Oh Jung Se, Aktor Sejuta Karakter (Bagian 2)

Oh Jung Se

Oh, where do I begin? Oh Jung Se telah bermain dalam tidak kurang dari 77 judul film dan 28 judul drama. Sampai bingung, yang mana yang mau dibahas ya??

Setelah mengingat, menimbang, dan memperhatikan, maka aku pun memutuskan. Dari sekian banyak (pakai banget!) film dan drama, pada tulisan kali ini aku akan mengulas dua film yang menjadi milestone dan prestasi Oh Jung Se dalam dunia panggung hiburan Korea Selatan. 

Film “How To Use Guys With Secret Tips” (2013)

Dalam bahasa Korea, film ini berjudul “Namja Sayongseolmyungseo” (남자사용설명서). Terjemahan bebasnya dalam bahasa Inggris adalah “A Manual On How to Use Men”. 

Poster Film “How To Use Guys with Secret Tips” (sumber: MyDramaList)

Film ini bergenre romance comedy, dibintangi oleh Lee Si Young dan Oh Jung Se, di bawah arahan sutradara Lee Won Suk.

Sebagaimana telah kutuliskan pada artikel Bagian 1, penampilan Oh Jung Se dalam film ini membuat namanya dikenal oleh para penggemar dan kritikus film Korea Selatan.

Choi Bo Na (Lee Si Young) adalah seorang asisten sutradara film iklan. Penampilan Choi Bo Na tampak seperti gadis pada umumnya. Tidak istimewa. Bo Na tidak punya kepercayaan diri dan sulit bergaul. 

Suatu hari, seusai proses shooting yang panjang dan melelahkan, ia menemukan sebuah video yang berjudul “Male Instruction Manual” atau “Buku Petunjuk Manual Pria”, yang menjanjikan bahwa dapat memberikan ilmu yang dapat membawa wanita pada posisi yang setara di dunia yang didominasi oleh pria.

Choi Bo Na memutuskan untuk berguru lewat video itu. Tak menunggu lama, Choi Bo Na menemukan dirinya menjadi pusat perhatian para pria, termasuk Lee Sung Jae (Oh Jung Se), seorang bintang top tapi agak norak.

Ketika video itu berhasil membuat Bo Na sukses dalam pekerjaan dan pergaulan, video yang sama justru menjadi penghambat hubungan asmaranya dengan Lee Sung Jae. Lalu bagaimanakah akhir kisah cinta on-off dua sejoli ini?

Dua Sejoli, Choi Bo Na dan Lee Sung Jae (sumber" FilmDoo)
Dua Sejoli, Choi Bo Na dan Lee Sung Jae (sumber: FilmDoo)

Penghargaan dan Nominasi “How to Use Guys With Secret Tips”

Pada April 2013, film ini memenangkan “Audience Award” pada ajang 15th Far East Film Festival di Udine, Italia, dan Lee Won Suk mendapatkan penghargaan “The Golden Mulberry Award”. 

Simak cuplikan filmnya dalam video YouTube berikut ini. Setelahnya, Chingudeul bisa melihat mengapa akting Oh Jung Se dalam film ini membuat dirinya menjadi dikenal.

Trailer Film “How to Use Guys With Secret Tips” (sumber: YouTube)

Film “Swing Kids” (2018)

Film ini berlatar sebuah kamp di Pulau Geoje saat Perang Korea, dimana tahanan dari Korea Utara dan China dikirim ke sana. Salah satunya adalah Rho Ki Soo (D.O. EXO), seorang tentara muda asal Korea Utara. Dalam kamp ini sendiri, ada perseteruan yang sengit antara tahanan pro-komunis dan anti-komunis. 

Poster Film "Swing Kids" (Sumber: MovFreak)
Poster Film “Swing Kids” (sumber: MovFreak)

Sgt. Jackson (Jared Grimes) diperintahkan oleh atasannya untuk membentuk tim penari tap dari kamp POW (Prisoner Of War) ini . Sgt. Jackson mengadakan sebuah audisi dan memilih tiga orang.

Ketiga orang ini adalah Xiao Pang (Kim Min Ho), seorang tentara China; Kang Byung Sam (Oh Jung Se), seorang tentara Korea Selatan yang dituduh simpatisan komunis; dan Yang Pan Rae (Park Hye Su), seorang warga sipil.

Selain mereka bertiga, Sgt. Jackson juga langsung mengenali bakat menari Rho Ki Soo. Jadilah Rho Ki Soo ikut dalam tim penari tap tersebut.

Tak lama, terbentuklah “Swing Kids”. Lalu bagaimana kisah lima orang penari ini? Apakah dengan menari mereka berhasil mewujudkan apa yang mereka cita-citakan?

Tim Penari Tap “Swing Kids” (sumber: Amir At The Movie)

Dibuat berdasarkan drama musikal Korea bertajuk “Rho Ki Soo”, film ini disutradarai Kang Hyeong Cheol. Hyeong Cheol adalah nama dibalik kesuksesan film Scandal Makers, dan Sunny. Film ini menandai come back sang sutradara tiga tahun setelah memproduksi “Tazza: The Hidden Card”, yang dibintangi oleh Cho Seung Woo

Penghargaan dan Nominasi “Swing Kids”

FIlm ini meraih berbagai penghargaan dan nominasi, sebagai berikut:

  • 19th Golden Trailer Awards  2018, kategori “Best Foreign Holiday Trailer Award”.
  • 55th Baeksang Arts Awards 2019, kategori “Best Director” dan nominasi “Best New Actor” (Kim Min Ho) dan “Technical Award” (Kim Jun Seok – musik)
  • 39th Golden Cinema Festival, kategori “Best New Actress” (Park Hye Su)
  • 28th Buil Film Awards 2019, nominasi untuk kategori “Best New Actress” dan “Popular Star Award” (Park Hye Su)
  • 39th Korean Association of Film Critics Awards 2019, kategori “Best Soundtrack” (Kim Jun Seok)
  • 40th Blue Dragon Film Awards 2019, kategori “Best Cinematography-Lighting” (Kim Ji Young, Jo Gyu Young), kategori “Best Editing” (Nam Na Yeong), dan nominasi untuk kategori “Best New Actress”, “Best Film”, “Best Director”, “Best Art Direction” (Park Il Hyun), “Technical Award” (Im Seung Hui, Gwon Yu Jin – kostum), dan “Best Music”.
  • 56th Grand Bell Awards 2020, nominasi untuk kategori “Best Music” dan “Best Costume Design”.

Setelah menyaksikan cuplikan filmnya, tidak heran mengapa film ini mendapatkan begitu banyak penghargaan dan nominasi. Yuk, simak dalam video YouTube berikut ini:

Duh, makin makin aja nih kekaguman pada ahjussi yang satu ini. Sepertinya Oh Jung Se selalu bisa menyatu dengan karakter apapun yang diperankannya.

Pada bagian ketiga nanti, kita akan membahas beberapa drama yang diperankan oleh Oh Jung Se. Ikuti terus ya, Chingudeul.

(disarikan dari berbagai sumber)

sweeney

Natural born romance junkie with introverted sensing and extroverted thinking.
Setelah lama vakum, kembali rutin menulis di blog http://dwitobing.blogspot.com/ .
Penggemar makanan enak, pecandu kisah cinta, dan pengagum para oppa tampan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: