Rekomendasi 3 Drakor Horror untuk Pemula

the guest

Jika film Conjuring sudah membuatmu takut untuk pergi ke kamar mandi sendirian, maka tiga tontonan berikut ini mungkin cocok untuk kamu yang merupakan penggemar pemula genre horor.

Drama Hand: The Guest (2018)

Konon ini adalah salah satu drama yang dilabeli oleh para netizen sebagai super mengerikan. Kisah mengenai proses eksorsisme dan pertempuran melawan iblis bernama Park Il Do ini memiliki alur yang cukup menegangkan. Setiap episodenya nyaris dipenuhi adegan-adegan sadis yang tidak enak dilihat mata. Siapa sih yang tidak terkejut saat melihat adegan korban yang menusuk matanya sendiri akibat perintah sang iblis? Namun sebenarnya kalau dipikir-pikir, ceritanya tidak seseram yang dibayangkan. Bisa jadi karena saya terlalu fokus melihat karakter pendeta kece yang dimainkan oleh Kim Jae Wook hingga abai dengan teror yang dilakukan oleh Park Il Do ke para korbannya.

Overall cerita ini sebenarnya cukup recommended. Alur ceritanya tidak bertele-tele dan penyajiannya cukup apik untuk ukuran film horor. Absennya adegan sentuhan bibir maupun ranjang juga menambah nilai saya untuk Hand: The Guest. So far, saya sudah menonton drama ini dua kali demi melihat kekecean Kim Jae Wook dalam balutan seragam pendeta eksorsis.

kim jae wook
Mateo, Eksorsis kece di Film Hand: The Guest
Retrieved from: https://scribbleandscroll.com/upcoming-korean-drama-hand-the-guest-second-creepy-trailer-watch

Drama The Priest (2018)

Mengikuti jejak sukses The Hand: Guest, drama ini juga mencoba mengambil tema mengenai eksorsime. The Priest mengangkat cerita seorang pendeta muda bernama Oh Soo-min yang mencoba menjalani profesi barunya sebagai pengusir setan ini. Ia bekerjasama dengan seorang dokter muda yang awalnya tidak percaya dengan keberadaan para setan di rumah sakitnya. Namun entah kenapa ceritanya masih kurang seram bagi saya tapi mungkin tidak untuk sebagian orang. Mungkin saya kurang suka saja dengan efek makeupnya yang kentara, jadi hawa horornya tidak begitu terasa.

Ceritanya juga cukup so-so untuk kategori drama horor. Ada beberapa selipan cerita romance yang membuat saya sempat ketiduran saat menonton The Priest. Salah satu alasan kenapa saya nonton drama ini dan bertahan sampai episode akhir adalah karena Yeon Woo Jin. Walaupun saya merupakan penggemar Oppa Woo Jin tapi kalau boleh jujur karismanya kalah dengan Kim Jae Wook yang memainkan peran serupa.

Lagipula saya merasa jika drama ini terlalu dekat penayangannya dengan Hand: The Guest. Mau tidak mau saya jadi membandingkan “kecetaran” Oppa Jae Wook, eh maksud saya kehororan Park Il Do dengan setan-setan yang muncul di drama The Priest ini. Jadi dramanya recommended nggak? Well, kalau kalian nonton The Conjuring saja sudah horor maka drama ini masuk dalam rekomendasi tontonan untuk para pemula.

Priest OCN
Tim eksorsis
Retrieved from https://www.hellokpop.com/review/k-drama-review-priest/

Drama The Cursed (2020)

Ini merupakan salah satu drama favorit saya. Sejak pertama menonton, saya sudah terkesima dengan akting Jung Ji-So yang memainkan karakter seorang “dukun” santet. Berbeda dengan penampilannya di Parasite, di drama ini Ji-So memotong pendek rambutnya. Totalitasnya patut diacungkan jempol. Ia mampu menghadirkan suasana mistis dalam level yang berbeda. Wajahnya yang imut membuat saya bertanya-tanya, “ini beneran si ade bisa nyantet orang?”.

Don’t judge the book by its cover. Meskipun usianya tergolong muda, Baek So Jin merupakan seorang dukun yang cukup kuat. Ia tidak gentar menghadapi roh jahat yang memasuki tubuh seorang CEO dari perusahaan start up FOREST yang fokus pada bisnis santet online.

Wait, perusahaan start up? Nah inilah jeleknya saya. Alih-alih memperhatikan jalan cerita dramanya, saya malah fokus dengan kemampuan FOREST untuk mencapai IPO dalam waktu singkat. Drama ini justru memberi pengetahuan baru buat saya yang awam dengan kegiatan penawaran saham perdana oleh sebuah perusahaan start up.

Kalau perhatian saya gampang terbagi berarti dramanya kurang seram dong?

Untuk ukuran saya sih drama ini menegangkan tapi sama sekali tidak mengerikan. Saya suka dengan hawa kelam yang ditunjukkan oleh drama kreasi penulis “Train to Busan” ini. Tapi kalau dibilang seram sepertinya sih tidak terlalu ya. Setidaknya setelah menyelesaikan seluruh episodenya, saya masih berani ke toilet sendiri meskipun bulan purnama tengah bersinar dengan indah di luar sana.

The Cursed (Korean Drama) - AsianWiki
The Cursed, Dukun santet ala Korea Selatan
Retrieved from https://asianwiki.com/The_Cursed_(Korean_Drama)

Demikian tiga drama horor Korea yang bisa ditonton oleh para penggemar pemula. Selamat menikmati Chingedeul!

Salam bucin!

Cha Ree

***

Cha Ree

A writer and author of the new novel Alea and The Forgotten Empire. She is on mission to make cultural heritage sparkle again. In love with Korean dramas and K-pop world.

Baca Juga

3 Komentar

  1. Yg pernah aku liat cuma the cursed. Iya sih memang ga seram, tp bikin penasaran dan mati Krn santetnya bikin ngiluuuuuu hahahahha. Aku penasaran nunggu season kedua, berharap ada. Males aja kalo endingnya gantung gitu :p.

    Kayaknya aku bakal nonton yg the guest sih mba. Menarik reviewnya

  2. haduu haduu… aku yang (ngaku) biasnya jaeuck oppa tapi belum nonton The Guest sebagai salah satu bukti nyata ke’cetaran’nya.
    meluncuurr langsung ke TeKaPe… 😀

  3. Menurutku ini sih bukan lagi pemula, Kak Rie.. tapi udah masuk golongan intermediate. Wkwkk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: