Happy Birthday, Lee Dong Wook Oppa!

lee dong wook

Sebelum Waktu Indonesia Barat berganti, marilah kita bersama-sama mengucapkan:

Happy Birthday, Lee Dong Wook Oppa!

Walaupun waktu di Korea Selatan sana sudah menunjukkan tanggal 7 November 2020, tapi kami di Drakor Class masih mau merayakan kegembiraan karena Oppa baru bertambah usia, dan kemarin kebetulan ulang tahun debutnya yang ke-21.

Wah, ga nyangka ya Oppa sudah selama itu malang-melintang di dunia perdrakoran sebagai aktor. Memang popularitasnya tidak setinggi uri pheya, namun ketampanan Oppa bukanlah ketampanan plastik-plastik, eh kaleng-kaleng. Hal ini sudah terbukti dari sudah kepincutnya seorang aktris/artis jelita pujaan suami banyak wanita. Halah, lebay. Mau tahu cerita lengkapnya? Ikuti terus tulisan ini ya ….

Hai, Hai, Siapa Dia?

Hai, hai, siapakah dia yang bernama Lee Dong Wook? Dilansir dari Wikipedia nih, Oppa adalah seorang aktor yang lahir di Seoul 39 tahun yang lalu. Kalau di umur Korea, Oppa sudah berumur 40 tahun (umur umum + 1 tahun). Wah, 40 tahun, the big four! Jadi tahun ini bukanlah ulang tahun biasa buat uri oppa.

Pada umur 40 tahun laki-laki Korea diharapkan sudah mapan, dalam artian punya pekerjaan yang tetap dan berkeluarga. Memang usia untuk mulai membina rumah tangga di Korea semakin lama semakin menua. Duluuu … orang-orang menikah pada umur 20-an. Sekarang, menikah pada umur 40-an untuk pria dan 30-an untuk wanita bukanlah hal yang tabu. Dan hal ini berlaku secara umum, bukan di kalangan artis saja.

Eh, wait, kenapa jadi ngebahas soal nikah-menikah sih? Apakah Drakor Class mengharapkan Oppa segera berumah tangga? Yep, tentu saja! Hehehe.

Saya tiba-tiba terpikir hal ini karena teringat sebuah scene epik pembicaraan antara Lee Dong Wook dan emaknya ketika doi mau bergabung di variety show “Roommate” Season 1 (2014). Ketika itu Oppa minta ijin ke eommoni (eciyeh, berasa manggil mak-mer, hehe) untuk ga tinggal di rumah orang tuanya untuk sementara waktu.

Mendengar hal itu eommoni langsung nanya, “Emang kamu mau tinggal di mana?”

Jawab Oppa, “Itu, di satu rumah yang disewa sama PD-nim buat tinggal bareng-bareng. Ada 6 cowok termasuk saya dan 5 cewek, semuanya kalau ga aktor/aktris/penyanyi/komedian/penyiar radio, gitu-gitu deh.”

Tanggapan eommoni, “Hah, ada cewek? Kamu mau tambah susah kawin ya, makanya mau aja di-set up tinggal serumah sama cewek padahal ga married?”

Muka Oppa yang udah dari sononya pucat berubah jadi merah jambu dongggg, tersipu malu ngedenger “tuduhan” emaknya. Wkwkwk.

Okeh, percakapan di atas memang hiperbola sih, tapi esensinya sama, dan kamu bisa lihat detailnya di episode 1 (apa 2, ya?) dari “Roommate” Season 1 ini. Para pesertanya berguguran di tengah jalan, tapi Oppa dan beberapa orang lagi bisa lanjut sampai Season 2 walaupun view dan rating-nya bikin SBS nangis saking rendahnya.

Pada Season 1 itu pula Oppa ditembak sama cewek yang jadi roommate-nya, anggota girlband something yang udah bubar. Adegan nembaknya pun ga spesial, ga pas mereka lagi berduaan, dan ga di dalam sebuah episode. Adegan itu cuma extra scene di akhir episode dan paling cuma 3 detik.

Sebelas orang itu ceritanya lagi ngumpul di ruang tengah gitu dan si cewek ngomong aja dengan entengnya: “Aku suka Oppa.”

Woahhh, penonton (saya) terkejut! Dan reaksi/tanggapan Oppa tuh ga ditunjukin. Akyu kan gemas bin penasaran. Kita akan kembali lagi ke soal perjalanan cinta Oppa pada akhir tulisan ini ya. Sekarang waktunya …

BREAKING NEWS!

Mama uri Oppa cakep, lhooo! Wajahnya tirus, hidungnya mancung. Ketahuan deh Oppa dapet kegantengan dari mana.

Sekarang, mari kita membahas perjalanan karir Oppa. Sejak tahun 1999 doi dikenal sebagai aktor, model, host, dan entertainer. Sepanjang 21 tahun kita bisa melihat perubahan, transformasi gaya rambut dan gaya berpakaian Oppa sesuai dengan perkembangan jaman (dan pastinya tergantung stylist yang dipakai). Yang tetap sama hanya satu: kegantengannya. Hayahh ….#harapmaklum

Gara-gara drakor “Goblin” (2016), yang terselamatkan oleh Oppa karena sungguh mati saya ga suka cerita cowok ketuaan yang masih main-main sama bocah, mulailah saya mencari tahu tentang dia. Jawabannya tentu saja terangkum dengan baik di Wikipedia dan dengan terperinci di setiap drama yang dia bintangi.

Jadi dari sini kita akan bergerak ke poin ke-2.

Apatah Oppa Tanpa Karyanya?

Seperti kata teman sekelas saya, Sweeney, aktor/aktris Korea itu ga cuma menang tampang doang. Mereka tuh sangat berkarya, punya segudang prestasi, numpuk penghargaan, bekerja sangat keras, dan tetap teguh diterpa segala macam gosip dan gunjingan.

Prestasi Lee Dong Wook paling gampang ditunjukkan oleh drama-drama yang dia bintangi. Genrenya beragam, tokoh yang dia perankan juga bervariasi. Ga melulu jadi chaebol yang tsundere, tapi pernah juga jadi atlit bisbol yang berwatak pemarah. Aktingnya sebagai General Manager sebuah hotel besar yang mengalami krisis identitas juga sangat mengesankan. Ini terbukti dari saya yang betah menonton 34 episode “Hotel King” (2014) sampai berbulan-bulan. Padahal saya sulit dibuat terpesona, lho ….

Karya-karya Oppa yang membuat saya kepincut, in order of time availability to watch, adalah:

  1. Goblin (2016)
  2. Touch Your Heart (2019)
  3. Scent of a Woman (2013)
  4. Wild Romance (2012)
  5. Partner (2009)
  6. My Girl (2005)
  7. Hotel King (2014)
  8. Life (2018)

“Roommate” tidak saya selesaikan karena Oppa jarang muncul dan saya ga familiar dengan artis yang lain. Drama terbaru Oppa, “The Tale of a Gumiho” (2020) belum saya tonton karena belum tersedia di Netflix. Mianhae, Oppa, fansmu ini emang kurang usaha, hehe.

Dari semua drama (dan satu film) yang Oppa bintangi, yang saya paling sukai adalah “Wild Romance”. Di situ Oppa berperan sebagai seorang pemain bisbol terkenal yang menderita karena stalker yang membuntutinya mulai mengganggu orang-orang di sekitarnya yang dia cintai. Walhasil Oppa membutuhkan jasa seorang bodyguard, dan kebetulan dapet bodyguard cewek!

Apa chingudeul sudah bisa menebak jalan ceritanya? Eits, tunggu dulu, tahan dulu asumsinya. Selama bulan November bulan istimewa kelahiran uri Oppa, kita akan mengupas tuntas drama-drama Oppa yang meninggalkan perasaan hangat di hati saya setiap hari Jumat. Jadi stay tuned terus ya di Drakor Class!

Dua puluh satu tahun berkarya, pasti chingudeul penasaran ‘kan apa prestasi Oppa yang paling membanggakan? Mari lanjut ke poin ke-3.

Suzy dan Kegegeran Netizen

Memang ya tabloid gosip ga di Indonesia, Korea, Amerika, intinya sama semua: urusan kamar tidur! Siapa berkencan sama siapa, tunangan, menikah, putus, cerai, punya anak, semua-muanya ga lepas dari kerangka domestik. Artis juga manusia, mamen, cuma terkenal aja dan enak buat dibahas.

Dari sekian banyak penghargaan yang Oppa raih (daftar lengkapnya ada di Wikipedia), ada satu hal yang membuat Lee Dong Wook tiba-tiba menjadi (lebih) terkenal dalam satu malam.

Lee Dong Wook pernah menjalin hubungan dengan Suzy!

Buat kamu yang ga tahu Suzy itu siapa, coba deh Google, dijamin kamu bakal kaget dengan banyaknya artikel tentang dirinya.

Singkat cerita, Suzy ini mantan dari Lee Min Ho, uri pheya yang gantengnya paripurna tak bercacat. Putus dari LMH, Suzy langsung nyambung dengan Lee Dong Wook Oppa yang quote unquote “dia sudah kagumi sejak lama”.

Geger ‘kan dunia persilatan?

Walaupun saya sendiri meragukan LMH memang pernah benar-benar pacaran dengan Suzy secara mereka ga pernah ke-gap lagi berduaan. Jangan-jangan status pacar untuk mendongkrak popularitas aja? Who knows?

Dan dari LMH yang beningnya ga kira-kira Suzy beralih ke Lee Dong Wook Oppa yang menurut ukuran dunia yang fana ini kurang segala-galanya dibandingkan uri pheya. Minoz pada ga terima ‘kan? Ayo, Minoz, mana suaranyaaaa? #ngacung

Sayang sekali hubungan mereka hanya seumur jagung (yang saya sungguh ga tahu berapa angka tepatnya). Tanpa diduga jadian, tanpa dikira putusnya cepat. Yah begitulah menjalin hubungan di tengah dunia entertainment yang berputar sangat cepat. Hese!

Artis baru dan seger menggantikan artis lama semudah membalikkan telapak tangan, jadinya semua harus kerja keras biar tetep dapat proyek. Kisah romansa hanya bumbu semata. Suzy hanyalah sekelebat bagian dalam hidup uri oppa. Setelah putus, ya udah back to work, business as usual.

Harapan kita semua, di usia yang baru Oppa menemukan cinta dan kebahagiaan sejatinya yang tidak terikat pada ukuran menikah atau tidak menikah. Jalanilah jalanmu, Lee Dong Wook Oppa! Jalanilah dengan berani dan sukacita.

Cho Rijo

Penulis novel dan cerpen dalam bahasa Inggris.

Penggemar filsafat, traveling, taekwondo, piano, buku, film, dan tentu saja drama Korea.

rijotobing.wordpress.com

Baca Juga

9 Komentar

  1. uri pheya g ada tandingannya kak,hehehe…
    btw aq baru nonton Touch Your Hearth aja selain yg lagi ongoing ini…
    dan aku nggak minat nonton Goblin, heheh
    penasaran sama Hotel King

    1. Uri pheya tampan paripurna ya? Buahaha …

      di Goblin LDW kurang banyak muncul, skip aja. TYH manisss semanis madu+gula+tropi***a slim.

      Hotel king nih melodrama abis, sampe 34 episode! Segala macam intrik dan polemik udh masuk, mulai dari amnesia sampai anak yg tertukar😂😂😂

  2. […] Happy Birthday, Lee Dong Wook Oppa! Baca juga tulisan all about Lee Dong Wook Oppa […]

  3. […] saya bahas, chingudeul. Mulai sejak beliau merayakan 21 tahun debut anniversary, ulang tahun ke-39 (dua momen penting ini hanya berjarak 1 hari, btw), sampai melodrama terbaiknya yang menguras air mata dan meremas jantung saking pedihnya (baca […]

  4. […] dan harapan dari drama Korea “Tale and the Nine Tailed”. Drama yang dibintangi oleh Lee Dong Wook ini akan memasuki dua episode terakhirnya. Dalam drama ini Lee Dong Wook berperan sebagai Lee […]

  5. […] adalah drama bergenre romance fantasy yang banyak menampilkan artis-artis papan atas Korea Selatan. Lee Dong Wook berperan sebagai Lee Yeon, gumiho sakti mantan roh gunung. Drama “Tale of The Nine […]

  6. […] korea lagi banyak banget ya yang kece-kece. Tapi saya nggak lagi pengen ngebahas dramanya babang Lee Dong Wook, atau Mr Queen yang kocak banget, atau tentang cinta SMA True Beauty yang punya kumpulan bintang […]

  7. […] luber-luber gimana kaya drama romantis lain. Apalagi kalau dibanding dengan chemistry Yoo In Na dan Lee Dong Wook di Goblin ataupun Touch Your Heart. Percintaan di drama ini lebih biasa saja. Walau ada beberapa […]

  8. […] antara semua malaikat maut yang muncul dalam drama, sosok Lee Dong Wook yang berperan sebagai malaikat maut dalam drama “Goblin” adalah yang paling berkesan. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: