Makhluk Astral yang Muncul dalam Drama Korea

Makhluk astral dalam kdrama

Drama bergenre fantasi adalah salah satu drama yang banyak digemari. Hadirnya sosok-sosok makhluk mitologi serta makhluk astral membuat drama tersebut menjadi lebih menarik dan membuat penonton merasa penasaran. Mulai dari dewa, malaikat, hingga hantu, semua pernah tampil dalam drama-drama fantasi yang ada.

Kesuksesan drama fantasi memang tidak bisa lepas dari makhluk astral yang tampil sebagai tokoh-tokohnya. Baik tokoh utama yang berwajah rupawan, maupun tokoh sampingan yang kadang berwajah seram. Penampilan mereka yang kadang dipadu dengan kisah romantis atau bahkan komedi seringkali membuat penonton sulit melupakan keberadaannya.

Pengertian Makhluk Astral

Banyak negara di dunia ini yang mempunyai cerita rakyat dan mitos-mitos yang berkaitan dengan makhluk astral. Tidak terkecuali Korea Selatan. Bahkan makhluk-makhluk astral tersebut seringkali menginspirasi lahirnya drama-drama baru. Jadi apa sebetulnya pengertian makhluk astral itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian astral adalah berkaitan dengan objek yang tidak kasat mata atau gaib. Karena itulah makhluk astral sering juga disebut makhluk gaib, makhluk tak kasat mata, atau makhluk halus.

Beberapa Jenis Makhluk Astral dalam Drama Korea

Banyak sekali jenis makhluk astral yang ada di Korea Selatan. Berikut 5 makhluk astral yang sering muncul dalam drama Korea.

Goblin

Goblin
Goblin (Sumber: Wikipedia)

Goblin di Korea Selatan dikenal juga dengan nama Dokkaebi. Makhluk ini digambarkan dalam berbagai wujud, namun yang banyak dipercaya adalah wujud monster bertanduk yang mengerikan. Konon mereka tercipta dari benda yang secara spiritual mengandung noda darah manusia.

Meskipun seram, makhluk yang satu ini dikenal sebagai makhluk yang tidak berbahaya. Mereka adalah makhluk yang ramah namun sedikit jahil. Selain itu mereka juga dipercaya bisa mengabulkan permohonan.

Gong Yoo dalam drama "Goblin"
Gong Yoo sebagai goblin tampan (Sumber: tvN)

Pasti kalian tahu kan drama apa yang menghadirkan makhluk mitologi yang satu ini? Yup betul sekali! Drama itu adalah “Goblin” (2016) yang diperankan oleh Gong Yoo. Tapi tentu saja dokkaebi atau goblin dalam drama ini berbeda dengan yang diceritakan dalam cerita rakyat. Tidak ada monster bertanduk yang mengerikan, yang ada hanya makhluk berwajah tampan.

Jeoseung-saja

jeoseung-saja
Jeoseung-saja (Sumber: MBC)

Karakter jeoseung-saja atau yang disebut juga dengan nama malaikat maut sering muncul dalam drama Korea. Baik sebagai tokoh utama maupun tokoh tambahan. Biasanya mereka identik dengan pakaian berwarna hitam.

Dalam cerita rakyat Korea Selatan, jeoseung-saja biasa digambarkan memakai hanbok hitam dan topi tradisional yang juga berwarna hitam. Tugas malaikat maut ini adalah mengantarkan roh yang manusia yang telah meninggal ke akhirat atau alam baka.

Beberapa Drama yang menghadirkan jeoseung-saja dalam ceritanya antara lain “Black” (2017), “Goblin” (2016), “Arang and the Magistrate” (2012), dan masih banyak lagi.

lee dong wook
Lee Dong Wook sebagai malaikat maut (Sumber: tvN)

Di antara semua malaikat maut yang muncul dalam drama, sosok Lee Dong Wook yang berperan sebagai malaikat maut dalam drama “Goblin” adalah yang paling berkesan. Dia tampak mempesona dengan setelan hitam-hitam yang modis.

Gumiho

Gumiho atau rubah ekor sembilan (Sumber: kaskus.co.id)

Gumiho atau rubah ekor sembilan tampaknya juga sama seringnya diangkat dalam drama. Sebut saja drama-drama populer seperti “My Girlfriend Is a Gumiho” (2010), “Gu Family Book” (2013), “Tale of the Nine Tailed” (2020), serta drama terbaru “My Roommate Is a Gumiho” (2021), semua menghadirkan sosok rubah ekor sembilan sebagai karakter utamanya.

Shin Min-a sebagai gumiho cantik
Shin Min-a sebagai gumiho cantik (Sumber: SBS)

Sebagian besar tokoh dalam drama populer digambarkan sebagai gumiho yang baik. Hal ini bertentangan dengan cerita rakyat yang beredar. Dalam mitos Korea, gumiho dikenal sebagai sosok yang jahat.

Mereka bisa berubah wujud menjadi apa saja. Meski begitu sosok wanita cantik adalah wujud gumiho yang paling populer. Wujud ini membantu mereka menjerat korban untuk kemudian dimakan hatinya. Ngeri, ya!

Gwishin

Satu lagi makhluk gaib yang menginspirasi penulis drama untuk membuat cerita menarik, yaitu Gwishin atau hantu. Banyak drama horor dan fantasi yang menghadirkan sosok ini dalam ceritanya.

hantu perawan dalam drama oh my ghost
Hantu perawan dalam drama “Oh My Ghost” (Sumber: tvN)

Salah satu yang terkenal adalah hantu perawan atau cheonyeo gwishin yang muncul dalam drama “Oh My Ghost” (2015). Menurut cerita, hantu jenis ini bergentayangan karena meninggal tanpa sempat menikah.

Imoogi

Dalam legenda Korea, imoogi memiliki wujud sosok ular raksasa yang dipercaya sebagai calon naga. Sosoknya biasa hidup di perairan atau gua. Dia harus bertapa selama seribu tahun agar bisa menjadi naga dan terbang ke langit.

imoogi
Imoogi dalam drama “Tale of the Nine Tailed”
(Sumber: tvN)

Makhluk ini muncul dalam drama “Tale of the Nine Tailed” (2020) sebagai tokoh antagonis yang menjadi musuh sang gumiho. Namun di sini sosoknya digambarkan bisa menjelma dalam wujud manusia.

Penutup

Menulis tentang makhluk-makhluk astral ini sungguh membuat saya ngeri dengan wujud-wujud asli mereka seperti yang diceritakan. Untungnya dalam drama sebagian besar makhluk itu berwujud cantik dan tampan. 

Penikmat drama Korea pasti sudah tidak asing dengan sosok-sosok di atas kan? Favorit saya adalah gumiho. Menurut kalian makhluk astral mana yang paling menarik?

Asri

Ibu muda yang suka membaca, menulis, menonton, makan, dan jalan-jalan.
Cerita jalan-jalan saya bisa dibaca di http://www.asrilestari.com sedangkan tulisan lainnya bisa diintip di https://catatansangpemimpikecil.blogspot.com

Baca Juga

7 Komentar

  1. Takut ah Bunda mah . . . Alias seraam

    1. hihihi kl di drama rata-rata mereka gak seram bunda 😁

  2. Tatapan sedih Gong Yoo sebagai goblin ini aga ga relatable sama pembawaan makhluk astral Goblin yang sebenarnya yaa..

    1. Iya bener. Kl dr yang aku baca goblin cenderung iseng gt

  3. di drakor makluk astralnya cakep cakep ya
    nggak takut deh, hehe

    1. Betuuull!! Makhluk astral nya malah bikin jatuh cinta dan baper berkepanjangan 🤭

  4. […] Korea punya banyak mahluk mitologi/ astral yang membuat cerita romantis berbalut fantasi menjadi sangat menarik. Salah satunya tokoh Gumiho […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: