‘Busted!’, Alternatif Saat Bosan Ngedrakor

busted variety show

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Pernah nggak sih drakorian merasa bosan menonton drama Korea? Wajar kok kalau sometimes kita merasa jenuh dan bingung nih mau nonton drama apa lagi? Meskipun, ada ribuan judul drakor di luar sana yang sebenarnya bisa menjadi pilihan.

Saya sendiri, saat jenuh menonton drama Korea biasanya akan lari ke variety show. Dengan menonton variety show, saya merasa lebih dekat dengan aktor dan aktris favorit saya. Haha. Jadi ngerasa akrab gitu karena melihat mereka sebagai diri mereka sendiri bukan sebagai tokoh yang diperankan dalam drama.

Belakangan ini, saya menonton variety show yang agak berbeda dengan jenis variety show pada umumnya. Variety show tersebut bertajuk “Busted”. Mulanya, saya menonton acara tersebut karena masih belum bisa move on dari Lee Seung Gi di drama Mouse. Eh, ternyata seru uga nih variety show-nya!

Lee Seung Gi dalam ‘Busted!’, perannya bikin inget lagi sama Jung Ba Reum 😉 (Netflix)

Berikut adalah rangkuman dari alasan mengapa variety show ‘Busted!’ sangat menarik untuk diikuti, bisa banget jadi alternatif saat bosan ngedrakor. Simak, yuk!

Mengusung Tema Detektif

Salah satu hal yang membuat ragam hiburan ini menarik adalah karena konsep yang disajikan adalah tentang tema detektif. Sutradara dari acara ini adalah Jo Hyun Jin, Jang Hyuk Jae dan Kim Joo Hyung. Dalam variety show ini, ada tokoh-tokoh utama yang berperan sebagai detektif yang siap memecahkan berbagai kasus.

Ada juga tokoh-tokoh yang berperan sebagai penjahat juga korbannya. Semua tokoh yang berperan adalah idol maupun aktor dan aktris yang pastinya membuat kita terhibur karena, “Eh! Ini kan si ini,” atau, “Ini kan yang main di drama ini!”. Makin senang menontonnya karena kenal gitu sama mereka. Haha.

Variety show ini ditayangkan sebanyak 3 season di Netflix. Season pertama ditayangkan pada tahun 2018 dan berlanjut ke season dua di tahun 2019, hingga season ketiga di awal tahun 2021 ini.

Tidak seperti variety show lainnya yang terdiri dari puluhan bahkan ratusan episode, setiap seasonnya ‘Busted!’ hanya menampilkan 8 hingga 10 episode.

Betabur Bintang Ternama

cover busted
Para pemain utama ‘Busted!’ (Netflix)

Seperti yang saya sebutkan di awal bahwa alasan saya menonton variety show ini adalah karena ada Lee Seung Gi. Variety show ini banyak diminati karena memang bertabur bintang. Lee Seung Gi mulai muncul di season ke-2 dan lanjut ke season yang ke-3.

Selain Lee Seung Gi yang menjadi pemain utama di season ke-2 dan ke-3, aktor dan aktris serta idol lainnya yang sudah eksis sejak season pertama adalah Yoo Jae Suk, Lee Kwang So, Kim Jong Min, Park Min Young, Oh Se Hun, Kim Se Jong dan Ahn Jae Wook yang hanya mengisi season 1 dan 2. Gimana, familiar kan sama mereka semua?

Baca juga : 7 Oppa Kharismatik Dengan Dramanya yang Terfavorit

Di samping itu, setiap episode akan menghadirkan bintang tamu yang berbeda dan semuanya terkenal. Contohnya saja Yoo Yeon Seok, Ye Ji Won, Park Jin Joo, Yoon Bo Ra hingga Suho EXO. Masih banyak lagi deh yang lainnya! Pastinya sebagai penggemar drama Korea, kita nggak asing lagi dengan wajah-wajah mereka.

Akting Tapi Nggak Akting

Hal menarik lain dari ‘Busted!’ adalah karena para pemainnya harus memerankan tokoh layaknya mereka berperan dalam drama atau film. Tapi, karakter yang mereka bawakan sama seperti pembawaan mereka sehari-hari. Jadi, aktingnya itu kayak setengah akting setengah nggak. Ini yang membuat banyak hal kocak yang terlihat saat kita menonton ‘Busted!’.

Misalnya saja, saat para detektif diminta untuk memecahkan petunjuk guna menyelesaikan sebuah kasus, kadang mereka heboh sendiri dan merasa keren karena bisa menemukan dan memecahkan petunjuk baru. Padahal, harusnya ya stay cool aja karena sebagai detektif ya wajar lah menemukan petunjuk-petunjuk. Hehe.

busted all cast
Saat para detektif mencari petunjuk (soompi.com)

Tingkah konyol dan kebodohan yang dilakukan oleh para pemainnya juga tak jarang membuat mereka tidak bisa menahan tawa.

Penonton Dibuat Ikut Mikir

Berhubung tema yang diangkat adalah tentang kehidupan para detektif, tentu suguhan cerita misteri dan kasus-kasus bertaburan dalam setiap episodenya. Kasus-kasus yang berbeda di setiap episode ini mau tidak mau membuat penonton ikut menganalisa dan berpikir siapa dalang dibalik kasus tersebut?

Plot twist yang tersaji juga nggak abal, chingu! Kadang membuat para pemainnya pun bingung dan kagum sendiri dengan jalan cerita di tiap episode. Konon katanya, nggak semua cast tahu loh bagaimana akhir dari episode yang mereka mainkan. Hal ini sengaja dilakukan agar akting mereka tampak lebih natural.

Meraih Guiness World Record!

Pada tanggal 14 Januari 2021, ‘Busted!’ memasang iklan promosi di halaman 64 majalah US, “Variety”. Bukan sembarang iklan, iklan promosi tersebut berukuran sangat mini yaitu 1,712 cm x 2,529 cm. Dengan ukuran tersebut, iklan tersebut hanya dapat terlihat dan terbaca dengan menggunakan bantuan kaca pembesar.

yoo jae suk busted
Yoo Jae Suk sebagai ketua ‘geng’ detektif dengan sertifikat rekor dunia (Netflix)

Iklan promosi tersebut dikukuhkan oleh “Guiness World Records” sebagai iklan terkecil di dunia. Konsep iklan super mini ini dianggap sejalan dengan konsep dari ‘Busted!’ yang mengangkat tema detektif. Pembaca harus mencari tahu sendiri di halaman berapa dan di bagian mana iklan tersebut dipasang.

Rekomendasi

Itu tadi, chingudeul, beberapa hal menarik dari variety show ‘Busted!’ yang membuat acara ini cocok ditonton sebagai alternatif ketika kalian sedang bosan menonton drakor. Apalagi untuk kalian yang memang suka cerita dengan tema-tema misteri atau detektif.

Meskipun acara ini nggak yang seruuu banget dan kadang ada adegan membosankan yang membuat saya skip-skip ke beberapa menit setelahnya, tapi boleh lah untuk mencari hiburan dengan melihat tingkah konyol para detektif amatir ini memecahkan kasus. Ditambah lagi dengan kehadiran bintang tamu yang ganti-ganti setiap episodenya. Jadi selalu terlihat fresh!

So, happy watching, chingudeul!

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Baca Juga

1 Komentar

  1. Lumayan menghibur, walau kadang tampak konyol..
    Hahhaa, apalagi ada Yoo Jae Suk oppa.
    Tapi keshayangan aku ada 2 di sini, uri Sehuniii sama Lee Seung Gi oppa…annyeong~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: