REVIEW TRUE BEAUTY

nominasi juara favorit lomba kcci

Penulis

Lidia Christine Susanto

Ulasan K-Drama “True Beauty”

Direktur: Kim Sang-Hyub

Penulis: Yaongyi (webcomic), Lee Si-Eun

Saluran: tvN

Jumlah episode: 16

Rilis pada: 9 Desember 2020 sampai 4 Februari 2021

Ulasan ini ditulis berdasarkan pendapat dan pandangan penulis, sehingga jika ada sesuatu yang kurang setuju mohon dimaklumi.

Sinopsis

True Beauty merupakan drama adaptasi dari webtoon Yeoshingangrim (여신강림) oleh Yaongyi. True Beauty menceritakan tentang seorang siswi SMA bernama Im Ju-Kyung (Mun Ka-Young). Orang-orang menganggap penampilannya “jelek” dan sering dijadikan bahan bullying. Setelah mengenal  makeup, penampilan dan kehidupan Im Ju-Kyung berubah total, bahkan dijuluki sebagai dewi karena kecantikannya. Suatu hari, ia bertemu dengan dua laki-laki, Lee Soo-Ho (Cha Eun-Woo) dan Han Seo-Joon (Hwang In-Yeop). Ketiganya terlibat dalam cinta segitiga.

Drama ini bertemakan kecantikan dan self-love yang merupakan adaptasi webtoon berjudul Yeoshingangrim (여신강림) atau True Beauty, dengan waktu tayang 73 menit. Sejak awal memang True Beauty sudah dikenal banyak orang karena komiknya yang sangat seru, baru, dan kocak.

Perlu diketahui semua drama adaptasi pasti ada kekurangan dan kelebihan. Salah satu kelebihan dari drama ini adalah adanya adegan baru yang tidak diceritakan di komik. Contoh, di webtoon tidak dijelaskan tentang latar belakang keluarga Ju Kyung, tetapi di drama, latar belakang ayah Ju Kyung yang terkena tipu dan akhirnya harus pindah ke rumah lamanya diceritakan. Untuk karakter Kang Soo-Jin juga dibuat menjadi lebih friendly. Masih banyak lagi perbedaan dan perubahan situasi antara di drama dan di webtoon, tetapi semua penambahan dan pengurangan itu membuat jalan cerita menjadi lebih natural. Jadi untuk kemiripan antara drama dan webtoon sendiri, 80% adegan drama mirip dengan yang diceritakan di webtoon, dan bisa dibilang dramanya lebih bagus.

Casting pemain di drama ini bertabur visual. Ada Cha Eun-Woo yang berperan sebagai Lee Soo-Ho, Mun Ka-Young sebagai Im Ju-Kyung, dan Hwang In-Yeop sebagai Han Seo-Joon. Untuk acting semuanya bagus, tapi diantara ketiga pemeran tersebut, acting Mun Ka-Young paling bagus. Ketika ada adegan Ju Kyung sedih, penonton jadi ikutan sedih, ketika Ju Kyung bahagia, ikut bahagia juga, so acting-nya sangat all-out. Kalau Cha Eun-Woo karena perannya tsundere boy, acting-nya agak mirip kayak My ID is Gangnam Beauty, tetapi secara teknikal acting-nya lebih bagus dibanding drama yang lain. Sebagai orang yang terkena second lead syndrom, acting Hwang In-Yeop disini bagus, sebagai rookie di industri perfilman, Hwang In-Yeop bisa banget memikat orang dengan visual dan daya tariknya. Karakternya sendiri kelihatan dewasa, cool, seperti yang diceritakan di komik.

True Beauty memiliki alur cerita maju dan tidak muter-muter, sehingga adegan selanjutnya mudah ditebak. Sub ceritanya membahas bullying, pertengkaran keluarga dan permusuhan antar teman. Ada adegan yang agak klise tetapi masih bisa diterima. Setiap episodenya sangat menghibur dan yang bikin puas adalah dikasih happy ending buat Han Seo-Joon. Semua masalah juga akhrinya beres, jadi masing-masing punya happy endingnya sendiri. Secara keseluruhan, puas sama drama satu ini.

Drama ini sangat ringan seperti genre School Romance lainnya. Komedinya kocak banget tapi terkadang ada adegan komedi yang agak cringe. Original Soundtrack (OST) di drama ini semuanya bagus dan bikin terngiang-ngiang di kepala seperti, I’m in the mood for dancing – Yuju (GFriend), How Do You Do – Chani (SF9), dan lagu iconic Okey Dokey – Zico. Latar belakang musik tersebut membuat alur drama yang sedikit membosankan menjadi lebih bersinergi dan menyenangkan.

Kesimpulan

Jika dinilai secara keseluruhan drama ini mendapat nilai 8.4. Dengan keunggulan di OST yang bagus-bagus, acting dan casting yang sesuai, serta story yang mirip dengan aslinya di webtoon. Dan untuk kekurangannya terdapat pada alur ceritanya. Drama ini direkomendasikan untuk orang yang pingin nonton drama yang ga perlu mikir keras tentang konspirasi teori, dan yang pingin nonton drama romance yang menghibur karena bertabur lawakan.

Sekian review dari Lidia. Terima kasih telah membaca.

Keterangan

Karya ini merupakan Nominasi Juara Favorit dalam Kontes Ulasan K-Drama “True Beauty” yang diselenggarakan oleh Korean Cultural Center Indonesia (KCCI).

poster kontes ulasan k-drama true beauty

Keputusan penyelenggara adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Hak guna karya pemenang akan menjadi milik KCCI.

Drakor Class

Drakor Class - Drakor dan Literasi

Kumpulan tulisan yang terinspirasi drakor

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] Lidia Christine Susanto dengan judul tulisan Review True Beauty […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: