Beauty Privilege dalam Serial K-Drama True Beauty

nominasi juara favorit kontes ulasan kdrama true beauty

Penulis

Lutfiah Fikri Azizah

Ulasan K-Drama “True Beauty”

Judul : True Beauty

Judul asli : 여신강림 (Yeoshingangrim)

Sutradara : Kim Sang-hyub

Penulis : Yaongyi (komik web) dan Lee Si-eun

Distributor : tvN

Tanggal rilis : 9 Desember 2020

Jumlah episode : 16

Genre : Komedi Romantis

Serial drama Korea True Beauty mengisahkan seorang siswi bernama Im Ju-kyung yang diperankan oleh Mun Ka-young. Sejak kecil, dia memiliki kompleksitas terkait penampilannya. Dia juga mendapatkan perlakuan diskriminatif dari orang-orang sekitar, termasuk keluarga dan teman-teman di sekolahnya. Oleh karena itu, ia belajar seni rias secara otodidak hingga berhasil menyembunyikan wajah aslinya. Ia menjadi terlihat cantik dan dapat diterma oleh orang-orang di sekitarnya. Selain itu, kisah Im Ju-kyung juga akan terlibat dengan dua laki-laki bernama Lee Soo-ho yang dipernkan Cha Eun-woo dan Han Seo-joon yang diperankan Hwang In-yeop.

True Beauty merupakan satu dari sekian drama Korea yang menyinggung isu beauty privilege. Belakangan ini istilah beauty privilege menjadi hal yang cukup sering diperbincangkan. Mereka yang dinilai cantik akan mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan dalam hidupnya, sebaliknya, perempuan yang berparas biasa saja, tidak akan pernah mendapatkan hal tersebut.

Dimulai ketika masih bayi atau anak-anak, bayi yang tampilannya menggemaskan mendapat lebih banyak perhatian/ungkapan kasih sayang dari orang dewasa, termasuk orang tuanya, dibanding bayi yang tampilannya biasa saja. Pada episode awal True Beauty, ditunjukkan masa kecil Ju-kyung yang kurang mendapat perhatian dari keluarganya, mereka lebih memberi perhatian banyak kepada kakak dan adik Ju-kyung yang memiliki rupa menggemaskan. Saat kumpul bersama keluarga besar, kakeknya pun pernah mengatakan secara terang-terangan meskipun dalam kontes bercanda. Meski begitu, Ju-kyung merasa hatinya terpukul.

Beranjak remaja, hal tersebut semakin kentara. Di sekolah lamanya, Ju-kyung mendapat perlakuan diskriminatif hingga mengalami perundungan. Dia juga disebut sebagai siswi paling jelek di sekolah. Atas ketidakberdayaannya, ia menjadi pesuruh sekelompok teman-teman perempuannya. Ia juga dipermalukan saat menyatakan cinta pada seseorang, bahkan oleh seseorang yang telah ia anggap sebagai teman. Selain itu, ia bahkan pernah berniat ingin menghakhiri hidupnya lantaran tidak terlahir rupawan dan seolah dunia menolak keberadaannya.

Semua berubah ketika Ju-kyung pindah sekolah. Ia memperbaiki penampilannya menjadi terlihat cantik dengan membubuhkan make up hingga wajah aslinya tertutupi agar bisa pergi ke sekolah. Di sekolah barunya, keberadaan Ju-kyung pun diterima. Para guru di sekolah memiliki ekspektasi tinggi kepada siswa yang berpenampilan menarik, daripada siswa yang dianggap terlihat biasa saja. Hal tersebut juga terjadi pada Ju-kyung di sekolah barunya. Lantaran penampilannya yang atraktif, ia dipandang sebagai murid baru yang pintar.

Meskipun Ju-kyung sudah tidak mendapat perlakuan yang buruk dari orang-orang sekitar, ia menjadi tidak bebas pergi dengan wajah tanpa make up. Ia dibuntuti rasa takut jika wajah aslinya terlihat oleh teman-temannya. Ju-kyung juga masih merasa tidak percaya diri dengan wajah aslinya. Suatu waktu, hal buruk itu terjadi. Wajah asli Ju-kyung tersebar di lini masa. Ia pun takut, sedih, dan lari dari sekolah. Hal itu wajar terjadi, rasa tidak percaya diri Ju-kyung belum terlepas. Sejak kecil ia dicibir karena rupanya tak serupawan kakak dan adiknya. Belum lagi di sekolah lamanya ia mengalami perundungan lantaran berparas jelek.

Salah satu dialog favorit dalam drama True Beauty adalah ketika Im Ju-kyung sedang berdialog dengan Han Go-woon, adik Han Seo-jun. Go-woon sekilas memiliki nasib yang sama dengan Ju-kyung. Namun, ia berusaha untuk dapat percaya diri dan menerima dirinya apa adanya. “Jika aku membenci wajahku hanya karena mereka mengejekku, maka aku mengakui bahwa aku pecundang,” ucap Go-woon, saat bersama Ju-kyung. Banyak hal menarik yang dapat ditemukan dalam drama ini, khususnya terkait isu standar kecantikan. Standar kecantikan hanya ada ketika diri sendiri membandingkan dengan kecantikan orang lain. Love ourself.

Keterangan

Karya ini merupakan Nominasi Juara Favorit dalam Kontes Ulasan K-Drama “True Beauty” yang diselenggarakan oleh Korean Cultural Center Indonesia (KCCI).

cover kontes ulasan k-drama true beauty

Keputusan penyelenggara adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Hak guna karya pemenang akan menjadi milik KCCI.

Drakor Class

Drakor Class - Drakor dan Literasi

Kumpulan tulisan yang terinspirasi drakor

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: