11 Ide Tulisan Dari DraKor Selain Review

chicago typewriter

Annyeonghaseo, apa kabarnya para drakorian? Sudah nonton drama Korea apa hari ini? Banyak nonton apa banyak nulisnya nih? Moga banyak nulisnya ya, atau bagusnya mah imbang. Jumlah drama Korea yang ditonton berbanding lurus dengan jumlah tulisan yang dihasilkan. Duh serius amat yakk… hehehe. 

Siapa yang lagi nggak punya ide buat nulis? Sini-sini merapat sama saya. Langsung saya ajak nonton drama Korea. Lah kok nonton? Terus kapan nulisnya? Ya habis nonton kales. ..

Hari ini saya mau berbagi tentang tema tulisan yang bisa didapat setelah menonton drama Korea. Nonton drakor itu nggak berarti nulis tentang review dramanya saja lho. Ada banyak ide tulisan selain review yang bisa kamu tulis.

Apa saja itu? Yuk baca sampai akhir ya.  

11 ide tulisan yang kamu tulis setelah menonton drama Korea. 

1. Beauty

Beauty blogger mana suaranya? Penggemar drakor pasti nggak asing sama scene saat pemain drama mengoleskan cream sebelum tidur. Ini bisa jadi bahan tulisan lho. Misalnya Night Skincare ala drakor. 

Atau bisa juga nulis gimana sih tips awet muda ala aktris-aktris drakor macam Song Hye-Kyo ataupun Kim Hee-ae yang tetap menawan di usia yang mapan. 

Pun bisa juga lho nulis tentang beauty device yang sering muncul di drakor. Mulai dari Foreo Ufo sampai LED Mask nya Raja Lee Gon dalam The King Eternal Monarch. 

2. OOTD (Outfit of The Day)

Drama Korea itu detail banget ya. Nggak hanya penggambaran cerita dan pemilihan pemeran, outfit of the day juga turut diperhatikan. Mau cari ootd apa saja ada di drakor. Mulai dari outfit kantoran yang kece sampai outfit santai yang stylish. Semua ada di drama Korea. Ini bisa jadi ide tulisan lho.

Banyak sekali artikel yang membahas ootd dari drama Korea. Terakhir, yang paling hapening adalah membahas serangkaian outfit kece nan menawan Seo Ye Ji dalam drama Korea It’s Okay to Not be Okay. Ini bisa menjadi banyak ide tulisan, mulai dari daftar outfit mahal, gaya elegan sampai baju kantor stylish ala Seo Ye Ji. Nah mantap kan, satu ide bisa jadi banyak judul tulisan. Dijamin blog mu bebas sarang laba-laba. 

3. Kuliner

Kamu juga bisa nulis tentang kuliner setelah menonton drama Korea. Setiap drama Korea selalu menampilkan beragam kuliner khas Korea. Mulai dari Kimchi, Kimbab, Bibimbab, Bulgogi sampau Jjajangmyeon yang jadi favorit dalam drama Korea Hospital Playlist. 

Banyak ide tulisan seputar kuliner Korea yang bisa kamu tulis. Ini akan menarik banyak pembaca lho. Gelombang hallyu wave juga membuat orang Indonesia menyukai kuliner khas Korea. Pasti banyak yang mencari rekomendasi kuliner khas Korea. 

4. Travelling

Travel blogger juga akan dapat banyak ide menulis dari menonton drama Korea. Setting drama Korea yang variatif bisa membuat penonton tahu banyak tempat-tempat kece di Korea. Mulai dari Namsan Tower yang ikonik sampai Pulau Jeju yang sangat romantis

Kamu bisa menulis rekomendasi spot wisata ala drama Korea atau tentang spot favorit yang menjadi setting cerita drama Korea. Atau bisa juga menulis tentang tips travelling ke Korea. Pilih saja yang mana yang paling menarik dan unik untuk ditulis.

5. Lifestyle

Drama Korea membuat penonton jadi tahu bagaimana gaya hidup orang Korea. Beberapa gaya hidup yang disajikan sangat menarik dan inspiratif. Misalnya, orang Korea itu selalu mengutamakan naik kendaraan umum.

Sebagian besar drama Korea yang saya tonton menceritakan bagaimana orang-orang Korea selalu baik bus ataupun kereta saat bepergian. Jarang yang kemana-mana pakai mobil pribadi. Bahkan sekelas aktor terkenal Sa Hye Joon dalam drama Korea Record of Youth juga sering naik bus. Naik kendaraan umum ini pasti lebih baik untuk menurunkan tingkat polusi dan kemacetan. Ini patut dicontoh buat orang Indonesia. Eh kok jadi sok memberikan nasihat ya, mian ✌✌.

Atau bisa juga mengulas kemandirian orang Korea. Anak-anak yang beranjak dewasa meskipun belum menikah, sering diceritakan hidup mandiri. Mereka tinggal di apartemennya sendiri. Keluar dari rumah orang tua. Tentu ini juga bisa menjadi ide tulisan yang menarik. 

6. Parenting 

Nonton drama Korea itu nggak kalah seperti mengikuti seminar parenting lho. Banyak drama Korea yang menyajikan banyak tips seputar parenting. Misalnya drama Korea Sky Castle yang sangat booming beberapa waktu lalu.

Review drama Sky Castle

Banyak tips parenting yang bisa kita tulis. Kalau bagai saya, kisah parenting dalam drama Korea nggak hanya untuk bahan tulisan saja, tapi juga sebagai bahan evaluasi pola pengasuhan yang saya jalani. Misalnya saya jadi lebih woles sebagai orang tua setelah menonton drama Sky Castle. Tidak memaksa anak dengan ambisi pribadi. 

7. Relationship

Ya nonton drakor juga bisa membuat kita menulis macam-macam relationship. Mulai dari teman tapi mesra sampai perselingkuhan yang bikin gregetan macam drama Korea The World of the Married itu. 

Mengupas tipe-tipe relationship ala drama Korea juga menarik untuk dibahas. Misalnya pacaran sopan ala Chae Song Ah dan Park Joon Young dalam drama Korea Do You Like Brahms. Atau bisa juga menulis tentang tips menjaga relationship dari drama Korea. Saya pernah nulis Manfaat Drama Korea Bagi Keharmonisan Rumah Tangga, tulisan ini masuk dalam halaman muda mesin pencari lho. Banyak yang membaca! *kibas jilbab

8. Jenis-Jenis Profesi 

Tau sendiri kan klo drama Korea itu selalu kreatif. Ide cerita banyak yang menggambarkan beragam profesi. Tak hanya profesi-profesi mainstream seperti dokter dan pengacara saja, akhir-akhir ini drama Korea juga sering mengangkat kisah dari berbagi profesi masa depan. Misalnya content creator seperti dalam drama Korea Dinner Mate

Kamu bisa membuat tulisan tentang jenis profesi yang ada dalam drama Korea. Misalnya Rekomendasi Drama Korea Dokter Terbaik atau Pofesi Unik dalam Drama Korea. 

9. Infotaiment

Kamu juga bisa menulis tentang kehidupan pribadi aktor dan aktris Korea favoritmu. Kamu bisa bebas menulis tentang bias mu!  Membahas all about bias bisa jadi ide tulisan yang menarik. Misalnya saya yang pernah menulis tentang drama Korea yang dibintangi oleh Jo Jong Suk.

Kamu juga bisa menulis apa saja alasanmu memilih bias. Tapi hati-hati, nulis ini bisa membuat kadar kebucinanmu meningkat, hehehe…

10. Mental Health

Topik kesehatan mental juga lagi rame dibahas akhir-akhir ini. Banyak lho drama Korea yang membahas tema kesehatan mental. It’s Okay to Not Be Okay adalah drama paling gress yang membahas topik kesehatan mental.

Buat penulis yang juga lulusan psikologi seperti uri dongsaeng Dea, drama Korea menjadi sumber inspirasi mengupas sisi-sisi psikologi. Berasa kuliah psikologi juga bila menonton drakor dengan genre psikologi. 

11. Fan Fiction

Terakhir, buat yang suka berimajinasi bisa menulis fan fiction setelah menonton drama Korea. Nggak cuma yang suka imajinasi sih, tapi juga berlaku untuk penonton yang nggak puas dengan ending drakor yang ditonton.

Fan Fiction atau yang biasa disebut FanFic adalah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau setting yang sudah ada. FanFic ini bisa berlaku untuk drama, film, komik, novel, selebriti atau karakter lainnya. 

FanFic dari sebuah drama biasanya terjadi jika fans tidak puas dengan ending yang ada. Biasanya drama yang endingnya gantung, rawan di FanFic-in. Atau yang bikin orang susah move on, jadi pengen banget ada kisah lanjutannya. 

Ya seperti saya yang susah move on dengan drama Korea It’s Okay to Not Be Okay ini. Saya merasa 16 episode itu kurang. Meski drama ini berakhir bahagia, menurut saya kebahagiannya kurang lengkap. Jadi cerita saya lanjutkan sendiri. Buat fan fiction dari drama tersebut, hehehe.

Nah itu tadi 11 ide tulisan yang bisa kamu tulis setelah menonton drama Korea. Jadi buat penggemar drakor nggak ada alasan lagi untuk nggak bisa nulis ya. Sudah banyak ide bertaburan, tinggal tangkap dan eksekusi! 

Yuk makin semangat nontonnya, biar makin lancar nulisnya, hahahaha. 

dk

"Ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai blogger dan penulis buku. Suka menulis seputar parenting dan life style. Bucinnya Jo Jong Suk 🤭"

Baca Juga

8 Komentar

  1. nomor 12. Jadi bisa memberikan tips-tips seputar mencari ide menulis, hehehehe…

    1. Haha iya ya..
      Banyak yaa ide dari nonton

  2. pas baca “kibas jilbab”, terbayang mb DK lagi mengibaskan jilbab dengan dagu sedikit terangkat, mata terpicing, sebelah tangan pegang mouse hahaha
    makasih ide tulisannya ya mb DK <3

    1. Hehe, uda terbayang yaa

  3. Idenya banyak amat Mbak DK.. hehe tak pernah terpikirkan olehku nulis begituan. Pantesan Mbak DK selalu menang di segala liga

  4. […] Baca juga : 11 Ide Tulisan Dari Drakor Selain Review […]

  5. Oke,
    No excuse yaa…Do your best.
    Kereen, DK.

  6. […] mbak dk di drakorclass, dia tidak pernah membahas hanya 1 drama, tapi paling sedikit 3. Ngasih tips ide tulisan dari drakor saja bisa ada 11 loh. Kalau penasaran, bisa lihat tulisan-tulisan mbak dk di […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Me!
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: