Yoo Ah In Aktor Penuh Kejutan Bag 1

yoo ah in aktor penuh kejutan

Annyeong…! Berjumpa lagi dengan VIP_Ahin_Jisung. Kali ini saya akan menulis salah satu bias dan alasan mengapa saya menggunakan nama pena VIP_Ahin_Jisung di web drakorclass ini. Silakan disimak ya, sahabat drakorclass.

Saya termasuk orang yang susah untuk mengidolakan seseorang, tapi begitu sudah jadi idola saya cenderung untuk bertahan lama. Salah satu aktor Korea yang saya idolakan adalah Yoo Ah In. Mengapa sih, saya mengidolakan dia? Ikutin terus cerita saya di sini.

Siapakah Yoo Ah In?

Saya mengenal sosok Uhm Hong Sik (nama asli dari Yoo Ah In), dari drama Korea (drakor) Fashion King. Entah mengapa melihat aktingnya di drakor tersebut saya sudah merasakan ada yang menggelitik dalam hati ini.

Saya merasa aktingnya yang menjadi seorang desainer yang menderita karena kehilangan cinta begitu mengena di hati. Sebal sih, melihat laki-laki yang terpuruk hanya karena cinta, tapi justru itulah yang mengusik rasa penasaran dengan sosoknya lebih jauh.

Kemudian tanpa sengaja saya menonton lagi aktingnya di sebuah drakor sageuk atau kolosal berjudul Jang Ok Jung. Sekali lagi, Yoo Ah In berperan sebagai laki-laki yang mengejar cinta dan berjuang mempertahankan wanita tersebut untuk tetap berada di sisinya.

Aktor yang lahir pada 6 Oktober 1986 ini semakin menancapkan akting dengan wajah melasnya di hati saya. Predikat melankolis saya sematkan untuk aktor berusia 34 tahun ini.

Kemudian sejak itu saya mulai bergerilya menonton aktingnya dalam karya yang berbeda dan saya merasa aktor Yoo Ah In ini penuh kejutan. Ia termasuk aktor yang berani dalam memilih peran dan tak takut dengan kontroversi.

Saya termasuk orang yang kalau mengidolakan seseorang itu harus punya catatan yang bersih (istilahnya adalah anak baik-baik), tapi mengapa saya suka dengan aktor yang penuh kejutan dan pernah terkena kontroversi seperti Yoo Ah In?

Fakta Yoo Ah In

Yang namanya idola jugalah manusia biasa, karena itu wajar jika dia pernah melakukan kesalahan. Akan tetapi, yang perlu dinilai adalah bagaimana sikap idola tersebut dalam menghadapi kesalahannya-lah yang nantinya dinilai apakah ia masih layak dijadikan idola atau tidak.

Itulah yang saya rasakan kepada Yoo Ah In. Aktor yang sudah menggeluti akting sejak tahun 2003 ini berusaha untuk terus meningkatkan kemampuan aktingnya, sehingga ia berhasil memperoleh penghargaan dari kerja kerasnya sebagai aktor.

yoo ah in baeksang 2021

Fakta pertama dari seorang Yoo Ah In adalah dia aktor berbakat yang penuh kejutan. Hal ini dia buktikan dengan sejumlah penghargaan dari beberapa ajang penghargaan seperti,

1. Aktor Terbaik dari Penghargaan Seni Baeksang tahun 2021 dalam film Voice of Silence
2. Aktor Terbaik dari Penghargaan Seni Baeksang tahun 2016 dalam drama Six Flying Dragons
3. Aktor Terbaik dari Penghargaan Blue Dragon Film tahun 2015 dalam film The Throne

dan masih ada banyak lagi penghargaan yang sudah dia terima. Di sini, saya hanya menyebutkan 3 saja karena yang paling baru dan untuk penghargaan dari drama atau film yang sama tapi penghargaannya lain tidak saya sebutkan, sebab menurut saya pribadi sudah cukup diwakilkan dengan satu penghargaan saja. Mengapa? Berarti memang akting Yoo Ah In dalam drama atau film tersebut memukau.

Fakta keduanya adalah Yoo Ah In sempat jadi aktor termahal pada tahun 2015.

Diambil dari solopos.com (21/12/2015), kesuksesan Yoo Ah In saat berperan sebagai Lee Bang Won dalam Six Flying Dragons, membuatnya menerima uang bayaran sebesar 70 juta won atau setara dengan 833 juta rupiah.

Bahkan perannya sebagai Putra Mahkota Sado dalam film “The Throne” semakin menegaskan dirinya sebagai aktor termahal tahun 2015. Ia menerima bayaran mencapai 450 juta won atau setara 5,36 miliar rupiah.

Fakta yang ketiga, selain dinobatkan sebagai aktor termahal tahun 2015, Yoo Ah In juga terpilih sebagai aktor terbaik Asia pertama versi majalah New York Times pada tahun 2018.

Dilansir dari jawapos.com (07/12/2018), Yoo Ah In masuk ke daftar aktor terbaik Asia versi majalah New York Times lewat aktingnya dalam film Burning pada tahun 2018. Pihak New York Times pun memberikan alasannya, aktor Yoo Ah In memiliki kharisma yang besar sebagai bintang di Korea Selatan.

Film thriller-nya yang disutradarai oleh Lee Chang Do dan diangkat dari cerita Haruki Murakami membutuhkan Yoo Ah In lebih banyak mendengar dan melihat daripada bicara.

Itulah 3 fakta tentang aktor penuh kejutan Yoo Ah In. Nah, sekarang kira-kira drama yang mana nih, yang membuat saya jatuh hati dengannya. Dari daftar-daftar berikut ini, ada satu cerita yang membuat saya begitu terkejut dan saat menontonnya saya kesal setengah mati. Kira-kira drama Korea apakah itu?

Drakor Yoo Ah In

Sudah sempat disinggung di atas, drakor apa yang membuat saya pertama kali melihat aktingnya Yoo Ah In. Oleh karena itu, saya akan mencoba menulis beberapa drakor Yoo Ah In berdasarkan tahun tayangnya dan apa saja yang sudah saya tonton. Inilah beberapa drakor Yoo Ah In yang penuh kejutan versi saya,

1. Sungkyunkwan Scandal (2010)

yoo ah in sungkyukwan scandal

Di drakor Sungkyunkwan Scandal, Yoo Ah In bukanlah pemeran utama laki-laki. Di sini ia berperan sebagai Moon Jae Sin, salah satu sahabat pemeran utama. Karakter Moon Jae Sin adalah seorang yang tidak suka dengan aturan, sehingga ia sering membolos saat waktu pelajaran tiba.

Akan tetapi, suatu hari ia tidak sengaja melihat ada seorang wanita di dalam asrama sekolahnya yang dikhususkan hanya untuk para lelaki. Dari situlah Moon Jae Sin berusaha menyelidiki identitas wanita yang harus berpura-pura menjadi laki-laki tersebut.

Bagaimanakah kelanjutan penyelidikan Moon Jae Sin? Boleh lihat cuplikan adegannya di sini,

2. Fashion King (2012)

 

yoo ah in fashion king

Inilah drakor pertama Yoo Ah In menjadi pemeran utama. Ia berperan bersama Shin Se Kyung, Lee Jae Hoon, dan Kwon Yuri (salah satu personil Girls Generation).

Drakor inilah yang membuat saya penasaran siapa sih, Yoo Ah In. Dalam drakor Fashion King, Yoo Ah In berperan sebagai Kang Young Gul, seorang pemuda yang bermimpi menjadi seorang desainer terkenal.

Apa sih, yang membuat saya jatuh hati sama Yoo Ah In di drakor ini? Itu karena tatapan memelasnya saat ia kehilangan seseorang yang dia cintai.

Ya ampun pengen meluk gitu kalau lihat, hehehe. Selain itu, gaya songong yang bikin sebel tapi ngangenin sukses bikin jatuh hati. Enggak percaya? Lihat dulu deh, aktingnya berikut ini,

3. Jang Ok Jung (2013)

yoo ah in jang ok jung

Inilah mengapa saya suka sama drakor sageuk atau drama Korea bertema kolosal atau kerajaan atau sejarah. Korea Selatan begitu serius dalam menggarap drakor bertema kerajaannya. Hal ini dibuktikan dengan banyak drakor tema kerajaan yang sukses. Tidak hanya di Korea, bahkan bisa terkenal hingga ke luar negeri, termasuk Indonesia.

Demam drakor itu diawali oleh Jewel In The Palace. Setelah itu, drakor sageuk pun cukup dikenal di Indonesia, salah satunya Jang Ok Jung ini. Di drama ini, Yoo Ah In berperan sebagai Putra Mahkota Lee Soon, yang nantinya akan menjadi raja.

Di sini ia juga harus memperjuangkan cintanya yang bernama Jang Ok Jung. Bagaimana lika-liku perjuangan cinta Lee Soon dan Jang Ok Jung membuat saya ikutan gemas sendiri, hehehe. Sekali lagi, tatapan memelas Yoo Ah In, berhasil meluluhkan hati saya, wkwkwkwk.

Inilah cuplikan akting Yoo Ah In dalam Jang Ok Jung,

 

4. Secret Affair (2014)

yoo ah in secret love affair

Untuk drakor Secret Affair inilah drama Korea Yoo Ah In yang cukup membuat saya terkejut. Selama nonton drakor ini sebal sendiri. mengapa? Sebab di sini Yoo Ah In berperan sebagai seorang pianis muda yang menjadi selingkuhan guru pianonya.

Setiap nonton drakor ini saya cepat-cepatin, hati saya seakan tertusuk duri. Cuma saya tetap mengakui akting Yoo Ah in itu keren, dia bisa banget memerankan seorang anak muda yang baru pertama jatuh cinta, walaupun cintanya itu salah.

Pasangan Yoo Ah In di drakor Secret Affair atau Secret Love Affair ini adalah aktris Kim Hee Ae. Hayo siapa yang ingat dengan aktris ini? Drakor Kim Hee Ae sempat booming beberapa waktu lalu yaitu The World of The Married.

Walaupun saya selesai menonton drakor ini, tapi jujur saya tidak terlalu menyimak ceritanya. Mengapa? Soalnya banyak adegan-adegan yang saya cepatin. Saya pun nonton karena penasaran sama akhir ceritanya doang, jadi ada beberapa episode yang juga saya lewatkan. Jadi, saya cuma pengen lihat Yoo Ah In doang, penasaran sama aktingnya.

Mungkin sahabat drakorclass berpikir di manakah sisi Yoo Ah In penuh kejutan? Kalau dilihat dari empat drama di atas, kebanyakan dia berperan sebagai pemuda yang kurang beruntung soal cinta, betul? Akan tetapi, kalau sobat drakorclass mengikuti atau menonton akting Yoo Ah In, maka akan kalian sadari kalau dalam setiap perannya selalu ada hal baru dan membuat penonton terkejut melihatnya.

Kemudian, ini baru membahas drakornya belum kita membahas filmnya, sabar ya sobat akan ada bagian keduanya untuk membahas film-film Yoo Ah In yang juga mengejutkan.

5. Six Flying Dragons (2015)

lee bang won six flying dragons

Oke kembali ke drama Korea Yoo Ah In yang saya tonton berikutnya adalah Six Flying Dragons. Tahun 2015 inilah yang saya rasa adalah masa puncak karir Yoo Ah In. Aktingnya semakin matang sehingga di tahun ini jugalah ia mendapatkan banyak penghargaan.

Yoo Ah In berperan sebagai Le Ba Won, seorang anak dari seorang Jenderal bernama Lee Seong Gye. Six Flying Dragons ini adalah sebuah drama yang menceritakan tentang awal mula terjadi zaman Joseon.

Dalam drakor ini Yoo Ah In juga reunian atau kembali beradu akting dengan Shin Se Kyung. Penasaran bagaimana ceritanya? Simak saja cuplikan berikut ini,

6. Chicago Typewriter (2017)

yoo ah in chicago typewriter

Inilah drakor terakhir Yoo Ah In. Walaupun dia tidak begitu aktif dalam drakor tapi dia tetap berkarya lewat film.  Chicago Typewriter ini bercerita tentang perjuangan kemerdekaan yang terjadi pada tahun 1930. Drakor ini dibalut dengan cerita lintas waktu, sehingga ada cerita perpaduan antara masa kini dan masa lalu.

Yoo Ah In di Chicago Typewriter ini berperan sebagai penulis. Kalau di masa sekarang ia adalah penulis novel, yang memiliki sifat nyentrik dan sedang mengalami writer’s block, kalau di masa lalu ia berperan sebagai aktivis kemerdekaan yang juga berprofesi sebagai wartawan.

Penasaran bagaimana aktingnya? Boleh lah, cek sebentar lewat cuplikan berikut,

Penutup

Yups, itulah gambaran tentang Yoo Ah In aktor penuh kejutan bagian pertama. Sekali lagi saya mau mengingatkan kalau bagian satu ini adalah permulaan atau mengenalkan dahulu siapa sih, Yoo Ah In itu.

Nah, di bagian kedua nanti akan saya jelaskan tentang kisah hidup dan kisah kontroversial-nya Yoo Ah In. Penasaran? Makanya, tetap ikutin terus tulisan VIP_Ahin_Jisung di sini, ya. Silakan berikan tanggapan ya, sobat. Terima kasih.

VIP_Ahin_Jisung

Seorang IRT, cinta menulis dan sedang belajar menggambar. Sudah 14 tahun mengenal kpop dan Kdrama. Suka dengan Bigbang, Yoo Ah In, Ji Sung.

Baca Juga

3 Komentar

  1. […] Berjumpa kembali dengan VIP_Ahin_Jisung. Sebelum saya melanjutkan tentang Yoo Ah In sebagai aktor mengejutkan, kali ini saya mau menlis tentang beberapa drakor medis yang tak terlupakan ala drakorclass. […]

  2. […] lagi dengan VIP_Ahin_Jisung. Sesuai janji saya bulan lalu, saya akan melanjutkan menulis tentang Yoo Ah In aktor penuh kejutan bag 2. Silakan disimak ya, sahabat […]

  3. […] Masih bersama dengan VIP_Ahin_Jisung. Kalau sebelumnya saya sudah membahas Yoo Ah In sampai dua bagian, sekarang giliran saatnya saya membahas idola saya berikutnya yaitu Ji […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: