True Beauty, Drama Adaptasi atau Remake?

true beauty

True Beauty merupakan salah satu drama yang diadaptasi dari sebuah webtoon yang berjudul “The Secret of Angel” (True Beauty). Awalnya webtoon tersebut hanya berjudul “The Secret of Angel”. Baru kemudian setelah dijadikan sebuah drama, barulah webtoonnya ditambahkan kata “True Beauty”.

Berkisah tentang Ju kyung yang mengalami perbullyan di sekolahnya yang lama karena hanya terlahir jelek. Kemudian, dengan kekuatan bulan make up, Ju kyung mengubah keadaan. Dia seperti terlahir kembali di sekolahnya yang baru.

School Bullyin itu ada di sekitar kita

Webtoon dengan judul The Secret of Angel (True Beauty) mungkin diberikan embel-embel seperti judul dramanya agar para penikmat drama “True Beauty” yang penasaran dengan jalan ceritanya, akan berbondong-bondong membaca webtoonnya.

Termasuk saya! Hahaha.

Sejak episode ke-3, saya baru memutuskan membaca webtoonnya karena tidak sabar dengan kelanjutan episode-episode dari drama True Beauty.

Hingga, saya keasyikan membaca webtoonnya dan lambat mengikuti dramanya.

Meskipun badan meriang karena seminggu begadang buat membaca webtoon, saya jatuh cinta pada ketiga tokoh dalam webtoonnya. Hingga pada ujungnya, saya berada di #TimSuho di webtoon.

Belakangan, saya baru mengikuti True Beauty sampai episode ke-9.

Tapi sudah ilfeel duluan. Meskipun … mungkin … aku akan tetap menyelesaikan drama tersebut meskipun lambat. Sampai pengen misuh juga, ah tidak sampai misuh, paling hanya menggerutu di Twitter.

Dari lubuk hati terdalam, aku lebih nungguin Mr Queen daripada True Beauty sih sekarang— Rani R Tyas (@RaniRTyas) January 18, 2021

Lalu teman saya yang juga pecinta drakor, ngereply cuitan saya tersebut dan mengatakan bahwa ini bukan drama adaptasi, melainkan drama remake! Semua berubah jadi kayak ninja.

Tidak sedikit juga orang-orang yang sudah membaca webtoonnya memilih untuk tidak menonton dramanya.

Saya merasa, saya ditipu oleh penulis naskah “True Beauty”. Ini bukan adaptasi. Ini mah namanya merombak total webtoon “The Secret of Angel”.

Wait.. Sebenarnya ini drama remake atau drama adaptasi?

cast True Beauty
Cast dari True Beauty (Sumber: tvN)

True Beauty, Drama Adaptasi atau Remake?

Drama adaptasi sendiri merupakan drama yang disesuaikan dengan jaman serta lingkungan sehingga diharapkan bisa menarik minat penonton.

Sedangkan drama remake sendiri merupakan drama daur ulang. Sepintas mirip drama adaptasi ya? Akan tetapi drama remake dapat dikatakan sebagai hasil karya adaptasi yang dikembangkan dengan lebih liar, lebih bebas, sesuai dengan keinginan oknum peremake ide atas dasar kekecewaan oleh plot yang dirasa tidak sesuai, yang disuguhkan oleh satu karya asli.

Dari pengertian di atas, menurut ngana, “True Beauty” masuknya di drama adaptasi atau drama remake?

Sependek kesimpulan yang saya tarik dari kedua pengertian di atas, True Beauty masuknya ke remake. Meskipun kayaknya dari tata bahasa lebih cocok ke adaptasi ya?

Adegan antara Webtoon dan Drama

Semua adegan di drama “True Beauty” nggak ada yang sama persis dengan di webtoon. Hampir semua adegan yang seharusnya milik Seojun-Jukyung diambil alih oleh Suho-Jukyung.

antara komik dan drama true beauty
Line Seo Jun di webtoon jadi diucapkan Suho di drama dan sebaliknya
(Sumber: Instagram @kdramavia)

Meskipun di awal saya mengatakan bahwa saya #timSuho, tapi kurasa nggak gini juga kali ya harusnya ceritanya. Seperti mengambil rejeki orang lain. Hahaha.

bagian seo jun diambil suho
(spoiler) First Kiss nya Ju kyung di webtoon sama Seo Jun, di drama sama Suho
(Sumber: Instagram @truebeautydramas)

Pun, dengan penambahan dan pengurangan tokoh dari webtoon dibandingkan drama.

Jadi daripada menggunakan kata adaptasi, sekalian saja menggunakan kata remake. Berarti penonton sudah siap dengan jalan cerita yang jauh berbeda dibandingkan naskah aslinya. Kan dirombak total?

Ah seharusnya aku berpikir kembali, ini kan drama yang mengadaptasi webtoon “The Secret of Angel”? Bukan mengubah latar, setting serta tokoh dari dua dimensi menjadi empat dimensi.

Untukku yang sering protes, sabar aja ya .. puk-puk..

Tetap enjoy dramanya ya…

Memang sebaiknya kalau menonton drama yang mengambil cerita dari webtoon atau film atau apapun, sebaiknya jangan terlalu berharap banyak karena bagaimanapun, produksi perfilman pasti akan jauh berbeda dari dunia kepenulisan.

So how do you think? Apakah “True Beauty” termasuk drama adaptasi atau drama remake?

Rani Noona

Penghuni kdramaland yang hobi makan, dandan, dan jalan-jalan. Masih suka curhat dan ngejurnal di https://www.ranirtyas.com dan sering ngebashing juga ngebucin di https://www.bulletsarasvati.com

Baca Juga

8 Komentar

  1. Makin kesini makin beda jauh sama di webtoon. Maka’y stop nonton sampe tau tamat cerita drama’y dulu. Wqwq..

    1. aku sengaja ga baca webtoonnya untuk menghindari kekesalan kalau ceritanya berbeda, tapi jadi bertanya-tanya, apakah di webtoonnya ada banyak kiss scene juga? *maap spoiler hahaha*

  2. Sejujurnya,
    Aku juga merasa ini drama bukan setting anak SMA.
    Ngadi-ngadi aja anak SMA idupnya uda begini.

    1. iya bener, kok kayaknya selain masalah bullying yg memang terjadi di usia SMA ataupun kuliah, tapi adegan lainnya agak terlalu dewasa yah. Karakter Ju Kyung nya juga makin aneh, agak kurang konsisten (bashing detected)

  3. haha drama ini kayaknya bikin second leas syndrome juga ya
    btw aku nggak lanjut lagi lho dgn drama ini
    berhenti di eps 3, hehe
    bukan genre favorit soalnya…
    mian…

  4. aku rasa ini remake. numpang nama besar di webtoon aja. sisanya kecewa dari eps.4 dan stop ga lanjut. yasudahlah ya masih banyak drakor lain 😅

    1. hehe aku sengaja ga baca webtoonnya biar bisa menikmati dramanya. so far so good lah

  5. […] yang bergenre historikal, “Sweet Home” yang menampilkan nuansa horor dan thriller, sampai “True Beauty” yang bergenre halu komedi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: