Second Lead Male Story, Baik Aja Nggak Cukup

second lead male

Annyeonghaseyo, chingudeul. Selamat memasuki pekan ketiga di bulan Juni…

Tulisan kali ini nggak akan membahas review drakor atau film Korea. Terinspirasi dari cerita cinta segitiga antara Oh Joo In, Han Bi Soo dan Yu Jin dalam drama “Oh! Master“, saya jadi tertarik untuk membahas love story dari sisi second lead male-nya.

Kira-kira kenapa ya, second lead yang biasanya baik-baik, tampan dan (honestly) husbandable ini, nggak bisa menggoyahkan hati wanita pujaan hatinya?

Kisah Second Lead Male Dari Masa ke Masa

Dalam drama romance, memang sepertinya kurang bumbu kalau nggak ada tokoh second lead male. Ternyata sejak bertahun-tahun lalu banyak karakter second lead yang tipikalnya mirip-mirip.

Bukan hanya mirip secara karakter, tapi juga dari segi peruntungannya di dalam drama. Contohnya dalam drama-drama berikut :

Autumn In My Heart / Endless Love

Kembali ke tahun 2000, penggemar drama Korea sudah dibuat resah dengan kehadiran Han Tae Seok (Won Bin). Karakternya yang tampan, tajir, baik hati, penuh perhatian, tidak mampu menggoyahkan hati Yoon Eun Suh (Song Hye Kyo).

Tentang Han Tae Seok bisa dibaca di sini juga

Meskipun sudah mencoba untuk mengolengkan hatinya pada Tae Seok, Eun Suh tidak bisa menampik bahwa cintanya hanya untuk Yoon Joon Suh (Song Seung Hon) semata. Padahal, nggak sedikit loh pemirsa yang berharap kapal Han Tae Seok dan Yoon Eun Suh ini akan berlayar.

100 Days My Prince

Berhubung di mana-mana, nama Kim Seon Ho sangat lekat dengan Han Ji Pyeong di drama “Start-Up”, kali ini saya nggak akan bahas bagaimana mengenaskannya kisah cinta karakter yang diperankan Kim Seon Ho dalam drama tersebut. Sejatinya, ia pernah mengalami nasib yang sama saat masih hidup di zaman Joseon. Hehe.

Dalam drama “100 Days My Prince” yang tayang di tahun 2018, Jong Jae Yoon (Kim Seon Ho), sudah jatuh cinta pada Yeon Hong Shim (Nam Ji Hyun) saat pertama kali mereka bertemu. Bahkan, Jong Jae Yoon yang mengidap face blindness bisa langsung mengenali Hong Shim apabila mereka berpapasan.

Cerita Jong Hae Yoon mengidap prosopagnosia ada di tulisan ini

Nggak beda jauh dengan Han Ji Pyeong, Jong Jae Yoon digambarkan sebagai pria yang tampan, cerdas, baik hati, kharismatik dan berasal dari kalangan bangsawan. Akan tetapi, semua itu tidak lantas membuat Hong Shim melirik dirinya dan tetap memilih untuk melabuhkan hatinya pada Putera Mahkota Lee Yool (D.O). Duh duh…

Oh! Master

Skip ke tahun 2021, Yu Jin (Kang Min Hyuk) dalam drama Oh! Master ikut bergabung bersama kawan-kawan second lead-nya yang mengalami nasib cinta kurang beruntung. Yu Jin sudah menyukai Oh Joo In (Na Na) sejak masih duduk di bangku sekolah.

Sempat terpisah karena urusan pekerjaan ke luar negeri, hati Yu Jin selalu untuk Joo In. Sekembalinya ke Korea Selatan, Yu Jin mendapati bahwa dirinya harus bersaing dengan pria lain yaitu Han Bi Soo (Lee Min Ki) untuk mendapatkan pengakuan cinta dari Joo In.

oh master cover
Cinta Segitiga dalam drakor Oh! Master (soompi.com)

Sayangnya, meski Joo In sudah memberikan kesempatan yang sama untuk Yu Jin maupun Bi Soo, Yu Jin tetap tidak bisa memenangkan hati Joo In yang selalu menempatkan Yu Jin sebagai sahabat terbaiknya. Padahal, karakter Yu Jin ini nyaris nggak ada cela, loh! Baik banget, tajir, perhatian dan selalu ada untuk Joo In.

And the List Goes On

Selain tiga drama yang disebutkan di atas, masih banyak ‘anggota geng’ second lead male yang memiliki nasib serupa tapi tak sama dengan ketiga temannya tersebut. Meski dengan segala kharisma dan kebaikan hatinya, tetap bertepuk sebelah tangan. Puk-puk…

Sebut saja Yoon Ji Ho (Kim Hyun Joong) dalam “Boys Over Flower” (2009), Kang Shin Woo (Jung Yong Hwa) dalam “You’re Beautiful” (2009), Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol) dalam “Reply 1988” (2015), Go Jung Won (Go Kyung Pyo) dalam Jealousy Incarnate (2016) hingga Han Seo Joon (Hwang In Yeop) dalam drama “True Beauty” (2020).

Bahkan, dunia drakor punya sebutan sad boy yang tersemat pada Ji Soo. Entah berapa kali sudah ia berperan sebagai second lead male yang cintanya tak berbalas.

Kriteria Pria Idaman Wanita Dalam Drama Korea

Kalau yang look perfect macam second lead male ditolak, cewek dalam drama Korea tu liat cowok darimananya yaa? Ternyata, baik aja nggak cukup. Kira-kira, seperti inilah kriteria pria idaman first lead female dalam kebanyakan drama Korea yang sudah saya tonton :

Percaya Diri

Sepertinya saya belum pernah menemukan second lead male yang mengutarakan perasaannya lebih dahulu daripada saingannya alias first lead male-nya. Nggak ngerti ada apa dengan pria-pria ini, padahal sudah kenal lama, sudah tahu bagaimana sifat dan karakter wanita idamannya, tapi nggak PD untuk maju duluan.

Kasi kode aja terus sampai akhirnya keduluan yang lebih percaya diri mengungkapkan perasaannya. Baru deh following, ikutan ngomong kalau sudah memendam rasa sejak lama. Duh Mz, dah telat kan?

Kayaknya cewek-cewek dalam drakor lebih bisa dibuat dugeun-dugeun sama yang frontal ya, contohnya kayak Kim Joo Won (Hyun Bin) dalam drama lawas “Secret Garden“. Chingudeul sendiri suka yang gercep atau diem-diem bae, nih? Hihi.

(Bukan) Bad Boy

Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak drama Korea yang menggunakan formula kucing dan anjing sebagai awal mula kisah benci jadi cinta. Contohnya saja “Oh! Master” atau “So I Married an Anti-fan” yang sama-sama tayang di tahun 2021 ini. Tokoh utama prianya digambarkan sebagai tokoh yang terlihat menyebalkan, acuh tak acuh dan selalu beradu argumen dengan tokoh utama wanitanya.

Kesannya tokoh utama pria adalah bad boy, tapi lama kelamaan akan terlihat bahwa mereka sebenarnya baik hati dan tidak sombong plus penyayang dan penuh perhatian.

so i married an antifan
Bad boy yang sebenarnya tidak bad boy (soompi.com)

Ternyata, formula seperti ini selalu berhasil membuat tokoh utama wanita yang sudah terbiasa bertengkar dan merasa kesal dengan tokoh utama prianya menjadi oleng dan jadi tertarik. Kepikiran terus lama-lama demen juga deh, Mbaknya.

Kayaknya formula ini nggak hanya berhasil di drama Korea, realitanya banyak juga nih yang jadian dengan tipikal bad boy tapi bukan bad boy. Hehe.

Misterius

Dibandingkan dengan cowok supel dan lovable seperti Han Seo Joon (Hwang In Yeop) di “True Beauty” atau Kim Shin Hyuk (Choi Siwon) di “She Was Pretty”, cewek-cewek di drama Korea ini malah lebih demen sama yang misterius dan tampak tak dapat ditaklukan seperti Lee Suho (Cha Eun Woo) atau Ji Sung Joon (Park Seo Joon).

Alasannya mungkin, justru karena cowok-cowok introvert ini jarang berbicara soal kesehariannya dan tidak punya banyak teman adalah alasan kuat para first lead female untuk mencari tahu lebih banyak soal dirinya. Jadi tertarik untuk lebih dekat, akhirnya nyangkut deh đŸ˜‰

Baca ini supaya lebih kenal karakter Cha Eun Woo

Tapi, mau semisterius apa pun second lead male-nya kalau first lead female-nya nggak ada rasa ya sama aja boong. Jadi, usaha yang harus dilakukan para second lead male ini sebetulnya adalah bagaimana membuat wanitanya merasa berdebar dan berbunga-bunga.

Lesson Learned

Pelajaran yang bisa diambil dari para second lead male yang punya kisah cinta kurang mujur adalah bahwa tidak ada manusia yang sempurna is real. Mereka boleh tampan, kaya raya, cerdas, baik hati dan prilakunya, tapi tidak semua yang mereka inginkan bisa didapatkan. Salah satunya adalah hati wanita idamannya. Hiks!

Selanjutnya adalah cinta tidak bisa dipaksakan. Mau sudah berteman sejak lama, selalu menunjukkan perhatian, selalu hadir di saat butuh hingga sudah menyatakan perasaan, kalau memang si doi tidak merasakan hal yang sama yaa piye meneh?

Dah terima aja, kalau mungkin kadang apa yang kita inginkan belum tentu yang terbaik untuk kita. Boleh jadi, apa yang kita anggap tidak tepat justru itu yang terbaik bagi kita.

Terakhir nih, penolakan tidak harus diikuti dengan kebencian dan perubahan sifat menjadi tidak baik.

Tidak ada manfaatnya membuat orang yang tadinya teman, sahabat bahkan seseorang yang paling kita cintai menderita karena kebencian dan kedengkian kita setelah ditolak. Jangan yaa..

Ditolak bukanlah akhir dari segalanya, loh. Masih banyak ikan di laut yang bisa dipancing, kok. Semangat move on, yok! Hehe.

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] segitiga di mana Yu Jin (Kang Min Hyuk), bergabung dengan tokoh-tokoh drakor serupa yaitu menjadi perfect second lead male yang kurang […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: