DrakorClass IG Live Perdana

teman sekelas drakorclass

Kemarin malam, Jumat 6 November 2020, jam 19.30 – 20.45 WIB, jadi juga DrakorClass mengadakan IG Live perdana di Instagram nya DrakorClass. Dipikir-pikir, teman sekelas di drakorclass ini agak-agak gerak cepat ya. Belum sebulan bikin blog bareng, tiba-tiba udah bikin IG live aja, hahaha. Semangatnya luar biasa.

Tapi ya tidak apa, namanya juga belajar bersama dengan hati gembira. Dapat kebahagiaan dan dapat ilmu juga tentunya. Sebagian besar dari kami aslinya itu cuma suka nulis dan suka nonton drakor, terus jadilah ikut belajar optimasi blog dan juga sekarang optimasi media sosial.

Lalu, untuk melengkapi pelajaran, tadi malam selesai IG Live, saya membuat YouTube DrakorClass juga. Sekalian buat menyimpan video rekaman dari IG Live. Jangan lupa subscribe YouTube DrakorClass juga ya Chingudeul

Tahap Perencanaan IG Live

Rencana IG Live ini termasuk dadakan (seperti semua yang kami lakukan selalu secepat kilat). Sebenarnya ada keinginan bikin Zoom Classrooms, tapi ya biasanya kalau zoom kesannya lebih serius dan mengingatkan dengan mendampingi anak belajar di rumah, jadi kami ikutan tren aja mengadakan IGLive.

Rencana ini pertama kali diusulkan hari Minggu, 1 November 2020 saat kami mengadakan Zoom rutin bulanan. Evaluasi terhadap situs ini dan rencana-rencana ke depan. Tiba-tiba kegiatan iseng tapi menyenangkan ini sepertinya ada potensi dilakukan dengan lebih serius. Iya, maksudnya sih biar ada pengalaman dan pelajaran baru juga tentunya.

Rencana IG Live dilanjutkan dengan obrolan di WA Grup. Lalu ditunjuklah Cho Sweeney menjadi pemandu acaranya. Dan seperti biasa, penunjukkan mendadakpun hasilnya tetap oke loh! Siapa sangka dik Sweeney menyimpan potensi untuk menjadi pewawancara seperti Indy Barends (eh siapa ya referensi untuk jaman sekarang, saya taunya pembawa acara talkshow jaman sebelum 2007).

Konsep acara IG Live segera disusun. Tentunya sudah direncanakan beberapa IG Live sampai akhir tahun 2020. Jadi pastikan saja untuk mengikuti sosial media kami supaya tidak ketinggalan informasinya.

Karena masih banyak yang bertanya-tanya apa sih DrakorClass itu, maka kami pun tayang perdana dengan judul Annyeonghaseyo Chingudeul, dengan tujuan menceritakan awal mula perjalanan kami yang suka menulis dan nonton drakor ini sampai jadi bikin drakorclass.com.

Sesi IGLive berikutnya kami juga akan bercerita lebih banyak dengan teman sekelas yang tergabung di sini. Bagaimana karya-karya dari teman sekelas drakorclass bukan berupa tulisan seputar drakor saja tapi juga berupa buku. Nantikan ya cerita penonton drakor yang produktif menulis ini.

Pelaksanaan IGLive

Kami baru tahu kalau IGLive itu tidak bisa ngobrol bareng lebih dari 2 orang, jadi kami belajar untuk membuat obrolan dengan bergantian memanggil teman sekelas yang diajak ngobrol. Cho Sweeney jago juga, belum pernah mencoba IGLive, bisa berhasil memandu acara dengan 4 teman bergantian.

Namanya pengalaman pertama, kami sudah tau kalau IGLive itu biasanya hanya bisa 1 jam saja. Tapi, kami pikir kalau cuma menampilkan obrolan dengan 1 orang saja, mau ngomongin apa 1 jam? Jadi kami pikir format acara dibagi untuk 4 teman sekelas yang berbagi tentang drakorclass.

Dan ternyata, kami tidak memperhitungkan waktu untuk peralihan dari 1 teman ke teman lain. tapi tidak masalah, rekamannya bisa kami sambungkan lagi dan jadilah kemarin IG Live kami berlangsung 1 jam lebih, hahaha.

Nah, untuk mempermudah ceritanya, saya sudah membagi videonya menjadi 4 bagian, sesuai dengan jumlah orang. Pelajaran baru buat saya, kalau aplikasi QuickTime Player di Mac, bisa dengan mudah menyambung dan memisah-misahkan file video.

Rhin: Awal mula DrakorClass

Saya ditunjuk untuk yang menceritakan tentang awal mula kami berkolaborasi sampai akhirnya sepakat untuk membuat situs drakorclass ini.

Cerita singkatnya, kami bertemu di grup menulis Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP), kami sama-sama suka menulis dan nonton drakor. Lalu kami membentuk grup baru khusus ngobrolin drakor. Sejak ada grup drakor, kami jadi makin produktif menulis, berlanjut dengan kegiatan kami menantang diri sendiri

Cerita lengkapnya bisa dilihat di videonya saja ya.

Ngobrolin awal mula sampai visi DrakorClass bareng Rhin

Re Ra: Selalu Riset Sebelum Menulis Blog

Ngobrol bareng blogger yang sudah malang melintang sejak tahun 2009 nih, kalau mau lihat tulisan-tulisannya, selain di drakorclass dengan nama ReRa, tulisannya ada di blog pribadinya dailyrella.com.

Re Ra ini contoh blogger yang selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum menuliskan artikelnya, termasuk artikel tentang dunia Bisnis dan Investasi yang terinspirasi dari drama StartUp. Karena drama Tale of the Nine Tailed, dia juga jadi mencari tahu tentang legenda Gumiho.

Kalau mau tahu tulisan Re Ra yang lainnya di situs ini bisa coba lihat di sini. Untuk obrolan lengkapnya, langsung saja lihat di video ya.

Tips bikin artikel non fiksi dari drakor dari ReRa

DK: Berbagi Tips Menulis Sejak Menonton Drakor

Mbak DK ini salah satu teman sekelas yang paling produktif menulis. Selain menulis di drakorclass, dia juga punya 2 blog pribadi lain yang rutin di isi. Jadi ternyata mbak dk ini sudah menonton drakor bareng suami sejak jaman drakor itu ada di TV dan atau versi DVD segala!

Nah sejak bergabung dengan drakorclass, mulai deh langganan streaming dan hasilnya bukan saja makin produktif menulis, tapi juga makin disayang suami. Penasaran apa hubungannya? Nonton aja videonya hehe.

Ciri khas tulisan mbak dk di drakorclass, dia tidak pernah membahas hanya 1 drama, tapi paling sedikit 3. Ngasih tips ide tulisan dari drakor saja bisa ada 11 loh. Kalau penasaran, bisa lihat tulisan-tulisan mbak dk di sini.

Oh iya, mbak DK juga sudah lebih dulu menuliskan cerita IGLive kami kemarin di blognya, silakan dikunjungi buat melengkapi ceritanya, hehehe.

Tips buat menaikkan page view blog dan rumahtangga harmonis dari DK

Lendyagasshi: Menulis dengan Totalitas

Lendy-chingu ini salah satu yang bikin saya ikutan menulis review drakor. Tulisan Lendy-chingu ini penuh dengan pelajaran dari drakor. Kupas tuntas deh. Ternyata, tulisan itu bisa lengkap karena ada totalitas dalam menuliskannya, setiap menulis pasti deh harus dilihat lagi itu dramanya.

Lendy-chingu juga pernah jadi recapper drakor. Tau gak apa itu recapper? Itu loh, yang menuliskan dengan detail apa yang terjadi dalam drakor di tiap scenenya. Buat yang tidak sempat menyelesaikan menonton dramanya, mereka suka membaca recap saja termasuk saya.

Siapa yang belum move-on dari ending Record of Youth? Ada tips dari Len-chin bagaimana supaya bisa move-on, jadi pastikan tonton video obrolan dengan Lendy-Chingu. Tulisan dari 1 drama ini saja sudah ada beberapa loh di situs drakorclass ini, plus ada lagi beberapa di situs pribadinya, dan kabarnya masih akan ada beberapa tulisan lagi. Daebak!!! Sungguh Len-chin penulis penuh totalitas.

Kalau mau melihat tulisan Lendy-chingu di drakorclass, klik aja di sini ya.

Obrolan bareng Lendyagasshi, penulis dengan totalitas

Penutup

Namanya acara IGLive perdana ya, tentunya masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki untuk di kemudian hari. Tapi yang terpenting, kami merasa gembira bisa berbagi kebahagiaan dan belajar hal-hal baru bersama.

Nantikan IGLive berikutnya untuk berkenalan dengan teman sekelas DrakorClass lainnya dengan karya-karya mereka yaa.

Jangan lupa ikuti semua sosial media kami, terutama Channel YouTube DrakorClass.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. http://blog.compactbyte.com

Baca Juga

5 Komentar

  1. ahh aku bahagia kemarin….
    semoga ig live selanjutnya makin seru. …

    1. aku jugaaa, pasti dong tambah seru, host nya pasti makin jago deh wawancaranya, hehehe

  2. Keren-keren kontributor drakorclass.
    Banyak belajar dari tulisan semua kontributor.
    Gomawo, chingu.

    1. len-chin juga kereeen

  3. Kalian semua daebak!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Me!
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: