Ngobrolin Pengasuhan Lewat Drakor Reply1988

Mamah drakorians mana suaranyaaa???

Hey ho chingudeul, waktunya Drakor Class kembali berkolaborasi bersama sesama komunitas Hallyu. Kali ini, Drakor Class bersama ITB Motherhood TV (ITBMh TV) dan Noona ITB Motherhood (ITBMh) mengadakan bincang-bincang seputar pengasuhan anak yang bisa dipetik dari drama Korea Reply 1988.

Noona ITBMh adalah bagian dari ITB Motherhood, yang merupakan grup ibu-ibu alumni kampus Institut Teknologi Bandung, khususnya berisi mamah-mamah drakorians. Senada dengan Drakor Class yang merupakan side unit dari Kelas Literasi Ibu Profesional, kami sepakat untuk ngobrol bareng tentang drakor favorit dan disiarkan di channel Youtube ITBMh TV. 

Tapi, bukan mamah-mamah namanya kalau nggak ngobrolin parenting, ya. Maka, seiring peringatan Hari Anak Nasional 2021, judul “Ngobrolin Pengasuhan Lewat Drakor Reply 1988” dianggap cukup mewakili tiga hal penting yang terlibat dalam obrolan ini: mamah-mamah, drakor, dan pengasuhan.  

Tentang Reply 1988 

Dibintangi oleh Lee Hye-ri, Park Bo-gum, Go Kyung-pyo, Ryu Jun-yeol, dan Lee Dong-hwi, Reply 1988 mengambil setting tahun 1988 yang menceritakan tentang persahabatan 5 anak muda,  dan masing-masing keluarga serta permasalahannya. 

Sung Deok Sun (Lee Hyeri) diceritakan sebagai satu-satunya perempuan di antara geng sepermainan tersebut. Deok Sun adalah anak tengah dari keluarga sederhana, tidak memiliki prestasi yang bagus di sekolah, tapi memiliki hati yang baik dan caring pada teman-temannya.  

Choi Taek (Park Bo Gum), adalah seorang pemain Baduk profesional yang membuatnya tidak punya banyak teman seusianya. Karena itu, Taek yang pendiam hanya mengandalkan teman-teman sepermainan di lingkungannya. 

Sung Sun Woo (Go Kyung Po), adalah sosok anak sulung yang dibesarkan oleh single parent. Sun Woo adalah gambaran panutan keluarga yang melindungi serta bekerja keras untuk keluarga. 

Kim Jung Hwan (Ryu Junyeol), sosok leader of the gang yang punya kepribadian dingin tapi sangat bertanggung jawab. Di belakang sikapnya yang sering sinis, Jung Pal memiliki hati yang hangat dan sangat melindungi adiknya yang sakit jantung kronis. 

Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi), adalah sosok yang ceria, noisy, dan caper. Di balik tingkahnya yang sering melucu di hadapan teman-temannya, Dong ryong sering merasa terabaikan dari kedua orang tuanya yang bekerja.  

Cerita keluarga dan persahabatan kelimanya, juga kehidupan bermasyarakat di kawasan pemukiman Ssangmun-dong, Dobong District, Seoul Utara ini digambarkan dengan hangat dan suportif.  

Kenapa Memilih Reply 1988? 

Surprisingly, sampai saat ini, drakor Reply 1988 masih jadi salah satu trending series di Netflix. Tapi tahu tidak, kalau latar belakang tahun 1988 ini didasarkan pada tahun di mana Korea Selatan menjadi host Summer Olympic 1988. Tahu lah ya, makanya ada scene Sung Deok Sun (Hyeri) jadi bagian dari upacara pembukaan Olympic tersebut. 

Sutradara Shin Won Ho memang jeli menempatkan isu aktual di setiap seri Reply (1997, 1994, 1988) menjadi bagian dari jalan cerita dramanya, sehingga penonton serasa diajak ke masa lampau untuk menyelami kehidupan pada masa itu. Benar-benar ciri khas yang unik. 

Tapi, lebih daripada estetika visual dan jajaran pemain kece yang ditampilkan oleh serial ini, cerita tentang keluarga dan persahabatanlah yang bikin kami greget dan ingin mengangkat drakor ini menjadi topik pembicaraan. 

Dari sisi persahabatan, kita melihat bagaimana memperlakukan teman seperti keluarga, bagaimana sahabat seharusnya saling support satu sama lain. Dari sisi keluarga, kita bisa mengambil pelajaran bagaimana orang tua dengan ekonomi dan resources terbatas tetap mengasuh anak-anaknya dengan baik, bagaimana orang tua menghadapi sibling rivalry, dan bagaimana memberi kesempatan anak untuk berjuang demi kehidupannya sendiri ke depannya.

Tentu saja kami juga ingin menunjukkan pola kehidupan bermasyarakat yang sehat, bagaimana orang tua dan lingkungan turut berperan penting dalam pengasuhan anak-anak. 

Because it takes a village to raise a child. 

Penasaran nggak apa saja yang kami obrolkan selama satu jam dan hikmah apa saja yang kami petik dari tontonan drakor Reply1988? Bersama classmate Rijo dan Lendy dari Drakor Class, juga Mia dari Noona ITBMh, mari kita meluncur saja langsung ke channel YouTube Drakor Class, ya.

Obrolan kami akan terbagi menjadi dua bagian sama penting yang bisa chingudeul simak sambil cuci piring atau bersantai di meja makan setelah pekerjaan rumah selesai. 

Selamat menonton!!    

Part I
Part 2

Re Ra

Blogger.
Drakorians since 2018. Menulis review dan knowledge Korean drama-based. Meet me at www.dailyrella.com. Tidak fanatik aktor, genre, rating, lawas, atau baru.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: