekali.

Begitu pula dengan Kang Ha Na sebagai Yang Hye Sun, kalau ingat dia pernah main di Moon Lovers : Scarlett Heart Ryeo, perannya sangat bertolak belakang. Kehadirannya dalam drama “My Roommate Is a Gumiho” sangat menghibur. She’s my favorite lah di drama ini. Hihi.

kang ha na
Yang Hye Sun (tvN)

Baca juga : 5 OST Drakor “Moon Lovers” yang Bikin ter-Wang So-Hae Soo

Bisa dikatakan semua karakter yang ada kebagian akhir yang bahagia, kecuali Sunbae-nim, Gye Sun Woo, yang memilih untuk pergi jauh untuk melupakan Lee Dam. Hiks!

Walaupun cerita dalam drama ini klise banget, gampang ketebak dari awal sampai akhir dan nggak ada konflik yang berarti, saya merekomendasikan drama ini untuk chingudeul tonton sebagai hiburan ringan yang menyenangkan.

Happy watching!

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Baca Juga

3 Komentar

  1. […] Akhir Manis dari K-Drama My Roommate Is a Gumiho Baca Juga: Akhir Manis dari K-Drama “My Roommate is A Gumiho” […]

  2. […] Selain Monthly Magazine Home, sebut saja drama Do Do Sol Sol La La Sol, True Beauty, bahkan My Roommate is A Gumiho yang juga memakai resep romcom drakor yang sudah dipakai dari jaman Boys over flower maupun […]

  3. […] Beauty dan Beyond Evil. Lalu, Bae In Hyuk yang mencuri perhatian saya setelah melihat aktingnya di My Roomate is Gumiho. Sobat DC bisa menyaksikan drakor At a Distance, Spring is Blue di Iqiyi. Drakor ini juga sudah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: