OH JUNG SE (SUMBER: ISNEWS.COKR)

Oh Jung Se, Aktor Sejuta Karakter (Bagian 1)

โ€œJangan menangis, Gang-taeโ€, kata Sang-tae sambil memeluk adiknya yang sudah banjur air mata. Layar laptop mulai tampak kabur karena aku pun otomatis banjur air mata menonton cuplikan scene penutup dari drama Korea โ€œItโ€™s Okay to Not Be Okayโ€ (2020).

Penampilan dan akting Oh Jung Se, pemeran Moon Sang Tae, buatku merupakan hal yang paling berkesan dari drama โ€œItโ€™s Okay to Not Be Okayโ€. Dan betapa senangnya aku ketika tahu bahwa Oh Jung Se terpilih sebagai โ€œBest Supporting Actorโ€ dalam perhelatan Baeksang Arts Awards 2021 atas perannya dalam drama tersebut.ย 

Dear Moon Sang Tae, The Beautiful Soul Oppa, siapakah gerangan Tuan? Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan aktor berjuta karakter ini.

Profil

Oh Jung Se - sumber: Hancinema
Oh Jung Se (sumber: Hancinema)

Oh Jung Se adalah aktor asal Korea Selatan, kelahiran Uiryeong-gun, tanggal 26 Februari 1977. Tidak seperti kebanyakan bintang film atau drama Korea Selatan, Oh Jung Se tidak memiliki pendidikan di bidang akting, teater, atau film. Ia adalah alumni dari Universitas Sun Moon, jurusan Komunikasi Massa. 

Oh Jung Se menikah dengan Ahn Hee Sun, wanita yang dikenalnya sejak kelas 6 SD. Katanya, sang istri adalah cinta pertamanya. Awwwโ€ฆ ternyata kisah cinta masa kecil itu bukan sekedar cerita klise khas drakor olahan writer-nim semata, yaโ€ฆ. 

Oh Jung Se dan Istri
Bersama Istri Tercinta, Ahn Hee Sun (sumber: Pinterest)

Ahn Hee Sun adalah seorang guru bahasa Inggris. Tadinya, Ahn Hee Sun berhenti bekerja untuk melanjutkan studinya ke Inggris. Namun, ia menyadari bahwa hal-hal yang berharga dalam hidupnya dan cintanya ada di Korea Selatan. Setahun di Inggris, ia pun memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan dan menikah dengan Oh Jung Se.

Sebelum menikah, Oh Jung Se dan istrinya telah pacaran selama 19 tahun. Mereka menikah pada tahun 2006, dan telah dikaruniai seorang putra dan seorang putri. Pernikahan mereka bisa dikatakan bebas dari gosip miring. Semoga langgeng terus ya, Pak dan Bu Oh!

Ketika menjadi bintang tamu dalam sebuah acara bertajuk โ€œPark Sun Youngโ€™s Cine Townโ€, Oh Jung Se bercerita bahwa dirinya mengidap suatu kondisi yang disebut prosopagnosia atau face blindness. Kondisi yang cukup langka ini menyebabkan Oh Jung Se tidak dapat mengenali wajah orang, mulai dari lawan main sampai anaknya sendiri. 

Artikel “Oppa Bukan Sombong, Tapi Blind Face!” – Lebih Jauh Membahas Tentang Prosopagnosia

Namun kondisi ini tidak menjadi penghalang bagi Oh Jung Se untuk berkarya. Hal ini terbukti dari (sungguh) panjangnya deretan judul film dan drama yang dibintanginya.

Perjalanan Karier

Aktor yang saat ini bernaung di bawah manajemen agensi Prain TPC ini mengawali kariernya di dunia akting dengan tampil di panggung teater musikal pada awal tahun 2000. Setelah itu, ia bermain dalam film berjudul โ€œAddress Unknownโ€ (2001) dan sejumlah film pendek sebagai pemeran pendukung.

Namanya baru dikenal oleh para penggemar dan kritikus perfilman Korea ketika ia tampil dalam film bergenre romcom berjudul โ€œHow to Use Guys with Secret Tipsโ€ pada tahun 2013. Penampilannya di film ini berbuah manis. Pada tahun yang sama, Oh Jung Se menjadi pemeran utama dalam film berjudul โ€œThe Heroโ€.ย 

Poster Film "THe Hero" 2013
Poster Film “The Hero” (2013) – sumber: mydramalist.com

Sejak awal karier hingga saat ini, Oh Jung Se telah bermain dalam tidak kurang dari 77 judul film dan 28 judul drama, dan sejumlah film TV. Daebak!!

Meskipun jarang menjadi pemeran utama, namun Oh Jung Se selalu menunjukkan totalitas dalam menampilkan karakter yang dilakoninya. Mulai dari peran sebagai superhero, penderita autisme, penjahat berdarah dingin, pemilik gedung yang genit, dan banyak lagi.

Prestasi

Menerima Penghargaan dalam Perhelatan MBC Drama Awards 2017 (sumber: Hallyuvibe!)
Menerima Penghargaan dalam Perhelatan MBC Drama Awards 2017 (sumber: Hallyuvibe!)

Penghargaan yang baru saja diterimanya beberapa hari yang lalu bukanlah Baeksang pertama yang diraih Oh Jung Se. Tahun 2020, Oh Jung Se juga meraih Baeksang Arts Awards untuk kategori โ€œBest Supporting Actorโ€ atas penampilannya dalam drama โ€œWhen Camelia Bloomsโ€ (2020). Drama ini sendiri memenangkan banyak sekali penghargaan, dan terpilih menjadi drama terbaik dalam Baeksang Arts Awards 2020. 

Oh Jung Se pada 57th Baeksang Arts Awards (sumber: koreaboo.com)
Oh Jung Se pada 57th Baeksang Arts Awards (sumber: koreaboo.com)

Berikut sederet prestasi Oh Jung Se dalam dunia akting:

  • MBC Drama Awards 2017, kategori โ€œGolden Acting Award, Actor in a Miniseriesโ€ dalam drama โ€œMissing 9โ€
  • 6th Korean Film Producers Association Awards 2019, kategori โ€œBest Supporting Actorโ€ dalam film โ€œSwing Kidsโ€
  • KBS Drama Awards 2019, kategori โ€œBest Supporting Actorโ€, โ€œBest Couple Awardโ€ bersama Yeom Hye Ran, dan nominasi โ€œNetizen Award, Actorโ€  dalam drama โ€œWhen the Camelia Bloomsโ€.
  • 56th Baeksang Arts Awards 2020, kategori โ€œBest Supporting Actor (TV)โ€ dalam drama โ€œWhen the Camelia Bloomsโ€.
  • 7th APAN Star Awards 2020, kategori โ€œBest Supporting Actorโ€ dalam drama โ€œItโ€™s Okay to Not Be Okayโ€ dan โ€œHot Stove Leagueโ€.
  • SBS Drama Award 2020, kategori โ€œBest Character Award, Actorโ€ dan nominasi โ€œExcellence Award, Actor in a Miniseries Action Dramaโ€ dalam drama โ€œHot Stove Leagueโ€
  • 57th Baeksang Arts Awards 2021, kategori โ€œBest Supporting Actor (TV)โ€ dalam drama โ€œItโ€™s Okay to Not Be Okayโ€.

Wah, masih setengah jalan bahasan kita tentang Oh Jung Se, tapi udah makin kagum aja dengan ‘abang’nya Kim Soo Hyun ini.

Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas beberapa film dan drama yang diperankan oleh Oh Jung Se. Stay tune, Chingudeul!

(disarikan dari berbagai sumber)


Comments

5 tanggapan untuk “Oh Jung Se, Aktor Sejuta Karakter (Bagian 1)”

  1. […] bagian pertama, kita cerita tentang profil, perjalanan karier, dan prestasi Oh Jung Se. Kemudian, di bagian kedua, […]

  2. […] juga : Oh Jung Se, Aktor Sejuta Karakter bagian pertama dan bagian […]

  3. […] mengenai sepakbola, kini hari-harinya gloomy. Karena hanya berduaan dengan sahabat cowoknya ((Oh Jung Se lo..sahabatnya Deok […]

  4. […] menjadi ranger di Jirisan, kali ini Oh Jung See, aktor sejuta karakter akan menjadi seorang musisi gagal. Dia tidak akur dengan kakaknya Joon He (Jeon Hye Jin), tapi dia […]

  5. […] Drakor Class sendiri sudah mengupas tuntas sepak terjang aktor yang satu ini dalam tiga tulisan: ini, ini, dan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park