Menilik Lebih Lanjut Drama Korea “True Beauty”

nominasi juara favorit kontes ulasan kdrama true beauty

Penulis

Idah Galuh Ayu Safitri

Ulasan K-Drama “True Beauty”

Judul : True Beauty

Genre : Romansa sekolah dan komedi

Jumlah episode : 16 episode

Sutradara : Kim Sang-hyeob

Penulis : Lee Si-eun

Pemain : Moon Ga-young, Cha Eun-woo, Hwang In-yeop, Park Yoo-na

Distributor : tvN

Tanggal rilis : 9 Desember 2020

True Beauty merupakan drama dari Korea Selatan adaptasi Webtoon karya Yaongyi dengan judul yang sama. Drama ini menceritakan seorang siswi SMA bernama Lim Ju-kyung yang mempunyai pengalaman buruk seperti perundungan sejak kecil sebab wajahnya yang tak rupawan. Di tahun keduanya, dia memutuskan untuk pindah sekolah dan mengubah penampilannya dengan riasan yang sempurna, sehingga jauh berbeda dengan wajah asli yang dirahasiakannya. Dengan begitu, dia menarik perhatian seluruh sekolah, bahkan berhasil mendapatkan teman akrab. Di sekolah baru, Lim Ju-kyung bertemu dengan Lee Su-ho, sosok siswa berprestasi yang berwajah dan berhati dingin. Lee Su-ho diketahui tidak hanya pandai di bidang akademik, namun juga non-akademik dan membuatnya terkenal di kalangan para siswi. Lim Ju-kyung dan Lee Su-ho terlibat dalam banyak hal bersama dan membuat mereka semakin dekat. Selain Lee Su-ho, sosok siswa yang turut hadir dalam kehidupan baru Lim Ju-kyung adalah Han Seo-jun. Han Seo-jun dan Lee Su-ho sendiri dikenal selalu tidak akur.

Berdasarkan premisnya, drama ini sebenarnya memiliki garis alur yang cukup mainstream. Dalam karya sastra seperti novel, maupun di drama lainnya, kita banyak menjumpai cerita yang menyajikan konflik antara seorang perempuan dengan dua laki-laki yang memperebutkannya, kemudian dua laki-laki tersebut memiliki hubungan yang tak baik. Akan tetapi, True Beauty mengemasnya dengan sentuhan berbeda. Drama ini berhasil merambah sisi sensitif dari para remaja, yaitu terkait kepercayaan diri. Insecure dari segi fisik juga trauma akibat perundungan seperti yang dirasakan Lim Ju-kyung, juga telah menjadi masalah besar yang harus dihadapi banyak remaja lainnya. Berangkat dari diangkatnya topik ini, penonton diharapkan mampu menyadari permasalahan yang ada, sehingga mampu mengambil pelajaran darinya dan jumlah kasus serupa dapat menurun.

Selain sisi amanat yang menjadi kekuatannya, drama ini juga menarik dalam komedi segar yang disuguhkan. Dalam beberapa adegan, penonton akan dibuat tertawa oleh kekonyolan khas anak sekolahan. Lebih dari itu, kekonyolan ini tidak hanya berasal dari pemeran pendukung, namun juga para pemeran utamanya. Detail akting dan penokohan dari setiap karakter pun diperhatikan dengan baik, sehingga semua aktor pun aktris dapat mewakili gambaran tokoh yang diperankannya tanpa adegan berlebihan. Konsistensi ekspresi pemeran laki-laki utama, Cha Eun-woo sebagai Lee Su-ho, mampu menggambarkan karakter dingin hingga akhir. Selain itu, Moon Ga-young sebagai Lim Ju-kyung pun selalu mampu dengan mulus melakukan pergantian penampilan karakter yang bertolak belakang ketika di sekolah dengan dirinya ketika di rumah. Sinematografi yang digarap dari drama ini juga sangat cocok dengan genre yang diusung. Suasana cerah, color grading yang ringan, pengambilan sudut gambar yang tak monoton, ditambah lokasi syuting yang tertata apik akan memanjakan mata penonton.

Drama ini sangat cocok dinikmati dalam setiap suasana, karena alur ceritanya yang ringan. Meskipun begitu, dengan adanya perjalanan menuju konflik hingga penyelesaiannya, True Beauty tetap mampu mencampur aduk perasaan penontonnya. Berangkat dari amanat besar yang dikandung, drama ini juga sangat direkomendasikan untuk ditonton berbagai kalangan yang ingin mengidentifikasi macam-macam permasalahan yang dapat terjadi di sekolah, peristiwa yang dapat menimpa siswa-siswinya, sehingga dapat dijadikan refleksi untuk ke depannya.

Keterangan

Karya ini merupakan Nominasi Juara Favorit dalam Kontes Ulasan K-Drama “True Beauty” yang diselenggarakan oleh Korean Cultural Center Indonesia (KCCI).

Keputusan penyelenggara adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Hak guna karya pemenang akan menjadi milik KCCI.

Drakor Class

Drakor Class - Drakor dan Literasi

Kumpulan tulisan yang terinspirasi drakor

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: