Antara Novel, Webtoon, & Kdrama “So I Married the Anti-Fan”

So I Married the Anti-Fan
So I Married the Anti-Fan

Beberapa waktu lalu, Rani Noona ngetwit tentang drakor baru yang tayang 30 April 2021. Drakor berjudul “So I Married the Anti-Fan” ini diangkat dari Novel karya Kim Eun Jung tahun 2010. Novel tersebut juga sudah ada versi webtoon-nya juga sejak tahun 2019. 

Tahun 2016, novel “So I Married the Anti-Fan” sudah diadaptasi oleh Cina menjadi film dan diperankan oleh 2 idol dari Korea Selatan: Park Chanyeol (EXO) dan Seo Ju-hyun (GIrls’ Generation).

Saya yang baru saja menyelesaikan drakor Navillera, jadi ikut penasaran dengan drama “So I Married the Anti-Fan” ini. Salah satu alasannya, tentu saja karena genre drama ini cocok buat saya dan ringan untuk diikuti.

Satu hal yang bikin tambah penasaran adalah drama ini sudah diproduksi sejak tahun 2018. Entah apa sebabnya, drakor “So I Married the Anti-Fan” ini baru ditayangkan sekarang.

Ada beberapa tempat untuk menonton drama ini secara legal. Di IQIYI, 2 episode pertama kemarin masih bisa ditonton secara gratis. Selain itu, drama “So I Married the Anti-Fan” ini bisa juga ditonton di Naver TV, VIKI dan kalau kamu di Jepang bisa menontonnya di Amazon Prime Video.

Tentang KDrama “So I Married The Anti Fan”

Sebelum bercerita lebih lanjut tentang drama ini, coba simak dulu podcast saya dengan Rani Noona yang membaca novelnya dan I Maesha yang sudah menyelesaikan membaca webtoon nya.

Dengerin ini juga ya chingu

Karakter dan Para Pemain “So I Married the Anti-Fan”

Tokoh prianya bernama Who Joon yang diperankan oleh Choi Tae Joon. Dia adalah orang Korea yang besar di Alaska (dengan nama lain Benny). Who Joon menjadi seorang idol yang sangat populer baik di Korea dan di manca negara.

Tokoh wanitanya bernama Lee Geun Young diperankan oleh Choi Sooyoung (Girls’ Generation). Geun Young adalah seorang reporter muda dari majalah Wonder Woman yang merasa kelakuan para fans terlalu berlebihan dalam memuja idolnya.

Pertemuan antara Geun Young dan Who Joon di awali cukup baik, tapi disusul dengan kejadian kurang baik, tepatnya kesalahpahaman.

Atas: Kim Min-kyu, Hwang Chan0sung, bawah: Choi Tae Joon, Choi Sooyoung (sumber: VIKI)
Atas: Kim Min-kyu, Hwang Chan0sung, bawah: Choi Tae Joon, Choi Sooyoung (sumber: VIKI)

Selain Choi Tae Joon dan Choi Sooyoung, drama ini juga dibintangi oleh Hwang Chan-sung sebagai JJ, seorang CEO dari sebuah agensi hiburan. Han Ji-an sebagai Oh In Hyung, seorang bintang yang sedang merintis karir dan Kim Min-kyu sebagai Go Soo-hwan, seorang teman baik Geun Young yang bekerja sebagai fotografer di kantor yang sama dengan Geun Young bekerja.

Sinopsis “So I Married the Anti-Fan”

Pertemuan Pertama Who Joon dan Geun Young (sumber: IQIYI)
Pertemuan Pertama Who Joon dan Geun Young (sumber: IQIYI)

Kesalahpahaman yang terjadi di pertemuan pertama antara Who Joon dan Geun Young sebenarnya klise sekali.

Who Joon berpikir kalau Geun Young adalah seorang paparazzi (karena melihat Geun Young memegang kamera ketika memperhatikan Who Joon ngobrol dengan In Hyung). Geun Young sedang agak mabuk sehingga tidak bisa menjelaskan dirinya dengan baik. 

Temperamen dari Who Joon dan Geun Young sama-sama panasan, Who Joon langsung melempar kamera Geun Young karena merasa dia dimata-mati, sedangkan Geun Young yang saat itu sedang mabuk, malah muntah di sepatu Who Joon.

Geun Young minta maaf karena sudah muntah di sepatu Who Joon, tapi dia juga menuntut Who Joon harus minta maaf karena merusak kameranya. Karena Who Joon menolak meminta maaf, Geun Young mengikuti Who Joon dan melemparkan sepatu hak tingginya ke arah Who Joon (dan dilihat oleh orang banyak).

Karena kejadian lemparan sepatu ini, Who Joon yang sedang ada tawaran pekerjaan dengan kantor tempat Geun Young bekerja mengajukan komplain tentang salah satu reporternya. Hasilnya, jelas saja Geun Young diberhentikan bekerja.

Geun Young yang pada dasarnya tidak suka dengan idol yang sangat dipuja-puja, makin kesal dengan Who Joon karena merasa sudah diperlakukan tidak adil dan dipecat dari pekerjaan.

so I marriend the anti-fan
Who Joon merangkul anti-fan nya di depan para fan (sumber: IQIYI)

Drama tentang reality show, idol dan anti-fan

Geun Young memutuskan untuk menjadi anti-fan dari Who Joon. Tapi Who Joon, sebagai idol tetap harus jaga image dan bilang dia menerima perlakuan anti-fan nya dan tidak akan mempermasalahkan kelakuan Geun Young.

Singkat cerita, seorang produser reality show yang menawarkan acara ke Who Joon, memanfaatkan kejadian ini untuk membuat acara di mana Who Joon dan Geun Young akan tinggal serumah, dan seolah-olah mereka menikah. Judul acaranya ya judul drama ini.

Geun Young yang sedang kesulitan secara ekonomi, tidak punya pekerjaan dan tidak punya tempat tinggal, akhirnya menerima tawaran mengisi acara reality show tersebut.

Trailer “So I Married the Anti-Fan”

Yuk simak dulu trailernya untuk melihat aksi dari para pemainnya.

Trailer So I Married the Anti-Fan (IQIYI)

Anti-Fan, tak kenal maka tak sayang?

Sebelum saya bercerita lebih lanjut, mari kita membahas sedikit tentang anti-fan. Biasanya, seorang idola akan mempunyai fan dan anti-fan. 

Seorang fan tentunya akan memuja-muja idolanya. Seorang anti-fan tentu saja kebalikannya, mereka akan berusaha untuk mencari kejelekan idola yang dipuja-puja banyak orang dan berusaha mengungkapkan ke umum.

Di mana-mana, selalu ada keributan antara fan dan anti-fan. Seorang idol menjadi populer ditentukan oleh jumlah fannya, dan keadaan bisa berbalik kalau sampai kehilangan kepercayaan fan atau mereka menjadi anti-fan.

Seorang idola harus bekerja keras menjaga reputasinya di depan umum, supaya tidak mengecewakan fans nya. Termasuk berusaha untuk tetap terlihat manis dalam menghadapi sikap anti-fan nya.

Kalau reality show menunjukkan seorang fans tinggal dengan idol, mungkin sudah pasti fansnya ini seperti kejatuhan durian runtuh ya. Tapi lain cerita kalau seorang anti-fan tinggal dengan seorang idol. Si idol harus super hati-hati, kalau salah sedikit, bisa-bisa si anti-fan menyebarkan berita tidak baik tentang dirinya.

Konsep dari kisah menikah dengan Anti-Fan ini memang menarik. Seperti halnya dalam begitu banyak drakor lainnya, drakor ini akan menunjukkan bahwa batas antara benci dan cinta itu tipis sekali.

Bagaimana 2 orang yang tinggal bersama, bisa jadi lebih mengenal satu sama lain. Cinta hadir setelah mengenal lebih dekat, dan terbiasa bersama. Klise ya, tapi kisah klise selalu menarik asal disajikan dengan benar.

Adaptasi Drama dari Novel atau dari Webtoon?

Terlepas dari betapa klisenya cerita ini dan bisa ditebak, tetap saja pasti banyak yang tetap penasaran dengan drama yang sudah ditunggu-tunggu sejak tahun 2018 ini. Apalagi buat teman-teman yang sudah membaca novel dan atau webtoonnya.

Dari hasil obrolan kemarin, ada beberapa hal yang tidak sesuai ekspektasi ketika melihat dramanya terutama dari gambaran tokoh-tokohnya. Tapi sejauh ini ceritanya masih cukup mirip dengan novel dan webtoonnya (walaupun ada beberapa detail yang tidak sama).

Pengalaman memang, namanya drama dari webtoon dan novel tidak selalu diimplementasikan 100 persen sama. Tapi kalau ceritanya saja jauh berbeda seperti True Beauty, malah bikin kesel juga, hehe.

Penutup

Memilih menonton drama romantis komedi yang sudah jelas endingnya ini justru menyenangkan. Kita bisa tinggal menikmati tanpa banyak mikir.

Kesan awal, pemilihan pemeran drama ini terasa agak kurang tepat. Begitu banyaknya idol yang menjadi aktor sekarang ini, tapi pemeran utama yang menjadi idol di drama ini asli aktor yang bukan idol. Chemistry dari pasangan utama terasa kurang greget. Episode pertama terasa lambat buat saya.

Tapi, di episode ke-2, ceritanya sudah lumayan lebih cepat dan bisa dinikmati. Kalau melihat potongan cerita untuk episode ke-3, ceritanya akan mulai lebih cepat dan mudah-mudahan chemistrynya bisa bikin penonton baper.

Scene epsode ke-3 So I Marriend the Anti-Fan (sumber: IQIYI)
Scene epsode ke-3 So I Marriend the Anti-Fan (sumber: IQIYI)

Yuklah buat yang penasaran, nikmati saja KDrama “So I Married the Anti-Fan” ini setiap Jumat dan Sabtu, jam 16:00 WIB sore.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters, Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Rani R Tyas berkata:

    Karena chemistry mereka kurang, makanya jadi terlihat seperti idol dan anti-fan beneran yak. Hahahaha

  2. Asri berkata:

    Setujuuuu.. Episode pertama kaya bosen banget. Kaya merasa akting pemainnya nanggung semua. Tp episode 2 mulai membaik dan bikin penasaran…

    Aku bertahan demi Choi Tae Joon. Awalnya masih kerasa aneh dia jd cowok yang gak ramah. Jarang senyum. Beda banget sama peran sebelumnya. Jd merasa dia lebih cocok jd peran yg ramah atau malah playboy gt

    Tp kesini2 lumayan lha… Masih menunggu eps 3 dst

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: