Oh Jung Se, Aktor Sejuta Karakter (end)

Masih tentang Oh Jung Se, aktor keren nan paten. Sepertinya tidak ada tokoh yang tidak bisa diperankan oleh peraih penghargaan “Best Supporting Actor” di Baeksang Arts Awards 2021 ini. Deretan panjang judul film dan drama menjadi buktinya.

Pada bagian pertama, kita cerita tentang profil, perjalanan karier, dan prestasi Oh Jung Se. Kemudian, di bagian kedua, kita cerita dan mengulas dua film yang menjadi milestone dan prestasi Oh Jung Se. 

Jangan lupa baca ini juga: Bagian Pertama dari Trilogi Oh Jung Se.

Ini adalah bagian terakhir dari rangkaian tulisan tentang Oh Jung Se. Dari dua puluhan drama yang sudah diperankannya, aku akan mengulas empat drama, dimana Oh Jung Se memperoleh penghargaan atas kemampuan olah perannya. 

Drama “Missing 9” (2017)

Drama ini dibintangi oleh Baek Jin Hee dan Jung Kyung Ho. Dikemas dalam 16 episode, drama ini ditayangkan pertama sekali di MBC pada 18 Januari – 9 Maret 2017. Ceritanya penuh kisah dan drama dengan alur flashback. Penonton akan terbawa dalam kisah yang penuh dengan twist and turns. Bikin penasaran. Menarique.

Poster Drama "Missing 9" (sumber: Kompasiana)
Poster Drama “Missing 9” (sumber: Kompasiana)

Sinopsis

Dalam penerbangan ke China, sebuah pesawat yang membawa 47 penumpang mengalami kecelakaan, dan terdampar di sebuah pulau. Hanya 9 orang yang selamat; beberapa di antaranya adalah selebriti terkenal Korea Selatan dari agensi Legend Entertainment.

Mereka adalah antara lain Ra Bong Hee (Baek Jin Hee) seorang stylist; Seo Joon Oh (Jung Kyung Ho), seorang mantan leader boyband Dreamers; mantan anggota Dreamers Choi Tae Oh (Choi Tae Joon) dan Lee Yeol (Park Chen Yeol); penyanyi, serta aktris terkenal Ha Ji Ah (Lee Sun Bin), dan manager Seo Joon Oh yang bernama Jung Ki Joon (Oh Jung Se). 

Setelah empat bulan, hanya satu dari antara mereka yang selamat dan kembali ke Korea Selatan. Namun kemudian dia menemukan bahwa enam rekannya yang lain pun selamat.

Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata selain dari mereka yang selamat, beberapa penumpang mengalami kematian misterius, dibunuh oleh orang tak dikenal. 

Siapakah pelaku pembunuhan tersebut?

Pada drama ini, Oh Jung Se berperan sebagai Jung Ki Joon, manajer Seo Joon Oh. Ki Joon yakin bahwa Joon Oh bisa kembali mendapatkan ketenarannya. Selain itu, Ki Joon adalah mantan manajer Ha Ji Ah, dan diam-diam jatuh cinta pada aktris cantik yang paling populer di Korea Selatan ini. Jung Ki Joon digambarkan sebagai sosok yang baik hati dan penyabar.  

Oh Jung Se sebagai Jung Ki Joon dalam "Missing 9" (sumber: Hancinema)
Oh Jung Se sebagai Jung Ki Joon dalam “Missing 9” (sumber: Hancinema)

Penghargaan yang Diperoleh

Drama ini menjadi salah satu milestone dalam perjalanan karier Oh Jung Se. Perannya dalam drama ini mengantarkan Oh Jung Se memenangkan award pertamanya, yaitu penghargaan untuk kategori “Golden Acting Award, Actor in a Miniseries” pada MBC Drama Awards 2017. 

Yuk, kita saksikan akting Oh Jung Se sebagai Jung Ki Joon dalam cuplikan drama berikut ini. 

Oh Jung Se dalam drama “Missing 9” (sumber: YouTube)

Drama “When The Camellia Blooms” (2019)

Drama ini dibintangi oleh Gong Hyo Jin dan Kang Ha Neul. Dikemas dalam 40 episode, drama ini ditayangkan pertama sekali di KBS pada 18 September – 21 November 2019. 

Poster Drama "When The Camellia Blooms" (sumber: K-Dramath)
Poster Drama “When The Camellia Blooms” (sumber: K-Dramath)

Sinopsis

Dong Baek (Gong Hyo Jin) adalah seorang ibu tunggal dengan seorang anak laki-laki bernama Pil Gu. Dong Baek dan putranya pindah ke sebuah kota kecil bernama Ongsan, dan membuka sebuah kedai minum kecil bernama “Camellia”. 

Hwang Yong Sik (Kang Ha Neul) adalah seorang polisi setempat. Meskipun banyak bisik-bisik tetangga dan gosip miring tentang Dong Baek, tapi Yong Sik jatuh cinta pada pandangan pertama pada Dong Baek ketika bertemu lalu pandangan mereka bersirobok di sebuah toko buku. Aaiihh aiiihhh….

Suatu hari, mantan Dong Baek, Kang Jong Ryeol, muncul tanpa diundang. Jong Ryeol adalah seorang pemain baseball terkenal, yang sebelumnya merahasiakan hubungan mereka. Hmm… apa gerangan kehendak sang mantan?

Di tengah usaha Dong Baek membangun kehidupan dan kebahagiaannya, seorang pembunuh berantai menghantui Ongsan, dan Dong Baek diduga menjadi targetnya. 

Bagaimana kisah cinta Dong Baek dan Yong Sik yang bersemi berlahan bagai bunga camelia? Apakah Yong Sik berhasil memecahkan misteri pembunuhan berantai tersebut?

Oh Jung Se berperan sebagai No Gyu Tae, seorang politisi dan pelanggan kedai minum Camellia. Ia juga pemilik gedung yang disewa oleh Dong Baek. 

No Gyu Tae orangnya reseh, genit, dan nyebelin. Ia sering memaksa Dong Baek untuk memberikan cemilan gratis setiap kali ia minum di Camellia. Sifatnya kasar, kekanakan, namun hanya sang istri yang bisa mengeluarkan sisi lain dari seorang No Gyu Tae. 

No Gyu Tae yang selalu saja mengganggu Dong Baek (sumber: Soompi)
No Gyu Tae yang selalu saja mengganggu Dong Baek (sumber: Soompi)

Penghargaan yang Diperoleh

Akting Oh Jung Se sebagai No Gyu Tae sangat meyakinkan, sehingga ia memenangkan beberapa penghargaan atas kemampuan aktingnya dalam drama ini, salah satunya sebagai “Best Supporting Actor” pada 56th Baeksang Arts Awards 2020. 

Tidak hanya Oh Jung Se, namun drama “When the Camellia Blooms” dan segenap pendukungnya memenangkan banyak penghargaan di berbagai ajang festival bergengsi. Salah satunya, drama ini memenangkan Grand Prize (Daesang) pada 56th Baeksang Arts Awards 2020. 

Yuk, simak trailer drama “When the Camellia Blooms” berikut ini.

Cuplikan Drama “When the Camellia Blooms” (sumber: YouTube)

Drama “Hot Stove League” (2019/2020)

Drama ini dibintangi oleh Nam Goong Min dan Park Eun Bin. Dikemas dalam 16 episode, drama ini ditayangkan pertama sekali di SBS pada 13 Desember 2019 – 14 Februari 2020. 

Poster Drama "Hot Stove League" (sumber: Metro.Style)
Poster Drama “Hot Stove League” (sumber: Metro.Style)

Sinopsis

The Dreams adalah tim baseball profesional Korea Selatan. Selama empat musim terakhir, mereka menempati posisi juru kunci dalam liga. Baek Seung Soo (Nam Goong Min) adalah manajer baru yang dikontrak oleh The Dreams. Seung Soo memiliki pengalaman memimpin beberapa tim olahraga lain, dan berhasil menghantarkan mereka menjadi juara. 

The Dreams memiliki banyak masalah internal. Mulai dari persoalan dana, perselisihan antara pelatih dan pemain, dan lain-lain. Seung Soo yang tadinya orang luar mampu menyikapi persoalan ini dengan sudut pandang berbeda.

Hal ini sangat membantu sang manajer operasional, Lee Se Young (Park Eun Bin) dalam mengatasi berbagai persoalan. Dengan selesainya persoalan-persoalan ini, diharapkan mampu meningkatkan prestasi The Dreams. 

Oh Jung Se berperan sebagai Kwon Kyeong Min. Kyeong Min adalah presiden dari tim The Dreams. Ia juga memiliki posisi sebagai junior managing director di Jaesong Group, pemilik tim The Dreams. 

Oh Jung Se sebagai Kwong Kyeong Min (sumber: kapanlagi.com)
Oh Jung Se sebagai Kwong Kyeong Min (sumber: kapanlagi.com)

Karena tidak mendatangkan keuntungan, Kyeong Min berencana membubarkan The Dreams. Untuk tujuan itu, ia mengontrak Baek Seung Soo. Namun ternyata rencananya gagal.

Tidak menunggu lama, Kyeong Min berkonflik dengan Seung Soo, yang justru berusaha sepenuh hati dan tenaganya untuk membawa The Dreams menjadi tim yang berprestasi. 

Penghargaan yang Diperoleh

Penampilan Oh Jung Se dalam drama ini pun mengantarkannya pada beberapa penghargaan. Pada SBS Drama Awards 2020, Oh Jung Se terpilih sebagai “Best Character Award, Actor” dan mendapatkan nominasi untuk kategori “Excellence Award, Actor in a Miniseries Action Drama”. Pada 7th APAN Star Awards, Oh Jung Se terpilih sebagai “Best Supporting Actor”.

Drama “Hot Stove League” sendiri juga mendapatkan banyak penghargaan. Salah satunya adalah terpilih menjadi “Best Drama” pada 56th Baeksang Arts Awards.

Simak penampilan Oh Jung Se dalam drama “Hot Stove League” dalam cuplikan video berikut ini.

Oh Jung Se dalam drama “Hot Stove League” (sumber: YouTube)

Drama “It’s Okay to Not Be Okay” (2020)

Drama ini dibintangi oleh Kim Soo Hyun, Seo Yea Ji, dan Oh Jung Se. Dikemas dalam 16 episode, drama ini ditayangkan pertama sekali di tvN dan Netflix pada 20 Juni – 9 Agustus 2020.

Drama yang bertema keluarga dan kesehatan mental ini cukup populer dan hits sejak penayangannya hingga saat ini. Di Drakor Class sendiri, ada beberapa tulisan yang terinspirasi dari drama “It’s Okay to Not Be Okay“. Chingudeul sudah baca semua belum?

Salah Satu Artikel di Drakor Class yang Terinspirasi Dari Drama “It’s Okay to Not Be Okay”
Poster Drama "It's Okay to Not Be Okay" (sumber: Kpopchart)
Poster Drama “It’s Okay to Not Be Okay” (sumber: Kpopchart)

Sinopsis

Moon Gang-tae (Kim Soo Hyun) tinggal berdua dengan abangnya, Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang menderita autisme. Moon Sang Tae menyaksikan pembunuhan ibu mereka, dan hal ini membekas menjadi trauma bagi Sang Tae. Akibatnya, mereka sering berpindah tinggal dari kota yang satu ke kota yang lain.

Suatu ketika, Moon Gang Tae bertemu dengan Ko Moon Young (Seo Yea Ji), seorang penulis buku anak yang terkenal, yang gosipnya mengalami kelainan anti sosial. Ternyata mereka pernah bertemu ketika keduanya masih anak-anak. Singkat kata singkat cerita, mereka jatuh cinta.

Siapakah pembunuh ibu Moon bersaudara? Lalu apa hubungannya dengan Ko Moon Young? Bagaimana kelanjutan kisah cinta Moon Gang Tae dan Ko Moon Young?

Buat yang penasaran, boleh banget cari bocorannya di berbagai artikel yang sudah tayang di Drakor Class, yang terinspirasi dari drama ini.

Oh Jung Se berperan sebagai Moon Sang Tae. Menurut pendapatku pribadi, penampilan dan karakter Sang Tae-oppa jauh lebih istimewa dari kisah cinta Moon Gang Tae dan Ko Moon Young, seperti yang kutuliskan di sini.

Totalitas Oh Jung Se ketika berperan sebagai seorang pria dewasa penderita autis sungguh patut diacungi dua jempol (kalau bisa lebih!). Raut wajahnya, cara bicaranya, gerakan tubuhnya, sampai gerakan jari-jarinya… sungguh detail.

Adegan favoritku adalah pillow fight antara Moon Sang Tae dan Ko Moon Young. Ketika itu mereka memperebutkan Mang Tae, si boneka kain. Epik!! Hahaha

Moon Gang Tae pulang dan menemukan Moon Sang Tae dan Ko Moon Young gelut berebut boneka kain (sumber: k-lov.leonparenzo.com)
Moon Gang Tae pulang dan menemukan Moon Sang Tae dan Ko Moon Young gelut berebut boneka kain
(sumber: k-lov.leonparenzo.com)

Ketika drama ini ditayangkan, bersamaan dengan itu juga ditayangkan drama “The Good Detective” dimana Oh Jung Se berperan sebagai Oh Jong Tae, tokoh antagonis, seorang manipulator dan penjahat berdarah dingin. 

Wow! Dua karakter yang sangat berlawanan. Bagaimana Oh Jung Se mengatur mood dan penghayatan karakter ketika shooting untuk kedua drama itu ya? Daebak!

Penghargaan yang Diperoleh

Oh Jung Se memperoleh beberapa penghargaan atas penampilannya di drama ini. Pada 7th APAN Star Awards, Oh Jung Se terpilih sebagai “Best Supporting Actor”. Dan prestasi Oh Jung Se yang paling anyar, ia memperoleh penghargaan sebagai “Best Supporting Actor” di 57th Baeksang Arts Awards 2021.

Ketika mendapatkan penghargaan tersebut, Oh Jung Se mengucapkan terima kasih kepada para rekan kerjanya dalam drama tersebut, khususnya untuk “adik tercinta”, Moon Gang Tae. Ucapan ini membuat Kim Soo Hyun berkaca-kaca. Yuk kita lihat cuplikannya berikut ini.

Oh Jung Se ketika menerima penghargaan pada 57th Baeksang Arts Awards (sumber: YouTube)

Bagi Chingudeul yang belum menyaksikan drama “It’s Okay to Not Be Okay” ini, mari simak trailernya berikut ini.

Penutup

Oh Jung Se memulai karier sejak 2000. Ia bermain dalam tidak kurang dari 23 judul film dan sejumlah drama sebelum akhirnya kemampuannya mulai dikenal lewat film “How to Use Guys With Secret Tips” pada tahun 2013. 

Masih butuh beberapa tahun, sejumlah film dan sederet drama lagi, ketika akhirnya Oh Jung Se mendapatkan pengakuan dan memboyong penghargaan pertamanya di tahun 2017.

Tidak berhenti di situ, Oh Jung Se terus menunjukkan totalitasnya. Seringnya mendapatkan posisi sebagai peran pembantu dan bukan pemeran utama tidak membuat Oh Jung Se tampil setengah hati.

Hasilnya, ia mendapatkan penghargaan dalam ajang bergengsi Baeksang Arts Awards sebagai “Best Supporting Actor” selama dua tahun berturut-turut.

Kita bisa belajar dan meneladani kekonsistenan, kerja keras, dan totalitas seorang Oh Jung Se. So, Chingudeul, apapun yang sedang kita alami saat ini, terlebih di masa-masa pandemi yang belum jelas ujungnya ini, jangan menyerah.

Tetaplah lakukan pekerjaanmu, hobimu, karyamu, atau apapun yang sedang ada di tanganmu. Lakukanlah dengan sepenuh hati dan keikhlasan. Semangat!

(dari berbagai sumber)

sweeney

Natural born romance junkie with introverted sensing and extroverted thinking.
Setelah lama vakum, kembali rutin menulis di blog http://dwitobing.blogspot.com/ .
Penggemar makanan enak, pecandu kisah cinta, dan pengagum para oppa tampan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: