Oppa Bukan Sombong, Tapi Blind Face!

drama yang membahas prosopagnosia

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Seperti biasa setiap hari Sabtu, Drakor Class mengeluarkan episode podcast terbarunya. Dalam episode minggu lalu, giliran teman sekelas Rhin dan i_maesha yang mengisi podcast Drakor Class dengan bahasan seputar penyakit prosopagnosia.

Topik obrolan mengenai penyakit yang juga dikenal dengan face blindness atau blind face ini terinspirasi dari beberapa drama Korea yang sudah kami tonton, diantaranya adalah ‘The Beauty Inside‘ (2018), ‘The Secret Life of My Secretary‘ (2019) dan ‘100 Days My Prince‘ (2018). Pada podcast episode sebelumnya yang berjudul “Rekomendasi Drakor Hukum dan Kriminal yang Seru“, salah seorang classmate juga sudah menyinggung tentang penyakit prosopagnosia yang ada dalam drama ‘A Girl Who Sees Smells’.

Salah satu chef-nya prosopagnosia, loh!

Prosopagnosia

Pertama Kali Penasaran dengan Prosopagnosia

Awal mula saya mengetahui tentang prosopagnosia adalah saat menonton ‘100 Days My Prince’. Di sana, Kim Seon Ho yang memerankan Jong Jae Yoon diceritakan tidak bisa mengingat wajah dari lawan bicaranya. Jong Jae Yoon bahkan tidak sadar saat ia sedang face to face dengan putera mahkota Lee Yool (D.O.) yang hilang ingatan dan dinyatakan meninggal oleh pihak kerajaan.

Menonton ‘100 Days My Prince’ tidak lantas membuat saya mencari tahu lebih banyak mengenai penyakit ini. Saya pikir penyakit ini fiktif belaka, sebab Jong Jae Yoon bisa mengenali Yeon Hong Shim (Nam Ji Hyun) sekalipun dari jarak yang cukup jauh. Lha, kan aneh face blindness tapi pengecualian untuk si doi.

Kemudian, saya kembali menemukan cerita yang mengangkat prosopagnosia ini dalam ‘The Beauty Inside’. Kali ini Lee Min Ki yang berperan sebagai Seo Do Jae, seorang CEO dari perusahaan penerbangan yang tampak sempurna dari luar, namun memiliki kekurangan yang krusial. Seo Do Jae menderita prosopagnosia yang membuatnya kesulitan mengenali wajah orang lain termasuk dirinya sendiri ketika bercermin. Dari sanalah saya baru mencari-cari informasi mengenai penyakit aneh tersebut.

Apa Sih Prosopagnosia Itu?

Prosopagnosia (face blindness atau blind face) adalah suatu kondisi di mana penderitanya kesulitan atau bahkan sama sekali tidak bisa mengingat wajah seseorang termasuk dirinya sendiri. Kondisi ini juga berlaku pada saat ia bercermin ataupun melihat foto. Penyakit ini nyata dan benar ada di kehidupan kita, di mana terdapat 2% penderita prosopagnosia dari sekian banyak populasi manusia.

Oleh karena penderita blind face ini sukar mengingat wajah, tak heran jika banyak orang yang melabeli mereka dengan kata ‘sombong’. Misalnya saja dalam drama ‘100 Days My Prince’, seorang gisaeng yang menyukai Jong Jae Yoon sering merasa kesal karena meski sudah bertemu beberapa kali, Jong Jae Yoon berlagak tidak kenal dengannya dan selalu bertanya, “Di mana kita pernah bertemu?”.

Sama seperti Seo Do Jae yang sering dianggap mengacuhkan Kang Sa Ra, adik tirinya. Kang Sa Ra selalu merasa kalau Seo Do Jae tidak pernah menyukai dirinya karena jika tidak disapa lebih dahulu, kakaknya tersebut tidak pernah menyapanya duluan. Sa Ra kemudian menyesal setelah mengetahui bahwa kakaknya tersebut sebenarnya sakit.

Orang dengan prosopagnosia pun cenderung terlihat dingin dan tidak bisa menunjukkan ekspresi, sebab ia tidak bisa mempelajari ekspresi dari perubahan emosional yang ditunjukkan oleh mimik wajah seseorang.

Oppa bukan sombong, Dek. Oppa sakit, nih!

2 Jenis Prosopagnosia

Dalam drama ‘The Secret Life of My Secretary’ dan ‘The Beauty Inside’, kedua tokoh utamanya diceritakan mengalami kecelakan cukup parah yang menyebabkan kepalanya terluka sehingga mengalami kebutaan wajah. Setelah menggali informasi lebih lanjut, penyakit prosopagnosia memang bisa disebabkan oleh gangguan pada otak. Kondisi ini disebut dengan acquired prosopagnosia, di mana penderitanya sebelumnya normal dan menjadi face blindness setelah mengalami trauma atau cedera otak.

Kondisi yang kedua adalah development prosopagnosia, yang mana penderitanya sudah buta wajah sejak lahir. Ini disebabkan karena genetik dan biasanya memiliki riwayat keluarga dengan penyakit serupa. Mungkin, Jong Jae Yoon dalam ‘100 Days My Prince’ tergolong prosopagnosia tipe development ini sebab tidak dijelaskan bagaimana ia bisa mendapat kondisi seperti itu.

Bagaimana Orang Dengan Blind Face Mengenali Lawan Bicaranya?

Dalam ketiga drama yang disebutkan tadi, masing-masing tokoh memiliki cara tersendiri untuk mempelajari siapa yang menjadi lawan bicaranya agar dapat mengidentifikasi orang tersebut.

Jong Jae Yoon, 100 Days My Prince

jong jae yoon prosopagnosia
Source : TvN

Jong Jae Yoon dalam ‘100 Days My Prince’ mengidentifikasi seseorang melalui suara, nada bicara serta tulisan seseorang. Jong Jae Yoon diceritakan adalah seorang cendikiawan istana yang gemar sastra. Ia akhirnya dapat mengenali putera mahkota yang dinyatakan tewas setelah teringat tulisan dari putera mahkota yang ia temukan pada tulisan Won Deuk, nama lain putera mahkota saat hilang ingatan.

Seo Do Jae, The Beauty Inside

Source : JTBC

Sementara itu, Seo Do Jae dalam ‘The Beauty Inside’ selalu didampingi oleh sekertaris kepercayaannya yang akan membisikkan siapa orang-orang yang sedang ia temui saat itu. Seo Do Jae juga memiliki kebiasaan menggambar wajah dari orang yang ia temui, lengkap dengan aksesori yang biasa dikenakan oleh orang tersebut. Inilah yang membantunya mengingat nama-nama orang di sekitarnya. Selain itu, ia juga mempelajari bagaimana cara seseorang berjalan, nada suaranya dan gerak gerik tubuh yang menjadi ciri khas orang tersebut.

Do Min Ik, The Secret Life of My Secretary

do min ik prosopagnosia
Source : SBS

Dalam drama ‘The Secret Life of My Secretary’, Do Min Ik awalnya kesulitan untuk membedakan dan mengenali wajah orang-orang karena kadang ia hanya melihat blank face. Akan tetapi, ada suatu kondisi di mana ia bisa melihat wajah orang lain secara jelas dan normal, yaitu pada saat detak jantungnya berdegup dengan lebih cepat. Selain itu, sama halnya dengan Seo Do Jae dan Jong Jae Yoon, Do Min Ik mempelajari gesture serta kebiasaan seseorang untuk mengenali siapa orang tersebut.

Prosopagnosia in a Real Life

Setelah mengetahui bahwa penyakit prosopagnosia adalah penyakit sungguhan dan bukan rekayasa drama belaka, saya jadi penasaran apa ada artis yang mengidap penyakit ini? Ternyata, saya menemukan dua nama artis ternama yang merupakan orang dengan prosopagnosia. Oh Jung Se dan Brad Pitt.

Dalam acara ‘Park Sun Young’s Cine Town’, Oh Jung Se yang kita kenal dengan perannya sebagai Moon Sang Tae dalam drama ‘It’s Okay To Not Be Okay’ pernah mengakui tentang kondisi face blindness-nya. Selama ini, ia mengaku kesulitan mengidentifikasi wajah orang-orang disekitarnya. Bukan hanya artis-artis, namun anaknya sendiri pun termasuk.

Sementara itu dari belahan benua lain, Brad Pitt pernah mengaku menderita prosopagnosia ketika diwawancarai oleh majalah Esquire. Ia mengaku merasa banyak dibenci oleh orang-orang di sekitarnya sebab setiap kali orang lain menyapanya, Brad Pitt tak kuasa melontarkan pertanyaan, “Di mana kita pernah bertemu?” yang membuat lawan bicaranya tersinggung.

Dibalik kekurangan kedua aktor ternama tersebut, tentu ini menjadi nilai tambah bagi mereka berdua. Stigma orang dengan prosopagnosia yang dikenal tidak dapat ekspresif terbantahkan oleh mereka berdua. Bisa kita lihat sendiri bagaimana piawainya mereka dalam beradu peran dengan lawan mainnya.

Penutup

Sekian dulu, chingudeul, tulisan mengenai oppa-oppa dalam drama Korea yang sering dikira sombong padahal mereka blind face! Hehe. Untuk teman-teman yang ingin mendengarkan obrolan kami di podcast, bisa langsung dengarkan melalui link berikut ini :

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: