Mengintip Serunya Kehidupan Mahasiswa Hukum dalam Drama Korea Law School

Kdrama Law School

Drama Korea Law School adalah dramanya ongoing yang dibintangi oleh Kim Bum. Sesuai dengan namanya, Law School bergenre hukum dan menceritakan kehidupan mahasiswa di sekolah hukum.

Pandangan Tentang Mahasiswa Hukum

Drama Korea Law School
Pemeran Law School | JTBC

Apa yang yang ada dipikiran chingudeul sekalian saat bertemu dengan mahasiswa hukum?

Hmm klo saya dulu sangat mengidolakan mahasiswa hukum lho. Maklum, alamarhum papa juga lulusan fakultas hukum. Bagi saya, mahasiswa hukum itu keren.

Saya bahkan pengen bisa masuk univesitas yang sama dengan vokalis band idola yang juga seorang mahasiswa hukum. Alhamdulillah terkabul, meski nggak pernah ketemu si vokalis. Tapi endingnya dapat suami mahasiswa hukum, hehehe.

Baca Juga : Kesan Pertama Nonton Drama Korea Law School

Kenapa anak hukum terlihat keren? Karena mereka itu pintar ngomong. Ya kan, mahasiswa hukum harus pintar ngomong alias berargumentasi. Biar bisa membela klien saat menjadi pengacara ataupun bisa menuntut terdakwa bila menjadi seorang jaksa.Kehidupan Mahasiswa Hukum dalam Drama Korea Law School.

Kehidupan Mahasiswa Hukum dalam Drama Korea Law School

Kehidupan mahasiswa hukum digambarkan dengan apik dalam drama Korea Law School ini. Law School menceritakan bagaimana suka duka mahasiswa hukum untuk meraih cita-citanya, baik menjadi seorang pengacara, jaksa maupun hakim.

Law School bisa membuat penontonya tahu tentang kehidupan mahasiswa hukum, seperti

⏺️ Adanya simulasi sidang

Episode pertama dalam drama Law School ini dibuka dengan sekelompok mahasiswa hukum yang melakukan simulasi sidang. Para mahasiswa hukum ini melakukan persidangan. Ada yang menjadi hakim, jaksa, pengacara hingga terdakwa.

Simulasi sidang ini membuat mereka bisa paham bagaimana jika melakukan sidang yang sesungguhnya. Bagaimana membela terdakwa, bagaimana mengumpulkan bukti-bukti dan memutuskan putusan hukum yang adil.

Kalau kenyataannya nih, mata kuliah simulasi sidang ini biasanya baru diterima saat mau semester akhir. Tidak seperti dalam drama yang sudah dilakukan saat kuliah tahun pertama.

Baca Juga : Mengenal Hukum Properti di Korea Lewat Kdrama Vincenzo

It’s okay, namanya juga drama. Dan ini yang membuat drama Law School menjadi seru, bahkan saat episode pertama.

⏺️ Beragamnya peluang kerja dalam bidang hukum

Drama Law School ini menunjukkan pada penonton bahwa peluang kerja dalam bidang hukum itu banyak. Lulusan universitas hukum bisa menjadi hakim, jaksa, pengacara bahkan dosen. Kalau dalam drama ini, yang dianggap paling bergengsi adalah jika berhasil menjadi seorang hakim.

⏺️ Hukum pidana dan perdata

Dalam drama ini juga dilihatkan beragam mata kuliah mahasiswa hukum. Sama seperti kenyataannya, mahasiswa hukum belajar dua garis besar : hukum pidana dan perdata.

⏺️ Hafalin undang-undang

Namanya juga mahasiswa hukum, pastinya harus hafal undang-undang dong. Seperti saat Profesor Yang mengajar, dia memberikan contoh kasus-kasus hukum dan meminta mahasiswa menjawab, apa pasal dan undang-undang yang berkaikatan dengan kasus tersebut.

drama Korea Law School
Kelas Professor Yang | JTBC

Mahasiswa hukum harus belajar banyak. Agar lebih memahami undang-undang, mereka harus membaca banyak kasus hukum.

⏺️ Membaca banyak kasus hukum

Ini yang membuat para pemeran drama Law School terlihat sangat serius belajar. Tak hanya saat dalam ruang kelas saja, mereka juga belajar di luar kelas. Perpustakaan adalah tempat favorit untuk membaca banyak kasus hukum.

Banyaknya hal yang harus dipelajari, membuat para mahasiswa hukum harus belajar kelompok, seperti yang dilakukan oleh Han Joon Hwi dan kawan-kawan dalam drama Law School ini.

⏺️ Belajar kelompok

Drama Korea Law School
Belajar Kelompok | JTBC

Belajar kelompok bisa membuat mereka lebih mudah membaca kasus-kasus hukum dan memecahkan setiap persoalan hukum yang sedang dipelajari. Mereka belajar kelompok ini makin sering jika menjelang ujian.

Mahasiswa hukum harus bisa memecahkan masalah hukum berdasarkan fakta hukum yang ditemukan. Membuat keputusan hukum tidak boleh berdasarkan asumsi pribadi.

Baca Juga : Reportase IG Live Drakor Saranghae : Drama Korea Vincenzo dan Mengenal Hukum Properti di Korea

⏺️ Berdasar pada fakta

Ini terlihat saat Profesor Yang, marah pada Kang Sol A, saat membawa pengalaman pribadi saat memecahkan kasus tunjangan anak pada keluarga yang bercerai.

Drama Korea Law School ini sangat cocok buat ditonton para mahasiswa hukum. Dari drama ini banyak yang bisa dipelajari dari drama ini.

Mulai dari bagaimana para mahasiswa hukum mengumpulkan bukti-bukti hingga melakukan simulasi sidang untuk bisa memutuskan perkara hukum.

Buat yang lain, drama ini juga sangat layak untuk ditonton lho. Akting para pemainnya juga tak diragukan lagi. Ceritanya juga sangt menarik.

So gimana, apakah chingudeul juga ngikutin drama ini? Apa yang paling disukai dari drama Law School ini? Share di kolom komentar ya…

dk

"Ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai blogger dan penulis buku. Suka menulis seputar parenting dan life style. Bucinnya Jo Jong Suk 🤭"

Baca Juga

3 Komentar

  1. Aku nonton ini kok belum nyantol ya? Haha. Baru episode perdana. Nonton gegara Vincenzo tamat kemarin. Tapi kayaknya banyak yang menarik ya di serial ini.

  2. Masuk ke dalam wacthliat saya nih mbak. Nanti deh setelah kelar nonton vicenzo

  3. […] Baca Juga : Mengintip Serunya Kehidupan Mahasiswa Hukum dalam Drama Korea Law School […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: