5 Hal Menarik dari Kdrama “The Secret Life of My Secretary”

the secret life of my secretary

Annyeong!

Sewaktu menonton drakor Hello, Me!, Netflix memberikan rekomendasi drama “The Secret Life of My Secretary” ini sebagai untuk ditonton. Awalnya saya pikir ceritanya hanya sekedar romance comedy, ternyata ceritanya bukan hanya cerita rahasia sekretaris dari bos nya. Drama ini juga berkisah tentang rahasia sekretaris dari perusahaan yang mengorganisir pekerja level rendah mencari keadilan. Ada banyak hal menarik selain cerita romantisnya.

Saya ingat, di tahun 2019 ketika drama masih ongoing, saya tidak berminat menontonnya. Pertama karena saya pikir ngapain juga nonton drama sekretaris melulu, alasan lain saya belum kenal dengan para pemerannya.

Waktu itu memang saya baru saja menonton “What’s Wrong With Secretary Kim” dan “Her Private Life”. Bosan dong nontonin romcom sekretaris dan pak bos mulu.

Nah, berhubung trendnya drakor sekarang ini sedang terlalu banyak drama Hollywood yang bukan genre tontonan saya, sambil menunggu episode baru dari ‘Hello, Me!’ saya pun menonton drama ini.

Langsung saja yuk kita simak apa sih hal-hal yang menarik dari drama ini dan membuat saya memutuskan meneruskannya.

4 Tokoh Utama Drakor “The Secret Life of My Secretary”

Haduh judulnya panjang amat ya, dan saya tidak menemukan singkatan yang bagus. Baiklah sambil menceritakan jalan ceritanya, saya akan memperkenalkan tokoh dari drama ini. Berbeda dengan nama di drakor pada umumnya yang sulit saya ingat, di drama ini ada 2 nama yang bisa saja ingat dengan mudah karena bisa diingat seperti nama asing.

Do Min Ik si Pak Bos

kim young kwang, the secret life of my secretary
Kim Young Kwang sebagai Do Min Ik (sumber: SBS)

Tokoh pak bos, bernama Do Min Ik, gampang diingat karena seperti Dominik. Pak bos ini diperankan oleh Kim Young Kwang yang menjadi pemeran utama di drama Hello,Me! Gak heran ya Netflix menyarankan drama ini buat penonton Hello,Me!

Do Min Ik dikisahkan seorang Direktur perusahaan yang bergerak di bidang IPTV bernama T&T Mobile Media. Ayahnya (yang sudah meninggal), sebelumnya adalah CEO sekaligus pendiri dari perusahaan tersebut. Di awal cerita, dikisahkan kalau akan ada pemilihan CEO dalam waktu dekat, dan Do Min Ik merupakan kandidat yang cukup kuat karena kemampuannya membaca orang lain.

Do Min Ik ini punya kemampuan mengingat wajah dan nama setiap orang yang dia pernah lihat. Dia juga selalu bisa mengartikan ekspresi dari setiap orang. Dia sampai mendapat julukan Mr. Mind Reader. Kemampuan ini bukan kemampuan supranatural ya, tapi ya kemampuan karena dia memang cerdas saja. Karena memang, ekspresi dan gerak tubuh setiap orang kan bisa menggambarkan niat dari seseorang.

Kemampuan Do Min Ik hilang ketika dia mengalami kecelakaaan. Kecelakaan ini ada kaitannya nanti dengan flash disk yang menyimpan data yang dirahasiakan oleh sekelompok orang, terkait dengan pembukuan keuangan perusahaan.

Setelah kecelakaan tersebut, jangankan membaca ekspresi orang, untuk melihat wajahnya sendiri saja tidak bisa. Di sini pertama kali digambarkan dia kebingungan melihat wajah orang berganti-ganti. Lalu terkadang digambarkan kalau dia hanya melihat wajah yang kosong.

Ternyata, karena waktu kecil dia pernah mengalami kecelakaan dan luka di kepala, kecelakaan berikutnya menyebabkan dia menjadi buta wajah atau dikenal dengan prosopagnosia. Dan satu-satuya orang yang bisa dia kenali dengan cepat adalah sekretarisnya yang selalu memakai sweater merah dan cara berjalan yang dari jauh saja sudah kelihatan dan kedengaran.

Jeong Gal Hui, sang Sekretaris

Sang Sekretaris, Jeong Gal Hui, diperankan oleh Jin Ki Joo. Saya pertama sekali melihat akting Jin Ki Joo ini di drakor “Come and Hug Me”. Kalau di drakor tersebut dia menjadi aktris yang cantik, di drama ini dia berperan sebagai sekretaris yang tidak dandan dan selalu menggunakan sweater merah.

Jangan bayangkan sekretaris yang cantik seperti di drakor lainnya, dia selalu datang berkuncir rambut, sepatu tanpa hak dan sweater merah. Pekerjaanya sebagai sekretaris, bukan saja mengurus dokumen kantor, tapi juga termasuk urusan membersihkan akuarium ikan besar milik pak bos.

Jeong Gal Hui sudah ditinggal ibunya sejak remaja, karena dia memiliki seorang abang yang buta dan adik yang masih sekolah, dia menjadi tulang punggung keluarga. Dia bekerja dengan sangat baik, dengan harapan bos nya akan memperpanjang kontrak kerjanya di tahun pertama.

Sayangnya, pak Bos punya trauma dengan sekretaris sebelumnya. Makanya dia selalu kontrak sekretaris hanya 1 tahun saja. Di hari terakhir dia bekerja sebagai sekretaris, tanpa sengaja dia (dan beberapa sekretaris lainnya) menjadi penyelamat Do Min Ik yang jatuh dari ketinggian karena didorong oleh orang yang mencari flash disk yang dipegang oleh Do Min Ik.

Tapi, setelah kecelakaan yang menyebabkan pak bos tidak bisa mengenali wajah orang (dan harapan kalau hal tersebut akan bisa sembuh seiring waktu), akhirnya Do Min Ik memperpanjang kontrak kerja Jeong Gal Hui sampai dia menjadi CEO, lalu berganti lagi menjadi sampai dia sembuh.

casts the secret life of my secretary
Para pemain “The Secret Life of my secretary” (Sumber: Soompi)

Veronica Park, CEO yang dijodohkan dengan Do Min Ik

Tokoh Veronica Park yang diperankan oleh Kim Jae Kyung ini juga sungguh menarik perhatian saya. Dikisahkan dia sebagai wanita CEO dari perusahaan film Cine Park yang sedang dijajaki untuk bekerjasama dengan perusahaan tempat Do Min Ik bekerja.

Seperti halnya dalam setiap drama, seorang Chaebol akan dijodohkan dengan wanita yang juga setingkat dengannya. Veronica Park yang juga ternyata adalah bos Jeong Gal Hui sebelumnya, dijodohkan dengan Do Min Ik.

Karena salah paham, kencan yang sudah diatur antara Veronica dan Do Min Ik, mengakibatkan Veronica salah tempat bertemu dan malahan bertemu dengan Ki Dae Joo, sahabat Do Min Ik.

Jeong Gal Hui, sang sekretaris, membatalkan rencana hang out dengan sesama sekretaris lainnya dan bergegas menemui bosnya. Belum sempat dia memberitahukan kalau Veronica Park tidak jadi datang, bosnya malah tidak mengenalinya dan menyangka kalau dia adlaah Veronica Park.

Awalnya Jeong Gal Hui berpikir hanya akan berpura-pura untuk malam itu saja, dia tergoda untuk menikmati makanan di restoran mewah. Aji mumpung pikirnya.

Tapi ternyata, bosnya jatuh hati pada pertemuan pertama dengan yang dia pikir Veronica Park (padahal sekretarisnya). Do Min Ik tidak bisa mengenali sekretarisnya yang tampil beda, terutama karena saat itu sekretarisnya datang dengan penampilan rambut digerai, memakai gaun dan sepatu hak tinggi.

Ketika Veronica Park yang sesungguhnya mengetahui Jeong Gal Hui berpura-pura menjadi dirinya, dia malah mendukung dan meminta Jeong Gal Hui meneruskan berperan menjadi dirinya.

Veronica Park dan Jeong Gal Hui, the secret life of my secretary
Veronica Park dan Jeong Gal Hui berpakaian kembar (sumber: SBS)

Veronica berjanji pada Jeong Gal Hui kalau dia akan mempermudah Do Min Ik menjadi CEO pada rapat pemegang saham. Selain itu, dia juga menjanjikan menandatangani kontrak kerja sama antara Cine Park dan perusahaan Do Min Ik.

Pada sat itu, Veronica sudah tertarik dengan Ki Dae Joo. Dengan adanya Jeong Gal Hui yang berpura-pura menjadi dirinya, setidaknya orangtuanya akan senang mendengar kalau Do Min Ik tertarik padanya, dan rencana pertunangan mereka bisa tetap diteruskan.

Ki Dae-joo, Sahabat dan Teman Sejak Kecil Do Min Ik

Ki Dae Joo yang diperankan oleh Koo Ja Sung ini adalah seorang sahabat Do Min Ik sejak kecil. Dia sudah kehilangan ibunya sejak kecil. Karena Ibu Ki Dae Joo adalah sekretaris Ayah Do Min Ik semasa hidupnya, Ki Dae Joo sering diajak bermain dengan Do Min Ik.

Ki Dae Joo sudah seperti saudara bagi Do Min Ik. Mereka berbagi mainan sejak kecil, dan sampai besar mereka bersama-sama menjadi kepala divisi di perusahaan yang sama. Dia tidak berambisi dalam dunia pekerjaan dan sudah mengajukan surat berhenti, sampai kemudian serangkaian peristiwa yang yang menimpa Do Min Ik dan pertemuan dengan Veronica mengubah hidupnya.

Hal yang menarik dari drama ini

Dari 4 tokoh utama yang sudah dituliskan diatas, drama ini sangat menarik untuk disimak. Tapi, masih ada 5 hal berikutnya yang membuat cerita ini semakin menarik, dan ternyata bukan sekedar romcom semata.

1. Isu Kesehatan Prosopagnosia

Penyakit prosopagnosia dikenal juga sebagai blind face, merupakan penyakit kerusakan pada otak yang menyebankan seseorang tidak bisa melihat wajah dengan baik. Ada banyak tingkatan penyakit ini, dan sudah ada beberapa drama yang membahas penyakit ini.

Penggambaran penyakit ini dalam setiap drama tidak selalu sama, karena memang penyakit ini ada tingkatannya. Cara penderita penyakit ini berusaha hidup normal menjadi menarik. Karena walaupun mereka tidak bisa mengenali wajah seseorang, mereka bisa mengenali dari berbagai hal lain selain wajah.

Apakah seseorang dengan penyakit prosopagnosia bisa memimpin perusahaan dan menjadi CEO? Ataukah penyakitnya ini bisa mengurangi kemampuannya dalam pengambilan keputusan?. Menurut yang saya baca, penyakit ini tidak mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Dan drama ini juga ingin menunjukkan, kalau mereka tetap normal walaupun tidak bisa melihat wajah orang lain.

2. Tentang Keadilan Untuk Karyawan Kecil

Isu keadilan untuk para karyawan ini sebenarnya menjadi benang merah dari awal sampai akhir cerita ini. Tapi diceritakan sedikit demi sedikit.

Sebuah perusahaan besar, biasanya memiliki banyak sekretaris, supir maupun karyawan yang digaji rendah. Mereka komponen penting dalam perusahaan, mereka juga sungguh dibutuhkan oleh para bos, tapi mereka sering tidak dihargai dan tidak diberi santunan selayaknya ketika mendapat kecelakaan ketika melaksanakan tugasnya.

the secret life of my secretary
Ruang Istiharat Sekretaris (sumber: SBS)

Supaya tidak spoiler, saya tidak akan menceritakan detail. Tapi kecelakaan yang dialami Do Min Ik ada kaitannya dengan laporan keuangan perusahaan yang diselewengkan. Pelaku yang mendorong Do Min Ik jatuh (walau awalnya tidak berniat mencelakai) adalah suruhan dari seseorang di perusahaan itu yang tidak ingin diketahui telah menyelewengkan uang.

Dalam drama ini digambarkan juga kalau sekretaris dan supir itu sangat mudah bisa digantikan oleh orang lain. Mau sebaik apapun pekerjaanya, ketika kontrak masih ada, atau bahkan kalau mereka dianggap melanggar kontrak, mereka bisa diberhentikan tanpa pesangon.

3. Akting dari setiap pemainnya

Apalah arti drama romcom tanpa chemistry dari para pemainnya. Nah di drama ini, 4 tokoh utama maupun para pendukung tambahan bisa mengantarkan penonton merasakan romansa yang terjadi ataupun komedi yang menghibur.

Lihat saja ekspresi mereka dalam potongan gambar di atas. Bukan hanya tertawa, ada ekspresi sedihnya juga. Bahkan grup sekretaris, teman-teman Jeong Gal Hui tidak kalah menghibur kelakuannya.

4. Kisah Cinta dan Persahabatan

The secret life of my secretary, berteduh dari hujan
Berteduh bareng bikin dugun dugun (sumber: SBS)

Namanya romcom, selain kisah cinta, pasti selalu ada rasa cemburu dan persaingan perebutan pasangan. Walau perebutan pasangannya tidak sedahsyat drama yang bikin ada tim A dan tim B.

Do Min Ik yang bercerita pada sahabatnya tentang hatinya yang tertambat pada 2 wanita sekaligus yang salah satunya adalah Veronica Park, membuat Ki Dae Joo sempat meragukan perasaan Veronica kepadanya.

the secret life of my secretary
Wajah sumringah teleponan seolah sebelahan (sumber: SBS)

Antara lucu dan kasihan melihat Do Min Ik yang kebingungan harus memilih antara Jeong Gal Hui dan yang dia pikir Veronica Park. Dia sampai merasa ada yang salah dengan dirinya menyukai 2 wanita sekaligus.

Jeong Gal Hui yang juga menyukai Do Min Ik juga serba salah. Maksud hati mengaku kalau dialah yang berpura-pura menjadi Veronica Park. Tapi, dia juga ingin pak bos nya menjadi CEO, jadi dia bertahan dengan berpura-pura menjadi Veronica Park supaya pak bos dapat dukungan suara dan kerjasama dengan Veronica Park yang asli.

the secret life of my secretary
Veronica Park dan Ki Dae Joo (sumber: SBS)

Saya tidak mau spoiler, tapi kisah antara Veronica Park dan Ki Dae Joo juga menarik untuk disimak. Kelakuan unik dari Veronica Park, bikin saya ga cuma senyum doang tapi juga tertawa melihatnya.

Selain kisah romantis dan komedi, dalam drama ini cukup terasa bagaimana 2 orang bersahabat saling menghargai dan mendukung satu sama lain.

5. Penyelesaian Semua Masalah secara Tuntas

Satu hal yang selalu membuat saya menyukai akhir sebuah drama adalah, apabila semua konflik yang terjadi diberi penyelesaian yang tuntas dan jelas. Bukan sekedar penyelesaian menggantung di mana penonton harus membuat asumsi dan menyebabkan multiinterpretasi.

Drakor The Secret LIfe of My Secretary yang berjumlah 16 episode ini sangat menarik dari beberapa menit pertama sampai akhir ceritanya. Semua isu yang ada dibahas dan diberi akhir yang jelas dan tuntas.

Kalau kalian sedang mempertimbangkan menonton drama ini karena ingin melihat akting Kim Young Kwang Oppa, atau sedang mencari hiburan drama ringan tapi bermakna, yuklah langsung ditonton saja.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Baca Juga

2 Komentar

  1. […] Korea yang sudah kami tonton, diantaranya adalah ‘The Beauty Inside‘ (2018), ‘The Secret Life of My Secretary‘ (2019) dan ‘100 Days My Prince‘ (2018). Pada podcast episode sebelumnya yang […]

  2. […] yang dibintangi oleh Jang Ki Yong (yang sekarang jadi Gumiho) dan Jin Ki Joo (yang main di Secret Life of My Secretary) ini awalnya bercerita mulai dari masa remaja mereka dan mengambil setting maju […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: