podcast crash course in romance

Pengantar Podcast: Refleksi Dukung Anak Belajar pada Drakor Crash Course in Romance

Annyeonghaseyo sobat Drakor Class!

Hari ini saya mau cerita pengalaman podcast Drakor Class dengan Rangkul (Relawan Keluarga Kita). Jadi, saya dan classmate Cho Rijo, ngobrol bareng dengan relawan keluarga kita, Kak Ayu dari Rangkul Sidoarjo dan Kak Tita dari Rangkul Ponorogo.

Dalam acara CANGKRUK (Bincang Rangkul Yuk!) beberapa waktu lalu, kami berempat ngobrolin drama Crash Course in Romance. Drama ini tak hanya menyajikan cerita romcom yang menghibur, tapi memberikan banyak refleksi terhadap para orang tua maupun pendidik dalam mendukung anak belajar.

Sobat Drakor Class bisa dengerin podcastnya di sini sambal membaca artikel ini sampai habis, ya!

Drama Crash Course in Romance ini sebenarnya menceritakan apa?

Crash Couse in Romance
Crash Couse in Romance | tvN

Drama Crash Couse in Romance ini bercerita tentang Nam Haeng-Seon (Jeon Do Yeon), seorang mantan atlet yang kini membuka usaha kedai lauk pauk, yang diberi nama ‘Banchan Terbaik Bangsa’.

Nam Haeng-Seon harus merelakan impiannya menjadi atlet. Setelah ibunya meninggal, dia harus berjuang mencari nafkah sendiri. Dia juga harus merawat keponakannya dan kakaknya yang mengidap autism.

Kehidupannya berubah setelah bertemu dengan Choi Chi-Yeol (Jung Kyung Ho) yang merupakan tutor matematika terbaik di Korea. Hubungan asmara mereka mendapatkan banyak tantangan. Mulai dari cibiran netizen hingga terror misterius dari penembak jitu bola besi.

Tak hanya mengangkat kisah cinta Haeng Seon dan Chi Yeol saja, drama ini juga menghadirkan kisah perjuangan para siswa kelas tiga SMA dalam ujian masuk perguruan tinggi. Juga bagaimana peran orang tua dalam mendukung proses pendidikan anak-anaknya.

Dalam drama ini diperlihatkan bagaimana Hagwon, sebagai bimbel mahal dan ketat namun penuh privilege sangat digemari di Korea. Hagwon tidak hanya untuk mapel biasa, hagwon juga memberikan skill di luar pelajaran seperti alat musik, menari, menyanyi, dll. Biasanya, hagwon diluar mapel formal disebut dengan academy.

Crash Course in Romance ini menggambarkan betapa pendidikan adalah hal yang sangat penting. Kalau menurut classmate Cho Rijo, orang Korea Selatan sangat menganggap penting pendidikan karena pengaruh ajaran Konfusianisme. Di mana pendidikan adalah hal yang menentukan masa depan keluarga.

Apa yang membuat menarik untuk ditonton oleh orang tua ataupun pendidik?

Crash Couse in Romance
Crash Couse in Romance | tvN

Drama Crash Course in Romance ini menarik untuk ditonton oleh para orang tua ataupun pendidik. Sebab, dalam drama ini dijelaskan secara gamblang bagaimana perasaan anak remaja dalam proses belajar. Ada yang memang ingin sendiri belajar di akademi, ada yang karena paksaan orang tua bahkan ada yang tidak mau belajar di akademi.

Drama ini juga bisa tahu bagaimana bentuk dukungan orang tua terhadap anaknya. Di mana semua orang tua tentu ingin anaknya meraih pendidikan terbaik dan berprestasi.

Adakah yang relate cerita drama Crash Course in Romance dengan yang dialami atau dialami oleh anak?

Ada beberapa cerita dalam drama ini yang relate dengan pengalaman saya. Baik sebagai anak saat sekolah dulu maupun sebagai ibu untuk saat ini.

Dulu, saya termasuk anak yang beruntung. Orang tua memberikan kebebasan dan dukungan penuh dalam pendidikan. Saya dulu ikut bimbel juga untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Ikut bimbel atas keinginan pribadi dan didukung oleh orang tua. Ya, sama lah seperti Nam Hee E (Rooh Yoon Seo) yang didukung oleh bibinya Nam Haeng-Seon untuk belajar di Akademi Pride.

Kalau menurut classmate Cho Rijo, dalam drama ini orang tua bisa belajar bagaimana agar remaja memiliki motivasi internalnya. Sangat penting untuk menanamkan pada anak, bahwa pertandingan yang harus dimenangkan adalah pertandingan dengan diri sendiri.

Baca Juga : Review Kdrama Cheer Up (2022): Antara Uang, Ramalan Sial dan Cinta Segitiga di Masa Remaja

Agar anak bisa fokus pada tujuan belajar dan kompetensi pribadinya.

Tugas orang tua adalah membersamai anak, ketahui apa yang anak rasakan dan inginkan dengan sering mengobrol bersama. Juga, fasilitasi anak untuk bisa belajar dengan baik.

Bagian dari drakor mana yang perlu direfleksikan terkait dukungan orang tua terhadap proses belajar anak?

Kalau menurut Kak Ayu, drama Crash Course in Romance ini sedikit banyak merefleksikan prinsip CINTA dalam keluarga kita. Mulai dari Tidak Takut Salah hingga Menerima Tanpa Drama.

Orang tua akan terus belajar dan berusaha agar bisa memberikan dukungan terbaiknya terhadap proses belajar anak.

Adakah yang membuat hati hangat atau malah salah kaprah?

Ada juga dalam drama ini yang menurut Kak Tita adalah salah kaprah. Di mana ada anggapan bahwa anak adalah investasi bagi orang tua. Oleh karena itu orang tua cenderung mati-matian hingga akhirnya menjadi memaksa terhadap proses belajar anak. Seperti yang dialami oleh Sun Jae (Lee Chae-Min) yang terus dipaksa ibunya untuk giat belajar agar diterima di fakultas kedokteran.

Baca Juga : Terpikat Yoo Yeon-seok, Dokter Tampan dalam Drama Korea

Namun, ada banyak juga hal dari drama ini yang membuat hati hangat. Yaitu bagaimana keluarga Nam Hee_E memiliki banyak aktivitas bersama untuk merekatkan hubungan. Mulai dari merayakan Hari Ayam, pergi kemah bersama, atau sekadar mengobrol di sofa.

Crash Couse in Romance | tvN

Atau bagaimana keluarga Hee-E bisa saling diandalkan satu sama lain. Saling membantu antar anggota keluarga.

Drama Crash Course in Romance ini mengajarkan pada kita bahwa ada banyak hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menghangatkan keluarga.

Seperti apa dukungan yang bisa orang tua berikan untuk anak?

Terakhir, kami berempat berbagi cerita tentang bentuk dukungan yang bisa orang tua berikan untuk anak. Bahwa, saat anak hampir menyerah, orang tua harus tetap tabah.

Proses belajar itu penuh lika-liku. Akan ada banyak tantangan yang dihadapi oleh anak. Tugas orang tua adalah terus mendampingi proses belajar anak. Menyemangati dan memastikan anak untuk tetap berusaha. Anak boleh lelah, namun jangan sampai menyerah.

Baca Juga : Prediksi Ending Drama ‘Crash Course in Romance’, Semoga Happy Ending!

Selain itu, fasilitasi belajar anak sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing keluarga. Dukung anak untuk meraih prestasi terbaiknya.

Penutup

Sekian cerita tentang pengantar podcast ‘Refleksi Dukung Anak Belajar pada Drakor Crash Course in Romance’, kolaborasi Drakor Class dan Rangkul. Drama Crash Course in Romance ini sangat recommended untuk ditonton oleh para orang tua dan pendidik.

Drama Crash Couse in Romance produksi tvN ini bisa diikuti di Netflix ya Chingu!

Rekaman IG Live nya bisa dilihat juga di Youtube Drakor Class

Comments

2 tanggapan untuk “Pengantar Podcast: Refleksi Dukung Anak Belajar pada Drakor Crash Course in Romance”

  1. […] Baca juga: Refleksi Dukung Anak Belajar pada Drakor Crash Course in Romance […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

%d blogger menyukai ini: