Teks Ulasan Drama Korea

nominasi juara favorit kontes ulasan kdrama true beauty

Penulis

Hani Marjani Zakiah

Ulasan K-Drama “True Beauty”

JUDUL RESENSI / ULASAN:

Ulasan Drama “TRUE BEAUTY

IDENTITAS RESENSI / ULASAN:

  1. Judul Drama: True Beauty / The Secret of Angel / 여신강림
  2. Genre: Drama, Komedi dan Romantis
  3. Diadaptasi Dari: Webtoon True Beauty
  4. Karya dan Pengarang: Yaongyi
  5. Produksi: Studio Dragon, Bon Factory Worldwide, dan Studio N
  6. Sutradara: Kim Sang Hyub
  7. Durasi dan Jumlah Episode: 70 Menit per Episode dan 16 Episode
  8. Tanggal Tayang: 09 Desember 2020 – 04 Februari 2021
  9. Stasiun Penyiaran: tvN
  10. Pemeran:

– Moon Ga-young sebagai Lim Joo-kyung

– Cha Eun-woo sebagai Lee Su-ho

– Hwang In-yeop sebagai Han Seo-jun

– Park Yoo-na sebagai Kang Su-ji

ORIENTASI:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (akting) atau dialog yang dipentaskan.

Salah satu drama Korea dengan kriteria tersebut adalah True Beauty yang disutradarai oleh Kim Sang Hyub. Sementara itu, ceritanya diangkat dari webtoon dengan judul yang sama dan di karya oleh Yaongyi.

ISI ULASAN / RESENSI:

Lim Joo-kyung adalah seorang gadis SMA yang menyembunyikan wajah berjerawat dan sangat tidak percaya diri dengan penampilannya sampai pada akhirnya dia mengenal make-up. Kemudian, make-up memberikan kekuatan yang membuatnya semakin percaya diri. Penampilan Joo-kyung berbanding terbalik antara di sekolah dan di rumah. Joo-kyung dikenal sebagai siswi yang cerdas dan optimis dalam hal positif. Menariknya, Joo-kyung dikelilingi dua laki-laki berwajah tampan, Lee Su-ho dan Han Seo-jun. Joo-kyung bertemu dengan cinta pertamanya yang bernama Su-ho, seorang siswa SMA yang tampan. Meskipun Su-ho tahu penampilan asli Joo-kyung, tapi ia tetap menerima Joo-kyung apa adanya. Joo-kyung lantas bertemu seorang siswa sekolah yang cerdas, pandai bermain basket bernama Seo-jun. Mereka pun terlibat cinta segitiga.

KELEBIHAN DRAMA (EVALUASI):

Keunggulan dari drama ini adalah mengajarkan tentang mencintai dirimu sendiri, Jangan memandang orang sebelah mata, jangan hanya melihat dari fisiknya saja, cinta sejati pasti akan melihat kamu apa adanya tanpa memandang fisik ataupun masa lalunya, dan berani mengakui kesalahan. Buah pikirannya yang tajam, gaya cerita, pemilihan kata, dan bagaimana ia berhasil menyihir pembacanya untuk ikut masuk dan merasakan kisah dan imajinasi yang tercipta dalam Webtoon ini adalah hal yang jarang ditemui.

KEKURANGAN DRAMA (EVALUASI):

Terdapat penjelasan yang kurang lengkap dari drama ini mengenai kakak perempuannya Su-ho yaitu Selena Lee. Seandainya terdapat penjelasan jika Selena Lee adalah kakak perempuannya Su-ho, bagaimana dia menjadi seorang ahli make-up dan mengapa Selena Lee pun tidak mengenal Su-Ho.

PENUTUP (RANGKUMAN):

Melalui kisah persahabatannya yang menghangatkan dan perjuangan cintanya terhadap berbagai kekurangan yang dihadapi drama ini menjadi sangat menarik dan bermakna untuk ditonton.

Ceritanya dapat menjadi inspirasi dan motivasi tersendiri bagi kita untuk tidak menyia-nyiakan berbagai kelebihan yang telah kita miliki. Cerita yang apik dan sinematografi yang estetis dari sutradaranya membuat drama ini menjadi tamasya visual sekaligus psikologis yang dapat mencerahkan hati.

Keterangan

Karya ini merupakan Nominasi Juara Favorit dalam Kontes Ulasan K-Drama “True Beauty” yang diselenggarakan oleh Korean Cultural Center Indonesia (KCCI).

cover kontes ulasan k-drama true beauty

Keputusan penyelenggara adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Hak guna karya pemenang akan menjadi milik KCCI.

Drakor Class

Drakor Class - Drakor dan Literasi

Kumpulan tulisan yang terinspirasi drakor

Baca Juga

2 Komentar

  1. […] Hani Marjani Zakiah dengan judul tulisan Teks Ulasan Drama Korea […]

  2. True beauty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: